Google Adsense

19 Ceklis Optimasi Adsense: Pastikan Kamu Telah Melakukan Semuanya!

Saya sudah cukup banyak menulis tentang Adsense. Hampir semua hal tentang Adsense sudah pernah saya membahasnya di blog ini.

Terutama mengenai optimasi Google Adsense untuk meningkatkan pendapatan. Dan bagi Kamu yang masih bingung harus memulai dari mana, Kamu bisa mengawalinya dari artikel: Cara dan Langkah Sukses Mendapatkan Uang dari Google Adsense. Artikel itu merupakan kompilasi dari tips dan optimasi Adsense yang saya susun secara sistematis dan runut.

Namun demikian, saya masih banyak sekali mendapatkan pertanyaan, baik dari komentar, melalui email, ataupun via sosial media, yang menanyakan bermacam teknik atau cara mengoptimalkan pendapatan Adsense.Dari situlah saya kemudian mencoba menyusun sebuah daftar ceklis, bagaimana menjalankan bisnis Adsense secara baik dan benar, dengan hasil yang seoptimal mungkin.

Silakan periksa satu per satu. Jika masih ada yang belum dilakukan, pastikan Kamu siap melakukan perubahan dan perbaikan. Daftar ceklis ini saya bagi menjadi beberapa bagian berdasarkan kategori optimasinya.

Konten Artikel

Dan inilah 19 ceklis optimasi Adsense, yang harus Kamu lakukan:

Optimasi Teknis

1. Apakah Kamu telah menggunakan kode asinkron untuk seluruh unit iklan Kamu?

Fitur asinkron yang disediakan oleh Adsense membantu mempercepat loading halaman. Jika misalnya ada masalah pada loading unit iklan tertentu, dengan kode asinkron, hal ini tidak akan mengganggu kecepatan load halaman secara keseluruhan, karena halaman akan tetap dirender oleh browser tanpa harus menunggu script Adsense dimuat seluruhnya.

Hal ini cukup penting, karena akan membuat pengunjung tetap nyaman berlama-lama di blog Kamu. Semakin nyaman, semakin lama tetap di blog Kamu, dan semakin lama, tentu saja semakin besar peluang klik pada iklan.

Lebih jauh tentang ini, silakan baca: 

 

Optimasi Unit Iklan

2. Apakah Kamu telah menampilkan 3 unit iklan reguler (ads for content) per halaman?

Google Adsense membolehkan jumlah maksimal 3 unit iklan biasa. Dan biasanya, dengan memanfaatkan jumlah maksimal unit iklan yang dibolehkan ini, dapat meningkatkan potensi klik iklan, yang juga berarti dapat meningkatkan pendapatan.

Memang, terkadang memasang unit kurang dari 3 adalah pilihan bagus, misalnya bila suatu halaman tidak memiliki konten yang cukup banyak atau terlalu sedikit. Namun secara umum, memasang 3 unit per halaman lebih baik memberikan hasil.

3. Apakah Kamu telah menampilkan 3 unit iklan tautan (text link ads) per halaman?

Sama seperti unit iklan reguler, unit iklan berupa tautan teks pun dibolehkan maksimal 3 unit per halaman. Unit iklan ini berbeda dengan unit biasa, lebih kecil dan lebih ringan, tapi jika ditempatkan dengan baik dapat bekerja sangat baik karena menyediakan link yang relevan dengan konten yang seringkali dibutuhkan oleh pengunjung.

Tips: bagi Kamu yang masih ragu mengenai berapa jumlah maksimal unit iklan Adsense yang dibolehkan per halaman, silakan baca: Berapa Jumlah Unit Iklan Adsense yang Dibolehkan dalam Satu Halaman?

4. Jika Kamu menggunakan unit persegi panjang, apakah Kamu telah memilih unit yang disarankan?

Ada beberapa unit iklan yang disarankan oleh Adsense untuk memaksimalkan potensi penghasilan. Dan, bila Kamu menggunakan unit-unit tersebut akan meningkatkan penghasilan dengan baik, karena ada lebih banyak inventory iklan bagi unit-unit tersebut.

Mengapa?

Karena, kebanyakan pengiklan memilih membuat iklan mereka untuk ukuran 300×250, 728×90 dan 160×600. Unit-unit inilah yang paling banyak dipakai secara umum. Sebaliknya, untuk unit-unit lainnya, hanya sedikit pengiklan yang menyediakannya.

Untuk itu, pastikan:

  • Jika memasang unit persegi panjang, pilihlah ukuran 300×250 atau lebih baik lagi 336×280.
  • Jika memasang unit horizantal, pilihlah ukuran 728×90.
  • Jika memasang unit vertikal, pilihlah ukuran 160×600 atau 300×600.

Alih-alih menggunakan ukuran 300×250, saya sangat menyarankan untuk menggunakan ukuran 336×280. Mengapa? Silakan baca alasannya di: Gunakan unit 336×280, Pendapatan Adsense Kamu Akan Lebih Besar.

5. Apakah Kamu telah menggunakan iklan penelusuran untuk Google Custom Search Engine (CSE)?

Ada 2 keuntungan utama menggunakan CSE:

  • Kamu membantu pengunjung dengan menyediakan hasil pencarian yang lebih baik.
  • Kamu bisa menyertakan iklan pada halaman hasil pencarian.
Biasanya, CTR iklan yang muncul pada halaman hasil pencarian cukup tinggi. Sehingga akan mampu meningkatkan potensi penghasilan Adsense secara maksimal.

Bagaimana cara membuat halaman hasil pencarian Adsense ala Portal Uang? Silakan baca panduannya di: Cara Memasang Kotak Penelusuran Adsense di Blogger.

6. Apakah Kamu telah menggunakan iklan ads network selain Adsense?

Google Adsense hanya membolehkan maksimal 3 unit iklan per halaman. Namun, beberapa blog atau website yang memiliki konten cukup banyak atau sangat panjang, memungkinkan untuk memasang lebih dari 3 unit iklan tanpa mengganggu kenyamanan pengunjung.

Adsense sendiri membolehkan publishernya untuk memasang iklan dari pihak lain selama tidak melanggar ketentuan, (seperti membuat iklan lain tampil seperti iklan Adsense, misalnya).

Nah, jika Kamu punya halaman yang cukup panjang, dan merasa tidak akan terlalu mengganggu kenyamanan pengunjung, Kamu bisa memilih untuk memasang iklan dari ads network selain Adsense untuk meningkatkan pendapatan.

Apa saja alternatif Adsense yang layak dijalankan? Baca: Inilah 10 Alternatif Google Adsense Terbaik 2014.

 

Optimasi Desain dan Implementasi

7. Apakah Kamu sudah mengatur unit iklan untuk menampilkan iklan teks?

Publisher Adsense dapat memilih untuk mengatur unit iklan banner untuk menampilkan iklan gambar saja. Saya masih banyak melihat orang melakukan ini, mereka beralasan iklan berupa gambar membuat tampilan blog lebih indah.

Satu sisi ini betul, tapi itu juga berarti menurunkan potensi penghasilan, karena mengurangi banyak sekali inventory iklan teks, yang bisa jadi memiliki nilai CTR dan CPC yang tinggi. Selain itu, juga mengurangi persaingan lelang iklan sehingga iklan yang muncul sangat boleh jadi bukanlah iklan bernilai tertinggi seperti seharusnya.

Jadi, mengatur agar unit iklan menampilkan pula iklan berupa teks, dapat secara signifikan meningkatkan pendapatan Adsense.

Atau jika Kamu cenderung memilih unit berbeda untuk menampilkan iklan gambar dan teks, saran saya: selalu gunakan tampilan teks untuk iklan di dalam artikel.

8. Apakah setting teks iklan sudah disesuaikan dengan tema blog?

Ini penting. Setiap kali Kamu membuat unit iklan baru, Kamu bisa merubah setting teks, seperti font, warna, warna latar belakang, warna link dan sebagainya.

Aturlah untuk disesuaikan dengan tema dan warna blog. Setting terbaik bisa diperoleh dengan melakukan beberapa eksperimen. Lakukan sampai menemukan yang bekerja paling baik.

Sebagai patokan dasar, buatlah warna latar belakang dan tautan sama dengan dengan warna background dan link halaman blog.

9. Apakah Kamu telah menampilkan paling tidak 2 unit iklan pada bagian paruh atas (above the fold)?

Ada kaitan langsung antara pendapatan dengan visibilitas iklan Kamu. Semakin banyak pengunjung yang melihat iklan, semakin besar peluang mereka mengklik iklannya, yang pada akhirnya semakin besar  pula pendapatan.

Mengapa hal ini penting? Karena nyatanya, tidak semua pengunjung menggulung halaman ke bagian bawah untuk melihat konten blog lebih lanjut (juga melihat iklan tentunya). Oleh karenanya, iklan yang tampil saat begitu halaman diload, cenderung memberi pendapatan yang lebih besar. Dan usahakan selalu, 2 unit iklan Adsense Kamu tampil di bagian paruh atas halaman.

Namun, dalam hal ini Kamu juga harus hati-hati. Google tidak menyukai blog yang menampilkan sedikit sekali konten pada bagian paruh atas. Carilah keseimbangan antara visibilitas konten dan iklan, tanpa merusak kenyamanan pengunjung atau pun menyulitkan pembaca menemukan konten Kamu.

10. Apakah Kamu telah menempatkan paling tidak 1 unit iklan banner atau iklan tautan teks di tengah artikel pada sebagian besar halaman?

