Jika saat ini Kamu dalam keadaan sulit karena belum memiliki pekerjaan, atau baru saja pensiun, atau di-PHK, atau sekedar mencari sumber penghasilan tambahan dengan cukup bekerja dari rumah, maka menjadi seorang freelancer (tenaga lepas) adalah sebuah alternatif yang sangat baik.

Di luar sana, ada begitu banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga profesional yang memiliki keahlian seperti Kamu.

Salah satu keuntungan bagi perusahaan dengan melakukan outsourcing, adalah mereka dapat memilih begitu banyak tenaga ahli dari seluruh dunia. Mereka tidak perlu membayar lebih untuk tunjangan, uang transport, alat kerja. Mereka hanya membayar atas jasa produk siap pakai yang dihasilkan oleh tenaga terampil dari seluruh belahan dunia.

Nah, tentu saja ini adalah peluang besar bagi Kamu untuk menunjukkan kemampuan dan keahlian dan mendapatkan klien yang potensial.

Selamat datang di dunia freelance online!

Lalu bagaimana cara memulainya?

Jika Kamu telah memutuskan untuk menekuni karir sebagai freelancer profesional, maka hal paling penting pertama adalah membantu klien menemukan Kamu! Mereka tidak akan memakai jasa Kamu, jika mereka tidak mengetahui siapa Kamu bukan?

Nah, pada dasarnya ada 2 cara yang bisa Kamu lakukan, untuk mengenalkan kepada dunia, bahwa Kamu siap membantu memberikan keahlian terbaik yang Kamu miliki.

Membuat website / blog

Untuk langkah awal, Kamu bisa menggunakan layanan blog gratisan seperti Blogger atau WordPress. Namun, akan jauh lebih tampak profesional, jika Kamu memiliki domain dan hosting Kamu sendiri.

Meskipun begitu, untuk kebanyakan kita, ‘menjual diri’ melalui blog sudahlah mencukupi. Gunakan blog untuk memperkenalkan diri Kamu, siapa Kamu, kualitas apa yang Kamu tawarkan, apa keahlian terbaik Kamu. Dari situ orang-orang akan tahu bahwa Kamu siap melakukan yang terbaik bagi mereka.

Mendaftarkan diri di situs online freelance job board
Situs-situs ini bertindak seperti layaknya ‘pasar’, yaitu tempat bertemunya klien yang membutuhkan tenaga ahli, dan para profesional yang memerlukan pekerjaan.

Ada cukup banyak situs semacam ini, 4 yang terbaik di antaranya pernah saya sampaikan pada: 4 Situs Terbaik Untuk Kerja dari Rumah Sebagai Freelancer.

Cara kedua ini adalah langkah awal yang paling saya rekomendasikan. Dengan mendaftarkan diri di situs freelance job board ini Kamu dapat memajang hasil karya Kamu sebelumnya, seperti misalnya, desain web, desain grafis, video dan sebagainya, beserta link menuju hasil karya tersebut. Hal ini tentu akan lebih mendorong klien agar memakai jasa Kamu.

karir kerja online sebagai freelancer

Keuntungan lainnya adalah, Kamu dapat mencari pekerjaan yang benar-benar cocok dan ingin Kamu kerjakan, sebaliknya ada begitu banyak klien yang mencari tenaga profesional dengan kemampuan unik seperti Kamu. Jadi tidak alasan, Kamu tidak memulainya dari sini.

Itulah langkah awal yang dapat Kamu lakukan segera setelah memutuskan untuk berkarir sebagai seorang freelancer.

Namun, khusus untuk cara kedua, yaitu mencari job dari situs freelancer online, sebaiknya Kamu pertama sekali mengambil pekerjaan yang ‘kecil-kecil’ dulu. Ini untuk mengetahui sejauh mana klien Kamu dapat diajak kerja sama.

Setelah satu job terselesaikan, Kamu dapat memutuskan apakah akan terus bekerjasama dengan klien tersebut atau tidak. Jika semuanya berjalan baik, maka kemudian Kamu dapat mengerjakan tugas atau pekerjaan lain yang lebih besar dari klien yang sama.

Saya sampaikan hal ini, karena dulu saya mengalami sedikit ‘cerita duka’ ketika pertama kali mendapat job. Sebuah pengalaman berharga di dunia freelancer.

Kamu tertarik? Ayo, tidak perlu menunggu dan menunda, mulailah sekarang juga. Penghasilan dari kerja sebagai freelancer, tidak bisa dianggap main-main. Sukses selalu.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar