Update:
Ada perubahan Kebijakan Adsense soal jumlah unit iklan dalam satu laman, silakan baca: Jumlah Iklan Adsense Tidak Lagi Dibatasi.


Posting kali ini singkat saja, yaitu tentang berapa jumlah unit iklan Adsense yang diperbolehkan untuk satu halaman.

Alasan saya menulis hal ‘sepele’ ini adalah karena sampai saat ini, saya masih saja sering mendapat pertanyaan tentangnya, baik melalui komentar ataupun bertanya langsung melalui email atau facebook.Bahkan ada beberapa pembaca yang ‘protes’ mengapa saya memasang lebih dari 3 unit iklan di blog PortalUang ini atau pun di blog milik saya lainnya.

Dan inilah penjelasannya. Sebagai publisher Google Adsense, Kamu boleh memasang pada satu halaman maksimal:

  • 3 unit ikan Adsense for content (teks, image, rich media)
  • 3 unit iklan tautan (text link – horizontal / vertikal)
  • 2 unit kotak penelusuran Adsense (Google custom search)

Nah, berarti jelas bahwa saya tidak melanggar TOS Adsense bukan?

Tapi, rupanya beberapa pembaca PortalUang ada pula yang lebih jeli lagi. Setelah mereka bertanya dan sudah saya jawab, mereka tetap ‘protes’ karena di beberapa halaman, seperti pada artikel ‘Memilih Niche Terbaik’, mereka menemukan 1 lagi unit iklan di tengah-tengah artikel (unit 160×600, di sebelah kanan, sedikit di atas bagian sub judul ‘kesimpulan akhir’).

Katanya maksimal 3 unit Adsense for content, kok ada 4? 1 di bawah judul posting, 1 di sidebar, 1 di bawah artikel, dan ada 1 lagi di tengah. Jadi semuanya 4. Gimana ini?

Oke, saya jelaskan. Itu bukan iklan Google Adsense, itu adalah unit iklan dari Geniee. Tapi, karena Geniee juga terhubung dengan jaringan periklanan yang diotorisasi oleh Adsense, maka seringkali iklan yang muncul adalah iklan dari jaringan Google juga.

Ini juga sekaligus membuktikan bahwa Adsense bisa disandingkan dengan iklan PPC lainnya, yang menurut beberapa orang itu tidak boleh.

Sebagai tambahan, selain pada halaman web, Kamu tidak diperkenankan memasang iklan Adsense, seperti pada email atau newsletter. Kode Adsense juga tidak boleh dipasang pada software aplikasi, tools browser, ekstensi dan lainnya.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

144 Komentar

  • mantap banget bg gee jhon, artikelnya sangat membantu saya karena saya masih dalam tahap pembelajaran tentang blog dan adsense.

  • Mas tutorialna sangat membantu, tapi aku mau nanya Jumlah Unit Iklan Adsense Maksimal dalam Satu Halaman? maksud dari satu halaman tidak terhitungya sama iklan yang dipasang di Gatget blog??
    makasih mas…

  • o ternyata sudah tidak dibatasi, pantesan punya saya gak ada perigatan.

    saya pasang banyak iklan: dibawah menu, bawah judul, tengah posting (kalau postingan panjang saya kasih 2 iklan), side bar, bawah posting. masih ditambah lagi iklan tautan. biar ramai.

    dulu waktu iklan sedikit, paling dapat 2 atau 3 klik per hari. setelah iklan banyak dapat sekitar 10 an klik per hari. page view 700an.

  • Gini om, saya mau nanya: “saya kan daftar adsense udah lama dan lolos review 1, dan diperintahkan memasang unit iklan adsense untuk tahap peninjauan review 2, setelah sekian lama terpasang, status akun di dasboard adsense semua unit iklan berubah dari baru menjadi siaga, dan itupun tampilnya pada filter unit iklan yang tak terpakai. Yang menjadi pertanyaan besarnya apakah pendaptaran saya ditolak? Atau masihkah ada harapan untuk diterima jika saya terus memasang kode iklan siaga tersebut diblog?”

    Mohon penjelesan ditelnya om..

