Menulis Konten

Membuat Judul Artikel Terbaik: Jawab 10 Pertanyaan Penting Ini!

Jika Kamu mau belajar membuat judul artikel blog yang baik, tak diragukan lagi, Kamu akan mampu meningkatkan banyak trafik dan pageview blog Kamu.

Karena dengan judul posting terbaik, membuat orang sangat tertarik untuk mengetahui lebih jauh, dan sukar bagi mereka untuk tidak mengklik artikel Kamu.

Kamu dapat menulis judul posting yang baik dengan mengikuti 4 langkah membuat judul posting yang baik, serta memperhatikan kesalahan umum dalam membuat judul artikel yang diklik pengunjung.

Nah, setelah Kamu memahami bagaimana membuat judul posting yang bagus, sebagai penyempurna, gunakan 10 pertanyaan di bawah ini untuk memastikan bahwa Kamu telah memilih judul terbaik bagi artikel Kamu.

Coba tanyakan pada diri sendiri pertanyaan di bawah ini:

1. Apakah judul artikel cukup spesifik?

Judul posting terbaik adalah yang menjanjikan sesuatu yang spesifik, dan Kamu memenuhi janji tersebut dengan isi tulisan Kamu.

Sebagai contoh, judul posting artikel ini: ‘Membuat Judul Artikel Terbaik: Jawab 10 Pertanyaan Penting Ini!’, maka itu pula yang Kamu dapatkan.

2. Apakah ‘nada’ judul artikel sesuai dengan harapan audiens?

Judul posting terbaik berbicara langsung kepada audiens Kamu. Itulah mengapa sebagai blogger, Kamu harus mengenal siapa audiens Kamu!

Maka dari itu, pastikan Kamu menggunakan gaya (style) yang sesuai seperti yang mereka harapkan. Dengan begitu, judul artikel Kamu akan mendapat respon yang positif.

3. Apakah judul artikel mengandung tindakan positif?

Judul posting terbaik tidak membosankan bagi pengunjung. Justru sebaliknya: membuat semangat, memberi energi kepada pembaca, serta memotivasi mereka untuk mengklik lalu membaca lebih jauh.

Hindari menggunakan kalimat negatif di dalam judul artikel. Sebisa mungkin, gunakan selalu kalimat positif. Tarik minat mereka untuk melakukan tindakan, mengklik kemudian membaca lebih lanjut.

4. Apakah judul artikel cukup unik?

Judul posting terbaik, bukanlah yang seperti kebanyakan judul posting lainnya, baik di blog Kamu sendiri ataupun di blog milik orang lain. Sebaliknya, judul terbaik justru menjadi pembeda bagi konten Kamu dengan konten manapun yang bisa ditemukan secara  online.

Dengan begitu, mereka percaya bahwa blog Kamu adalah tempat yang tepat, untuk menemukan informasi seperti yang ditawarkan melalui judulnya.

5. Apakah judul artikel cukup memikat dan membuat orang ingin tahu lebih jauh?

Seperti yang saya singgung di atas, judul artikel terbaik mampu menarik perhatian, membuat mereka penasaran dan sulit bagi mereka untuk tidak mengkliknya.

Di manapun judul artikel Kamu ditemukan, mungkin di sosial media, seperti Facebook dan Twitter, di social bookmark, di hasil pencarian Google dan mesin pencari lainnya, akan diklik oleh orang, hanya jika judul artikel Kamu harus cukup membangkitkan rasa penasaran mereka.

6. Apakah judul artikel mudah dimengerti?

Judul posting terbaik haruslah singkat. Kamu tidak boleh memasukkan detail yang tidak relevan dan kata bumbu yang tidak perlu. Langsung saja pada poin utamanya.

Mengapa? Karena, bahkan hanya untuk sebuah judul posting sekalipun, hanya sedikit sekali orang yang punya waktu lebih, yang mau meneliti, yang mau berpikir untuk memahami judul artikel Kamu.

Jika mereka tidak segera memahami judul artikel Kamu, maka kemudian mereka tidak akan tertarik membacanya.

7. Apakah judul artikel menjelaskan siapa audiens yang dituju?

Judul posting terbaik dapat memberitahu dengan jelas kepada siapa artikel tersebut ditujukan. Sehingga orang yang mengklik dan membaca lebih lanjut, adalah orang yang benar-benar akan menikmati isi dan mendapat manfaat darinya.

Orang-orang itu adalah target pembaca Kamu. Merekalah yang Kamu harap sebagai orang yang paling menikmati dan mendapat manfaat dari konten Kamu. Mereka adalah kunci utama dari sukses tidaknya blog Kamu.

Karena itu, tuju mereka secara langsung kapanpun memungkinkan Kamu dapat menyertakannya di dalam judul posting Kamu.

8. Apakah judul artikel menawarkan manfaat?

Judul posting terbaik menawarkan manfaat yang berguna, menarik, atau paling berarti bagi audiens. Dengan kata lain, mereka mengetahui dari judul tersebut, bahwa mereka akan mendapatkan manfaat setelah menghabiskan waktu untuk membaca sebuah posting blog.

9. Apakah judul artikel menipu?

Judul posting terbaik, sama sekali berusaha menipu pembacanya dengan cara mengalihkan topik yang dijanjikan di judul posting. Jangan pernah menjanjikan sesuatu yang tidak benar-benar akan diperoleh pembaca.

10. Apakah judul artikel mengandung kata kunci?

Judul posting terbaik mengandung keyword yang akan membantu meningkatkan trafik dari mesin pencari. Tapi ingat, keyword tersebut boleh dimasukkan sebagai bagian judul artikel, hanya jika tampak natural di judul tersebut.

Keyword dan search engine optimization (SEO), memang sangat penting untuk perkembangan blog, tapi Kamu juga tidak boleh menghancurkan kualitas judul posting dengan memaksakan diri memasukkan keyword.

Jika memang keyword yang menjadi target tidak terlihat alami di dalam judul posting, maka jangan pernah memaksakannya.

Nah, jika sebelumnya Kamu telah membaca 2 artikel yang direkomendasikan di awal tulisan ini. Maka saya harap, setelah Kamu menuntaskan dengan 10 pertanyaan di atas, Kamu telah benar-benar menguasai seni membuat judul artikel yang hebat.

Dengan kemampuan itu, berarti Kamu memperbesar peluang mengembangkan blog yang sukses. Saya tunggu share-nya melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

2 Komentar