5 Langkah Praktis Mengembalikan Motivasi Blogging

Kehilangan motivasi dalam blogging: itu terjadi hampir pada setiap blogger, dalam kadarnya sendiri-sendiri.

Kamu mulai tidak tertarik lagi pada blog Kamu. Kamu mulai sibuk dengan hal lain. Makin lama, makin sedikit posting baru yang Kamu buat.

Mungkin awalnya, Kamu berniat rehat selama satu minggu, lalu akhirnya menjadi 2 minggu, 1 bulan, lantas waktu berlalu dengan cepat, tak terasa ternyata 3 bulan sudah Kamu menelantarkan blog Kamu!

Memang satu hal yang cukup sulit untuk mengembalikan motivasi blogging yang sempat hilang, apalagi jika Kamu memulai blogging dengan harapan tinggi meraih 7 digit angka penghasilan dalam 6 bulan, lalu Kamu mulai melihat kenyataan sebaliknya.

Terlihat begitu banyak ‘pekerjaan besar’ antara keadaan Kamu saat ini dengan impian yang ingin diraih. Tapi, tentunya Kamu mengetahui, bahwa jika Kamu berhenti sekarang, tidak tidak akan pernah meraih sukses, bukan?

5 langkah praktis di bawah ini, semoga dapat membantu Kamu meraih kembali motivasi blogging yang sempat hilang.

1. Lihat kehidupan Kamu di luar blogging

Mari hadapi kenyataan, dan akui bahwa ada banyak sekali yang terjadi dalam hidup kita. Lihatlah, dan mungkin Kamu akan temukan sesuatu yang mengganggu kegiatan blogging Kamu.

Mungkin Kamu butuh ‘rehat’ sejenak, dan membuat satu komitmen baru.

Mungkin Kamu perlu memperbaiki lagi manajemen waktu, sehingga Kamu bisa membagi dengan sempurna mana waktu khusus bagi blog Kamu.

Atau… Kamu perlu ‘membenahi’ diri sendiri sebelum ‘membenahi’ blog Kamu. Akan sulit bagi Kamu untuk fokus jika Kamu berada dalam kondisi stres dan mood yang kurang baik.

Meskipun seringkali sulit sekali ‘memperbaiki’ sesuatu, temukan cara untuk memulai satu langkah perbaikan. Semua perjalanan ribuan mil, selalu berawal dari satu langkah.

2. Tulislah yang telah Kamu capai dalam blogging

Meskipun saat ini Kamu baru ngeblog selama 1 bulan, ada banyak pencapaian dalam blogging yang telah Kamu raih.

Seperti misalnya:

  • Blog Kamu telah ‘online’. Jangan salah, ini adalah pencapaian besar, ada banyak orang yang masih ‘berjuang’ membuat blog pertamanya.
  • Kamu berhasil menulis posting pertama (mungkin beberapa posting lainnya).
  • Kamu mendapat pembaca pertama (meski jika mereka adalah keluarga dan teman Kamu).
  • Kamu telah terhubung dengan blogger lain di niche Kamu. Dengan demikian Kamu telah dikenal sebagai ‘blogger’!

Dan mungkin banyak pencapaian lainnya yang telah Kamu raih.

Jika Kamu hanya melihat jarak membentang antara keadaan blog Kamu saat ini dengan kondisi ideal impian Kamu, maka akan terasa seperti Kamu tengah menghadapi sebuah gunung menjulang begitu tinggi untuk didaki, sementara Kamu masih berada di dasar lembah.

Tapi, ketika Kamu melihat kembali langkah serta pencapaian yang diraih, Kamu akan merasa telah mendaki sebagian besar dari tingginya gunung tadi.

3. Tentukan target kecil jangka pendek

Banyak blogger memiliki goal ‘resign dari kantor, dan kerja dari rumah dengan blogging’ atau ‘mendapatkan 7 digit angka penghasilan dalam waktu 1 tahun’.

Oke. Itu tidak salah! Itu adalah impian jangka panjang yang ingin Kamu tuju. Tapi, apa target Kamu 3 bulan ke depan?

