Tantangan #1: Berkomentar di 10 Blog Baru dalam 7 Hari

Ini adalah tantangan pertama dari saya. Kamu siap? (Bagi Kamu yang belum sempat membacanya, silakan baca dulu: ‘Tantangan Blogging Portal Uang’)

Tantangan pertama ini, cukup mudah. Tapi, jika Kamu menerima tantangan ini, saya berani memastikan Kamu akan menemukan banyak sekali manfaat dan pelajaran berharga menuju sukses dalam blogging.

Apa tantangannya?

Sederhana saja, yaitu:

Berkomentar di 10 blog berbeda dalam waktu 7 hari!

Ini adalah tantangan bagaimana Kamu belajar dan praktek berkomentar, dan biarkan ‘dunia’ mengetahui siapa Kamu, apa yang Kamu pikirkan, dan bahwa Kamu adalah seorang blogger yang ‘memiliki’ sesuatu berharga untuk bisa disampaikan kepada dunia.

Bagaimana? Kamu terima tantangan ini? Jika ya, Kamu bisa menerima tantangan ini dengan beragam cara. Inilah peraturannya:

  • Kamu boleh berkomentar di 10 blog berbeda selama 7 hari
  • Kamu boleh berkomentar di 10 blog berbeda per hari selama 7 hari
  • Kamu tidak boleh mengomentari 7 blog berbeda dalam 10 hari
  • Kamu tidak boleh berkomentar 10 kali di satu blog yang sama
  • Paling sedikit, 10 komentar di 10 blog berbeda
Kamu paham?
Bagus. Oya, jika selama ini Kamu telah biasa berkomentar di salah satu blog (misalnya, Kamu sudah sering berkomentar di blog Portal Uang), maka itu tidak terhitung. Kamu harus mencari blog baru. Blog yang belum pernah Kamu komentari sebelumnya.

Jangan berkomentar secara anonim. Tinggalkan nama, email dan alamat blog Kamu di sana, untuk menunjukkan bahwa Kamu seorang yang bertanggung terhadap komentar Kamu.Jangan asal komentar. Komentar harus menunjukkan intelegensi Kamu, tidak keluar dari topik artikel yang dikomentari.

Jangan menulis komentar semacam: ‘Artikel bagus, saya setuju’. Itu komentar yang tidak berguna. Katakan sesuatu, sesuatu yang berarti. Ikutlah dalam diskusi di dalamnya. Biarkan penulis artikel mengetahui bahwa Kamu membaca artikelnya dengan baik. Kamu tidak mesti setuju dengan mereka, jika memang Kamu memiliki pandangan berbeda, sampaikan. Tentu dengan dasar saling menghargai dan menghormati. Itu baru komentar yang bernilai!

Nah, jika Kamu telah melakukannya, silakan kembali ke posting ini (sebaiknya Kamu mem-bookmark halaman ini), lalu sampaikan pengalaman yang Kamu dapatkan dari tantangan yang baru saja lakukan.

Atau, Kamu bisa menuliskannya ke dalam sebuah posting. Jelaskan apa saja yang Kamu pelajari dari 10 blog baru yang Kamu kunjungi, dan bagaimana rasanya meninggalkan jejak komentar di sana.

Jika Kamu menulis pengalaman itu dalam sebuah posting, jangan lupa tinggalkan link ke posting tersebut di kolom komentar dibawah, agar saya bisa membacanya, saya ingin mendengar pengalaman itu dari Kamu.

Sulitkah menyampaikan pemikiran Kamu sendiri kepada pemilik blog itu tentang topik yang mereka tulis? Atau mudah saja? Apakah Kamu menemukan blog atau sebuah posting yang benar-benar menarik perhatian Kamu? Apa yang Kamu dapat dari situ?

Lalu, apa respon komentar yang Kamu dapatkan dari mereka? Apakah Kamu mendapatkan trafik tambahan yang berasal dari komentar-komentar Kamu? Apakah mereka (pemilik blog yang Kamu komentari), balik berkunjung dan mengomentari blog Kamu?Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, mungkin butuh waktu beberapa hari, tapi Kamu bisa mengecek statistik blog untuk mengetahui sejauh mana yang Kamu peroleh dari hasil berkomentar di 10 blog itu.

Ingat, bahwa komentar yang Kamu tulis adalah representasi diri dan blog Kamu. Pastikan Kamu berkomentar dengan baik, dan pastikan Kamu mendapatkan manfaat penuh dari mengomentari blog lain.

Jika Kamu masih belum yakin bagaimana cara berkomentar yang baik, silakan baca: Cara Berkomentar Cerdas sebagai panduan dan bekal Kamu menghadapi tantangan ini.

