Satu Lagi Cara Promosi Video Youtube yang Harus Anda Lakukan

Untuk meningkatkan pemirsa Youtube Anda, tentu saja, selain melakukan langkah-langkah SEO video Youtube dengan baik, Anda pun harus melakukan yang namanya: promosi!

Promosi menjadi bagian teramat penting untuk meraih pemirsa sebanyak-banyaknya. Ada banyak cara melakukan promosi ini, mulai dari membagikan video di berbagai media sosial, membuat blog, sampai melakukan kampanye melalui iklan.

Namun, tahukah Anda bahwa Youtube pun menyediakan fasilitas promosi iklan gratis untuk saluran Youtube Anda?

Ya, Youtube menyediakan fitur yang mereka sebut: Pencari Penggemar. Melalui fitur ini, Anda berkesempatan untuk mengiklankan saluran Youtube secara gratis. Di mana iklan tersebut akan muncul jika di dalam video orang lain yang dianggap relevan berdasarkan kriteria pemirsa yang tercatat oleh Youtube.

Iklannya sendiri berupa true-view dalam aliran, yaitu jenis iklan yang diputar sebelum video utama. Tampilan iklannya persis sama seperti iklan AdWord pada umumnya yang ditayangkan di Youtube, namun bedanya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun, alias gratis.

Nah, bagi Anda yang telah menjadi mitra Youtube, dan belum melakukannya, mengapa tidak segera mencobanya?

Dan bagi Anda yang belum pernah mencobanya, inilah caranya:

Masuklah ke Dasbor Youtube, klik Setelan Saluran. Lalu pilih Pencari Penggemar.

promosi youtube gratis
Setelah itu, klik Pilih iklan saluran Anda. Anda bisa memilih beberapa video koleksi video Anda untuk dijadikan iklan.

Anda dapat memilah dengan cepat dengan mengklik filter di bagian kanan atas, yaitu Terbanyak ditonton, Terbaru dan Video dengan durasi kurang dari 2 menit.

Usahakan untuk memilih video dengan durasi yang cukup pendek, paling lama 2 menit, yang terbaik maksimal 1 menit. Karenanya, yang terbaik adalah, buatlah video khusus yang memang sengaja Anda buat untuk kampanye saluran Youtube Anda, bukan video yang merupakan konten utama. Buatlah videonya semenarik mungkin, agar orang-orang tertarik mengunjungi saluran Anda.

memilih video untuk iklan saluran youtube
Terakhir, klik Simpan.

Anda dapat memilih video lebih dari satu untuk dijadikan iklan saluran. Silakan pilih video yang paling Anda anggap mewakili saluran Anda. Tunggu beberapa hari, maka nanti, jika ada pemirsa potensial (berdasarkan perilaku dan profil mereka), Youtube akan menayangkan iklan Anda tanpa harus membayar.

Semoga bermanfaat, sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

71 Komentar

  • Udah engga ada mas ?
    mas. Mau tanya nih gimana cara mengganti bahasa inggris ke bahasa indonesia? Pusing akun youtube nya bahasa inggris.
    Terimakasih yah mas.

  • mau tanyak gaan, saya baru satu hari buat chanel, udah di monitaze, tapi kok gak ada penayangnnya iya?
    di videonya udah ada view dan bukan saya yang buka, itu kira” kenapa iya?

  • kadaluarsa kayaknya nih …. udah gak ada stelan saluran, adanya saluran aja dan pencarian penggemar juga gak ada son

  • Semua tips diatas 100% ampuh naikkan views. Kami sudah menggunakan metode diatas.

    Yg paling enak share ke sosmed loh.

  • yang ini nih yang harus saya coba, (setelah menggunakan cara lain yang kurang mampuni)

      • salam sukses mas….saya juga mengalami masalah yang sama dengan mba omega…setelah masuk dgn menglik roda gigi tapi tampilannya tidak ada pilihan PENCARI PENGGEMAR…mhon pencerahan….mks

  • wah..baru tahu bisa promosi video yotube dengan gratis dengan cara yang satu ini,boleh di coba nih dan akan saya rekoemdasikan juga sama temen saya yang sekarang ini lagi mau buat channel yotube baru^-^

  • Masa cara itu masih bisa dipake ga skrg ?
    Saya ga bisa share ke sosmed , soalnya saya tidak punya sosmed mas hehe . Makasih .

  • Mas.saya mau tanya!saya udah meng upload video saya ke youtube yang telah di ambil dari galeri saya.untuk supaya video saya dapat saya promosikan ke youtube bagaimana caranya? Sedangkan video saya udah saya beri judul,udah saya isi depkresinya,udah saya atur untuk tampil di publik,dan juga sudah saya beri tagnya.tolong mas pencerahanya,maklum saya baru mau belajar ke youtube.trimaksih ya mas

  • mas, mau nanya lagi nih, penghasilan dari youtube ditambahkan ke adsense itu setelah 15 hari ya,
    terus setelah itu 15 hari lagi ditambah lagi ?

