9 Tips Mudah Menghasilkan Artikel yang Menarik

Sebagai blogger, tentunya kita ingin selalu mampu menghadirkan artikel yang baik dan menarik, bukan?

Menulis artikel yang bagus adalah seni tersendiri. Untuk melakukannya dengan baik, diperlukan beberapa pra-syarat serta beberapa hal yang harus kita miliki.

Di bawah ini adalah 9 tips sederhana, yang dapat membantu Kamu bisa menghasilkan artikel berkelas untuk blog Kamu.

1. Yang terpenting adalah konten

Tulisan yang baik adalah tulisan yang mampu menuntun pembaca Kamu kepada sesuatu yang Kamu ingin mereka memikirkannya atau mempersepsikan tentang sesuatu. Jika tidak, maka mereka (pembaca) akan membentuk gambaran mereka sendiri, yang seringkali jauh berbeda dari apa yang Kamu inginkan. Jika sudah demikian, maka Kamu telah gagal membuat artikel yang baik.

Untuk itu, usahakan selalu mencari tema/topik yang matang, yang telah Kamu olah sedemikian rupa hingga siap disajikan secara utuh.

Topik yang sedikit sekali Kamu ketahui, tema yang tidak tuntas, menggantung dan setengah-setengah, atau dengan kata lain Kamu menyajikan informasi setengah jadi, tidak akan banyak membantu Kamu bisa menghasilkan tulisan yang baik.

2. Perbanyak membaca

Agar bisa memenuhi hal pada poin pertama di atas, Kamu mesti memiliki ‘perbendaharaan’, stok atau simpanan informasi yang memadai. Dan ini bisa dicapai jika Kamu menyukai membaca.

Jika Kamu tidak punya waktu untuk membaca, maka Kamu pun tidak akan memiliki waktu dan kemampuan untuk menulis!

Semakin banyak Kamu membaca, semakin banyak ide-ide tersimpan. Semakin kaya pemikiran. Semakin kaya perbendaharaan. Membaca banyak, dapat diibaratkan Kamu sedang menabung informasi. Dari situ kemudian Kamu mampu memunculkannya sebagai tulisan yang bagus.

Dalam hal membaca ini, coba pula untuk lebih banyak membaca blog-blog dengan tema yang sama dengan Kamu, agar Kamu bisa melihat dan mempelajari celah, kelebihan dan kekurangannya. Dengan demikian, Kamu bisa menulis sesuatu yang berbeda dan keluar dari ‘kerumunan’ ribuan blog lainnya.

3. Buang saja yang tidak perlu

Kesederhanaan adalah kelebihan! Sedangkan kesederhanaan berarti membuang hal-hal yang tidak perlu.

Satu tips utama yang paling disarankan kepada semua penulis (termasuk blogger), adalah berusaha sebisa mungkin untuk membuang bagian-bagian yang sekiranya akan dilewatkan oleh pembaca.

Satu kalimat tidak boleh mengandung kata-kata yang tidak perlu. Satu paragraf tidak boleh berisi kalimat-kalimat yang tidak perlu. Satu artikel hebat, tidak boleh ada di dalamnya, pembahasan-pembahasan yang tidak perlu!

Jangan pernah menulis dengan tujuan hanya untuk ‘memenuhi halaman’. Buang semua yang Kamu anggap akan membosankan bagi pembaca.

4. Lagi-lagi soal gairah

Inilah tantangan menulis yang sesungguhnya. Kamu mesti terlibat secara emosional terhadap apa yang Kamu tulis, atau Kamu akan temukan tulisan Kamu datar dan ‘garing’.

Dan Kamu tidak bisa membohongi diri sendiri dalam hal ini. Jika Kamu sendiri merasa bosan dengan apa yang Kamu tulis, maka itu pula yang akan dirasakan oleh pembaca Kamu.

Kamu harus menulis sesuatu yang menggairahkan Kamu sendiri, jika tidak, bagaimana Kamu mengharapkan orang lain (pembaca) antusias terhadap tulisan Kamu?

5. Maksimalkan dengan gambar dan tipografi

Memilih jenis huruf yang baik, diperlukan dalam segala macam tulisan. Memilih gambar yang tepat, akan menambah cantik artikel Kamu.

Sebuah gambar, mampu bercerita 1000 kata. Ia bisa mengomunikasikan hal-hal yang tidak bisa disampaikan oleh sederet kata.

Tipografi yang buruk, huruf yang sulit dibaca, warna yang tidak ‘menyilaukan’, sangat mengganggu kenyamanan. Artikel yang baik, bukan melulu soal isi, tapi juga bagaimana cara Kamu menyajikannya.

Ingin mengetahui lebih dalam tentang desain tulisan, silakan baca: Kesalahan Utama Desain Blog yang Harus Dihindari.

6. Singkat, padat dan sederhana

Saya meyakini, bahwa tulisan yang baik adalah tulisan yang singkat, padat dan disampaikan dengan bahasa yang sederhana.

Kata-kata yang sederhana, lebih mudah dipahami serta lebih bisa menyampaikan isi pikiran Kamu dengan lebih baik. Karenanya, selalu gunakan kalimat sederhana, dan tulislah hanya yang benar-benar dibutuhkan untuk menyampaikan ide Kamu kepada pembaca.