    Terimakasih

  • Saya baru aja menambhakan jenis iklan tambahan yaitu top level page, namun setelah saya pasang laporan statistik performa iklan tidak berubah, saya menampilkan 3 iklan gambar, 2 link dan baru aja menambahkan top level page (katanya tidak termasuk jumlah maksimum iklan terpasang).
    Tapi setelah saya pasang codenya malah laporan statistik performanya tidak berubah. Apakah itu itu dianggap pelanagaran sehingga di ban, tapi iklannya tetap muncul

    • untuk sekarang sudah tidak dibatasi mas, silahkan cek artikel portal-uang.com/2016/08/jumlah-iklan-adsense-tidak-dibatasi-haruskah-pasang-iklan-sebanyak-banyaknya.html

  • iklan ane udah di otak atik sana sini gak tampil terus gimana solusi nya ya???
    arultextmedia.tk/

    • apakah adsensenya dah mengizinkan untuk menampilkan di blog, apakah pemasangan iklan sudah benar, jika dirasa sudah benar. silahkan kirimkan buktinya dulu mas, baru bisa analisa apa kesalahannya.

  • mlm mas…
    bgmn jika halaman kita terdiri dari beberapa file php sekali tayang? apakah 1 file php maksimal dipasang 3 iklan? dan jika sekali tampil, membutuhkan 4 atau 5 file php yang di includekan? apa boleh dimasing2 file php tersebut dipasang 3 iklan jadi jika ada 4 file php maka 3 x 4 =12 iklan yang tayang dengan berbagai tata letak.. mohon infonya mas, klw bisa dibalas ke email saya. terimakasih

    • patokannya adalah jumlah iklan yg tampil di halaman, buka kode-nya. jadi ya bisa saja, menerapkan berbagai kondisi berbeda pada kode iklan berbeda, sekali yg terpenting adalah jumlah maksimal iklan yang tampil sesuai kebijakan adsense, yaitu 3 unit konten, 3 unit tautan dan 2 unit penelusuran.

  • Yang buat heran beberapa website dengan alexa puluhan ribu berani pasang iklan lebih dari 3 gan. Website traffic tinggi gitu apa nggak ketahuan google ya?

  • Setiap liha situs saya ada iklanya apakah ini tanda situs saya sudah berjalan ? terima kasih atas jawabanya

  • Salam Mas Bro

    Sebenarnya sih udah ada diperaturannya google.
    Tinggal dicari dengan kata kuncinya.

    Mauliate
    Terimakasih

  • Mas Jhon, misalnya sy punya lebih dari 1 blog, katakan 3 buah. Apakah sebaiknya untuk setiap blog tersebut cukup saya pasang Ad unit yang sama ( responsif), atau setiap blog bikin Ad unit sendiri-sendiri? Terima kasih.

    • sebaiknya gunakan unit iklan terpisah masing2 blog. bahkan untuk satu blog pun, misalnya ada 3 unit dipasang, maka 3 unit tersebut harus terpisah. itu bertujuan untuk mempermudah pelacakan kinerja nantinya.

  • Mas mau tanya akun adsense saya belum di verifikasi masih nunnggu pin. Pembayaran masih di tangguhkan untuk saldo pa masih bisa nambah trs.

  • mas… saya sudah lolos tahap pertama tetapi udah hampir 6 bln belum juga ada tanggapan dari google. padahal udah pasang iklannya. itu nntinya gimana mas?

  • Akhirnya nemu juga, jadi intinya dalam 1 halaman maks nya 6 ads ( 3 ads konten dan 3 ads text) dan 2 ads search kan mas ?

  • mas, saya menempatkan iklan seperti ini di halaman postingan
    1. 300×250 = 2 gambar dan teks
    2. 300×600 = 1 gambar dan teks
    Kalau 2 ukuran yg sama dalam laman artikel boleh kan?
    bagaimana kalau saya tambah lagi dengan 2 unit iklan teks di laman artikel apakah boleh?
    semoga gak bosan menjawab pertanyaan dari saya.thankksss

    • ya itu boleh bos. dan jika ditambah dg 2 unit tautan teks, jg tidak masalah. namun pertimbangkan untuk tidak terlalu banyak memasang unit iklan. kenyamanan pembaca ttp harus jadi prioritas.

