7 Tips Menulis Posting Blog yang Lebih Baik

Begitu banyak blogger berkutat dengan pertanyaan-pertanyaan seputar pembuatan konten blog, apalagi bagi mereka yang baru saja memulai menjadi blogger.

Bagaimana cara membuat posting blog yang lebih baik? Bagaimana cara menarik lebih banyak pembaca? Bagaimana cara mempromosikan posting agar ‘diketahui’ orang lebih banyak? Adalah sedikit dari pertanyaan -pertanyaan yang saya maksud di atas.

Kita sama-sama tahu, bahwa nyatanya ada blog yang sukses, sedangkan yang lainnya tidak. Memang, tidak ada rumus pasti, dan kita tidak pernah tahu persis faktor-faktor apa yang membuat suksesnya sebuah blog.

Namun, saya yakin, kualitas konten atau kualitas setiap posting blog yang disajikan, memegang peran dominan dalam menunjang kesuksesan sebuah blog.

Lalu bagaimana cara membuat sebuah posting yang lebih baik? Di bawah saya sajikan 7 tips meningkatkan kualitas setiap posting yang Kamu buat.

1. Temukan niche Kamu

Ini adalah hal utama. Jika Kamu berniat membuat sebuah blog tentang kota Yogyakarta, misalnya. Maka, kiranya tidak akan begitu menarik perhatian, jika Kamu menyajikan sesuatu yang terlalu umum.

Blog Kamu akan ‘biasa’ saja, sampai Kamu memberikan sesuatu yang unik, berbeda, keluar dari kerumunan ribuan blog lain yang mengulas kota Yogyakarta.

Mengapa tidak menulis tentang rumah makan enak dan ‘bersahabat’ bagi mahasiswa di kota Yogyakarta, misalnya. Atau menulis pengalaman Kamu ketika kuliah di kota itu, plus tetek bengek kota yang berhubungan dengan dunia akademis Kamu? Ini jauh lebih menarik perhatian dibandingkan Kamu menulis apa saja tentang Yogyakarta.

Poin utamanya disini adalah, Kamu harus menemukan audiens spesifik, yang tertarik dengan informasi yang Kamu sajikan, kemudian Kamu setia di dalamnya. Itu adalah cara terbaik pertama yang akan membuat setiap posting Kamu memiliki nilai berharga.

Artikel Panduan Memilih Topik Blog, akan sangat membantu Kamu menemukan niche terbaik untuk blog Kamu.

2. Miliki sebuah goal

Blog Kamu harus mempunyai goal, tujuan atau manfaat tertentu. Kamu tidak harus memiliki tujuan untuk menjual sesuatu atau pun untuk mendapatkan uang sebanyak-sebanyak dari blog Kamu, misalnya. Ada banyak goal lain yang dapat dijadikan tujuan mengapa Kamu menjadi seorang blogger.

Namun, paling tidak Kamu harus sejak awal memiliki tujuan atau target tertentu dari blog Kamu. Lebih jauh lagi, setiap posting yang Kamu buat harus memiliki goal-nya masing-masing.

Apakah Kamu kesulitan mendapatkan tujuan pasti dari setiap posting Kamu? Jika demikian, tanyakan kepada pembaca Kamu. Buatlah jajak pendapat (polling). Ngobrollah dengan blogger lain. Sampai Kamu menemukan goal untuk setiap posting yang Kamu buat.

Saya, agak sulit menjelaskan hal ini. Tapi poin utama yang ingin saya sampaikan adalah, bahwa Kamu harus memiliki tujuan tertentu setiap kali Kamu menulis posting. Contoh tujuan saya menulis posting ini adalah: “Ingin membuat Kamu dapat menulis posting yang lebih baik dari yang sudah-sudah.”

Menulis artikel dengan tujuan tertentu di dalam pikiran, akan selalu membuat posting Kamu menjadi lebih baik, karena selama kita menulis, kita selalu fokus terhadap apa yang ingin Kamu berikan kepada pembaca Kamu.

