Tak diragukan, Google Adsense memang salah satu cara paling mudah dan terbaik mendapatkan uang dari blog ataupun situs web.

Tapi, sekian lama menjalankannya, saya menemukan hal-hal yang membuat saya ‘benci’ sama Google Adsense.

Mungkin Kamu berpikir, bahwa ini hanya sentimen pribadi. Saya tegaskan: Tidak! Apa yang saya sampaikan adalah berdasarkan bukti, apa yang saya alami dan juga dialami oleh banyak blogger lainnya.

Nah, inilah 7 alasan mengapa saya (seharusnya Kamu juga) membenci Adsense:

1. Adsense membuat Kamu kehilangan pengunjung

Apa benar? Ya. Setiap kali orang mengklik iklan Adsense, maka mereka meninggalkan blog Kamu. Itu berarti Kamu kehilangan pengunjung!

Memang, bisa saja orang yang mengklik berbaik hati dengan melakukan: klik kanan >> buka di tab baru, tapi berapa banyak pembaca yang berpikir dan mau repot seperti itu?

Untuk mendapatkan beberapa sen Kamu harus kehilangan pengunjung. Yang mana itu juga bisa berarti: Kamu kehilangan orang yang akan berlangganan melalui email, Kamu kehilangan orang yang akan membeli produk Kamu, ……

2. Nilai per klik rendah sekali

Jika target audiens blog Kamu bukan dari Amerika Serikat atau negara-negara Eropa Barat, sebaiknya lupakan penghasil melimpah dari Google Adsense.

Memang untuk negara-negara kaya Eropa, nilai per klik cukup lumayan besar, antara $1 – $2 atau bahkan lebih tergantung keyword. Di luar itu, Kamu hanya akan mendapatkan rata-rata nilai BPK sebesar $0,01 – $0,05 saja!

Jadi, jika blog Kamu hanya memiliki trafik 100 – 1000 per hari, dengan BPK sebesar $0,01 – $0,05, maka Kamu hanya akan bisa mengumpulkan $1 – $10 per bulan!

Dengan kata lain, untuk mendapatkan pendatapan lumayan dari Adsense, Kamu harus memiliki trafik harian masif, dalam jumlah yang sangat besar.

3. Lama benar untuk menerima pembayaran

Pertama, untuk mulai menerima pembayaran Adsense, Kamu harus memverifikasi alamat rumah. Google akan mengirimkan pin ke alamat rumah Kamu, yang baru akan sampai 3 – 4 minggu tergantung lokasi. Itupun jika saldo pendapatan Kamu telah mencapai minimal $10, jika belum, sampai satu tahun pun pin tidak akan mereka kirimkan.

Kedua, Kamu harus menunggu saldo mencapai $100, baru bisa menerima pembayaran. Bahkan setelah berhasil mengumpulkan $100 pun, Kamu masih harus menunggu berminggu-minggu (setiap tanggal 24 bulan berikutnya, artinya lebih dari 3 minggu) agar uang sampai ke tangan kita.

Benar-benar butuh kesabaran menunggu ‘gajian’ dari Google Adsense.

4. Susah sekali untuk disetujui

Saya sendiri baru disetujui setelah 3 kali ditolak sebelumnya. Terlebih lagi, hampir setiap hari saya selalu mendapatkan keluhan dan pertanyaan: “Mengapa kok saya ditolak Adsense?”

Dari waktu ke waktu Adsense semakin memperketat syarat agar sebuah blog disetujui sebagai mitra mereka. Mungkin tujuannya bagus bagi mereka, tapi tidak bagi seorang blogger.

Yang paling saya benci pada poin ini adalah, kenyataan bahwa karena sering ditolak Adsense, banyak blogger menjadi patah semangat dan akhirnya berhenti mengelola blog. Sangat menyedihkan, seolah mereka membuat blog semata-mata untuk menjalankan Google Adsense!

5. Support email sangat menyebalkan

Jangan berharap mendapatkan peringatan lewat email pada saat akun Kamu dibanned. Tidak ada! Sekali mereka menonaktifkan akun Kamu, mereka hanya mengirimkan email pemberitahuan.

Hampir 100% email yang mereka kirimkan kepada Kamu adalah email dari ‘mesin’. Kamu tidak bisa menjawabnya. Memang, disediakan halaman bantuan dan form bagi Kamu yang ingin ‘berkeluh kesah’, tapi dari pengalaman saya, saya baru terima balasan berhari-hari (kadang bermingu-minggu) kemudian. Ini hal lainnya yang membuat saya tambah benci sama Adsense.

6. Sekali dibanned, Kamu takkan bisa kembali

Dengan alasan melindungi pemasang iklan (pihak yang memiliki uang), mereka begitu ketat menerapkan aturan. Memang, penyebab dibannednya satu akun kebanyakan adalah karena kesalahan publisher sendiri akibat aktivitas klik tidak valid, tapi bukankah semua orang berhak mendapatkan ‘kesempatan kedua?’ Inilah yang tidak diberikan oleh Google Adsense.

