Pada artikel cara memilih niche blog, saya telah mengulas panduan lengkap tentang hal ini secara runut dan mendalam. Dan pada artikel kerangka acuan topik blog, saya telah menjelaskan 4 jenis topik blog yang memungkinkan.

Dari kedua artikel tersebut, saya berharap Kamu telah memiliki gambaran yang lebih clear dan menyeluruh, serta bisa menentukan topik blog terbaik yang Kamu mampu.

Namun begitu, ada beberapa faktor paling umum, yang ingin saya tegaskan kembali pada posting kali ini. Faktor-faktor ini sebagai pertimbangan akhir pada saat Kamu memutuskan topik untuk blog Kamu. Dengan begitu, saya berharap Kamu benar-benar mampu memilih niche terbaik, yang akan mengantarkan Kamu menjadi seorang blogger sukses.

Nah inilah beberapa hal tersebut:

Blogging tentang apa yang Kamu tahu

Ini hal pertama yang harus Kamu pertimbangkan. Tidak peduli Kamu blogging untuk sekedar kesenangan ataupun mencari uang, Kamu harus menulis topik yang Kamu tahu cukup banyak tentangnya. Dengan kata lain, Kamu tidak boleh mengaku ‘ahli’ di bidang yang Kamu tidak kuasa dengan baik.

Ini bukan berarti Kamu harus mengetahui ‘segalanya’ tentang topik tersebut, tapi paling tidak Kamu harus lebih mengetahui dibandingkan rata-rata pengunjung blog Kamu.

Silakan baca lebih jauh pendapat saya tentang masalah ‘menjadi ahli’ ini di artikel: Menjadi Blogger yang ‘Ahli’ Itu Mudah!

Dengan memilih topik yang Kamu kuasai, Kamu bisa menulis dengan level authority tertentu. Selain itu, Kamu juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu mencari bahan dasar, dan segala seluk beluk tentang topik tersebut. Saya yakin Kamu tahu apa yang saya maksud.

Meskipun, terkadang Kamu butuh mencari data baru, info baru atau perkembangan tentang topik tersebut, tapi bila Kamu cukup menguasai dan familiar dengan topiknya, maka ada 2 keuntungan yang Kamu peroleh.

Pertama, Kamu akan tahu dimana tempat yang tepat Kamu menemukan informasi. Kedua, Kamu akan lebih mudah dan cepat untuk memahami sumber bahan yang dicari, karena Kamu telah memahami istilah dan terminologi di topik tersebut.

Blogging tentang apa yang Kamu suka

Penting sekali untuk memiliki gairah dan kecintaan terhadap topik yang Kamu pilih, jika tidak Kamu hanya akan bertahan beberapa minggu, setelah itu Kamu mulai kehilangan minat. Kamu akan kehilangan motivasi untuk terus mengupdate blog, Kamu tidak memiliki apapun untuk ditulis, bahkan Kamu akan mulai ‘membenci’ segala apapun dari blog Kamu.

Bila Kamu menyukai topik yang dipilih, sebaliknya, Kamu akan tetap memiliki semangat yang cukup untuk terus melanjutkan. Hal ini berlaku, baik Kamu blogging sebagai hobi, maupun untuk menghasilkan uang.

Intinya, jika Kamu menyukai topiknya, Kamu akan setia terhadap blog Kamu!

Blogging tentang topik yang mendatangkan uang

Jika Kamu blogging sekedar hobi dan kesenangan, maka hal yang satu ini tidaklah penting. Namun, jika tujuan Kamu blogging adalah untuk mendapatkan uang yang cukup memadai, maka hal ini ini sama pentingnya dengan dua hal sebelumnya, yaitu ngeblog yang Kamu tahu dan Kamu sukai.

Hal yang cukup ‘menantang’ untuk mencari secara pasti topik yang paling menguntungkan, karena preferensi orang-orang (terutama para pengiklan) senantiasa berubah dari waktu ke waktu. Namun demikian, ada beberapa tool yang bisa Kamu gunakan untuk tujuan ini.

Salah satunya, Kamu bisa menggunakan Keyword Planner milik Google Adwords. Misalnya, Kamu ragu antara blogging tentang ‘Samsung Android’ atau ‘kucing peliharaan’, maka Kamu bisa mengetahui iklan Google apa saja yang akan Kamu dapatkan serta gambaran besarnya penghasilan yang akan diperoleh.

Namun, saya ingatkan, memilih topik semata-mata melulu berdasarkan besaran nilai iklan, bukanlah hal yang bagus. Kamu tetap harus mempertimbangkan dua hal diatas sebelumnya.

Terakhir, salah satu yang menjadi pertimbangan, adalah kompetisi di topik tertentu. Tidak dipungkiri, ada beberapa topik yang sudah demikian ketat persaingannya, sehingga akan lebih sulit Kamu bersaing di topik tersebut.

Idealnya, Kamu memilih topik dengan persaingan menengah atau rendah, tapi memiliki potensi penghasilan cukup tinggi. Di sinilah letak ‘seninya’ dalam memilih topik blog.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Kamu dalam memilih niche terbaik untuk blogging. Semoga bermanfaat.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

7 Komentar

  • Saya sudah mencoba menggunakan Google Adwords untuk mencari persaingan yang rendah. Tapi pas buat artikelnya tetap saja gak bisa di page one. kalau membahas masalah smartphone susah membuat artikelnya, tapi kalau membahas tentang kucing pasti sangat mudah kalau yang buat memang suka kucing.

    • silahkan dibuat saja sesuai hobi , kalau bermanfaat gak usah page one juga banyak yang berkunjung, darimana dari social media, dari mulut ke mulut dll

  • saya mencoba menggunakan niche kucing, hanya 1 pembahasan masalah kucing. Semoga saya bisa mendapatkan banyak visitor dari para pecinta kucing. Mumpung saya juga suka kucing dan memelihara beberapa kucing, jadi cukup mudah membuat artikelnya.

  • Ane paling setuju dengan yg nomor 2 gan, blogging tentang apa yang anda suka. Sesuai kata agan, biasanya seseorang hanya akan merasa bersemangat ngeblog di minggu atau bulan pertama saja, setelah itu rasa semangat itu akan hilang dan digantikan dengan yg namanya kebosanan..