Jadi, milikilah tujuan setiap kali Kamu menulis posting atau artikel. Jangan menulis sebelum Kamu memiliki tujuan pasti dalam pikiran Kamu, karena itu hanya kesia-siaan. Tulisan Kamu akan tawar, datar, dan terasa hambar.

3. Tulislah judul posting yang ‘tajam’

Judul posting sangat berpengaruh terhadap kualitas posting. Bahkan ada beberapa blogger mengatakan bahwa judul artikel menentukan sukses tidaknya sebuah blog.

Buatlah judul posting yang relevan dan sesuai dengan goal seperti disebutkan pada poin ke-2 di atas. Jika Kamu memberi perhatian dari sisi SEO, lakukan penyesuaian terhadap judul dengan memasukkan keyword yang sesuai.

Baca:

4. Gunakan gaya penulisan yang sesuai

Berikutnya adalah, setelah menemukan dan menentukan gaya (style) blog Kamu, pakai gaya tersebut dalam setiap posting yang Kamu buat.

Blog Kamu dapat memiliki ‘gaya dan warna’ apapun seperti yang Kamu inginkan, mulai dari yang paling casual (santai) sampai yang paling formal. Topik blog dan tujuan dari blog Kamu sendiri menentukan gaya apa yang paling cocok yang dapat Kamu gunakan.

Blog tentang dunia medis, mungkin akan lebih formal. Sedangkan blog tentang fans JKT48, pastinya akan lebih mudah diterima dengan gaya yang non-formal, santai dan disajikan dengan ‘bahasa gaul’.

Pada umumnya, sebuah blog lebih berhasil dengan gaya yang casual, santai dan menggunakan bahasa percakapan sehari-hari. Tapi, tentu Kamu bebas menentukannya sendiri.

Selanjutnya tentang memilih kosakata. Saya masih melihat banyak blogger, memilih kosakata dan istilah ilmiah ‘tingkat tinggi’ agar terlihat lebih intelektual dan profesional, padahal ada padanan kata yang lebih mudah dimengerti secara umum. Meskipun begitu, sekali lagi, masalah gaya ini lebih banyak ditentukan oleh topik blog Kamu dan kepada siapa blog tersebut ditujukan.

5. Periksa ejaan 2x

Sebuah posting yang ditulis penuh dengan kesalahan ketik, akan sangat mengganggu pembaca serta membuatnya tampak tidak profesional. Sayangnya, saya masih melihat banyak posting yang penuh dengan kesalahan ini.

Lebih jauh, memberi kesan bahwa penulis blog tidak serius menghadirkan konten yang berkualitas dan asal-asalan membuatnya. Jadi, jangan anggap remeh masalah yang satu ini.

Gunakan selalu fasilitas pemeriksaan ejaan (spelling checker), sehingga Kamu langsung mengetahui jika ada kata yang salah ketik. Hampir semua browser memiliki fasilitas ini. Kenapa tidak dimanfaatkan?

6. Buatlah link

Jangan merasa ‘tabu’ untuk memberikan link relevan bermanfaat ke blog lain. Selain memberi nilai lebih kepada pembaca, juga dapat menjalin hubungan baik dengan blogger lain. Dan ini bagus di mata pembaca.

Kamu tidak akan kehilangan respek dari pembaca hanya karena Kamu memberi link ke blog lain. Justru mereka akan berterima kasih kepada Kamu karena membuat ‘hidup’ mereka menjadi lebih mudah. Dan mereka akan semakin setia dan menunggu konten berkualitas blog Kamu berikutnya.

Selain memberi link ke blog lain, jika Kamu memiliki topik blog yang cukup sempit, pasti ada banyak artikel lain yang dapat Kamu tautkan dalam setiap posting baru.

Berilah link ke posting lama Kamu yang relevan. Selain membantu pembaca menemukan informasi yang mereka butuhkan secara lebih luas, juga akan membuat pembaca mengeksplorasi setiap sudut blog Kamu, serta sangat baik di mata mesin pencari.

Bagaimana cara membuat link yang baik? Temukan pada: Cara Terbaik Membuat Link.

