Gunakan unit 336×280, Pendapatan Adsense Kamu Akan Lebih Besar

Apakah saat ini Kamu menggunakan unit iklan Adsense ukuran 300x250px (kotak sedang)? Belum mencoba ukuran 336x280px (kotak besar)?

Jika ya, sebaiknya Kamu segera mencobanya. Unit 336×280 akan memberikan performa lebih baik dibandingkan unit 300×250, itu artinya juga memberikan pendapatan lebih besar.

Nah, kali ini saya akan memberi Kamu alasan bagus mengapa Kamu harus mengganti unit 300×250 dan beralih menggunakan unit 336×280, terutama untuk unit iklan yang dipasang di dalam posting.

Ukuran lebih besar = lebih baik

Jika Kamu perhatikan maka seringkali iklan gambar yang berukuran lebih kecil ditampilkan pada unit iklan yang berukuran lebih besar. Seperti misalnya, iklan gambar ukuran 160×600 ditampilkan di unit 300×600. Begitu juga dengan unit 300×250 bisa muncul pada unit iklan 336×280.

Apa artinya?

Artinya, dengan memilih menggunakan ukuran 336×280, maka iklan gambar dengan ukuran 300×250 pun akan tampil, jika mereka memenangkan persaingan dengan unit iklan yang lebih besar. Dengan kata lain, iklan gambar ukuran 300×250 yang tampil tersebut memiliki nilai per klik yang lebih besar, karena mereka berada pada lelang yang sama dan bersaing dengan unit iklan 336×280.

Sekali mereka tampil, dan diklik oleh pengunjung blog, maka Kamu mendapatkan pendapatan yang lebih besar.

Hal ini tidak berlaku sebaliknya

Tentu saja. Unit iklan yang lebih besar tidak bisa ikut bersaing dalam lelang dengan unit iklan yang lebih kecil. Kenapa? Karena memang tidak akan muat masuk ke frame unit yang lebih kecil. Ini lah mengapa Kamu harus memilih unit 336x280px untuk mendapatkan nilai klik lebih besar.

Bagaimana dengan masalah desain?

Ketika iklan gambar berukuran lebih kecil, tampil pada unit 336×280, maka memang ada ruang kosong di sekelilingnya. Tapi itu jauh lebih baik jika dibandingkan dengan unit 160×300 yang tampil pada unit 300×600 misalnya, dimana terlihat buruk karena menyisakan ruang kosong yang cukup besar.

Sedangkan untuk unit 336×280 hanya menyisakan ruang kosong sedikit saja, bahkan di mata pembaca itu tidak akan terlihat unit iklan Kamu sedang menampilkan iklan gambar yang berukuran lebih kecil.

Kesimpulannya

Jika saat ini Kamu masih menggunakan unit 300×250, segera ganti dengan unit 336×280, dan akan melihat peningkatan pendapatan yang signifikan. Saya sendiri sudah lama mengganti semua unit 300×250 pada halaman posting dengan unit 336×280, dan terbukti memberikan revenue lebih besar.

Jika tidak ingin mengganti semuanya, Kamu bisa menggunakan metode a/b testing atau menggunakan fitur eksperimen Adsense. Setelah yakin mana yang terbaik, Kamu kemudian dapat memilih salah satunya.

Ada punya pengalaman lain? Silakan berbagi melalui komentar. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

39 Komentar

  • Saat ini saya baru mencoba unit iklan 336×280, semoga hasilnya positif.. terima kasih atas postingannya mas

    • Dalam banyak kasus, ukuran responsive memang terbaik. Tapi adakalanya, kita perlu mengatur ukuran secara manual untuk mendapat hasil lebih baik.

  • ok trim masukannya, mas aku punya salah satu web trafiknya sangat tinggi sampai puluhan ribu per hari, tapi earningnya kecil, bisa ga bantu evaluasi? klo bisa nanti aku pm ya webnya…

  • Mas kalau satu halaman bbrp iklan ukurannya sama bagaimana persaingan lelangnya dibandingkan dengan satu halaman iklannya beda2 ukuran…
    trims

  • Untuk saat ini total saya baru menggunakan 3 unit iklan (300×250, 336×280, responsive).
    Setelah ini InsyaAllah akan saya praktikan mengganti 300×250 dengan 336×280.
    Terima kasih masukannya Mas.

  • saya sudah praktekkan apa yang ada di artikel ini. memang maknyus. padahal pengunjung blog saya sebagian besar mobile.kemungkinan ini terpotong di layar hp. tapi yg saya bikin bingung, kenapa 336×280 yang menghasilkan earning terbanyak dibanding 300×250. jempol like untuk artikel ini 😉

  • lalu untuk tampilan di mobile, biasanya mobile dengan lebar layar hanya 300px, iklan akan terpotong ya gan? apakah itu nantinya bisa berbahaya untuk akun kita?

  • thanks gan tips nya, bookmark dulu buat belajar adsense lebih jauh dari blog ini, udah ane terapin di blog ane nih unit iklan, moga meningkat

  • @ditarik.
    ya itu jg bagus biasanya. periksa saja berapa CTR-nya jika ckp bagus, pertahankan. jika msh di bawah 2% sebaiknya bereksperimen dg lokasi lain.

  • @tutorial.
    kalau tampilannya bkn tampilan mobile, sepertinya pasti terpotong. Untuk template resposive, sebaiknya gunakan tag kondisi atau unit iklan responsive.

  • @ajiewp.
    ya sudah dong, kalau saya blm pernah coba, mana mungkin saya tulis artikel ini???! bahkan sekarang saya ganti juga unit di bawah artikel, yg tadinya custom size 600×90, saya ganti jg dg 336×280. dan ingin lihat hasilnya satu bulan ini. jadi skr ada 2 ukuran 336×280. di bwh judul dan di bwh artikel. Apakah Anda tidak melihatnya?????

  • saya saat ini memakai unit iklan 300×250 di blog saya, namun masih belum ada keinginan untuk beralih ke 336×280 karena belum mengetahui penjelasannya, sekarang saya akan mengganti dengan iklan yang baru…. terimakasih kawan, sangat bermanfaat bagi Blog saya Teriaaak

  • @m. rudianto.
    sama2…… 🙂

    @seputar.
    melakukan eksperimen itu penting, setiap kali ganti, beri waktu paling tidak 1 bulan, tuk melihat performanya, terus lakukan sampai menemukan yg paling baik bekerja di blog kita.

  • Wah saya masih baru ..gan..besok saya cobain deh,,makasih gan,.eh kalo ganti mulu,nasalah ga sih gan,.

  • @adel.
    kalau yang ditanya cara cepat, sayangnya tidak ada cara cepat. Karena untuk mendapatkan hasil maksimal, yang paling utama adalah trafik, dan membangun trafik yang stabil adalah proses yang membutuhkan waktu….. 🙂

  • gimana cara cepat biar adsense gede mas? ajarin dunk, salam kenal yaa,.. boleh dunk mampir review web saya heheee 😀

  • untuk pasang iklan adsense nanti dulu,nunggu sedikit rame dan tekad buat ngeblog.tips diatas bisa dicoba nanti.