Google Adsense adalah salah satu cara paling diandalkan oleh blogger untuk mendapatkan uang dari blog mereka.

Tapi, mengumpulkan uang dari Adsense, juga bukan perkara mudah, khususnya bagi mereka yang baru menjalankan program ini.

Mendapatkan $100 pertama, bisa jadi sesuatu yang tidak mudah, bagi mereka yang belum memahami betul langkah dan cara mengoptimalkan Google Adsense.

Di lain pihak, kita melihat para blogger profesional mampu menghasilkan puluhan ribu dolar per bulan dari blog mereka.

Mengapa bisa seperti itu?

Ya, nyatanya memang, ada banyak faktor dan alasan yang membuat perbedaan besar itu. Namun, dari semua banyak faktor itu, yang paling berpengaruh besar adalah masalah trafik dan penempatan iklan.

Di bawah ini saya sarikan 5 langkah optimasi terbaik untuk meningkatkan pendapatan Adsense. Jika Kamu berhasil melakukan kelimanya dengan baik, maka pendapatan Adsense Kamu akan meningkat secara signifikan puluhan kali lipat dari sebelumnya. Itu yang saya rasakan.

1. Ukuran unit iklan
Banyak yang belum menyadari pentingnya ukuran iklan yang sesuai untuk blog masing-masing. Sebagian masih ‘malu-malu’ menampilkan unit berukuran kecil di blog mereka. Sebagian lagi, sebaliknya, terlalu terobsesi memilih ukuran yang besar, sementara dipasang dalam ruang yang sempit di blog mereka.

Pilihlah unit 728×90, jika Kamu ingin memasang di bagian header. Gunakan kotak sedang atau kotak besar untuk iklan di dalam posting atau di sidebar. Tambahan, saya sangat menyarankan Kamu menggunakan unit 336×280, karena berdasarkan pengalaman unit ini memberikan performa terbaik dibandingkan unit lainnya.

Lebih jauh tentang mengapa Kamu harus memilih unit 336×280, silakan baca: Gunakan unit 336×280, Pendapatan Adsense Kamu Akan Lebih Besar.

Ukuran besar selalu lebih baik. Namun, tetap Kamu mesti menyesuaikan dengan desain blog secara keseluruhan. Lakukan eksperimen berkala, dan lihat hasilnya. Itu cara terbaik.

2. Jenis iklan
Setel unit iklan agar menampilkan teks dan gambar sekaligus. Ini meningkatkan CTR dan CPC unit iklan Adsense.

Saran terbaik saya, gunakan teks untuk unit iklan di dalam posting, dan gunakan teks dan image untuk yang lainnya.

3. Jenis trafik
Nah, ini yang kerap kali tidak mendapat perhatian dari mereka yang baru menjalankan Adsense. Ini membuat penghasilan mereka tidak maksimal.

Ya. Jenis trafik sangat menentukan seberapa besar penghasilan Kamu dari program periklanan semisal Adsense. Secara garis besar, sumber trafik terbagi menjadi 2, yaitu trafik organik dan trafik non-organik.

Trafik organik adalah trafik yang berasal dari mesin pencari. Inilah trafik terbaik untuk Adsense. Makanya Kamu harus fokus bagaimana mendapatkan trafik organik secara maksimal.

Sedangkan trafik non-organik berasal dari sumber lainnya, seperti sosial media dan lainnya. Sumber trafik ini tidak terlalu baik untuk pendapatan Adsense.

Lebih jauh tentang sumber trafik dan pengaruhnya terhadap penghasilan Adsense, bisa Kamu pelajari dalam 2 artikel berikut:

4. Penempatan iklan
Ini dia faktor yang paling menentukan seberapa besar hasil yang Kamu dapatkan dari Adsense. Salah dalam penempatan iklan akan sangat berdampak buruk dalam perolehan penghasilan, bahkan mungkin sangat sulit mendapatkan sekedar beberapa sen per harinya, meskipun blog Kamu memiliki trafik yang cukup tinggi.

Tempat memasang iklan terbaik adalah di dalam postingan (di atas, tengah, atau di bawah artikel), sidebar kiri atau kanan, dan sebelah kanan header. Ketika tempat ini selalu terbaik mendapatkan perhatian dari pembaca. Baca Cara Memasang Adsense di Atas Posting, jika Kamu ingin memasang unit iklan seperti yang Kamu lihat di blog ini.

Lebih lanjut mengenai penempatan iklan ini, baca: Penempatan Iklan Adsense Terbaik Untuk Blog.