7. Menerima kritik

Tidak perlu gusar dengan yang namanya kritik. Justru dengan banyaknya kritik terhadap apa yang Kamu tulis, itu satu bukti bahwa tulisan Kamu menyita perhatian banyak orang.

Jika ia tidak benar, lupakan saja.

Jika ia tidak fair, tidak usah tersinggung.

Jika ia terlihat bodoh dan tidak mengerti apa yang Kamu sampaikan, senyumlah.

Jika ia mengadili, itu bukan kritik, belajarlah darinya, itu sesuatu yang bagus.

Beri perhatian terhadap apa yang dikatakan orang lain terhadap artikel Kamu. Tanggapi komentar yang masuk, dan belajarlah dari sana.

Cobalah untuk mempelajari mengapa tulisan orang lain (yang satu topik lebih baik), mendapat sambutan hangat dari orang. Lihat bagaimana cara mereka menulis. Lihat bagaimana cara mereka bereaksi terhadap komentar miring yang mereka terima.

8. Teruslah menulis

Tips terbaik menjadi penulis yang hebat adalah: teruslah menulis! Semakin sering Kamu menulis, Kamu semakin menjadi penulis yang lebih baik lagi.

Kuantitas akan membentuk kualitas!

Baca: 10 Langkah Pasti Menjadi Penulis yang Lebih Baik.

9. Jadilah unik, mengejutkan, dan konsisten

Lakukan dan coba menyajikan hal-hal baru. Tidak perlu hal atau tema yang benar-benar baru, cukuplah sudut pandang baru, pendapat baru, cara penyajian baru, pendekatan baru, desain baru. Tampillah beda dengan orang lain.

Lakukan semua secara konsisten. Hadirkan artikel baru secara konsisten. Gunakan gaya dan nada tutur secara konsisten. Bangun brand blog Kamu dengan konsistensi.

Eksperimen dan menjadi kreatif, maka pembaca akan semakin mencintai Kamu.

Kesimpulan

Buatlah tetap simpel. Buatlah mengesankan dan tidak mudah dilupakan. Buatlah menarik dan mudah dinikmati. Terakhir, buatlah artikel Kamu menyenangkan untuk dibaca!

Jika Kamu memiliki tips lainnya, silakan berbagi melalui komentar. Jika Kamu merasa artikel ini bermanfaat, bagikan kepada lainnya. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

9 Komentar

  • @george.
    semua adalah proses, seperti dalam artikel ini saya katakan: kuantitas akan membawa kualitas. Jadi, yg terpenting adalah terus menulis. Setiap penulis pada dasarnya selalu mencari ciri dan keunikannya sendiri2, dan itu butuh waktu. Tapi, sekali ketemu, maka tetaplah di situ, karena itu adalah identitas kita.

  • sebenarnya banyak sekali bahan2 tulisan melalui pengalaman pribadi saya sendiri yang cukup menarik untuk dijadikan artikel, jujur saja saya belum bisa membuat tulisan yang bagus dan menarik yang dapat membawa emosi si pembaca, kadang2 hanya untuk membuat judul pun saya sering sekali kebingungan, namun setelah saya sering mengunjungi blog ini ternyata agar dapat menghasilkan tulisan2 yang menarik serta bermanfaat bagi diri kita sendiri dan juga orang lain kita harus menjadi diri kita sendiri, terima kasih mas selalu memberi semangat melalui tulisan2 mas yang saya sukai,semoga saya mendapatkan banyak ilmu dari blognya mas Gee Jhon ini

  • @blog.
    hmm….. oke, mulai sekarang cobalah tuk membuat jadwal blogging untuk diri sendiri, dan setialah pada jadwal tersebut.

    @abed.
    ya… setuju. Semoga kita semakin menjadi lebih baik lagi… 🙂

  • Saya selalu berusaha untuk menulis dengan baik karena konten adalah utama untuk pembaca dan semakin bagus dan enak dibaca mungkin bisa enak dibaca berulang-kali artikel yang telah kita buat itu

  • Betul sekali mas, tapi saya selalu bermasalah dengan gairah/kurang semangat dan waktu yg selalu saya buang2 terkadang pikiran pun tidak support..

  • @ryan.
    hem…. memang semua blogger pasti pernah mengalaminya. Saya sudah banyak menulis tentang itu, silakan eksplore artikel di blog ini pada kategori blogging dasar, semoga bisa membantu. 🙂

    @redy.
    betul mas Redy. Sebelum menulis, kita mesti tahu betul hasil akhir artikel kita itu akan seperti apa. Buatlah kerangka (paling tidak di dalam kepala), tulis poin2 penting yg ingin kita sampaikan.

    Silakan eksplore artikel ttg menulis konten pada kategori menulis konten, Semoga bisa membantu.

  • Mau Tanya tips membuat artikel yang terstruktur dengan rapi itu seperti apa. Kadang Saya mau nulis tapi tiap paragraf amburadul, apa Harus dibuat daftar dulu poin-poin yg kita sampaikan mulai paragraf pertama sampai paragraf akhir. Thx