      • mas.nambah pertanyaan lagi nih.sebelumnya saya pasang iklan 336×280 konten. ada permasalahan yaitu di tampilan mobile terpotong di tepi kanan iklannya. gak taulah itu pengaruh template atau memang ukuran iklan tersebut memang tidak diperuntukkan untuk mobile.apakah itu diperbolehkan jika tetap saya pasang? iklan teks di portal uang di halaman ini saya lihat ada 1. itu dipasang manual atau otomatis?

      • sebaiknya diperbaiki bos, bukan masalah boleh atau tidak boleh, tp itu akan menurunkan potensi penghasilan jg. sebaiknya gunakan 300×250 tuk mobile. 336×280 khusus tuk tampilan desktop saja. semua iklan yg ada di PU sy pasang otomatis.

  • Maaf mas masih bingung saya mengenai jumlah max ads dalam 1laman.
    diatas menyebut kan :
    3 unit ikan Adsense for content (teks, image, rich media)
    3 unit iklan tautan (text link – horizontal / vertikal)
    2 unit kotak penelusuran Adsense (Google custom search)

    Berarti kalau dar 3poin itu diterapkan semua pada 1laman di 1 web/blog jumlahnya iklan ada iklan dong, dan spt tu ga melanggar TOS ?

    Apakah begitu mas ?

    • ya betul, jika digabungkan atau dipasang semuanya, maka dalam satu halaman bisa ditampilkan sebanyak 6 unit iklan dan 2 kotak penelusuran, dan itu adalah aturan dari Adsense. Silakan baca hal. bantuan Adsense: support.google.com/adsense/answer/1346295?hl=id#Ad_limit_per_pagebatas iklan per laman.

  • Sudah lama saya baru mampir kesini mas Gee, aktifitas ngeblog masih kadang semangat kadang kendor, kalau saya pasang iklan di header i unit,di sidebar 2 unit, kemudian di dalam artikel 1 unit iklan boleh gak ya mas?

  • assalam mas gee, alhamdulillah mas akhirnya adsnse saya diterima mas 🙂

    oya mas gge, yang ingin saya tanyakan juga peletakan dan jumlah iklan yang sedang saya pasang saat ini ukurannya beegini mas apakah melanggar ketentuan adsense ndak mas, atau mesti di copot sau unit iklan nya :

    A. diheader 1unit ukuran responsive teks dan gambar
    B. disidebar 1 unit ukuran 300×600 teks dan gambar
    C. disidebar juga ada 1 unit ukuran 300×250 teks dan gambar
    D. didalam artikel 1 unit ukuran 360x 280 ntah berupa teks dan gambar juga

    jadi jumlah disidebar dan dikonten semua ada 4 unit, 1 header, 2 sidebar beda ukuran dan 1 unit dalam artikel,

    apakah boleh ini mas gee ? wasaslam

  • Kalau pasang iklan diatas judul apakah melanggar TOS?
    web saya kl iklan dipasang diatas judul maka dihalaman depan nongol semua iklannya jadi yg sebenernya saya cuma pasang iklan di sidebar 1 unit karena saya buat 4 post perhalaman iklan yg terlihat jadi 5

    mohon sarannya

    • pasang iklan di atas judul, ok2 saja, tidak masalah. tentang muncul di hal. depan, krn ada kesalahan pd penerapan kodenya. sehingga iklan ditampilkan jg pada homepage. gunakan kondisional jika perlu, agar iklan hanya tampil pada pos.

      • o begitu ya bang, kl seperti sekarang yang halaman depan jadi tampak 4 unit iklan (dr unit iklan diatas judul) dan 1 sidebar bisa menyalahi TOS nggak ? terimakasih

      • intinya klo dalam satu halaman lebih dari 3 unit konten, maka itu melanggar, kan aturan Adsense sudah sangat jelas, maksimal unit iklan tampil di satu halaman adalah:
        – 3 unit konten
        – 3 unit tautan
        – 2 unit penelusuran

  • kalau untuk header dan footer dalam 1 halaman apakah boleh? maksimal 3 iklan kan di dalam sebuah website? saya baru masang untuk header dan footer saja, sidebar blm saya pasang 😀

  • Artikel ini sangat menarik dan membantu.Kalau boleh saya tanya,apakah bisa link tautan adsense (link ads) ini di pasang di header blog.Maksud saya di header blog sudah saya pasang iklan adsense ukuran 728 x 90.Apakah bisa saya pasang lagi link tautan adsense (link ads) di header dibawah iklan yang berukuran 728 x 90 itu…mohon kiranya diberi penjelasan…terima kasih banyak atas bantuannya….salam dan sukses selalu….

