Google Adsense lebih dikenal sebagai program periklanan kontekstual (contextual advertising). Dimana iklan yang iklan yang muncul akan menyesuaikan secara otomatis dengan konten halaman situs.

Tapi, sebenarnya Adsense tidak melulu melakukan penargetan iklan mereka secara kontekstual, masih ada 2 macam lagi jenis penargetan, yaitu: penargetan berbasis minat dan penargetan penempatan.

Mari, kita lihat satu per satu:

Penargetan kontekstual

Kebanyakan iklan Adsense yang muncul di blog Kamu adalah jenis penargetan kontekstual. Iklan muncul di situs atau blog Kamu, karena konten Kamu relevan terhadap iklannya.

Google menentukan iklan mana yang muncul setelah proses lelang, dimana setiap iklan yang relevan dengan konten Kamu bersaing satu sama lain. Penawar tertinggi yang akan menang, sehingga setiap iklan yang muncul di blog Kamu dipastikan adalah iklan bernilai paling tinggi yang sesuai dengan konten Kamu.

Penargetan berbasis minat

Iklan yang muncul berdasarkan kegiatan Kamu surfing di internet. Sebagai contoh, jika sebelumnya Kamu sering mengunjungi situs tentang pasar stok, maka ketika Kamu mengunjungi blog lain yang memasang Adsense, maka kemungkinan besar iklan yang muncul adalah iklan tentang pasar stok.

iklan berbasis minat pengguna Adsense

Hal ini membuat iklan lebih relevan terhadap minat pengunjung, bukan terhadap konten blog Kamu sendiri. Karena itu, dari hasil pengamatan saya, iklan berbasis minat selalu memiliki CTR lebih tinggi dari jenis penargetan lainnya. Jika dibandingkan penargetan kontekstual nilai CTR beberapa kali lipat lebih tinggi.

Kamu dapat menonaktifkan jenis penargetan berbasis minat ini dari tab Izin iklan >> Penayangan iklan. Namun sebaiknya Kamu tetap membiarkannya aktif, karena terbukti memberi CTR lebih tinggi.

Penargetan penempatan

Jika Kamu melihat laporan kinerja Adsense, jenis penargetan ini biasanya lebih sedikit dibandingkan 2 jenis penargetan lainnya.

Tapi, jenis penargetan ini adalah yang terbaik, karena di sini, pengiklan sendiri yang menginginkan iklan mereka tampil di blog Kamu. Seolah-olah pengiklan berpesan kepada Google:

“Hai, saya ingin menampilkan iklan di halaman tertentu, ukuran tertentu dan posisi tertentu, dan saya siap membayar lebih.”

Dan untuk bisa tampil, mereka (pengiklan) harus mengalahkan semua iklan lainnya dari penargetan kontekstual dan berbasis minat. Karenanya, iklan dengan penargetan penempatan dipastikan adalah yang tertinggi nilai BPK-nya.

Periksa laporan Kamu

Untuk mengetahui berapa besar yang Kamu dapatkan dari masing-masing jenis penargetan, pergilah ke halaman Laporan Kinerja. Kemudian di sebelah kiri, pilih Jenis penargetan. Di situ Kamu bisa melihat kinerja masing-masing jenis penargetan.

iklan penargetan penempatan Adsense

Biasanya Kamu akan melihat, sebagian besar penghasilan berasal dari penargetan kontekstual. Namun, jika Kamu mendapati sebagian besar pendapatan Kamu berasal dari penargetan penempatan, selamat! Berarti Kamu telah dalam kondisi maksimal mendapatkan hasil dari Google Adsense.

Lalu bagaimana cara mendapatkan jenis penargetan penempatan?

Seperti yang pernah saya singgung dalam artikel: Melacak Kinerja Iklan Adsense Menggunakan Saluran Khusus, untuk mendapatkan pengiklan berdasarkan target penempatan, maka Kamu mesti membuat saluran khusus dengan penargetan penempatan.

Lebih jauh bagaimana membuatnya, silakan baca: Membuat Saluran Khusus dengan Penargetan Penempatan.

Kesimpulan

Jadi manakah yang memberi hasil terbaik?

Jika dilihat dari nilai BPK, jelas penargetan penempatan adalah yang terbaik. Namun karena jenis penargetan ini adalah sepenuhnya ‘pesanan’ dari pengiklan, maka lebih sulit mendapatkannya. Kamu harus menyajikan konten yang berkualitas dan ramai pengunjung untuk dipilih oleh pengiklan sebagai target iklan mereka.

