Konon, dulu hanya pemilik akun adsense premium yang diberi keleluasaan membuat ukuran iklan sendiri. Tapi sekarang, tidak lagi.

Kamu bisa membuat unit iklan adsense khusus, guna menyesuaikan dengan desain blog Kamu sehingga tampil lebih baik dan lebih rapi. Tapi memang, saya masih belum banyak melihat para blogger menggunakan ukuran khusus ini, mereka lebih memilih ukuran standar yang memang cukup banyak disediakan.

Namun, tidak ada salahnya saya mencoba membuat satu unit iklan ukuran khusus ini. Saya buat sebuah unit dengan ukuran 600 x 60, ditempatkan di bawah posting seperti Kamu lihat. Sebelumnya saya menggunakan ukuran 468 x 60, yang tidak memenuhi lebar halaman posting, karena lebar halamannya sendiri adalah 600. Kamu bisa lihat seperti ini:

ukuran iklan khusus adsense lebih pas

Kamu lihat, secara desain memang tampak lebih rapi. Jadi, jika memang Kamu membutuhkan ukuran iklan yang tidak tersedia dari ukuran standar yang disediakan, Kamu bisa membuat ukuran sesuai keinginan agar lebih pas dengan desain blog Kamu.

Bagaimana cara membuatnya?

Caranya sangat mudah, sama seperti membuat unit iklan biasanya. Hanya kali ini pada menu pilihan Ukuran iklan, pilih Ukuran iklan khusus.

Lalu tentukan ukuran lebar dan tinggi unit iklan yang Kamu inginkan. Hanya saja, Kamu beberapa ketentuan dalam menentukan ukuran ini:

  • Ukuran lebar antara 120 – 1200
  • Ukuran tinggi antara 50 – 1200
  • Hanya salah satu dimensi yang boleh lebih besar dari 300

Apakah berkinerja lebih baik?

Entahlah, saya sendiri belum memiliki data karena baru saja memasangnya belum lama ini. Dalam 1 bulan ke depan saya akan bagi hasilnya kepada Kamu.

Memang, jika dilihat dari sisi desain, dimana pastinya lebih sesuai dan menyatu dengan desain blog Kamu secara khusus, mestinya akan lebih bagus. Namun demikian, Google sendiri mengingatkan bahwa, ukuran khusus ini mungkin memiliki inventori lebih sedikit pengiklan, sehingga dapat berimbas terhadap pendapatan.

Jadi kesimpulannya, kembali bergantung kepada Kamu. Apakah Kamu ingin mencobanya hari ini juga?

Atau memang Kamu telah menggunakannya? Bagaimana hasilnya? Bagikan pengalaman Kamu melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

15 Komentar

  • @rama.
    pasti berkunjung balik .:) perasaan sudah pernah saya share kok. Hasilnya lebih baik.

    @cindie.
    silakan dicoba, 🙂

    knp harus takut, justru dg banyak melakukan eksperimen, kita jadi tahu mana yg terbaik pada akhirnya. Menjalankan adsense, harus dianggap sebagai bisnis jangka panjang.

  • wahh,,saya pengen banget nyoba itu trik mas..tapi masih takut,wlwpun rasa penasaran saya lebih besar,,ditunggu postingan nya lagi mas and dikunbal ya

  • @ronatio.
    itu adalah unit iklan link text. tinggal buat saja unitnya lalu, pasang kodenya seperti halnya unit2 lainnya.

    Mengenai cara penempatan di bawah menu (header), coba googling, sudah banyak yang mengulas caranya.

  • Saya bingung mas untuk membuat iklan adsense yang hanya menampilkan link nya saja. (biasanya letaknya pada bagian Header) .
    boleh bimbinganya mas ?

    jangan lupa kunjungan baliknya ya mas. Salam.

  • saya sebenarnya sdh beberapa hari kemarin mau mencoba unit khusus ini, tapi sayangnya saya masih menunggu hasil eksperimen pengujian A/B yg blm selesai, hmmm 😛
    selain itu, google mengatakan persediaan inventori iklan terbatas yg bisa berdampak pendapatan menurun, maka saya harus cari tahu dulu di blog temen2 yg udah mencoba, kira2 gimana hasilnya terhadap earning 😀
    silakan mampir mas 🙂

  • @indodetik. ayo dicoba mas.. hehe..
    klo dilihat contoh yg diberikan tentu bisa banget mas…. tinggal lihat berapa dimensi / ukuran yg diperlukan agar pas.. trs buat unitnya.

  • mantappp…
    saya mo pasang juga gan.. tapi gambarnya dlm posting di blog say terlau besar,
    saya mo buat gini apa bisa, coba lihat gambar ini :
    balas di FB saya boleh juga gan : facebook.com/harishohonafit