      • Intinya tidak melanggar aturan atau TOS Google Adsense ya bang….terima kasih banyak…Blog yang berisi artikel dari Abang ini sangat membantu banyak orang yang ingin aktif sebagai publisher adsense…sekali lagi terimakasih banyak…sukses selalu karya-karya Bang Gee Jhon…

  • Terimakasih atas artikel yang sangat membantu ini.Kalau boleh saya tanya,apakah bisa iklan link tautan adsense (link ads) bisa dipasang di header blog.Maksud saya adalah,di header sudah saya psang iklan adsense ukuran 728 x 90.Apakah bisa saya pasang lagi link tautan adsense (link ads) ukuran 728 x 15 persis di bawah iklan ukuran 728 x 90 itu?Mohon penjelasannya..

  • Ka’ minta tolong lihatkan blog ku, melanggar tos apa gak, soalnya Ada 4 iklan disana, perinciannya seperti berikut :

    1 Header ukuran 728×90 px
    1 Dalam artikel ukuran 300×250 px
    1 Sebelah kanan ukuran Responsif
    1 Iklan tautan

    trims sebelumnya 🙂

  • gan ane lgi tahap kedua nie,, ane blm ngerti tentang add unit gitu,,, apa tiap add unit beda pilihan iklan??/maksudnya 1 add unit untuk text/image,, add unit lain untuk text/link??? terus ane taru dimana???di halaman sidebar deket logo??satu aja cukup ga???mohon penjelasannya,,maap masih newbie ^^

    • bebas mas, tiap unit mau menggunakan jenis iklan berbeda boleh2 aja. itulah gunanya mengapa di adsense kita boleh membuat unit iklan berbeda.
      Untuk keperluan review tahap kedua, pasang 1 unit itu udah ckup, dan bebas mau diletakkan di manapun.

  • om thanks..
    dari kemarin aku ragu soal perhitungan 3 iklan yang dimaksud.
    kirain begini.
    baik itu iklan link dan konten pokoknya harus tiga.
    tapi ternyata
    iklan ink 2
    iklan konten konten 3.
    begitukan?
    maaf om.. bingung. hhehe

  • @alat.
    ya betul. 🙂

    @boim.
    terima kasih atas kunjungan dan komentarnya Mas Boim.

    @rizal.
    alhamdulillah, hehe…

    @daniel.
    coba baca lagi baik2 artikelnya mas Daniel. Maksimal hanya 3 untuk adsense for content, jika ditambah lagi dg iklan jenis teks tautan, maka boleh, jangankan 1, 3 pun boleh.

  • Maaf sya mau tnya ni mas, apakah perhalaman artikel maksimal 3 atau boleh ditambah di sidebarnya 1 jadi totalnya 4, seperti blog mas gee?

  • @bayu.
    ya itu sudah paling sederhana mas Bayu. Intinya iklan di Adsense itu ada 3 jenis, yaitu: ads content, iklan tautan (link text), dan kotak penelusuran.

    nah, masing2 jumlah yg diperbolehkan ya septi yg dijelaskan di atas.

  • mas saya kurang paham tentang penjelasan mas mengenai jenis iklan mas
    3 unit ikan Adsense for content (teks, image, rich media)
    3 unit iklan tautan (text link – horizontal / vertikal)
    2 unit kotak penelusuran Adsense (Google custom search)
    itu seperti apa lebih sederhana nya?..soalnya saya skrg lg dalam tahapan menerapkan iklan mas.takut melanggar TOS…terimakasih

  • mas ghee,

    boleh cek web aku, soalnya aku di adsense account cuma pasang dua iklan di atas sama side bar saja. Tapi di tampilan kenapa ada 4?

    satu box di bawah sedangkan satu lagi menyamar di gambar pertama. Kenapa bisa begini ya? Takutnya di banned

    Makasih banyak.

