Memilih Warna Utama Blog yang Sesuai Berdasarkan Psikologi Warna

Salah satu hal penting dalam desain sebuah blog adalah masalah warna. Ya, warna memiliki peran penting yang cukup menentukan ‘rasa’ dari sebuah blog.

Seperti kita tahu, dalam psikologi, warna memiliki arti tersendiri.

Dengan kata lain, warna dapat menimbulkan kesan, memengaruhi perasaan serta cara orang berpikir, saat melihat warna tertentu. Inilah perlunya pemilihan warna yang tepat dalam desain sebuah blog.

Anda tidak mau kehilangan pengunjung blog hanya karena salah dalam memilih warna, bukan?

Di bawah saya paparkan makna warna-warna yang umum dipakai untuk desain website atau blog, untuk membantu Anda memilih warna yang tepat.

1.  Putih

Ada alasan tersendiri mengapa produk-produk berkaitan dengan kebersihan berwarna putih atau menggunakan kemasan warna putih.

Dalam psikologi warna, putih mewakili kemurnian dan kesucian. Putih mampu menarik perhatian, dan bekerja dengan baik digunakan sebagai latar belakang untuk teks gelap di banyak blog dan desain web.

2. Biru

Biru adalah warna yang paling umum dipakai untuk desain website dan blog. Banyak situs top menggunakan biru sebagai warna utama mereka; Facebook, Twitter, LinkedIn, adalah sebagian kecil dari situs terpopuler yang memanfaatkan warna biru sebagai brand mereka.

BACA JUGA:  5 Hal yang Saya Pelajari sebagai Seorang Desainer Web

Warna biru bisa diterima dengan baik oleh pria dan wanita. Dan nyatanya, warna biru juga disukai banyak orang secara luas.

Secara psikologi, warna biru memberi makna; tenang, keamanan, kepercayaan, keteguhan dan dapat diandalkan.

3. Hitam

Jika Anda membutuhkan warna untuk menyampaikan: kekuatan, high-class, mutakhir, teknologi tinggi, kemewahan, berkesan mahal, hitam dapat menjadi pilihan sempurna berdasarkan psikologi warna.

4. Merah

Merah telah lama diasosiasikan dengan keberanian atau kemarahan. Para ahli psikologi warna mempercayai bahwa merah dapat memicu respon secara fisik pada saat orang melihatnya, bukan sebatas respon secara alam bawah sadar. Hal ini dibuktikan dengan beberapa eksperimen yang mencatat adanya percepatan denyut jantung pada subyek percobaan pada saat diperlihatkan warna merah kepada mereka.

Nah, jika Anda bermaksud meraih perhatian dan reaksi dari audiens, maka merah bisa menjadi pilihan. Merah memberi makna: agresif dan enerjik.

BACA JUGA:  24 Cara Bagus Memperkecil Bounce Rate

5. Hijau

Pada saat melihat warna hijau, orang-orang biasanya berpikir tentang rumput, pepohonan dan alam. Warna hijau dianggap mewakili kesegaran dan kesehatan.

Sementara warna hijau tua, lebih dekat dikaitkan dengan uang dan kemakmuran.

6. Kuning

Jika Anda membutuhkan warna untuk menyampaikan hal positif dan kehangatan, kuning adalah pilihan sempurna.

Warna kuning, dari berbagai studi terbukti sebagai salah satu warna yang paling awal dikenali oleh manusia. Kuning sangat tepat digunakan untuk menarik perhatian kepada bagian-bagian tertentu blog Anda.

7. Oranye

Warna oranye, memang bukan warna yang populer dibandingkan dengan warna-warna yang telah saya sebutkan diatas. Tapi, oranye dapat membangkitkan rasa kegairahan dan kegembiraan. Jika blog Anda berisi sesuatu yang fun, menggembirakan dan menggairahkan, oranye bisa menjadi warna pilihan utama.

8. Coklat

Warna coklat sering dihubungkan dengan warna tanah serta dapat membangkitkan kesan daya tahan dan kekekalan.

Selain itu, warna coklat juga dapat memberi kesan kotor. Karena itu, Anda harus hati-hati menggunakan warna coklat sebagai warna utama blog. Meskipun begitu, tidak sedikit brand yang sukses menggunakan warna coklat ini.

BACA JUGA:  Meningkatkan Navigasi Blog dengan Memanfaatkan Footer

Tidak perlu ‘takut’ menggunakan warna-warna tidak populer, justru bisa jadi Anda akan menjadi populer, membangun identitas sendiri, dan tampil berbeda dengan mudah.

9. Pink

Pink identik dengan perempuan atau feminin. Pink juga dianggap sebagai warna yang romantis.

Pink cerah, berkesan: fun, muda dan menggairahkan. Jika blog Anda tentang wanita atau dengan target muda-mudi, Anda dapat menggunakan warna ini.

10. Ungu

Warna ungu, tidak begitu populer untuk audiens laki-laki. Dalam psikologi warna pun, ungu memiliki arti berbeda-beda.

Ungu pada umumnya dimaknai sebagai warna yang kreatif. Tapi di saat lain ungu juga dimaknai kerumitan, misteri, high class. Bagi beberapa orang, ungu juga dimaknai lebih dekat kepada spiritualitas dan kesetiaan.

Nah, itulah 10 warna dengan makna dan artinya masing-masing yang saya sarikan dari berbagai sumber. Semoga bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih warna utama untuk desain blog.

Pilihlah warna sesuai dengan tujuan dan target blog Anda. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Loading...

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

7 Komentar