Kamu mungkin pernah menulis sebuah posting, yang menurut Kamu akan sukses besar dan mendapat sambutan bagus dari pembaca. Tapi  kenyataannya adalah sebaliknya, posting tersebut: ‘gagal’.

Kegagalan itu mungkin bisa terlihat dari jumlah page view, ataupun jumlah komentar yang sangat sedikit. Apapun itu, nyatanya posting tersebut tidaklah kehilangan kesempatan sama sekali. Masih ada cara membuat posting tersebut lebih berguna.

Nah kali ini, saya ingin berbagi tips, bagaimana Kamu merubah sebuah posting yang gagal, menjadi sesukses posting-posting Kamu lainnya.

Bagaimana merubah merubah posting gagal menjadi sebuah posting yang sukses?

Pertama sekali yang harus Kamu lakukan adalah: bacalah posting tersebut sekali lagi. Kemudian edit. Pastikan artikel tersebut memberi nilai manfaat untuk pembaca Kamu. Tambahkan informasi baru yang menurut Kamu bisa membuat artikel itu lebih kuat. Jika masalahnya ada pada judul artikel yang kurang menarik, ganti judul yang lebih bagus.

Lebih jauh tentang tips mengedit posting lama, silakan baca: Meningkatkan Kualitas Blog dengan Update Posting Lama.

Nilailah secara obyektif. Jika Kamu merasa posting itu telah memberi nilai atau informasi berkualitas untuk pembaca, lakukan langkah berikutnya di bawah ini untuk memaksimalkannya:

1. Buatlah link ke posting tersebut di paragraf pertama pada posting mendatang

Pada saat Kamu menulis posting baru, jangan lupa sertakan link ke posting yang dimaksud. Mengapa di paragraf pertama? Link pada paragraf pertama, ternyata lebih banyak diklik oleh pembaca.

Cara ini bisa Kamu lakukan dengan menulis artikel lanjutan dari posting ‘gagal’ Kamu, atau artikel apapun dengan topik yang relevan.

2. Umumkan bahwa posting telah diperbarui

Hampir semua posting Kamu yang lalu-lalu dapat diperbaiki dan ditingkatkan lagi kualitasnya dengan bermacam cara. Sempatkan untuk meninjaunya kembali sekali lagi, apakah pada saat Kamu menulisnya dulu melewatkan sesuatu, jika iya, tambahkan perbaikan seperlunya.

Setelah hal itu Kamu lakukan, buatlah sebuah posting singkat, dan umumkan bahwa Kamu telah menambahkan nilai lebih atau informasi baru pada satu artikel. Sampaikan Kamu telah mengupdatenya, dan cantumkan link menuju kesana. Jika perlu, sebutkan perbaikan atau nilai apa yang Kamu tambahkan secara singkat.

3. Tambahkan link internal menuju posting Kamu

Carilah posting-posting lain yang relevan, kemudian edit dan beri link ke artikel yang ingin Kamu maksimalkan tadi.

Semakin banyak link menuju ke sebuah posting, maka semakin besar kesempatan dibaca oleh pengunjung. Link internal tersebut juga mungkin akan membantu hasil pencarian di search engine, karena dianggap artikel penting dari blog Kamu.

4. Temukan forum dimana Kamu dapat merujuk posting Kamu sebagai sumber bermanfaat

Jika artikel Kamu benar-benar menawarkan suatu nilai manfaat untuk orang banyak, Kamu bisa mencari forum-forum diskusi dengan topik yang sesuai.

Jika demikian, ikutlah terlibat dalam diskusi dan cantumkan link ke halaman posting Kamu.

5. Gunakan komentar di blog lain

Carilah blog dengan topik yang sama. Cari artikel yang relevan, kemudian berkomentarlah disana. Dan pada saat berkomentar, jangan lupa gunakan link ke halaman posting yang dimaksud sebagai ganti halaman homepage Kamu. Sehingga ketika ada orang lain mengklik nama Kamu, mereka langsung dibawa ke halaman tersebut.

Namun, disini tetap harus diingat aturan dan etika dalam berkomentar. Berkomentar yang baik, dengan memberi nilai, relevan dan ikut terlibat dalam percakapan yang berlangsung.

6. Berkomentar di blog sendiri

Banyak dari posting Kamu, relevan atau saling berkaitan satu sama lain. Temukan posting yang berkaitan dengan posting yang ingin sesuai, dan tulislah komentar di sana. Katakan kepada pembaca bahwa mereka dapat menemukan informasi lebih lanjut mengenai topik ini dan berikan link ke posting yang ingin Kamu sukseskan tadi.

Cara ini cukup efektif, apalagi jika cukup yang telah mengomentari posting tadi, dan pembaca berlangganan komentar melalui email. Sehingga pada saat Kamu menulis komentar baru, mereka akan menerima pemberitahuan melalui email.

7. Bagikan ke sosial media

Biasanya kita cuma membagikan posting terbaru saja di media sosial. Nah, kali ini bagikan artikel ‘gagal’ Kamu tadi di media sosial. Dengan demikian, posting tadi akan lebih terekspos lagi.

Nah, itulah 7 cara yang bisa Kamu lakukan pada posting lama Kamu yang gagal, untuk merubahnya menjadi posting yang sukses, sesukses posting-posting Kamu yang lainnya.

Kamu memiliki tips lainnya? Tambahkan melalui komentar. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

10 Komentar

  • Selamat ya mass gee, Anda memang mendapatkan banyak apresiasi dari tiap artikel yang di posting. pengen dech kayak mas gee bisa sukses menjalani aktivitas blogging, jd sambil kerja sambil blogging kan asik tu…..

    Mohon ijin belajar ya mas biar tambah moncer bikin artikel.

  • Tipps yang menarik, makasih ya sangat bermanfaat. 😀
    Yukkk mampir guys ke blog ku rizqiarifiantini98.blogspot.com 🙂
    Makasihh atas kunjungan kalian 😀

  • Masih belum mudeng Mas Gee..
    Artikel ku masih miskin pengunjung.
    Misi numpang belajar ya Mas :))

  • Udah pede-pede bakalan banyak pengunjungnya eh malah sepi pengunjung. Aku juga pernah ngalami seperti itu. Tak tinjau ulang artikelku, ternyata judulnya kurang menyentuh. Dengan sedikit polesan, alhamdulillah pengunjung jadi lumayan banyak. Ini salah satu halaman yang alhamdulillah sukses dengan sedikit polesan jawigo.blogspot.com/2014/02/Cara-Mengatasi-OpenID-Error-Ups-Kesalahan-verivikasi.

  • Mas Gee Jhon yang baik, saya sangat tertarik dengan tulisan2 di blog anda ini. Apalagi buat saya yang baru berkecimpung dalam penulisan blog. Apakah saya bisa belajar sama mas Gee Jhon?