  • Begitu ya gan, berarti setiap halaman harus minimal ada 3, namun kombinasinya seperti apa ya,

  • @sekaring.
    itu maksudnya akun ditangguhkan karena blm melakukan verifikasi alamat atau PIN. Apa itu pin, silakan baca:
    portal-uang.com/2013/08/tentang-pin-adsense.html

  • Mohon sarannya Saudara Gee Jhon.
    account adsense saya memberikan peringantan yang berbunyi "Your payments are currently on hold because you have not verified your address. Click here to verify your address once you have received your PIN in the mail".
    Apa yang sebaiknya saya lakukan. Saya kurang paham dengan maksud peringatan tersebut.
    Terima kasih sebelumnya.

  • @berbagai.
    sama2.

    @budidaya.
    sama2, semoga bermanfaat.

    @blogger.
    setahu saya, aturan google blm berubah, tetap maksimal:
    – 3 unit ads for content
    – 3 unit text link
    – 2 unit ads search.

    jika ada yg memasang lebih dari itu, iklan tetap muncul, tapi siap2 saja kena 'teguran' dari Adsense. Saran saya, tetap patuhi aturan dari Google.

  • Mas, sekarang koq ada blog yg dikasi 5 iklan?? biasanya kan gak bisa.. apa peraturan terbaru adsense memperbolehkan sampek 5 iklan??

  • berarti setelah kita memasang "3 unit iklan Adsense for content" trus masang lagi 3 unit iklan tautan di sidebar boleh donk ? masih belum mudeng saya 😀

  • thanks gan.. iya.. mungkin memang belum kena razia yaa. kondisi itu sudah berjalan beberapa bulan, dan hasilnya pun lumayan untuk nubi seperti saya. makanya saya bingung tentang peraturan jumlah maksimal unit iklan di blog. sempat salah satunya saya rubah menjadi "text only" tapi malah dianjurkan di rubah ke "text & image" oleh adesense. maka jadilah 4 banner nangkring di situ. maaf jadi curhat.
    Thanks atas responnya gan.

  • @wahyu.
    semoga bermanfaat.

    @aan.
    itu terdapat lebih dari 3 unit iklan banner. Dan itu adalah melanggar tos, sebaiknya copot salah satu, sebelum kena razia.

  • maaf gan, kalau berkenan coba intip "capuraca blogspot com". kira2 melanggar tos g? sebelumnya saya pasang 5 unit, tapi saya hapus satu krn khawtr melanggar tos. saya pasang adsense lewat fitur tambahkan gadget di blogspot yang setingan defaultnya adlh type text & image. mohon masukannya gan..

  • @sekaringidep.
    tentang pengoptimalan pendapatan, silakan baca: portal-uang.com/2013/09/kenapa-saya-mengacuhkan-kartu-skor-adsense.html

    @aan.
    tidak otomatis. karena iklan konten dg tautan memang berbeda tipe. Jadi harus dibuat secara sendiri2.

  • maaf gan mau tanya. kalau misalnya kita pasng 5 unit iklan di blog apakh nanti otomatis akan muncul 3iklan konten dan 2 iklan tautan atau harus seting manual? maaf kalo kurang berkenan, saya masih bingung dengan aturan ini. mohon pencerahannya gan.

  • @Portal Uang. Sebagai pemain baru saya punya kendala yang saya pikir ini serius. Masalahnya di beranda google adsense saya "pengoptimalan pendapatan " yang ditandai berupa titik-titik itu terindikasi mengalami penurunan. Mohon pencerahan untuk meningkatkan kembali. Kemudian yang dimaksud pengoptimalan pendapatan itu apa saja Bang PortalUang ? Monggo dibabar….
    Terima kasih sebelumnyta.

  • wah, baru tahu gan, selama ini ane hanya pasang 3 unit iklan saja. ga ada tautan or kotak penelusuran. makasiiih…

  • terima kasih mas informasinya…salam kenal yuli.
    saya baru belajar adsense ini mas, dan sampai saya nulis koment ini saya lagi mencari cara bagaimana memasang unit iklan tautan di postingan. karena belum bisa.