Memang ada prosedur mengajukan banding pada saat Kamu dibanned, tapi dari pengalaman 99,99% pengajuan banding tidak berhasil.

Kemudian, meskipun Kamu berusaha mendaftarkan lagi dengan blog baru, yang sangat memenuhi syarat Google Adsense sekalipun, mereka tetap akan menolak Kamu. Sekali dibanned, lupakan saja Google Adsense, Kamu tidak akan diperkenankan lagi mengikuti program mereka.

7. Terlalu banyak aturan

Pernah membaca TOS (term and conditions) mereka sampai tuntas? Berapa jam Kamu habiskan untuk menyelesaikannya? Jujur, saya sendiri belum pernah membaca semuanya sampai tuntas. Karena terlalu banyak aturan!

Google Adsense, memiliki banyak sekali aturan yang harus dipatuhi oleh publishernya. Sekali melanggar, resiko banned siap menimpa. Apakah Kamu siap menjalankan program dengan segudang aturan?

Itulah 7 hal yang membuat saya benci sama Google Adsense. Tapi, segala hal selalu memiliki dua sisi berbeda. Di saat saya memiliki 7 alasan untuk membenci Adsense, ada 8 alasan saya menyukai Google Adsense.

Bahkan saya punya satu alasan utama, yang dengan satu alasan tersebut, sudah mampu membuat impas 7 alasan mengapa saya membenci mereka.

Apa yang paling saya suka dari Google Adsense?

Cuma satu: karena saya rutin mendapatkan uang jajan setiap bulan dari Google Adsense! Hehe….

Nah, giliran Kamu yang menyampaikan pendapat.

Termasuk golongan manakah Kamu?

Termasuk yang membenci atau menyukai Adsense?

Atau mungkin Kamu memiliki alasan jauh lebih banyak dari saya mengapa membenci Google Adsense?

Jika Kamu punya unek-unek tentang Adsense, silakan tumpahkan semuanya melalui komentar.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

35 Komentar

  • Blog saya langsung dibanned, cuma dalam sekali daftar, ditolak karena “konten tidak memadai”, setelah saya fix,,, dan mau ajukan lagi,,, “URL ini tidak bisa didaftarkan ke AdSense” !

    Baru sekali, sudah begitu, salah apa coba Blog saya ?

    Coba kunjungi Blog saya, ada yang salah ?

    BTW, jika kamu melihat ada Iklan AdSense di Blog saya, itu dari Chitika yang bekerjasama dengan Google AdExchange.

  • wah..ternyata meskipun banyak peraturannya tapi tetap diburu juga, karena bisa dapatkan income yang lumayan. Dengan begitu pendatang baru di youtuber makin banyak saja, bagi yang sudah mendapatkan income pasti akan tambah upload videonya.

  • kalau saya benci tapi rindu wkwkwkwk
    pengen ngeasain duitnya si embah google biar tambah ngangenin

  • 7 yang gak di suka, 1 yang disuka. Tapi yang 1 tetap lebih unggul dari yang 7 yah mas. hehehe. Mesti banyak belajar dari para ahlinya

  • Suer, ini artikel terfavorit saya tentang topik "ini".
    Saya juga lho, di tolak sekali dua kali masih ada semangat perbaiki, tapi setelah yang ketiga, kok rasanya agak kurang masuk akal ya? ^_^
    Sekarang yang penting tetap patuhi aturan Google (blogger) aja ya Mas Jhon, blog awet. Masalah "penghasilan online" sih masih banyak jalan legal menuju Roma, ya kan 😀 ..

    Makasi Min ^_^

  • @mahfudin.
    gak juga kok mas Indra, itu itung2an dianggap paling pahitnya, krn memperkirakan BPK hanya sebesar $0,01. Kenyataannya, lebih besar dari itu kok. Contoh, di portaluang ini, rata BPK-nya sekitar $0.09. Jika mendapat 100 klik saja per hari sdh dapat $9.

    Dari pengalaman sy, dg trafik sekitar 3000/ hari, sudah bisa kok PO tiap bulan.

    intinya, tetap semangat mas, jangan mnyerah, kembali kunci utamanya adalah trafik.

  • Susah juga ya kalau begitu mas… masa untuk 100 sampai 1000 traffik perhari… sebulan cuma 1$ sampai 10$…. Gak sebanding sama Pusing Belajar TOS dan Lain-lain nya… 😀

  • @puji.
    entahlah kalau kasusnya seperti itu, Mungkin butuh waktu lebih lama. Tunggu saja sampai 1 bulan. jika masih blm juga, lebih baik daftarkan lagi saja. dengan email baru

  • mas jhon. untuk review pertama saya berhasil, cuma krn newbie, saya lupa pasang script iklannya. Setelah kurang lebih satu tahun, baru script iklan saya pasang. Tapi sampai hari ini (kurang lebih sudah hampir 2 mingguan), iklan kok ga nongol – nongol ya…tapi akun adsense masih bisa saya bukan (dan pita merah masih ada). kira 2 sampai kapan keputusannya dari adsense bahwa saya diterima atau ditolak ya? mohon jawabannya….makasih

  • Hehehe, bagian paling akhir kok justru terdengar maknyus tenan. Mengalahkan ketakutan risiko 7 hal di atas yang @Gee Jhon benci.

