Blogging menjadi topik yang selalu hangat, terutama bagi yang ingin bisa menghasilkan uang dari blog.

Namun nyatanya, blog mungkin tidak bisa memenuhi harapan Kamu, seperti cerita sukses luar biasa yang pernah Kamu dengar tentang blogger yang telah menghasilkan uang berlimpah dari blog mereka.

Karenanya, adalah hal penting untuk mengetahui realitas blogging yang sebenarnya, agar Kamu tidak kecewa, tidak frustasi, di saat mendapati kenyataan bahwa Kamu tidak mendapat hasil seperti yang dibayangkan sebelumnya.

Di bawah saya tuliskan 5 kenyataan sebenarnya tentang blogging, yang mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang tidak terlalu menyenangkan.

Tapi inilah kenyataannya!

1. Kamu sangat mungkin tidak menghasilkan banyak uang

Jika Kamu membangun blog hanya karena didorong oleh cerita dari orang-orang, bahwa dengan ngeblog bisa mendapat banyak uang melimpah, maka sepertinya Kamu akan kecewa.

Ya betul, ada blogger yang mampu menghasilkan ribuan yu es dolar per bulan dari blognya. Tapi nyatanya, sebagian besar blogger hanya mampu menghasilkan beberapa ratus dolar saja (atau kurang) per bulannya, bahkan mungkin sama sekali tidak menghasilkan sepeser pun.

Apakah ada blogger yang secara ‘kebetulan’ berada di tempat yang tepat, muncul pada waktu yang tepat, serta cukup beruntung, hingga mereka bisa mendapat hasil melimpah dari blog mereka? Ya, ini juga mungkin ada!

Tapi sekali lagi, ini bukan sesuatu yang umum terjadi. Itu adalah pengecualian, dan tidak terjadi pada setiap orang!

Kenyataan sesungguhnya, banyak sekali blogger yang hanya berorientasi pada uang, uang, dan uang, pada akhirnya tidak pernah mendapatkan apa-apa.

Boleh saja berniat sejak awal menghasilkan uang dari sebuah blog, tapi Kamu pun tetap harus realistis. Dan yang terpenting, selalu ingat semangat dasar dari blogging itu sendiri, yaitu: berbagi pengetahuan dan informasi!

Bukan uang itu sendiri!

Beberapa artikel ini, mungkin dapat membantu Kamu memahami lebih dalam lagi tentang menghasilkan uang dari blog:

2. Untuk sukses, butuh kerja keras

Jika Kamu bermaksud menjadi blogger sukses, dengan trafik bagus dan stabil, Kamu butuh komitmen tinggi dan kerja keras mencapai setiap target yang Kamu tetapkan.

Pekerjaan seorang blogger tidak sebatas menulis konten, menerbitkannya, lalu selesai.

Seorang blogger, perlu menjalin komunikasi dengan pembaca, baik melalui komentar, email atau melalui media online lainnya secara intens.

Seorang blogger, perlu melakukan riset untuk mendapatkan ide postingan, berusaha selalu up to date dan tidak ketinggalan berita dalam industri yang digeluti.

Seorang blogger, butuh membentuk sebuah komunitas, melakukan uji coba terhadap apapun menyangkut perkembangan blognya.

Seorang blogger, memiliki banyak tugas yang mesti dikerjakan setiap harinya, dan selalu ada saja hal baru yang perlu dipelajari.

Ya, itulah kenyataannya. Seorang blogger tidak bisa berleha-leha, berharap blognya populer dan memiliki trafik tinggi, tanpa melakukan banyak hal.

Artikel yang saya rekomendasikan:

3. Kamu harus siap menerima kritikan

Mungkin Kamu membayangkan: membuat blog, membuat konten, mulai mendapatkan pengunjung yang membaca tulisan-tulisan Kamu, lalu mereka mengatakan bahwa semua yang Kamu tulis itu bagus, saya jamin Kamu pasti akan kecewa.

Nyatanya, dengan berbagai alasan, ada saja orang yang tidak setuju dengan pendapat Kamu. Dan di antara mereka ada saja yang secara terang-terangan melontarkan ketidaksetujuan, kritikan, bahkan mungkin ‘caci maki’ dan serangan secara pribadi.

Menjadi seorang blogger, juga berarti Kamu harus memiliki ‘kuping tebal’, serta siap menghadapi kenyataan bahwa orang lain sangat bisa jadi memiliki pendapat yang berseberangan.

Artikel-artikel berikut, mungkin bisa membantu Kamu menjadi blogger yang lebih percaya diri dan siap menangani penerimaan negatif dari pembaca:

4. Orang-orang mulai ‘mencuri’ hasil kerja keras Kamu

Inilah kenyataannya: semakin bagus dan populer blog Kamu, maka akan semakin banyak orang mencuri konten Kamu.

Mereka mempublikasi ulang artikel Kamu di blog mereka sendiri, tanpa memberi tahu, tanpa minta ijin, tanpa memberi tahu bahwa Kamu lah penulis aslinya.

Ini adalah resiko. Memang benar, Kamu bisa mengontak pemilik blog tersebut, sampai melaporkan pelanggaran hak cipta. Nyatanya, tetap saja Kamu tidak akan pernah bisa mencegah semuanya.

Artikel berikut, mungkin bisa membantu: Mmm… Copasser: Bagaimana Kita Menyikapi?

5. Pengunjung tidak datang dalam waktu singkat

Membangun blog sukses jelas membutuhkan waktu. Menyajikan tulisan hebat, tidak serta merta mendatangkan trafik berlimpah ke blog Kamu. Kamu tetap harus mempromosikan konten blog secara cermat, melalui media sosial dan sebagainya.

Kesabaran dan pantang menyerah adalah dua sikap yang harus dimiliki oleh seorang blogger yang menginginkan kesuksesan. Tanpa kedua hal itu, Kamu akan kehabisan tenaga sebelum blog Kamu mencapai puncaknya.

Saya sarankan Kamu membaca artikel berikut:

Itulah kenyataan tentang blogging yang mesti diketahui setiap blogger yang baru memulai. Kenyataan yang mungkin tidak Kamu sukai.

Tapi, itu adalah kenyataannya. Kamu mesti siap menghadapi dan mengatasinya. Sukses selalu untuk kita semua. Saya tunggu komentar dan share-nya.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

7 Komentar

  • saat ingin terjun dalam dunia internet khususnya publisher ads dulu saya sempat membayangkan akan mudah mendapatkan income dari sana,, tapi kenyataan yang saya dapatkan sebenarnya adalah ilmu yang bermanfaat akan berkembangnya teknologi khususnya internet yang mungkin saja nanti saya bisa ceritakan pada anak dan cucu saya diwaktu mendatang,,,
    satu lagi mas bro,,, carilah ilmu sebanyak2nya dan pasti akan sangat mungkin nanti akan berguna bagi orang lain,,, good article mas bro

  • benar sekali om geejhon,,,,itu semua memang realita yang mesti di hadapi oleh seorang blogger sejati…