  • Aneh memang mas, dulu saya ngasi 4 iklan adsense tpi otomatis 1 adsense gk aktif.. tpi skrng pasang 4 malah aktif.. trus saya pernah liat sbuah blog sampek 5 adsense.. heran juga sih..

  • @raden.
    pada halaman posting, saya lihat ada 4 iklan yg muncul. itu melanggar tos adsense, jadi sebaiknya cepat diperbaiki, agar jangan sampai kena 'teguran' .

    masalah penempatan, unit di hal. posting di bagian paling bawah, menurut saya tidak begitu bagus. yg terbaik adalah di dalam artikel, coba saja, dan lihat apakah ada peningkatkan ctr atau ga,

  • mas gee jhon tolong mas di revisi blog saya apakah sudah benar pemasangan iklannya?
    dirowebid.blogspot.com/

    Terimakasih sebelumnya mas

  • @taufik.
    ketemu apanya nih? Hehe…

    @andi.
    sama2, terima kasih pula telah membaca.

    @bhayu.
    maksudnya, apakah boleh? ya seperti dijelaskan dalam artikel, tentu saja boleh.

  • Maaf master saya mau tanya apakah kita memasang 4 iklan pada satu blog dalam hal ini 3 unit untuk iklan laman dan 1 unit iklan tautan mohon penjelasannya master, terima kasih sebelumnya.

  • @taufik.
    bisa dilihat di halaman 'Laporan Kinerja Adsense'. Lalu pada tab sebelah kiri, pilih 'Produk'. Maka akan muncul laporan berdasarkan produk Adsense yg digunakan. Nah, cari 'Adsense untuk Penelusuran', itulah hasil dari custom search.

  • bang saya mau nanya nih.. cara untuk mengetahui hasil dari iklan yang di pasang di Google custom search itu di mana yah,,, ???

  • @d supiyadi.
    apakah yg dimaksud unit link teks yg dulu pernah saya pasang di bawah menu? Bukan melanggar tos, hanya saja dari hasilnya, saya melihat krg bagus kinerjanya, jadi saya putuskan tuk menghilangkannnya saja, dan saya ganti di dg unit di tengah artikel. Hasilnya jauh lebih baik. 🙂

  • mas iklan units link di bawah menu kok sekarang dihilangkan? apakah sudah dilarang di TOS ya mas?

  • @andriyatna.
    pada dasarnya, Adsense bisa disandingkan dg program ppc apapun, asalkan konten iklannya sesuai dg kebijakan Google. Jika kontennya melanngar, seperti pornografi, produk2 dewasa, dan perjudian, maka jelas tidak bisa disandingkan.

  • terima kasih mas gee jhon, kalo saya kasih 5 iklan dengan 2 iklan tex gimana mas? aman ga?

  • @fiu.
    saya ga tahu pasti karena belum pernah mencobanya, Tapi secara teori sebenarnya bisa. Pertanyaan sebenarnya adalah, apa perlu jika kita telah memasang Adsense, masih pasang Klik Saya?

  • @henra.
    setelah kita mendaftar, pihak Adsense hanya mengecek kelengkapan data kita saja, dan itu baru lolos tahap pertama. Kemudian kita disuruh tuk menempatkan kode iklan pada situs kita, agar mereka bisa mengecek situs / blog milik kita. Itulah review tahap kedua.

    Pada tahap kedua inilah, akan diputuskan apakah situs / blog kita memenuhi syarat mereka atau tidak, jika memenuhi maka iklan akan muncul, jika tidak maka berarti permohonan kita ditolak.

  • tahp kedua gimana maksudnya gan?
    setelah diterima, saya langsung pasng iklanya.
    tapi tidak muncul.

  • gan .. saya sudah di terima GA, tapi gak muncul di blog saya.
    kenapa ya.
    ini gan hahorason.blogspot.com

  • tolong dong dibantu,cari kesalahan dari iklan-iklan pada blog saya ini,saya masih merasa kebingungan ni om… —>> sii-nop.blogspot.com

  • @bisnis.
    kalau Anda lihat di blog ini, unit adsense yang persis di bawah menu, itu adalah teks link (link text). Sedangkan yang di bawah judul artikel seb. kanan, di sidebar dan di bawah artikel, itu adalah adsense konten.