Pernahkah teman dekat, keluarga, orang tua, kekasih mungkin, bahkan istri Kamu menanyakan apa yang Kamu lakukan ketika Kamu menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer?

Pernahkah mereka bertanya apa yang Kamu dapatkan dari blog? Alasan mengapa Kamu membuat blog? Apa tujuan Kamu menjadi blogger? Dan pertanyaan lain seputar blogging?

Ya. Mari kita akui dulu, bahwa blogging adalah dunia yang ‘aneh’, paling tidak di mata orang-orang terdekat Kamu yang tidak ‘mengerti’ dunia blog.

Saya pernah menulis sebuah anekdot tentang fakta-fakta blogging yang tidak boleh Kamu ceritakan kepada istri Kamu, jika Kamu belum membacanya, silakan baca. Disitu saya menggambarkan bahwa tidak selamanya mudah memberi penjelasan kepada orang-orang terdekat kita tentang dunia blogging yang kita geluti.

apa makna blogging bagi Kamu?Nah, tantangan saya kali ini adalah: jelaskan arti blogging!

Sebuah tantangan yang terlalu mudah? Hemm…. coba pikir lagi. Saya tidak menginginkan Kamu menjelaskan definisi blog seperti yang tertulis di Wikipedia. Bukan!

Yang saya maksudkan adalah deskripsi, gambaran, atau pengertian blog yang jika dijelaskan kepada orang lain, membuat mereka seketika sadar dan mulai menghargai kegiatan yang selama ini Kamu geluti, yaitu: blogging.

Jelaskan apa arti blog bagi Kamu. Bagaimana ia memengaruhi hidup Kamu. Barangkali keputusan menjadi blogger adalah keputusan terbesar dalam hidup Kamu? Jika Kamu menghasilkan uang dari blog, apa makna menjadi seorang blogger bagi Kamu?

Harapan, impian apa yang ingin Kamu dapatkan dari sebuah blog? Apa saja yang telah Kamu capai?

Menjelaskan arti blogging dengan cara seperti Kamu tengah membuat job description?

Silakan, intinya jelaskan arti blogging dalam hidup Kamu dalam makna yang seluas-luasnya. Buktikan bahwa blogging adalah sesuatu yang bermakna.

Bagaimana? Sudah menangkap poin yang saya maksud? Oke, jika sudah, tulislah dalam sebuah artikel. Posting di blog Kamu. Kemudian kembalilah ke halaman ini, tulislah dalam komentar beserta link ke posting Kamu. Saya ingin mengetahui ‘spirit’ ngeblog Kamu.

Bagi Kamu yang baru membaca Portal-Uang, ini adalah tantangan kedua dari Seri Tantangan Blogging PortalUang, yang bertujuan mengasah kreativitas blogging kita dari waktu ke waktu.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

9 Komentar

  • jujur, blogging berbagi ilmu yang kita dapatkan di internet kepada khalayak, sebagai timbal baliknya kita dapat komisi dari google ads. seperti itu kyakinan saye ..

  • Pengertian Blogging
    Kalau saya singkat aja jawabnya
    BLogging itu adalah menulis dengan harapan orang lain membacanya
    Singkat tepat dan dapat dipercaya tentunya
    Sukses Selalu

  • @faradillah.
    hhmmmm… sy yang memberi tantangan, eeehh,,, malah ditantang,,

    tapi oke, jika saya harus menjelaskan makna blogging bagi saya sendiri dalam dua kata, maka blogging bagi saya adalah: aktulisasi diri! 🙂

  • menjelaskan makna blogging ? hehehe.. ini tantangan yg cukup menantang pak. sebab saya baru dalam dunia blogging. menurut saya blogging itu ttg bagaimana saya bisa memberi manfaat ke pada orang lain terutama orang membaca artikel tersebut. kalo menurut bpak sendiri makna blogging itu seperti apa dan bagaimana ?