    • Ditambahnya nnti tgl 15 lagi bln dpn bos. Hitungannya ttp dr tgl 1 – akhir bulan. Tp baru akan ditambahkan ke adsense pd pertengahan bulan.

  • semisal chanel tersebut dah di monetize dengan adsense… apakah aman menggunakan pencari penggemar tersebut ?

  • untuk tahun ini 2015 kayaknya udah gak bisa ya?
    gimana ni caranya kok q gak nemuin menu kaya di artikel ini.
    Mohon pecerahannya dan monggo mamppir sebentar ke blog perdana q . . .

  • sebagai pemula di youtube, ane baru tau ada yang beginian, selama ini saya berharap saja secara alami.. thanks om atas tips nya..

  • mas punyaku kok di dasbornya engak ada setelan saluran yang ada hanya saluran aja, apanya yang salah ya mas?

  • @dikky.
    ya tentu saja, jumlah tayang akan dihitung, begitu jg dg penghasilannya, jika pengaturan monetisasi pada vide0nya diatur tuk tampilkan iklan di platform manapun.

  • Gan mau tanya kalau memasang video di blogger dan di lihat oleh pengunjung,apakah jumlah penonton akan bertambah dan misalkan iklan yang ada di video tersebut di klik apakah akan terhitung oleh google adsense?

  • maksimal video yang bisa dijadikan iklan berapa yah? saya kok mentok di 5 video apa emang cuma 5?

  • @riza.
    ya itu karena telah melanggar pedoman komunitas yuotube. Ada beberapa konten yg memang tidak dibolehkan oleh youtube, seperti kekerasan dll. Bisa juga karena kontenya diklaim oleh pihak lain yg memiliki hak ciptanya.

  • Saya dapat kayak gini ini artinya apa mas???? Tolong jwb mas jhon

    Komunitas YouTube telah menandai satu atau lebih video sebagai tidak pantas. Setelah ditandai, video akan ditinjau oleh Tim YouTube berdasarkan Pedoman Komunitas kami. Setelah meninjau, kami memutuskan bahwa video berikut berisi konten yang melanggar pedoman ini, dan telah dinonaktifkan:

    Semua orang benci spam. Jangan buat deskripsi, tag, judul, atau gambar mini yang menyesatkan untuk meningkatkan tayangan. Mengeposkan dalam jumlah besar konten yang tidak bertarget, tidak diinginkan, atau berulang, termasuk di antaranya komentar dan pesan pribadi, tidak dibolehkan.

    Ini teguran peringatan Pedoman Komunitas kedua yang akun Anda terima dalam waktu enam bulan. Oleh karena itu, kemampuan untuk mengakses akun ini telah dinonaktifkan dan tidak akan pulih hingga dua minggu setelah Anda menyatakan menerima pesan ini. Harap pelajari Pedoman Komunitas YouTube dan hindari pelanggaran lebih lanjut yang dapat mengakibatkan diberhentikannya akun Anda.

    Untuk informasi selengkapnya tentang Pedoman Komunitas YouTube dan caranya diterapkan, kunjungi pusat bantuan.

    Perhatikan bahwa menghapus video ini tidak akan menyelesaikan gugatan pada akun Anda. Untuk informasi selengkapnya tentang mengajukan banding atas gugatan, kunjungi laman ini di pusat bantuan.

  • makasih mas admin yang ada di web ini semua instruksi but mengaitkan akun youtube dapat dimengerti makasih banyak mas sangat simple gampang di lakuin caranya,,

  • terimakasih sangat membantuu semoga setiap kebaikan dan ilmu yg di berikan menjadi amal ibadah pahala

  • @nove.
    sama2, silakan dicoba.

    @agen.
    ya betul, makanya rugi kalau tidak dimanfaatkan, πŸ™‚

    @jual.
    silakan, semoga tambah sukses.

    @obat.
    sip juga deh, terima kasih atas kunjungannya. πŸ™‚

  • You tube memang seru,, apa lg klw promosi video secara gratis.. Thnks gan.

  • @pro.
    u're welcome…. πŸ™‚

    @afrid.
    ya betul, Google memang menginginkan mitranya mendapatkan hasil maksimal, dengan menyediakan berbagai fitur dan fasilitas.

    Tentang G+, entahlah saya belum bisa mengkonfirmasinya πŸ™‚

  • Iklan Tanpa Membayar. Sepertinya udah lama diterapkan Google Pada Iklan Text Adwordsnya ya mas, dulu saya juga pernah dapet iklan gratis dari Google untuk ditampilkan secara Free. dgn asumsi Google yg membayar biaya iklannya sampai Rp 450.000 ribu,

    em.., ternyata di Youtube mereka juga gencar menampilkan hal seperti ini juga ya mas. wah.., wah.., salut deh buat google. saya malahan baru tahu di Youtube ada seperti ini juga mas.

    Dengar-dengar di Google+ juga seperti ini. Tapi bila jumlah Followernya mencapai 1000 orang. Google akan mengundang kita jadi penayang iklan di Google Plus. tapi katanya sih, khusus di Amerika Serikat saja ya mas.