Setiap blog memang memiliki desain yang unik, tergantung siapa yang mengelolanya.

Namun demikian, ada beberapa ciri desain blog yang umum diterapkan oleh blog sukses. Bisa dikatakan mereka memiliki ciri atau tipikal desain tertentu yang hampir seragam.

Nah, di bawah ini adalah 9 elemen utama dalam membuat desain blog, untuk membantu Kamu berhasil membangun blog yang sukses.

1. Teks yang mudah dibaca

Desain blog Kamu haruslah mudah untuk dibaca. Gunakan ukuran huruf yang cukup besar untuk ditampilkan di layar beresolusi tinggi, serta cukup sederhana agar mudah dibaca.

Dengan kata lain, janganlah memilih huruf dekoratif. Pilihlah huruf yang mudah dan nyaman untuk dibaca, seperti Georgia, Verdana, Arial dan huruf lain yang web-friendly.

Pastikan juga bahwa huruf yang Kamu pakai cukup mudah pula untuk dibaca dengan cepat, karena pembaca blog Kamu cenderung akan selalu melakukan scanning, atau membaca sekilas dengan cepat untuk menemukan potongan informasi yang mereka cari.

2. Warna yang ramah

Jangan pilih warna yang ‘ngejreng’ atau menyilaukan mata pada desain blog Kamu. Jangan pilih warna yang akan membuat artikel Kamu sulit dibaca atau tidak nyaman untuk dilihat berlama-lama.

Warna paling ramah bagi orang yang membaca online adalah yang berlatar belakang cerah (putih adalah terbaik), dengan huruf berwarna gelap, seperti hitam, biru tua atau hijau tua.

Lebih jauh mengenai desain warna ini, silakan baca: Kesalahan Utama Desain Blog yang Harus Dihindari.

3. Navigasi yang mudah

Usahakan pengunjung semudah mungkin menemukan konten Kamu. Jangan mengganggu kunjungan mereka dengan iklan yang mencolok, menutupi konten atau perilaku mengganggu lainnya.

Jangan memberi kesempatan kepada pengunjung untuk segera meninggalkan blog Kamu karena kesulitan menemukan konten yang mereka cari.

4. Kotak pencarian

Permudah pengunjung mencari konten yang mereka cari dengan menempatkan kotak pencarian pada header atau di sidebar.

Silakan baca: Cara Memasang Kotak Penelusuran Adsense di Blogger, untuk menggunakan hasil pencarian seperti di PortalUang.

5. Profil diri

Meskipun memang ada beberapa blogger yang sukses dengan menulis blog secara anonim, tapi hampir semua blog sukses, adalah blog yang ditulis oleh orang yang ‘menunjukkan’ dirinya, menjelaskan alasan mengapa dia ngeblog, riwayat singkat tentang dirinya, profesinya, dan informasi pribadi lainnya.

Tunjukkan kepada dunia siapa Kamu, dan beri alasan mengapa Kamu pantas untuk menulis topik blog Kamu, lengkap dengan biografi seperlunya.

Blogger-blogger terbaik adalah mereka yang menjalin sebuah hubungan yang ‘akrab’ dengan pembacanya dan halaman profil Kamu adalah hal pertama yang menunjukkan bahwa Kamu bersedia menjadi seorang ‘sahabat’ bagi pembaca.

6. Halaman kontak dan sosial media

Blogger hebat menjalin hubungan yang kuat dengan pembacanya, dan salah satu cara membangun hubungan itu adalah dengan memberikan kemudahan kepada pembaca untuk berhubungan dengan Kamu, berbagi informasi, dan mengenal diri Kamu lebih dekat.

Permudah mereka untuk berkomunikasi dengan Kamu dengan menyediakan halaman kontak atau link email. Lebih jauh, sediakan pula link sosial media yang Kamu gunakan, Twitter, Google+, Facebook dan lainnya, guna membangun hubungan yang lebih erat dengan pengunjung.

7. Link berlangganan artikel

Jangan lupa untuk menyertakan link berlangganan (bisa berupa image atau teks). Tempat paling baik adalah di paruh atas blog, agar pembaca dapat dengan mudah berlangganan RSS feed ataupun melalui email untuk mendapatkan update terbaru yang mereka nanti-nantikan. Buatlah semudah mungkin proses untuk berlangganan ini.

8. Memanfaatkan footer

Jangan pernah melupakan footer pada saat Kamu mendesain blog. Ketika orang tidak menemukan informasi yang dicari, mereka seringkali akan menggulung layar ke bagian footer, berharap menemukan link yang bermanfaat, seperti link kontak, peta situs dan sebagainya.

Tampilkan informasi atau link yang bermanfaat di footer dan pastikan footer benar-benar tampil di bagian paling bawah dari semua konten blog.

9. Senyap, tidak gaduh

Walau Kamu begitu tertarik, jangan pernah memasang musik di blog. Jika pun memaksa, biarkan pengunjung yang memutarnya sendiri, jangan pernah memutarkan suara atau musik secara otomatis pada saat blog Kamu dibuka.

Memang, bisa jadi musik dapat menjadi nilai tambah bagi blog Kamu, tapi seringkali justru sebaliknya, berdampak negatif.

Nah, itulah 9 elemen utama yang hampir diterapkan pada sebagian besar (jika tidak mau dikatakan semua) blog yang sukses. Pastikan Kamu mengikuti langkah mereka.

Punya pengalaman dalam hal desain blog? Sudahkah Kamu memaksimalkan elemen desain di atas? Silakan berbagi melalui komentar.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

11 Komentar