Jenis penargetan berbasis minat, meskipun Kamu dapat menonaktifkannya, namun karena memberikan CTR yang lebih baik, maka tidak ada alasan Kamu tidak memakainya.

Sedangkan bagi kebanyakan kita, iklan kontekstual masih akan memberikan penghasilan terbesar dari Adsense. Jadi, silakan Kamu menyimpulkan sendiri, hehehe….

Sukses selalu untuk kita semua. Jangan lupa, jika Kamu merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada teman Kamu. Ada pertanyaan? Mari kita berdiskusi melalui kolom komentar.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

25 Komentar

  • Mas, kira2 apa yang terjadi jika iklan berbasis minat dinonaktifkan? apakah akan meningkatkan hasil atau malah sebaliknya..,

  • itulah bang …. sudah saya coba ini dan itu, tapi hingga saat ini tetap saja saya belum pernah bisa meningkatkan BPK ???????

  • Info yg bagus mas gee jhon, bagaimana dengan iklan tautan apakah bisa di custom channel? Dan menurut mas cara agar punya akun ads exchange bagaimana? Trims

    • iklan tautan agak berbeda dg unit konten, jadi ia tidak bisa dijadikan target penempatan. Mengenai akun ads-exchange, kita tidak bisa mendaftar, tapi ketika akun adsense kita memenuhi syarat tertentu pihak google lah yg menghubungi kita dan memberikan info pendaftaran ads-exchange.

  • Mastah, hasil report Adsense ane:
    Interest based menghasilkan CTR yang paling tinggi dibandingkan dengan kotekstual dan placement.

    Gimana cara menonaktifkan kontekstual dan placement, jadi harapan saya yang muncul hanya interest based saja..

    Terima kasih

    • mungkin maksudnya Interest Based. Ok, itu tidak bisa mas Ian, karena pada dasarnya yg utama dari Adsense tetap adalah kontekstual, justru interest based adalah tambahan penargetan (opsional) yang bisa dimatikan fiturnya.

  • @ramalan.
    maksudnya perbedaan dimananya? hasil itu membuktikan bahwa penargetan berbasis minat adalah yg terbesar, sedangkan penargetan penempatan adalah yg terkecil.

  • Thanks infonya.. namun diakun saya kok banyak perbedaan ya dengan penjelasan diatas..
    dalam sebulan terakhir data saya:
    Kontekstual: $0.05
    Berbasis minat: $0.07
    Penargetan: $0.03

    Mungkinkah ada yg seperti saya kasusnya..??

  • gan ane mau tanya cara atau situs terpercaya yang bisa ngecek cpc iklan adsense kita.

  • Terima kasih nih karena trafik saya lumayan besar. Sudah saatnya saya mendapatkan uang dari bisnis online 🙂

  • @mus.
    Apakah sudah membuat saluran khusus dengan penargetan penempatan? Klo belum coba deh buat dulu, 🙂

    jika sudah usaha maksimal, tapi nilai BPK tetap kecil, ya itu pastinya karena memang iklan yang tersedia untuk topiknya hanya segitu nilainya. Tuk menaikkan CTR, saya pernah menulisnya di banyak artikel, silakan eksplore tips adsense di PortalUang. 🙂 Oya, satu lagi ketika melakukan tes unit iklan, beri waktu hingga 1 bulan. krn dari pengalaman sy, ketika baru2 menggunakan unit iklan baru, CTR akan turun drastis, tapi setelah seminggu lebih, baru terlihat ada peningkatan.. sukses selalu buat Mas Mus… makasih telah berkunjung.

  • mas, punya saya jenis penargetan berbasis penempatan 0, hehe.. Mas cpc saya kenapa ya di bulan ini 0,04 terus, padahal bulan kemarin 0,07-0,10 $. bagaimana ya mas cara menaikkan ctr lagi, padahal PV 4.000 lebih. segala cara sudah saya lakukan, yaitu mengganti unit iklan, memindahkan penempatan, dan cuma pasang satu unit ads. tetapi masih juga 0,04 $.

  • @rusman.
    sama2 mas Rusman. Semoga cepat disetujui pada akhirnya. Iya, kemarin 3 hari saya off komen karena saya berlibur ke luar kota, hehe…..

  • Sip mas,Tanks infonya,Akun saya belum di setujui mas,karna belum ada lalu lintas organik yang memadai dari ket email yang saya terima,Kenapa kemarin sempat off form comment.?