Inilah 10 Alternatif Google Adsense Terbaik

Alternatif Google Adsense terbaik – Ada banyak alasan untuk memilih Google Adsense dan mengapa Adsense masih menjadi pilihan utama sebagai salah satu cara menghasilkan uang dari blog melalui program periklanan.

Namun, beberapa blogger tidak bisa menjalankan Adsense dengan berbagai alasan, mungkin kebetulan blognya tidak cocok, mungkin berkali-kali ditolak Adsense, mungkin pula setelah diterima akhirnya dibanned karena adanya pelanggaran terhadap kebijakan Adsense.

Namun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa menghasilkan uang dari blog tanpa Adsense. Nyatanya, ada banyak sekali program periklanan yang layak dijalankan. Dan dari sekian banyak itu, kali ini saya coba memilihkan 10 yang terbaik sebagai pengganti Google Adsense.

Dasar dari pemilihan ini, beberapa memang saya telah mencobanya sendiri, beberapa saya dapat informasinya dari teman-teman yang menjalankannya dan berhasil cukup baik, sisanya hasil ‘survey’ dari berbagai sumber.

Alasan lain, mengapa saya menulis artikel ini, karena cukup banyak juga yang menanyakan kepada saya mengenai alternatif Adsense terbaik ini.

Dan inilah alternatif Google Adsense terbaik (versi Portal Uang, hehehe….), yang saya susun secara urut berdasarkan penilaian dari yang terbaik, namun dengan susunan terbalik mulai dari nomor 10.

10. Infolinks

alternatif Adsense terbaik 2014, Infolinks

Infolinks adalah program advertising sistem pay per click yang memungkinkan Anda menghasilkan uang dari blog berdasarkan keyword spesifik tertentu. Cara kerjanya, Infolinks akan mengindeks halaman blog Anda, lalu menambahkan hiperlink pada teks artikel secara otomatis.

Perusahaan ini membayar melalui Paypal, transfer bank, cek, Western Union dan Payoneer, dengan batas pembayaran sebesar $50.

9. Kontera

kontera, alternatif Adsense Terbaik 2014

Kontera bekerja mirip-mirip seperti Infolinks. Ini juga merupakan ads network berbasis teks yang akan menambahkan link pada teks. Saya anggap kontera lebih baik dari Infolinks karena lebih mudah untuk menjadi publishernya, sehingga ini cocok bagi blog kecil atau blog baru.

Pembayaran bisa dilakukan melalui Paypal dengan batas minimum sebesar $50. Selain itu, jika mau Anda bisa pula menyandingkannya dengan Google Adsense bersamaan.

8. Amazon Associates

amazon associates - alternatif adsense terbaik 2014

Amazon mungkin adalah toko online terbesar di dunia, ini salah satu alasan bagus untuk mencoba menjalankannya dengan serius.

Jika Anda memiliki blog atau website yang membicarakan tentang produk yang dapat ditemukan di Amazon, maka program ini kiranya dapat bekerja baik untuk Anda. Sistem yang digunakan adalah afiliasi, dimana Anda akan memperoleh sejumlah komisi dari setiap transaksi penjualan yang terjadi.

Satu kekurangan Amazon Associates, menurut saya, adalah hanya menyediakan pembayaran melalui cek, yang mana dapat memakan waktu beberapa minggu untuk sampai ke tangan kita. Namun secara umum, Amazon cukup bisa diandalkan.

7. BuySellAds

BuySellAds - pilihan selain Google Adsense

Jika Anda berniat menjual space iklan secara langsung, namun tidak tahu harus mulai dari mana untuk mencari klien, maka BuySellAds adalah tempat yang tepat.

BuySellAds memungkinkan Anda menjual space iklan kepada banyak klien, bergantung dari beberapa kriteria yang mereka tentukan, biasanya trafik adalah pilihan utama. Semakin besar trafik, semakin banyak peminat yang bersedia bekerjasama memasang iklannya di blog Anda.

Cara ini menjanjikan penghasilan yang sangat baik, tapi dengan syarat Anda memiliki trafik yang cukup tinggi untuk bisa menjadi publisher BuySellAds.

BuySellAds memberi Anda 75% bagi hasil, dengan pembayaran 2 minggu sekali melalui Paypal, tanpa batas minimum pembayaran.

6. Geniee

Geniee - iklan alternatif Adsense

Pertama kali saya tahu Ads-Network ini dari email, dan setelah saya mencobanya dalam beberapa bulan, ternyata cukup bagus hasilnya.

Dan karena saya sudah pernah mengulasnya secara khusus, silakan baca: Geniee – Alternatif Dapat Uang dari Blog.

5. Clicksor

clicksor - pengganti Adsense yang terbaik 2014

Anda bisa memilih jenis iklan teks, kontekstual dan pop-ups. Clicksor sudah cukup lama dikenal sebagai alternatif terbaik. Untuk menjadi publisher relatif sangat mudah, tidak sesulit Google Adsense.

Mereka memberi share sebesar 60%, tergantung dari jenis iklan yang dipilih (iklan pop-ups biasanya memberi hasil lebih besar). Mereka membayar melalui Paypal dan cek, dengan pembayaran minimum $50.

4. Qadabra

Qadabra - alternatif Google Adsense

Qadabra berbasis eCPM, dan saya menemukan Qadabra dan platform mereka sangat mudah dan sederhana.

Qadabra menyediakan cukup banyak ukuran unit iklan, termasuk juga iklan pop-ups. Pembayaran bisa dilakukan melalui Paypal (minimal $1), Payoneer (minimal $20) dan wire transfer (minimal $500). Sangat cocok untuk memulai memonetis blog jika Anda telah memiliki Paypal.

3. Chitika

Chitika - pilihan selain Adsense terbaik

Alasan mengapa saya menempatkan Chitika pada urutan ketiga, adalah karena Chitika bisa dikatakan sama dengan Adsense, dan ini adalah program periklanan kedua yang saya jalankan setelah Adsense.

Chitika memungkinkan Anda melakukan kustomasi unit iklan, namun hanya menyediakan iklan kontekstual. Pendaftarannya yang relatif mudah, juga salah satu kelebihan Chitika.

Pembayaran dilakukan melalui Paypal (minimal $10, yang sangat cocok bagi pemula) dan cek (minimal $50). Jika saya diminta rekomendasi alternatif bagi Google Adsense, maka Chitika adalah pilihan utama yang saya pilih.

2. Adversal

Adversal - pilihan utama pengganti Adsense

Adversal adalah alternatif Adsense yang sangat baik, bekerja sama bagusnya dengan Chitika. Namun kelebihannya dibanding Chitika, Adversal juga menyediakan beberapa opsi lain, seperti pop-under dan iklan berbasis CPM. Juga bagus untuk blog non-english, termasuk Bahasa Indonesia.

Saya menjalankan Adversal pada beberapa blog saya yang lainnya, dan melihat nilai CTR-nya cukup bagus. Sehingga, saya menempatkan Adversal pada urutan kedua sebagai alternatif Adsense terbaik.

Jika ada kekurangannya, mungkin adanya syarat blog Anda harus memiliki PV minimal 50.000 per bulan agar diterima sebagai publisher. Namun, sekali disetujui, Adversal dapat memberi peluang besar sebagai sumber penghasilan dari blog.

1. Affiliati Marketing

Dan inilah alternatif paling baik sebagai pengganti Adsense, bahkan bisa jadi, jika benar-benar dilakukan dan dijalankan secara total, hasilnya akan jauh lebih besar dari Adsense itu sendiri.

Ya. Pemasaran afiliasi adalah pilihan utama untuk menghasilkan uang dari blog.

Lebih jauh tentang seluk beluk dan bagaimana memulai pemasaran afiliasi ini, silakan baca: Apa Itu Affiliate Marketing? Sebuah Panduan Dasar.

Kesimpulan:
Seperti saya sampaikan di awal tulisan ini, mungkin Anda adalah salah satu yang tidak bisa menjalankan Google Adsense sebagai sarana monetisasi blog, dan itu sama sekali bukanlah halangan untuk bisa menghasilkan uang dari blog Anda.

Ada begitu banyak alternatif selain Adsense yang dapat diandalkan sebagai sumber penghasilan. Bahkan, jika pun Anda saat ini juga menjalankan Adsense, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu atau beberapa program di atas. Seperti pepatah lama mengatakan: ‘Janganlah menaruh telur dalam satu keranjang’.

Kuncinya adalah diversifikasi, jangan hanya mengandalkan satu program, melainkan cari mana yang terbaik, bila perlu gabungkan bersama-sama.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.


Update Maret 2016:
Alternatif Adsense lainnya:

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

93 Komentar

  • Terima kasih untuk list-nya, yeay bagus Rev*nuHits tidak masuk dalam list karena saya punya pengalaman tidak menyenangkan. Rev*nuHist melakukan pop up di iklannya tanpa ada opsi pilihan untuk men-disable.

  • Blog ane 80% visitor dari pengguna smartphone dan masih belum berumur 6bulan layaknya ketentuan adsense. Untuk alternatif sementara, yang terbaik psang ads tipe yang mana, mohon rekomendasinya?

  • Aku punya akun Google AdSense, tapi aku takut pasang iklannya diblog lirik lagu saya.
    Menurut mas Ghe, kalau saya pasang iklan Google AdSense diblog lirik lagu, bahaya nggak ya?

    Terus kalau bahaya, alternativ yang paling bagus apa yaa?
    terima kasih…

  • Wah makasih masukannya mas Kebetulan udh tolak adsense 3X :v dan sekarang sedang mengajukan kembali. Klo masih ditolak kayanya mau pindah ke lain hati hehe :v

  • Saya sudah 5 kali ditolak oleh Adsense, dan sekarang beralih ke periklanan seperti yang telah disebutkan di atas. Semoga keberuntungan ada pada periklanan seperti di atas. Salam sukses selalu

  • Di website saya affiliate program justru menghasilkan 5x lipat lebih banyak daripada google adsense. Masih penasaran kenapa adsense di tempat saya kecil sekali nilainya.

  • Mas Gee Jhon blog saya sdah ditolak adsense 5X dengan alasan konten tidak memadai. Ada solusi mas? Memang sih artikel saya baru 44 an dan umur blog baru 4 bulan. Tapi misal kalau saya upgrade ke domain tld apakah bisa lebih mudah??? Terima Kasih

    • good luck bos, dan meski tidak tercantum dalam daftar di atas,saya rekomendasikan cobalah SULVO bos. Saya sudah menjalankannya dan hasilnya gak kalah dari adsense.

  • Mas G Jhon,,,mau tanya kemarin salah satu blog saya ditolak oleh Adsense, dengan alasan konten terlalu beraneka ragam sehingga adsense kesulitan untuk memilihkan iklan apa yang cocok untuk blog saya, saya sudah pada verifikasi tahap kedua dan sudah sampai pada pemasangan kode script iklan dari Adsense, tp ditolak juga akhirnya….saya mau tanya di menu penghasilan adsense, kapan berubahnya jadi bisa mendaftar lagi…karena sampai hari ke 3 setelah ditolak menu masih menunjukkan iklan mau ditaruh disebelah mana, belum berubah ke menu awal “mendaftar Adsense”….dan sampai hari ke 4 sekarang saya masih bisa membuka account adsense saya …..apa account adsense akan dinonaktifkan pada akhirnya karena sudah ditolak?….trimakasih sebelumnya…..salam sukses selalu

    • memang agak sulit mendaftar menggunakan Blogspot, krn beda mekanisme dg daftar langsung melalui adsense.com

      namun, menurut saya sebaiknya tunggu 1 – 2 bulan untuk mengajukan ulang.

  • terima kasih atas pencerahan?soalnya daftar adsense susah di tolak terus. mungkin bisa coba alternatif ini.

  • Terima kasih atas infonya. Sangat bermanfaat bagi saya. Kebetulan saya udah 2 kali daftar adsense ditolak terus. Semoga sukses

  • ada beberapa situs gitu gan yang ane temuin digabung ads nya, ada infolinks ada juga adsense, itu gak jadi masalah emang sam adsense nya gan?

  • Kalau yang iklannya bisa untuk orang Indonesia ada ga gan?
    Saya coba lihat chitika itu iklannya bahasa Inggris dan sepertinya tidak sesuai target kalau pengunjung blog kita orang Indonesia

  • mas geejhon

    maaf mau nambahin, kebetulan kita ada sistem untuk publisher , yakni uptopromo.com/id

    jadi bukan berdasarkan page visitor / by click, tapi sistem kami menilai berdasarkan kualitas situs

    untuk publisher bisa withdraw per minggu dgn minimum saldo 50rb di transfer ke bank rekening indonesia

    dan ada program afiliasi 5% dari income publisher

    makasih semua nya

    regards
    uptopromo.com

  • Saya rasa, iklan yang paling menguntungkan dari semua jenis iklan jika kita menjadi publisher iklan saat ini adalah AdsOptimal.
    Cara daftar mudah, impresi iklan tinggi, dan bayarannya besar, serta iklan yang muncul/konten sebenarnya adalah iklan Google Adsense.
    Sekedar ingin berbagi, Silahkan baca selengkapnya AdsOptimal disini:

    e-jurnal.com/2015/04/adsoptimal-iklan-paling-menguntungkan.html

  • bagus – bagus ya fitur yang ditawarkan oleh alternatif. tapi menurut saya yang paling menarik itu program dari AdsOptimal. Coba Aja cek disini :
    mekulat.com/2015/04/alternatif-google-adsense-terbaik.html

  • @mitra.
    sip… semoga berjalan lancar semuanya. Sukses selalu.