Kamu bisa membuat target, misalnya:

Atau target apapun yang bisa Kamu bayangkan bahwa itu sebuah target yang realistis dan sanggup Kamu raih.

4. Buatlah rencana kerja di bulan depan

Kamu akan sulit termotivasi, jika Kamu harus menyiapkan ide baru setiap kali Kamu membuka aplikasi blogging Kamu, atau Kamu tidak punya gambaran bagaimana langkah dan kerja harian Kamu bisa memenuhi target impian besar Kamu.

Karena itu, buatlah rencana. Tulislah di kertas, di notepad, di gadget Kamu, di manapun yang paling nyaman buat Kamu.

Dalam hal ini, Kamu tidaklah perlu membuat peta detil setiap rencana posting Kamu, tapi cukup pastikan Kamu memiliki rencana apa yang akan Kamu tulis, Kamu memiliki ide yang cukup untuk satu bulan ke depan.

Buat dan tulislah rencana untuk 1 bulan ke depan. Kamu akan menjadi blogger yang lebih produktif, dan pastinya Kamu tetap dalam keadaan motivasi yang tinggi.

Cobalah pula untuk mencari satu langkah pasti, yang membawa Kamu lebih dekat dengan target jangka pendek Kamu. Jadi, misalnya Kamu menargetkan meraih $300/bulan, mulailah mencari program afiliasi yang cocok dan bisa Kamu jalankan, misalnya.

Ingat, ada banyak blogger sukses di luar sana, yakin Kamu pun bisa!

5. ‘Bicaralah’ dengan blogger lain

Entah itu di Google+, di Twitter, di Grup Facebook, di forum, bahkan mungkin di komentar-komentar PortalUang, bicara dengan sesama blogger benar-benar mampu memotivasi diri.

Tinggalkan komentar setiap kali Kamu blogging. Temukan seorang ‘sahabat’ di dunia blogging Kamu. Bicaralah kepada mereka. Bertukar pikiran, sharing pengalaman, berbagi pengetahuan, adalah hal yang bukan saja menyenangkan, namun sangat memberi motivasi.

Kesimpulan

Jika saat ini, motivasi Kamu sedang memburuk, tinggalkan komentar di bawah, sampaikan kepada semua mengapa Kamu ‘kehilangan’ motivasi. Kamu tidaklah sendirian, mari kita berbagi. Mari kita menyemangati satu sama lain.

Jika saat ini sedang bergairah, atau tidak mengalami kesulitan apapun dalam hal motivasi blogging, sampaikanlah pesan Kamu bagi mereka yang tengah ‘galau’ dengan blog mereka, agar mereka ikut termotivasi oleh semangat Kamu.

Sesama blogger, bukanlah pesaing, yang ada adalah mitra. Mari kita tetap berbagi.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

6 Komentar

  • saya sedang kehilngan motivasi mas Gee Jhon, blog saya berumur 3 bulan walaupun domain saya tercatat sudah dari beberapa tahun yang lalu, mungkin ada yang pernah menggunakan alamat yang sama dengan domain saya sekarang ini. yang membuat saya kehilangan mood adalah pengunjung blog saya yang tidak kunjung bertambah, malah terjadi penurunan padahal postingan saya sudah berjumlah 125 postingan. saya menyadari banyak sekali kekurangan blog saya dibandingkan dengan blog yang lain nya, kebetulan niche yang saya pilih adalah wisata dengan bahsa inggris, tulisan saya tergolong pendek2 hanya berkisar antara 150-600 kata,kebanyakan memang pendek2. dan saya lihat belum ada satupun yang masuk di halaman pertama google.. adakah saran untuk saya supaya pengunjung saya bertambah mas? tks

  • @heriyanto.
    silakan dicoba mas, semoga motivasi kembali menyala-nyalan, 🙂

    tuk jumlah unit iklan adsense, rinciannya:
    – 3 unit iklan teks/gambar
    – 3 unit iklan tautan / text link
    – 2 unit penelusuran adsense

  • detail sekai tips nya mas Gee jhon akan coba saya terapkan, hmm mas saya ingin bertanya nih soal GA, bolehkan? hmm minimal jumlah iklan per-halaman di blog itu berapa sih mas?