7. Tambahkan elemen visual

Ini adalah hal terakhir yang akan membuat posting Kamu lebih ‘bersinar’. Ketika Kamu menambahkan gambar atau media lain, maka Kamu sedang memberi ‘warna’ baru pada halaman posting Kamu.

Posting Kamu akan lebih mudah dibaca, lebih asyik dinikmati dengan tambahan gambar atau foto. Dan dengan alasan yang tidak begitu jelas, saya melihat setiap posting yang memiliki gambar, relatif memiliki page view lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak.

Saya, tidak sedang mengatakan bahwa blog yang hanya berupa teks semua (tanpa gambar) tidak akan berhasil, namun secara umum, akan lebih mudah menarik perhatian pembaca dengan memberi tambahan elemen visual berupa gambar, sekaligus membuat mereka betah membaca posting sampai tuntas.

Perlu diingat, bahwa memberi elemen visual atau mempercantik penampilan posting blog, tidak selalu harus berupa gambar atau foto. Kamu dapat menambahkan elemen visual dengan memberi penekanan pada bagian-bagian artikel tertentu, bisa berupa kombinasi warna, pengaturan format huruf (ukuran, tebal, miring, garis bawah) dan sebagainya. Misalnya dengan memanfaatkan blockquote seperti yang Kamu lihat pada artikel ini.

Usahakan selalu menambahkan elemen visual dalam setiap posting yang Kamu buat. Tambahkan apapun yang membuat posting Kamu tidak monoton, lebih hidup, maka posting Kamu akan menjadi jauh lebih baik, lebih enak dinikmati.

Itulah 7 tips terbaik yang dapat saya sampaikan untuk bisa menulis posting yang lebih baik dan berkualitas. Dari itu semua, yang tidak kalah pentingnya adalah:

Jangan pernah berhenti meningkatkan membuat blog dan posting Kamu menjadi lebih baik

Lihatlah posting Kamu yang lalu-lalu. Apakah Kamu menemukan sesuatu yang ditulis dengan buruk? Penggunaan kata yang tidak tepat? Peluang memberi link yang terlewatkan? Belum menambahkan gambar?

Memperbaiki kesalahan yang terdapat pada posting lama Kamu, adalah salah satu usaha membuat blog Kamu menjadi lebih baik.

Kita semua, tentunya ingin menjadi penulis yang lebih baik, pada puncaknya ingin membangun blog yang sukses. Dengan menerapkan 7 hal sederhana diatas, akan berpengaruh banyak terhadap kualitas blog Kamu keseluruhan dan akan menambah trafik secara signifikan.

Bagaimana? Kamu memiliki tips lain membuat posting menjadi lebih baik? Bagikan melalui komentar. Semoga bermanfaat.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

12 Komentar

  • Waduuuh LUAAR BIASA BANGEET!!! Tulisan2 mas Gee ringan,simpel dan berbobot! Ijin ambil Ilmunya ya mas Gee.. Sy baru mulai,pngen belajar ngeBlog.Tapi msh bingung mau bahas apa,dsb.hehheee… mas ada komunitas gak utk Blogger? Jadi sy bs timba Ilmu dan berbagi mas.makasih banyak mas.Salam

  • baiklah, akan saya coba tips di atas. terima kasih atas sharenya. sukses selalu untuk anda

  • Saya telah belajar banyak dari blog ini terutama bagaimana membuat konten yang berkualitas dan cara memasang adsense yang diklik oleh pengunjung. Thanks Bang Gee Jhon.

  • mantab Gan thnx sy dh dapat tambahan ilmu lagi, betul sy jg merasakan sewaktu awal2 ngeblog susah banget nulisnya, tetapi lama2 kalau rajin menulis akhirnya terbiasa juga 🙂 menulis ibaratkan kita belajar renang langsung masuk nyebur di kolam & langsung praktek nga usah banyk mikir hehe,.

  • @heri, ya cara begitu bisa. tapi kenapa tidak pakai fasilitas spell checker? bukankah itu lebih mudah? dan langsung tahu klo kita salah ketik? 🙂

  • Biasanya saya memeriksa ejaan dengan menggunakan google translite. Jika di translite masih ada bahasa Indonesia nya berarti ada ejaan yang salah 🙂