Apakah Blog Kamu Cukup Mengesankan bagi Pengunjung Baru?

Bila saat ini blog Kamu telah berjalan cukup lama, khususnya jika Kamu telah memiliki basis pembaca tetap, yang setia mengikuti update, mungkin Kamu sedikit banyak tidak begitu menaruh perhatian terhadap pengunjung baru atau mereka yang mengunjungi blog Kamu untuk pertama kalinya.

Namun tentu saja, bila ingin blog Kamu terus berkembang, maka Kamu perlu memberi perhatian khusus kepada mereka, para pengunjung baru.

Kamu mesti membuat mereka merasa nyaman, membuat mereka terkesan untuk pertama kalinya. Membuat mereka betah berlama-lama, dan tertarik menggali lebih dalam apa yang Kamu sajikan di blog Kamu.

Nah, 4 tips di bawah ini, akan membantu Kamu memberi kesan yang baik kepada mereka yang mengunjungi blog Kamu untuk pertama kalinya.

1. Perbarui halaman ‘about’

Pengunjung lama Kamu, cenderung tidak akan membuka halaman about, karena mereka telah memahami banyak siapa Kamu, apa yang Kamu sajikan dan sebagainya.

Tapi, bagi pengunjung baru, halaman about adalah salah satu halaman yang paling kerap dibuka pada kunjungan pertama mereka. Dan, jika halaman about Kamu terlihat benar-benar out-of-date, maka hal itu tidak akan mengesankan dan tidak membuat mereka tertarik untuk menggali blog Kamu lebih dalam lagi.

Memang, bagi pengunjung baru, mungkin tidak mengetahui secara persis kapan Kamu mengupdate halaman about, namun pastikan di dalamnya tidak ada informasi yang basi dan ketinggalan jaman, jika tidak, mereka akan menganggap Kamu tidak serius dalam mengelola blog.

Cari tahu lebih tentang: 5 Kesalahan Umum Halaman ‘About’ dan Cara Memperbaikinya, untuk memaksimalkan halaman about blog Kamu.

2. Sidebar yang ‘bermanfaat’

Kebanyakan pengunjung baru, sampai melalui halaman tertentu, bukannya ke halaman beranda (home page) blog Kamu.

Oleh karena itu, jika Kamu menggunakan halaman statis sebagai halaman depan, yang mengenalkan segala seluk-beluk blog Kamu, maka fungsi sidebar menjadi sangat penting untuk membantu mereka menemukan sesuatu yang bermanfaat di blog Kamu.

Terserah Kamu, apa saja yang ingin Kamu tempatkan di sidebar. Tapi, paling tidak Kamu menyertakan:

  • Form berlangganan
  • Kategori Artikel
  • Artikel populer
Dan beberapa elemen lain yang Kamu anggap bermanfaat. Satu hal yang perlu diperhatikan, jangan memenuhi sidebar Kamu dengan hal-hal yang tidak perlu, yang hanya ‘mengotori’ dan membuat pengunjung kesulitan menemukan konten Kamu.

Cari tahu lebih tentang 5 Kesalahan Umum Sidebar dan Cara Memperbaikinya, untuk membuat sidebar Kamu lebih bermanfaat bagi pembaca.

3. Permudah untuk berlangganan

Jika ada pengunjung baru merasa tertarik terhadap konten blog Kamu, kemungkinan besar mereka ingin berlangganan update terbaru.

Karenanya, pastikan mereka dapat dengan mudah menjadi pembaca setia Kamu:

  • Sertakan link ke RSS Feed Kamu (bisa berupa icon atau pun link teks) yang bisa ditemukan dengan mudah di setiap halaman.
  • Sertakan pilihan untuk berlangganan melalui email, banyak pembaca lebih menyukainya.

4. Beri link dan jelaskan tentang artikel berseri

Jika Kamu sedang menulis satu seri artikel tertentu secara bersambung, maka biasanya Kamu dengan mudah menganggap bahwa semua orang telah membaca artikel-artikel sebelumnya dan telah memahami apa yang telah dibicarakan sebelumnya.

Tapi, bagi orang yang baru pertama kali mengunjungi blog Kamu, mungkin ia sampai pada bagian tertentu dari artikel berseri Kamu. Untuk itu, menjadi penting untuk menjelaskan bahwa suatu artikel merupakan bagian dari artikel serial dalam topik tertentu. Hal ini membatu pembaca memahami secara keseluruhan apa yang ingin Kamu sampaikan.

Selain artikel bersambung, juga adalah sesuatu yang amat baik, untuk menyisipkan link ke artikel lain yang saling berhubungan atau relevan, selain mengundang pembaca untuk mengeksplor blog Kamu lebih dalam, juga membantu membuat mereka terkesan pada kunjungan pertama mereka.

Nah, itulah 4 tips bagaimana membuat pengunjung baru merasa terkesan dan diharapkan mereka akhirnya menjadi pembaca setia blog Kamu.

Kamu memiliki tips lainnya? Silakan berbagi melalui komentar.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar