Hasil Eksperimen Unit Iklan Khusus Adsense: 600×90 Lebih Baik!

Genap 4 minggu, saya bereksperimen dengan unit iklan Adsense baru di blog ini, yaitu mengganti unit iklan yang berada di bagian bawah artikel.

Sejak awal, berarti saya telah 3 kali menggantinya.

Pertama menggunakan unit iklan stKamur 486×60. Namun, karena saya anggap kinerjanya kurang maksimal, maka lalu saya menggantinya dengan menggunakan unit iklan khusus, saya buat unit berukuran 600×60.

Terakhir, saya menggantinya lagi dengan unit berukuran 600×90, yang saya atur untuk menampilkan iklan teks saja. Dan setelah 4 minggu, baru hari ini saya bisa berbagi hasil eksperimen tersebut.

Bagaimana hasilnya?

Saya cukup puas, karena ada peningkatan yang cukup baik.

kinerja unit iklan 600x90

Ada peningkatan pendapatan sebesar 69,1% dibandingkan dengan unit iklan sebelumnya. Dan ini, sekali lagi membuktikan, bahwa unit besar selalu lebih baik dari unit kecil, seperti yang seringkali saya sampaikan.

Ada beberapa analisa dari eksperimen ini, mengapa unit 600×90 memiliki kinerja yang lebih baik:

Pertama, pada unit 600×90 ini, bukan hanya tetap bisa menampilkan unit iklan teks dan gambar untuk ukuran 468×60, namun juga bisa menampilkan iklan untuk ukuran yang lebih besar, yaitu iklan teks yang biasa tampil pada ukuran 728×90. Sehingga meningkatkan CPC iklan, karena terjadi persaingan lebih besar dalam lelang.

Kedua, iklan teks tampil dengan ukuran font yang lebih besar jika dibandingkan dengan unit sebelumnya, yaitu 600×60. Terlihat lebih rapi, dan proporsional, sehingga secara desain jauh lebih apik.

Dua hal diatas itulah yang membuat eksperimen saya kali ini berhasil meningkatkan pendapatan. Dan alasan ini sebenarnya sama seperti yang pernah saya sampaikan saat mengganti unit 300×250 ke unit 336×280, yaitu inventori ukuran iklan untuk unit yang lebih kecil akan ditampilkan pada space unit iklan yang lebih besar.

Kesimpulan

Dengan hasil yang cukup baik, maka saya merekomendasikan Kamu untuk mencobanya. Sesuaikan ukuran iklan dengan lebar artikel, namun dengan tinggi 90px, alih-alih 60px. Karena dengan tinggi 90px, iklan teks untuk unit 728×90 juga ikut ditampilkan.

Semoga bermanfaat, dan selamat bereksperimen!

Bereksperimen dengan berbagai gaya, ukuran dan jenis unit iklan Adsense, merupakan hal yang mesti dilakukan untuk mencari yang terbaik kinerjanya. Sedangkan bagi Kamu yang masih ragu untuk menggantinya sekaligus, bisa menggunakan fitur eksperimen untuk mencari unit iklan terbaik.

Punya pengalaman dalam eksperimen unit iklan Adsense? Silakan berbagi melalui komentar. Dan saya akan sangat menghargainya, jika Kamu berkenan membagikan artikel ini. Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

22 Komentar

  • kunjungan lagi mas :D, cuma kali ini ga nanya soal materi di postingan ini, cuma mo nanya mas gee jhon menekuni adsense mulai dari 0 sejak tahun berapa ya? maaf klw pertanyaannya kepo bgt nih hihi..makasih atas jawabannya mas 😀

  • mas itu kalau iklan 600 X 90 tu buatnya lewat costume ad size ya?

  • Mas gimana nc belaajr seperti anda …
    Ini aja blog saya kosong melompong
    Tolong dund ajarin

  • @androfern.
    tentang monetisasi blog baru, saya pernah menyampaikan pendapat saya di artikel:

    portal-uang.com/2013/07/waktu-yang-tepat-monetisasi-blog.html

    silakan menyimaknya, 🙂

  • OOT: pengaruh negativ apa yang akan timbuk ketika memasang iklan di blog yang sangat baru?

  • @andro.
    oke, silakan dicoba, semoga pendapatannya lebih meningkat.

    @tips.
    menurut saya tidak ada yg perlu dikhawatirkan. Mengkhawatirkan tindakan buruk? Tindakan buruk macam gimana? Bomb Click? Dicuri ID pub-nya, lalu dipasang di situs yg melanggar tos?

    Semua itu, sudah diperhitungkan oleh Adsense, dan mereka memiliki sistem untuk mengatasinya. Jadi, menurut saya tdk ada yg perlu dikhawatirkan.

  • Munawir@ saran aja ya ? itu merupakan bentuk kekawatiran seorang publisher adsense bila ada orang yang mau bertindak buruk pada blognya

  • @munawir.
    entahlah.. saya kurang tahu jika ada yg seperti itu. Tapi dari banyak publisher adsense yg cukup berhasil yg saya kenal, mereka sama sekali tidak merahasiakannya kok.

    masa dirahasiakan? Bukankah blog itu malah harus dipromosikan?

  • @m. rudianto.
    makasih, bukan ahli, hanya berbagi pengalaman.. 🙂

    @anonim.
    sampai saat ini cuma punya 5, hehe…. gak tuh, saya gak pernah merahasiakannya.

  • Blognya ada berapa mas.
    bisa beritahu… untuk tujuan saya belajar gitu mas
    soalnya saya heran hampir semua master google adsense merahasiakan blognya.

  • emangnya 301 US itu penghasilan total dari blog ini ya mas
    atau blog mas secara keseluruhan.

    tolong dibalas ya mas