Menyajikan iklan pada saat pengunjung menikmati konten Kamu, adalah trik terbaik menarik perhatian mereka dan meningkatkan klik secara signifikan.

Dari pengalaman saya, iklan yang berada di tengah-tengah posting, memiliki nilai CTR paling tinggi dibandingkan iklan di tempat lain.

Bagaimana memasang iklan Adsense di dalam artikel? Silakan baca:

11. Apakah Kamu telah menempatkan iklan pada bagian yang paling banyak menyita perhatian pengunjung?

Secara umum, orang memiliki cara tertentu untuk menikmati konten online. Kita semua cenderung lebih memperhatikan satu bagian halaman web, dan mengabaikan bagian lainnya.

Untuk itu, Kamu harus pintar-pintar menempatkan posisi iklan pada bagian-bagian yang paling sering mendapatkan perhatian lebih dari pengunjung blog.

Lebih jauh tentang penempatan iklan, silakan baca: Penempatan Iklan Adsense Terbaik Untuk Blog.

12. Apakah Kamu sudah mencoba memasang unit tautan teks di bawah menu navigasi?

Unit tautan teks (text link), seringkali diabaikan oleh banyak publisher Adsense. Padahal, jika ditempatkan dengan pas, unit tautan ini dapat memberi CTR yang cukup tinggi.

Menempatkan unita tautan di bawah menu navigasi blog adalah salah satu yang terbaik. Karena ia akan selalu dapat dilihat oleh setiap pengunjung, yang tentu saja semakin banyak dilihat, semakin besar peluang terjadinya klik. Cobalah buat unit tautan ukuran 728×15!

Optimasi Mobile

13. Apakah Kamu telah menempatkan iklan Adsense pada tampilan mobile blog?

Semakin hari, semakin besar jumlah pengguna mobile. Jika Kamu tidak memanfaatkan trafik ini, maka Kamu berarti menyia-nyiakan satu lagi potensi penghasilan dari Adsense.

Silakan googling, jika belum mengetahui bagaimana cara memasang iklan Adsense pada tampilan mobile. Saya belum pernah membahasnya, mudah-mudahan saya bisa menulisnya dalam waktu dekat.

Optimasi Strategi

14. Apakah Kamu telah menjalankan tes A/B menggunakan tool eksperimen Adsense?

Menguji dan memilih unit iklan terbaik adalah hal yang harus dilakukan bagi semua penayang Adsense. Dan untuk mengetahui mana unit yang terbaik, Kamu dapat mengetahuinya dengan melakukan uji A/B dan Eksperimen Google Adsense.

Lebih jauh mengenai tes ini, silakan baca:

15. Apakah Kamu telah membuat dan menggunakan saluran khusus untuk memonitor kinerja jenis iklan tertentu dan penargetan penempatan?

Fitur saluran khusus ini memungkinkan Kamu memonitor kinerja dari masing-masing unit iklan atau grup iklan tertentu. Misalnya, Kamu memiliki unit di bagian sidebar kiri dan kanan, atau unit 336×280 dengan warna link berbeda, dan sebagainya. Mana yang terbaik? Saluran khusus dapat memberikan laporan cepat untuk mengetahuinya.

Memang, hal ini tidak langsung berkaitan dengan pendapatan Adsense Kamu, namun data laporan yang didapat bisa menjadi dasar dalam menerapkan strategi terbaik menjalankan Adsense.

Selain itu, saluran khusus ini juga bisa diatur agar muncul di penargetan penempatan. Jika berhasil, maka pendapatan akan meningkat secara signifikan, karena penargetan penempatan merupakan penargetan iklan yang terbaik.

Lebih lanjut tentang saluran khusus ini, silakan simak di:

16. Apakah Kamu pernah mencoba unit ukuran 300×600

Ada beberapa alasan bagus, mengapa Kamu mesti mencoba menggunakan unit 300×600. Jika blog Kamu cukup memiliki ruang, dan tidak mengganggu kenyamanan pengunjung, mencoba unit 300×600 adalah hal yang sangat saya sarankan.

 Lihat hasil eksperimen saya dalam menggunakan unit 300×600 dalam artikel: Hasil Eksperimen Unit Iklan Khusus Adsense: 600×90 Lebih Baik!

Optimasi Pembelajaran Berkelanjutan

17. Apakah Kamu telah membaca dan ‘lulus’ dari Akademi Adsense?

Pemahaman dasar tentang Adsense amat krusial jika serius ingin sukses menjalankan Adsense. Di akademi Adsense, Kamu akan mempelajari dasar-dasar implementasi Adsense, juga tips-tips yang sangat bermanfaat.

Jangan mengaku telah mengenal Adsense, jika Kamu belum membaca dan ‘lulus’ dari akademi ini.

Lebih jauh, silakan baca: Tes Pengetahuan Adsense Kamu Melalui Akademi Adsense.