  • artikelnya sangat bermanfaat bagi saya yang baru mengenal GA,, jika berkenan bolehlah agan mengunjungi blog ane,,,makasih 🙂

  • @solution. itu artinya masih dalam tahap review k-2. tunggu 2 – 3 hari akan dpt jawaban dr GA. apakah ditolak atau diterima… semoga sukses,…………

  • @affanul.. ok deh semoga disetujui.
    Untuk review langkah kedua, butuh waktu antara 2 – 5 hari biasanya. oya, perlu diketahui bhwa review tahap kedua ini, artinya pengajuan Anda blm disetujui. baru sekedar memenuhi syarat administratif data pengajuan. semoga dapat disetujui…. sukses buat mas Affanul..

  • Salam kenal ms jhon, alhmdlh sy baru saja ikut adsense & sudh distujui adsense cuman masih dlm ferifikasi alamat blog saya, berapa lama ya prosesnya? jadi sewaktu sy pasang adsense di blog tidak keluar iklanya,.

  • Terimakasih jawabannya Mas Jhon, sampai ketemu di Google + / Facebook.
    Sukses untuk Mas Jhon.

    Sutarno – Dampalcom Professional Video & Photografer.

  • @agus…
    hhmmm… trs berusaha mas Agus… perbaiki lagi blognya.. untuk tips, jika mas Agus membaca portaluang, ada banyak banget tips adsense yg sudah sy tulis, termasuk bagaimana caranya agar mudah diterima. semua yg saya ketahui dan alami tentang adsense, semuanya saya beberkan di portaluang ini… 🙂 jadi silakan mengeksplor blog ini… jika memang ingin berdiskusi,silakan bisa menghubungi sy via G+ / FB… sukses buat Agus….

  • bikin pusing, ditolak terus, tapi rasanya mantap kalau ngeblog sudah punya acoount Google adsense, bagi tipsnya bos, bagaimana biar pasti diterima GA

  • @dampalcom. salam hangat kembali tuk dampalcom.
    hehehe…. saya menulis artikel sama sekali tidak bermaksud mematahkan semangat mas… tapi mengajak kita semua 'melek', berpikir realistis, dan apa yg saya tulis disini jg bukan mengada-ada, tapi memang fakta.

    setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, jangan hanya melihat kelebihan atau yg manis-manisnya saja, tapi kt jg perlu mengetahui yg pahit2nya. hehehe…

    kesimpulannya, tetap semangat mas. jangan menyerah, bukankah di akhir tulisan di atas, saya menegaskan bahwa: meski banyak hal yg sy tidak sukai dari Google Adsense, tapi ada 1 HAL yang paling sukai, yaitu saya dapat uang rutin dari Adsense setiap bulan! 🙂

    so… tdk ada alasan tuk berhenti berusaha, namun di sisi lain, bagi mereka yg 'putus harapan' dari Adsense, itu bukan akhir segalanya, toh adsense pun bkn program yg sempurna serta masih banyak kesempatan lain mendapatkan uang tanpa adsense… sukses selalu tuk kita smua. Salam.

  • Mas Jhon, seandainya saya bisa benar-benar dapet uang dari Google adsence saya akan mengucapkan terimakasih sekali, karena saya tidak merasa bekerja berat, tapi mendapatkan uang dan saya bisa mempromosikan karya saya termasuk juga bisa mempromosikan teman-teman saya dipasar yang lebih luas. Salam hangat untuk Mas Jhon.

  • Mas Jhon, waduh … jangan memberi motivasi patah semangat ( Jowo = ngendo-ngendoni ). aku jadi bingung, aku belum bisa pilih yang mana, kan saya belum mendapatkan uang dan saya belum dibandet ( ma'af kalau salah nulis ), jadi saya sampai saat ini masih semangat, dan saya akan coba tidak melanggar aturan, seperti JIPLAK KARYA ORANG kata google, atau klak klik youtube user sendiri, kalau pakai user orang lain sih pernah, ini dijalankan supaya tidak melanggar aturan yang sudah diterapkan AdSence. ini gimana saya… harus lanjut atau berhenti. Salam & Sukses.

  • @smuainfo.
    tidak bisa mas, krn itu melanggar tos.

    untuk alternatif adsense, coba pakai Geniee… saya suka dg support mereka yang tanggap dan cepat melayani publishernya…

  • Kalau untuk yang point nomor satu apa tidak bisa ditambain script untuk buka ke tab baru ya sob…???

    yang paling gk disukai lebih banyak dari pada yang di sukai, nah sob punya solusi gk selain dari Google Adsense sendiri? Soalnya saya juga mau nembusin ke GA kayaknya udah gk mungkin, saat ini saya pake KlikSaya sob