Nah, sekarang, sebarkan ‘suara’ Kamu. Go, sebarkan komentar cerdas dan bernilai Kamu!Kita ketemu lagi minggu depan dengan tantangan lainnya, sekaligus mendengar pengalaman Kamu selama 7 hari menjalankan tantangan Portal Uang. Sukses untuk kita semua.

Salam.

 

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

36 Komentar

  • konsep menciptakan tantangan dari blog ini sangat bagus, suatu konsep yang sangat menarik untuk dipelajari bagi marketer online. mohon izin dipelajari ya mas.

  • Tantangan yang cukup menantang bagi saya Newbie. Komentar ini adalah langkah pertama saya untuk menjalankan Tantangan ini. Semoga bisa dijalankan 🙂

  • @hasehaton.
    silakan dicoba, dan jgn lupa nanti kembali kesini tuk menceritakan pengalamannya 🙂

    @endro.
    salam blogger dan salam sukses…. 🙂 memang banyak berkomentar akan membawa banyak manfaat. selamat berkomentar ria…

  • Kebetulan saya sedang cari pencerahan tentang blogging yang baik nie mas, dan untuk cara komentar ini, bakal saya cobain, maksih,. he,..

  • ok mas, saya siap memenuhi tantangannya,, mas nya pinter banget, ini salah satu cara untuk lebih cerdas meramaikan blog sendiri dan blog orang lain, thank mas

  • @ady.
    oke, selamat menikmati tantangan, hehe… oya, setelah selesaikan tantangannya, kembali kesini dan ceritakan pengalamannya, ya… ??!

  • boleh juga tantanganya.. jadi pengin nyoba. makasih tipsnya mas.. minta doanya juga semoga saya juga bisa sukses kayak mas Gee Jhon..

  • @joko.
    sip juga deh….. makasih atas komentarnya? Jgn lupa kembali lagi setelah 1 minggu, dan ceritakan hasil dari tantangan ini ya? 🙂 Sukses selalu

  • Terima kasih tantangannya pak, satu minggu lagi insyaallah saya akan kembali lagi dan menceritakan semua pengalaman yg saya dapat. 😀

  • Berkomentar di blog lain ibaratnya "Menyelam sambil minum air", mengapa demikian? Selain untuk memperluas silaturahim, (katakanlah blogwaking) ini bermanfaat untuk menanam backlink serta sebagai sarana untuk promosi gratisan.

    Selain itu, kalo kita sudah dikenal banyak orang, pasti banyak untungnya hehe

    Terimakasih untuk ilmunya mas, mungkin lain waktu saya kesini lagi, buat baca2 artikel seuper lainnya 😀

  • @anime.
    sip… teruskan mas, itu kebiasaan baik… jangan lupa tuk kembali lagi kesini, setelah selesai menjalankan tantangan ini, ceritakan pengalamannya, hehe…

    mengenai belajar, ayok kita belajar sama2, jika mau diskusi, silakan dg senang hati, kt bisa ngobrol via FB atau G+

  • Wah, Saya udah melakukannya nih mas, Minimal sehari ane komentar itu 3 kalo ga 4 blog, Niatnya mah nyari backlink, karena masih newbie nih, udah beberapa hari ini komentar baru satu yang mampir ke blog ane, itu dia komentar.

    Kalo boleh saya ingin belajar banyak nih di mas, lewat Email gitu mas…. Masih newbie banget nih.
    BM yah mas biar tau balesannya, siapa tau mau bantu

  • gan bisa kita sering gak aku butuh bimbingan maen adense soalnya aku onlen 24 jam tap gak ad hasil aku pengin dapet pnghasilan dri internet..tolong di bantu ntr ane ada ngrtinya nih..

  • Trima ksih mas infonya,Saya sudah cek polder spam,tapi belum ada email yang masuk,Ini dsain blog saya yang baru mas, dutauangku.blogspot.com

  • @rusman.
    biasanya 3 – 7 hari, sudah ada jawaban… coba cek lagi mungkin balasan emailnya nyelip di folder spam 🙂 atau tunggu sampe 7 hari…. kadang memang agak lama.

  • mas jhon kira kira berapa hari adsense menyetujui akun baru sepenuhnya..?Sdah 5 hari ini blum ada persetujuan sepenuhnya bada blog saya…

  • @adetya.
    Ok mas… ayo dimulai hari ini… hehe.. jangan lupa 7 hari ke depan untuk kembali ke sini, dan menyampaikan pengalaman Anda melalui komentar.. jika Anda menulisnya dalam sebuah posting, kasih saya link ke post itu.. sukses buat kita semua… (y)