    @sugex.
    hmmm…. entahlah mas Sugex, saya sudah tidak lagi menggunakan chitika soalnya. Mungkin klik yg ada dianggap tidak valid oleh Chitika.

    @patar.
    hmm… gitu ya? kalau dari pengalaman saya sih, adversal cukup bagus kok. Ya mungkin cocok2an kali ya… 🙂

  • Kebetulan saya sudah punya akun adversal mas Gee, tapi lebih memilih pasang bidvertiser, pernah pasang adversal beberapa hari tapi hasilnya gak seperti yang di harapkan.. 🙂

  • Belakangan ini saya memasang iklan dari situs ppc chitika, pada dashboard saya sudah terjadi 400 lebih "klik" tapi untuk nilainya kok belum ada masih 0 dollar. Selanjutnya bagaimana ya.

  • infonya bagus gan , saya juga sedang mencari adsense untuk blog sederhana saya , mampir juga gan diblog saya , hehehe

  • @pelajar.
    ya betul tidak apa2….

    saya yakin tidak mungkin dibanned tanpa sebab. pasti ada sebabnya, sebabnya bisa bermacam-macam tentu, bukan hanya masalah klik sendiri. Silakan pelajari lebih jauh lagi tentang tos adsense.

  • @Gee Jhon.
    Apa benar digabung semua tidak apa-apa?
    Terus yang dibanned tanpa sebab (tidak klik sendiri) itu kenapa?

  • @pelajar.
    ya betul, pada prinsipnya semua ads-network punya aturan yang hampir sama lah. terutama tdk boleh klik iklan sendiri, dll. hanya saja memang Adsense memiliki aturan yang cukup ketat berkaitan dg konten. Sedangkan lainnya ada beberapa yg tdk seketat adsense.

    untuk itu pastikan Anda membaca TOS mereka sebelum mendaftar jadi penayang.

  • Kang Gee John, Kalau webs diatas punya peraturan seperti Adsense, seperti: tidak boleh klik sendiri, mengandung unsur kekerasan dll.?
    Soalnya saya sering baca orang yang punya Adsense, dibanned padahal gak klik iklan sendiri.

  • Kalo anizan itu gimana ya mas? saya kok kurang memahami tentang yg 1 itu. cari digoogle semua topik sm gara2 ada kontes seo. hehehe. makasih mas.

  • seep.. saya sedang cari adsense untuk blog, setelah google adsense saya di nonaktifkan, terimakasih sudah share alternatif adsense.. berkunjung juga ke blog saya

  • @exnim.
    betul mas… setuju, adversal memang lebih baik.

    @smart.
    ya… adsense memang masih menjadi primadona dan pilihan utama, namun jika krn satu dan lain hal, kita tidak bisa menjalankan adsense, maka alternatif lainnya pun cukup layak kok untuk dijalankan secara serius.

  • Mas Gee John.. infonya full dan padat banget. Jadi kebayang sama blog2 sy yang terbengkalai. Adsense bagi saya sangat menantang mas..

  • Hampir dari semua list diatas sudah sempat saya coba, sayangnya rata2 penghasilannya tidak sebanding dengan impresi iklan. Sepengalaman saya, Adversal yg tergolong lumayan. Mungkin karena faktor geografi trafik juga

  • mas, kalo infolinks apa bisa untuk blog indo ?
    kalau ppc atau program online lainnya yang bisa PO lewat WU apa saja mas ?

  • @munawir.
    kalau cuma sekali tidak sengaja, tidak ada yg perlu dilakukan. Tapi, kalau masih watir akunnya dibanned, bisa saja melaporkannya melalui formulir ini:
    support.google.com/adsense/contact/invalid_clicks_contact?hl=id

  • @george.
    silakan, hehe.. Ya adversal memang agak berat, tapi sekali diterima, hasilnya sangat baik.

    @heriyanto.
    silakan dicoba, tidak melanggar kok. tidak masalah, asalkan konten iklannya bukan berupa konten iklan yg dilarang oleh adsense.

    @ilham.
    oke deh. silakan dicoba, semoga berhasil.

  • wah menarik untuk dicoba mas Gee, tapi apakah tidak melanggar tos GA jika disandingkan dengan iklan lain? misalkan dalam satu halaman terdapat 3 ikaln GA dan 2 iklan dari adsnetwork lainnya, misalnya adversal. jadi total iklan dalam satu halaman ada 5?

  • ijin mencobanya mas… kayaknya cukup menggiurkan nih… tapi yang Adversal persyaratannya cukup berat juga ya

    • saya sudah pernah ditolak sekali, kayaknya memang belum layak maklum baru hehe. alternatif yang diberikan sepertinya boleh dicoba. makasih mas intinya.