5. Gunakan produk adsense lainnya
Seperti kita tahu, Google Adsense menyediakan beberapa produk, salah satunya adalah Adsense for Search.

Untuk lebih memaksimalkan pendapatan Kamu harus mencobanya. Pasang Adsense for Search di blog Kamu. Jika blog Kamu berisi banyak artikel dan ramai, penggunaan Adsense for search akan memberi hasil yang tidak sedikit.

Jika belum tahu cara memasangnya, Kamu bisa pelajari lebih jauh di artikel: Cara Memasang Kotak Penelusuran Adsense di Blogger.

Nah, itulah 5 langkah utama, yang harus Kamu lakukan dalam rangka meningkatkan penghasilan Kamu dari Google Adsense. Dengan optimasi yang tepat, penghasilan Adsense akan meningkat puluhan kali lipat dibandingkan yang Kamu dapatkan saat ini.

Bagi Kamu yang belum menjalankan dan berniat memaksimalkan Adsense sebagai sumber pendapatan, baca panduan lengkapnya di: Panduan Lengkap Mendapatkan Uang dari Adsense.

Saya ajak Kamu berbagi pengalaman dan diskusi dalam optimasi Adsense terbaik melalui komentar di bawah. Semoga bermanfaat.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

13 Komentar

  • Nah, ini yang harusnya saya kakukan, tapi di blog saya kayanya enggak kaya gini, btw thanks ya, tipsnya ini yang saya cari

  • Saya terus mencari cara bagaimana meningkatkan klik pengunjung padahal udah tak terapin hehehe tapi tetep aja masih belum maksimal. Terimakasih bang pencerahannya.

  • saya memilih ukuran iklan 728×90 dan 160×600
    tetapi sampai sekarang belum menghasilkan apa-apa

  • trafik memang sangat penting y gan… karena blog saya masih bertrafik kecil antara 10-20 per hari

  • mas gee jhon, sebagian besar pengunjung blog saya menggunakan seluler pada saat mengaksesnya., apakah saya harus menggunakan unit iklan yang biasa atau menggunakan unit iklan yang responsive? dan jika saya menggunakan unit iklan yang bukan responsive apakah iklan saya itu akan tampil pada perangkat seluler pengunjung saya tersebut?

  • @heru0502.
    jenis iklan amat tergantung dari desain blog masing2. Jadi yg terbaik adalah terus melakukan eksperimen, sampai menemukan yg terbaik. Contohnya, unit yg saya gunakan di blog ini:
    unit di bagian atas artikel adalah hanya menampilkan iklan teks, dan justru itu yg memberi CTR paling tinggi dibanding lainnya. Yg kedua adalah unit text link di tengah artikel, baru disusul unit paling bawah artikel. Semuanya menampilkan teks saja. Hanya unit di sidebar yg diatur tuk menampilkan teks dan gambar.

  • menurut pengalaman mas mana yg lebih bagus iklan teks atau gambar? soalnya sepertinya iklan teks kurang menarik pengunjung untuk mengklik… 😀

    oiya satu lagi mas, kira-kira berapa UV perhari ya agar mendapatkan penghasilan adsense yang memadai?

  • @rahasia.
    optimasi adsense, lebih menyesuaikan dg tema dan desain blognya, bukan berdasarkan jumlah trafik.

    dan sayangnya, menjalankan adsense memang butuh trafik tinggi. Meskipun optimasi sudah maksimal, namun jika trafiknya blm memadai, maka tetap tidak akan bisa memperoleh hasil yg diharapkan.

    Jadi, ya mau tidak mau, harus berusaha meningkatkan trafik dulu, itu yg terpenting!

  • Terima kasih artikelnya gan, kebetulan saya newbie di adsense, trafic web saya juga masih di bawah 200. gimana ya cara optimasi adsense untuk web yang trafic nya masih rendah?

  • @rusman.
    malam juga mas Rusman. Baik, sebelumnya terima kasih atas pertanyaannya. 🙂
    Custom channel, itu adalah saluran khusus yg kita buat sendiri, manfaat utamanya adalah utk melacak performa unit iklan yg kita miliki. Saya pernah khusus membahas masalah ini, silakan baca artikel:
    portal-uang.com/2013/08/melacak-kinerja-iklan-adsense.html

    Sedangkan url channel, saluran untuk melacak kinerja suatu halaman tertentu.

  • Selamat malam mas bro,Mau nanya ni.?Apa yang di maksud dengan Costom Chanels dan Url Chnels pada Google Ads.Tq