Bagaimana Berkomentar Membuat Kamu Menjadi Penulis yang Lebih Baik

Lagi-lagi, saya membahas tentang manfaat komentar. Dan kali ini saya ingin menyampaikan bagaimana dengan berkomentar menjadikan kita menjadi penulis yang lebih baik.

Ya. Menulis posting di blog sendiri, kadang membuat kita sedikit malas dan tidak memperhatikan benar-benar terhadap kualitas tulisan kita.

Sedangkan pada saat kita menulis komentar di blog lain, mau tidak mau Kamu harus memperhatikan benar kualitas tulisan Kamu, jika tidak mau mempertaruhkan kredibilitas di mata orang banyak.

Karena itu, ada beberapa alasan mengapa Kamu seharusnya pengomentar yang lebih baik, yaitu:

  • Kamu sedang mempromosikan blog Kamu di blog orang lain, karenanya Kamu mesti memberi kontribusi nyata.
  • Komentar Kamu akan dibandingkan dengan komentar yang lainnya, sehingga Kamu akan lebih memperhatikan dari segi kualitas.
  • Kamu harus harus tampil beda, agar orang akan tertarik dengan apa yang Kamu sampaikan, sehingga mereka diharapkan mengklik link ke blog Kamu.
  • Ini adalah kesan pertama yang Kamu sebarkan kepada banyak orang.
  • Kamu terlibat dalam sebuah diskusi atau pun perbincangan, dan tentunya Kamu ingin memberi ‘nilai lebih’ ke dalamnya.
  • Kamu sedang menarik perhatian blogger yang dikomentari, sehingga ia memutuskan untuk berkunjung balik ke blog Kamu.
  • Karena Kamu memang senang bersosialiasi.

Ibaratnya, saat kita berkomentar di blog lain, kita sedang berada di rumah orang, dan kita cenderung akan lebih hati-hati dan lebih memperhatikan detil sekecil apapun. Kita akan memeriksa kesalahan dan kekurangan yang mungkin sering dilewatkan pada saat menulis posting di blog sendiri.

Maka dari itu, semakin sering Kamu berkomentar, semakin Kamu menyadari bahwa Kamu bisa melakukan yang baik, dan tidak diragukan akan meningkatkan kemampuan menulis Kamu menjadi lebih baik.

Dan sebagai bonus, berkomentar memberi Kamu kesempatan belajar yang luar biasa. Kamu akan ‘dipaksa’ untuk membaca posting dengan cermat serta memahami apa yang disampaikan, sebelum Kamu menyampaikan pendapat atau pemikiran Kamu sendiri.

Dengan berkomentar, Kamu pun akan mengetahui topik apa yang sebenarnya Kamu sukai (Kamu tidak mungkin berkomentar, jika isi postingnya tidak Kamu sukai bukan?), nah dari situ pada akhirnya Kamu akan menemukan topik yang benar-benar Kamu sukai dan mulai menulis lebih banyak tentangnya.

Jadi, saya sangat menganjurkan Kamu untuk berkomentar sebanyak-banyaknya di blog yang bertopik sama dengan blog Kamu. Selain kemampuan menulis Kamu akan meningkat, Kamu akan memperoleh banyak hal positif dari berkomentar, terutama dalam hal sosialiasi dan pembentukan identitas diri.

Satu hal, perlu selalu diingat: berkomentarlah secara cerdas! Jangan asal komentar, apalagi cuma menyebarkan spam.

Nah, berapa banyak komentar yang Kamu tulis dalam sehari? Dan mengapa Kamu berkomentar? Sudahkah Kamu mempelajari sesuatu yang baru dari berkomentar? Silakan berbagi melalui kolom komentar di bawah. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

4 Komentar

  • selain untuk menjalin silaturahmi dan promosi blogg, berkomentar juga bisa melatih kita menulis yaa mas. thanks atas sarannya 🙂

  • @fikri.
    itu saya buat ukuran custom, yaitu ukuran 600×60…. lebih jauh tentang unit iklan ukuran khusus, silakan baca artikel:
    portal-uang.com/2013/12/unit-iklan-adsense-ukuran-khusus.html

  • Gan , iklan di blog agan yang dibawah artikel itu , ukuran berapa ya..
    kok bisa pas??