Pada artikel Sukses Blogging? Percantik Desain Blog! saya telah menekankan pentingnya peranan desain terhadap kesuksesan suatu blog.

Desain yang cantik, bukan saja menarik minat pengunjung baru, namun juga membuat mereka betah berlama-lama mengeksplorasi blog Kamu lebih jauh.

Nah, salah satu unsur penting dari desain blog yang mesti diperhatikan, adalah pemilihan warna teks dan warna background atau latar belakang.

Kesalahan paling umum dan masih banyak saya lihat dilakukan oleh blogger, adalah mereka menggunakan teks putih dengan latar belakang hitam atau warna gelap.

Saya katakan ini adalah sebuah kesalahan. Sama seperti halnya menggunakan ukuran huruf terlalu kecil, memilih jenis huruf ‘hias’ sebagai teks paragraf, kombinasi warna yang ‘aneh’ (teks putih diatas biru, merah tua diatas hijau muda, dan sebagainya yang memberi kesan blog Kamu terlihat amatir).

Kenapa?

Karena itu membuat teks artikel Kamu sulit untuk dibaca, dan akhirnya pembaca blog Kamu kabur!

Teks putih pada latar belakang hitam, lebih sulit untuk dibaca. Warna putih pada teks memantulkan semua cahaya yang mengenainya. Dan karena teks saling berdekatan, maka pantulan cahaya tadi akan mengenai teks di sampingnya, sehingga menyebabkan bentuk huruf menjadi tidak jelas. [sumber]

Inilah yang menyebabkan mata cepat lelah berlama-lama menatapnya. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung blog. Jika mereka merasa tidak nyaman, maka mereka akan segera meninggalkan blog Kamu.

Kombinasi warna paling umum digunakan adalah teks hitam dengan latar belakang putih, yang mana paling mudah dibaca. Teks hitam menyerap semua cahaya, sehingga bentuk huruf terlihat lebih jelas, menjadikannya lebih mudah dibaca.

[mks_pullquote align=”center” width=”300″ size=”15″ bg_color=”#ffffff” txt_color=”#000000″]Ini adalah teks hitam di atas latar belakang putih yang lebih mudah dibaca, karena cahaya yang mengenai tulisan tidak dipantulkan, tapi diserap semuanya.[/mks_pullquote]

[mks_pullquote align=”center” width=”300″ size=”15″ bg_color=”#000000″ txt_color=”#ffffff”]Ini adalah teks putih di atas latar belakang hitam, yang sulit dibaca, karena cahaya yang mengenai tulisan dipantulkan dan mengenai huruf di sampingnya.[/mks_pullquote]

Pada prakteknya, Kamu bisa melakukan variasi antara teks abu-abu paling gelap pada latar belakang abu-abu paling gelap.

Jika demi desain, Kamu terpaksa harus menggunakan warna background hitam atau warna gelap lainnya, maka, alih-alih menggunakan warna putih untuk teks, gunakanlah warna abu-abu terang. Ini akan membuat tulisan lebih mudah dibaca, karena tidak semua cahaya dipantulkan oleh teks.

Tapi benarkah teks hitam diatas warna putih adalah yang terbaik? Bagaimana jika saya tetap ingin memakai latar belakang warna gelap? Mari saya perjelas lagi!

[mks_pullquote align=”center” width=”300″ size=”15″ bg_color=”#FAFAFA” txt_color=”#000000″]Ini adalah teks hitam di atas latar belakang abu-abu terang, yang lebih mudah dibaca dibanding latar belakang putih karena lebih sedikit cahaya yang dipantulkan dari belakang teks.[/mks_pullquote]

Begitu juga menggunakan latar belakang abu-abu terang dengan teks warna hitam, akan lebih nyaman dibaca dibandingkan dengan latar belakang putih.

[mks_pullquote align=”center” width=”300″ size=”15″ bg_color=”#000000″ txt_color=”#FAFAFA”]Ini adalah teks abu-abu terang di atas latar belakang hitam, yang lebih mudah dibaca dibanding teks putih di atas latar belakang hitam, karena lebih sedikit cahaya yang dipantulkan oleh teks.[/mks_pullquote]

Apakah selamanya teks putih di atas latar belakang hitam adalah buruk?

Sebenarnya tidak juga. Menurut saya, menggunakan teks putih dengan latar belakang gelap tetap bekerja baik, terutama untuk menonjolkan bagian-bagian penting dari artikel Kamu. Seperti untuk ‘blockquote’ misalnya.

Jadi kesimpulannya, jika untuk menonjolkan bagian-bagian tertentu dari artikel Kamu, menggunakan teks putih di atas latar belakang gelap atau hitam, masih bekerja dengan baik, seperti ‘blockquote’ ini. Namun jika digunakan untuk keseluruhan teks, itulah yang harus dihindari.

Satu hal lagi perlu diperhatikan, jika Kamu berada di ruangan gelap atau kurang penerangan yang cukup baik, maka membaca teks putih di atas latar belakang hitam, akan sangat melelahkan.

Nah, itulah bagian penting dalam desain blog Kamu yang mesti Kamu perhatikan dengan baik. Pilihlah warna teks dan background yang nyaman untuk pembaca Kamu berlama-lama menikmati konten blog Kamu.

Kamu memiliki pendapat lain? Silakan berbagi melalui komentar.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

16 Komentar

  • Numpang tanya ni mas, blog saya sudah hampir satu tahun saya bikinnya tp baru minggu ini saya merawatnya dan pengunjung perharinya mencapai 2000 tapi kenapa yah saya d tolak oleh adsense??

    • alasan ditolaknya apa? dari situ bisa menganalisa. Ingat bahwa adsense gak pandang trafik semata. tapi banyak faktor lain yg jadi pertimbangan.

  • Bagaimana dengan perpaduan antara warna background dengan outer yang berbeda, apakah berpengaruh dengan kenyamanan pembaca di blog?

  • Saya pk template blogger tp background ga ada yg clear white spt portal-uang. Ada nya putih ke abu2an jd agak redup. Pk template selain bawaan bloger susah seting kode2an nya 🙁

  • Betul sekali mas.. Kalo baca tulisan putih dg background hitam mata cepat lelah bahkan bisa bikin pusing kepala, dan jika mengalihkan pandangan ke arah lain yg lebih terang, mata jadi berkunang-kunang. Itu yg sy alami.

  • oyah mas saya boleh nanya nggak, saya itu pasang iklan di blog, sekitar 6 unit, dengan ukuran yang sama (responsive) dua di posgingan, 1 satu headet, 3 di sidebar, tapi sejauh ini blum ada teguran dari GA,oyah klau biza mas ada waktu berkunjung dong trikmudahbernavigasi dot blogspot dot com

  • Betul banget, teks bewarna hitam jika ketemu background berwarna putih akan terasa sangat nyaman ketika dibaca, apalagi jika didukung dengan ukuran dan jenis font yang pas.