18. Apakah Kamu telah berlangganan sumber-sumber resmi dan newsletter Adsense?

Adalah penting untuk terus mengikuti perkembangan juga saran-saran terbaik yang diberikan oleh para pakar Google Adsense.

Ingat, Kamu sedang bekerjasama dengan Google. Mereka amat berkepentingan dengan kesuksesan Kamu. Mereka ingin Kamu sukses sebagai publisher. Karena semakin besar penghasilan Kamu, semakin besar pula penghasilan mereka.

Karena itu, mereka senantiasa terus memberikan tips, saran, inspirasi dan hal-hal lain yang dapat membantu kesuksesan Kamu dalam mengelola Adsense.

Silakan baca sumber-sumber terpercaya Adsense yang dapat Kamu ikuti pada: Sumber Informasi Terpercaya Tentang Google Adsense.

19. Apakah Kamu sudah berlangganan artikel Portal Uang?

Saya, melalui Portal Uang, berkomitmen untuk selalu berbagi mengenai Adsense. Kegagalan, kesuksesan, tips dan strategi yang pernah saya lakukan, akan saya bagikan kepada Kamu. Saya ingin kita sukses sebagai publisher Adsense bersama-sama.

Jadi kiranya, rugi jika Kamu tidak melakukan yang satu ini, hehehe….

Oke, itulah 19 ceklis atau daftar periksa optimasi Adsense. Jika Kamu telah menjawab ‘YA’ untuk seluruh pertanyaan di atas, itu berarti Kamu telah berada pada kondisi optimal untuk memperoleh hasil maksimal dari Google Adsense.

Jika masih ada beberapa yang belum Kamu lakukan, maka inilah saatnya Kamu melakukan perubahan. Jika Kamu memiliki pengalaman dan tips lain, saya ajak Kamu berdiskusi melalui komentar di bawah.

Jika Kamu merasa artikel ini bermanfaat, saya sangat berterima kasih bila Kamu bisa membagikannya. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

27 Komentar

  • seperti saya penempatan iklan ads auto di bawah navigasi, terkadang sepeti jebakan salah klik , kira kira berbahaya tidak buat acount saya, mas Gee?…. saya masih awam , krn penempatannya secara otomatis dari awal diterima di google AdSense

  • wah ternyata banyak hal yang belum saya lakukan. pantesan aja pendapatannya kecil banget.
    makasih mas shareing ilmunya

  • mantap Boz.. kalau yang buat artikelnya sudah mengalaminya.. thank atas sharing artikelnya semoga blog ini tambah maju

  • waah jadi banyak tahu tentang adsense nich bang gee…maklum saya baru punya GA…jika berkenan saya minta ditengokin untuk penempatan adsense dan langkah opmtimasinya untuk blog saya…trm kasih sebelumnya

  • @fauzy.
    y betul, secara teori memang penargetan penempatan pasti yg terbesar, krn itu diinginkan lagsung secara khusus oleh pengiklan, agar iklan mereka tampil di blog kita.

    Jika terus ternyata malah cpc nya lebih kecil dari penargetan lain…. hmmm…. entahlah, yg terjadi sama saya tidak spt itu. 🙂

    ada kemungkin memang kw yg ditargetkan nilai cpcnya maksimal segitu. atau bisa jadi berlaku smart pricing…

  • portal uang adalah blog yang saya jadikan referensi dalam urusan optimasi adsense & semakin hari semakin baik kinerja adsen yang saya terapkan, untuk itu saya ucapkan terimakasih kpd mas Gee Jhon…
    Pada salah satu artikel di blog ini saya pernah membaca bahwa jenis penargetan penempatan memiliki CPC yg paling tinggi tp yg aneh utk blog ane penargetan penempatan malah memiliki nilai cpc yg paling kecil hanya kisaran 0.02 – 0.03. masalah dan penyebabnya apa ya gan? mohon pencerahan

  • Akan Saya Coba terapkan optimasinya secara bertahap satu persatu, mau di coba penempatan iklan di dalam postingan terlebih dahulu.

  • @anonim.
    hemm…. rasanya kurang etis deh kalau disampaikan disini, kalau berdiskusi lebih lanjut, silakan pm 🙂 Tapi kalau saya boleh bilang, penghasilan dari Adsense, sangat 'lumayan'.

    @afrid.
    maksudnya iklan adsense jg harus ditampilkan di blog kita untuk tampilan mobile.

    @su.
    syukurlah kalau begitu… itu yg saya harapkan. 🙂

    masa sih? apakah sudah verifikasi pin?

  • biasanya pendapatan adsense dari blog spt ini berapa $, sebagai gambaran yang admin dapatkan dari blog ini rata2 perbulannya brp? supaya para newbie dpt mempelajarinya dgn baik..thank's