Tantangan #6: Menentukan dan Mengetahui Audiens Blog Kamu!

Setelah beberapa minggu saya sempat tidak menulis lanjutan Seri Tantangan Blogging PortalUang, kini saya menyajikannya lagi untuk Kamu.

Dan kali ini tantangannya adalah: menentukan dan mengetahui, siapa pembaca blog Kamu?

‘Jika Kamu tidak mengetahui untuk siapa Kamu menulis, bagaimana Kamu tahu apa yang akan Kamu tulis?’

Ya betul, bukan? Jika Kamu tidak tahu kepada siapa Kamu menulis, bagaimana Kamu bisa tahu apa dan bagaimana cara Kamu menyampaikan sesuatu yang ingin Kamu sampaikan?

audiens pembaca blog

Untuk itu, tantangan PortalUang kali ini mengajak Kamu untuk menentukan (jika belum) sekaligus mengetahui audiens blog Kamu. Untuk siapakah blog Kamu? Apakah Kamu mengetahui siapa mereka? Bisakah Kamu ‘melihat’ mereka di dalam pikiran saat Kamu menulis sebuah artikel?

Apakah cuma ada orang-orang tertentu yang ada di dalam pikiran Kamu, ataukah orang banyak? Atau mungkin sekelompok orang-orang khusus tertentu? Kepada siapa Kamu ‘berbicara’ saat menulis konten blog?

Seberapa tua mereka? Seberapa muda mereka? Apakah mereka ibu rumah tangga atau gadis remaja, atau para profesional di bidang tertentu?

Apakah mereka tinggal di wilayah atau kota tertentu? Agama tertentu? Pekerjaan tertentu? Apakah audiens Kamu adalah satu kelompok kecil atau justru satu kelompok yang amat besar?

Menentukan dan mengetahui untuk siapa Kamu menulis adalah hal yang sangat penting dalam rangka menyukseskan blog Kamu. Karena, jika Kamu membayangkan menulis untuk semua orang, maka itu merupakan kesia-siaan terbesar yang Kamu lakukan dari sebuah blog.

Jadi, mulai sekarang, tentukan, ketahui, pahami, siapa yang duduk di depan komputer di ujung sana, yang membaca blog Kamu! Dengan begitu, blog Kamu akan lebih hidup, lebih terarah dan tentu saja pasti akan lebih sukses lagi.

Dan jika saat ini Kamu belum tahu siapa audiens blog Kamu, maka carilah tahu, bertanyalah. Ceritakan sedikit tentang deskripsi blog Kamu beserta alamat blognya di kolom komentar, dan undanglah siapa saja untuk mengeceknya, dan minta pendapat mereka, siapa kira-kira menurut mereka audiens blog Kamu.

(saya pastikan, saya adalah orang pertama yang akan mengunjungi blog Kamu!)

Atau, tulislah sebuah posting tentang hal ini, dan tanyakan kepada pembaca, siapa mereka sebenarnya, sehingga Kamu nantinya akan sungguh-sungguh mengenal siapa sebenarnya pembaca blog Kamu. Dengan mengenal mereka, Kamu akan lebih produktif, menulis lebih baik dan mengantarkan blog Kamu selangkah lebih baik.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

8 Komentar

  • saya menulis tentang bahasa jadi scope nya education pengunjung nya yang saya bidik adalah pelajar. langkahanakbangsa.blogspot.com/search/label/English%20Grammar

  • blog saya sugek.com gak tahu tentang apa dan siapa pengunjungnya setelah membaca blog portal uang saya jadi mengerti dan Insya Allah akan memperbaikinya

    thanks portal uang

  • @tips.
    betul sekali, pembaca kita adalah yg berhubungan dg niche blog kita, tapi siapakah mereka? Nah, itulah yg harus kita cari tahu, agar bs menyajikan lebih baik lagi.

    Tuk blog Anda sendiri memang relatif mudah, krn audiens nya jelas adalah para blogger. Namun itu pun bisa saja, lebih spesifik lagi. Blogger? Blogger yg mana? Yg baru mulai ngeblog? Yang menggunakan blogspot? WP? TypePad? Yang ngeblog sekedar hobi? Atau untuk bisnis? Harus lebih jelas lagi 🙂

    Sukses selalu tuk tips2nya…

  • Setuju gan, mengetahui audiens atau pembaca sangat dibutuhkan oleh para blogger untuk membuat blognya menjadi blog yang lebih baik..

    Kalau cara ane sih gini gan, kita buat blog niche, maka pembaca kita ya orang-orang yang ada hubungannya dengan niche blog kita..

    Contoh, blog saya yang isinya tentang tips blogging, maka audiensnya adalah blogger.

  • Kalau blog saya, saya rasa audiens nya para pelajar
    Blog saya tentang pendidikan, alamat nya edupelajaran.blogspot.com
    *Mohon kritik dan saran nya mas