Setiap hal pasti memiliki sisi kekurangan dan kelebihan. Begitu juga halnya dengan menjadi seorang freelancer.

Apa kelebihan dan kekurangan menjadi seorang freelancer? Hal ini lah yang akan saya sampaikan kali ini.

Satu pekerjaan penuh waktu, seperti menjadi pegawai atau karyawan di sebuah perusahaan, menjanjikan penghasilan tetap, serta berada pada suatu lingkungan kerja dimana Kamu harus mengikuti aturan dan prosedur yang telah ditetapkan.

Di lain pihak, menjadi seorang freelancer, menjanjikan keuntungan dengan dapat bekerja hampir dari mana saja tanpa adanya aturan organisasi yang harus diikuti. Namun begitu, uang yang Kamu hasilkan tergantung dari banyaknya job yang Kamu dapatkan, yang tentu saja bukanlah sebuah angka pasti.

Dan inilah beberapa kelebihan serta kekurangan lainnya dari menjadi seorang freelancer.

Kelebihan freelancer:

  • Tidak ada bos yang mengatur-atur. Bila Kamu bekerja sebagai freelancer, Kamu tidak perlu khawatir terhadap perintah bos dalam setiap langkah kerja Kamu. Di sini, Kamu adalah bosnya. Kamu bisa bekerja sesuai kebutuhan dan mood.
  • Uang yang lebih banyak. Biasanya, kontrak kerja freelancer adalah Kamu dibayar berdasarkan hitungan per jam kerja, sehingga Kamu bisa memperoleh bayaran lebih tinggi untuk proyek yang Kamu kerjakan. Selain itu, jika rating Kamu bagus di mata klien, maka otomatis pendapatan Kamu akan lebih besar lagi.
  • Bekerja mandiri. Keuntungan lain dari menjadi freelancer, Kamu tidak harus terpaku pada satu jenis pekerjaan saja. Kamu juga dapat bekerja sesuai waktu dan kebutuhan serta tempat yang Kamu inginkan. Menghasilkan dari tempat tidur? Mengapa tidak?
  • Job yang variatif. Kamu disodori daftar job yang banyak sekali yang dapat Kamu pilih sesuka Kamu. Kamu bisa memilih jenis pekerjaan apa yang ingin Kamu garap, tidak seperti pekerjaan reguler dimana bos Kamu lah yang menentukan apa yang mesti Kamu lakukan.
  • Menambah keterampilan. Saat mengerjakan suatu kontrak kerja, Kamu memiliki banyak jenis pekerjaan yang bisa dipilih. Hal ini adalah peluang bagi Kamu untuk menambah keahlian atau keterampilan baru.

Kekurangan freelancer:

  • Tantangan mendapatkan job. Sebelum Kamu melangkah lebih jauh dalam karir sebagai freelancer, pada awalnya Kamu harus berusaha keras untuk mendapatkan job pertama Kamu. Setelah mendapatkannya pun, Kamu harus memikirkan lagi bagaimana menemukan pekerjaan berikutnya setelah menyelesaikan yang pertama.
  • Tidak ada jaminan keamanan. Memang, kalau kita bicara keamanan, tidak ada satupun pekerjaan yang benar-benar aman. Tapi, menjadi freelancer berarti tidak ada jaminan keamanan dan gaji tetap yang pasti Kamu terima seperti bekerja reguler sebagai karyawan. Kamu hanya akan dibayar atas job yang Kamu dapatkan, jika Kamu tidak mendapatkan satu job pun, maka Kamu tidak akan menghasilkan uang!
  • Libur = tidak ada bayaran. Di sini jelas sekali. Karena Kamu dibayar untuk setiap proyek yang kerjakan secara mandiri, maka tidak akan dibayar untuk hari libur, begitu pula jika Kamu sakit, misalnya.
  • Tidak bisa mengklaim hasil karya. Setiap Kamu menyelesaikan satu job, Kamu mengoper alih hasil karya Kamu kepada klien. Setelah Kamu menyerahkannya, Kamu kemudian tidak bisa mengklaim satu hasil kerja apapun yang telah Kamu lakukan. Semua sepenuhnya menjadi milik klien. Ini membuat Kamu kehilangan nilai lebih untuk karir Kamu di masa yang akan datang.
  • Butuh manajemen yang kuat. Bekerja sebagai freelancer, Kamu tidak mendapatkan jaminan kesehatan apapun, tidak pula tunjangan perjalanan, cuti dibayar penuh dan jaminan pensiun. Oleh karena itu Kamu harus bisa mengatur semua masalah keuangan sendiri. Kamu mungkin saja harus terus bekerja ‘selamanya’ agar dapat bertahan, atau mungkin harus meluangkan waktu bekerja ekstra keras, agar dapat menyimpan banyak uang untuk keadaan darurat, atau masa pensiun.

Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, kini Kamu dapat memutuskan lebih baik, apakah ingin berkarir sebagai freelancer, atau bekerja sebagai pegawai biasa.

Namun demikian saya berani mengatakan, jika Kamu serius, dunia freelancer, bagaimanapun telah menawarkan pilihan karir kepada banyak orang, dan mereka sangat puas dan dapat hidup dengan sangat layak.

Pilihan ada di tangan kita. Bagaimana dengan Kamu?

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar