Kesan pertama, begitu menggoda!

Ya. Desain blog memang seharusnya menampilkan sesuatu yang unik dan menarik. Lebih utamanya lagi memberi sesuatu yang mudah diingat, membekas di kepala orang yang mengunjunginya, sesuatu yang tetap diingat oleh pembaca blog.

Tapi, tahukah Kamu, berapa lama waktu yang dihabiskan oleh pengunjung blog sampai ia memutuskan apakah blog itu menarik atau tidak?

1…. 2…. 3…. 4…. 5…. .. !

Ya, hanya 5 1/2 detik! Kamu tidak salah membaca. Itulah waktu yang dimana seharusnya, desain blog kita mampu memberi kesan yang baik kepada pengunjung, khususnya bagi mereka yang baru pertama kalinya berkunjung.

Lalu, adakah cara untuk mengetahui seberapa jauh desain blog kita bisa dikenali dengan baik, dan menancap kuat di memori para pengunjung?

Beberapa hari yang lalu, saya menemukan satu tempat yang – menurut saya – sangat bagus, mudah, dan menyenangkan untuk mengetes sebagus mana desain blog kita dinilai oleh pengunjung, dalam waktu: 5 1/2 detik! Yaitu situs: clueapp.com

tes desain blog selama 5 detik

Di situ, Kamu bisa membuat satu tes selama 5 1/2 detik, yang kemudian link-nya bisa Kamu bagikan kepada teman (atau siapa saja) untuk memberi penilaian mereka terhadap blog Kamu, setelah mereka melihatnya selama 5 1/2 detik saja.

Dengan tes yang selama 5 detik ini, saya kira tidak akan kesulitan mencari partisipasi dari rekan-rekan, karena selain caranya mudah, juga tidak menyita banyak waktu mereka.

Lalu, apa yang dapat dilakukan dari hasil tes 5 detik itu?

Setelah Kamu mendapatkan masukan paling tidak dari 20 orang, maka Kamu bisa menganalisa hasilnya, tentu sebagai bekal apa yang harus ditingkatkan dan diperbaiki.

Setidaknya, ada 2 hal utama yang bisa Kamu lakukan evaluasi dari hasil tes tersebut:

1. Apakah Kamu mendapati pesan yang jelas, clear dan pasti?

Coba lihat hasil respon dari tes tersebut. Jika Kamu mendapati ‘kata’ atau ‘frasa’ yang sama, yang diulang dan diulang terus, selamat! Itu berarti desain blog Kamu berhasil mengirimkan pesan spesifik yang mudah diingat kepada pengunjung. Ini adalah hal yang sangat baik.

2. Apakah pesan utama tadi cukup mampu menarik minat pengunjung untuk mengeksplorasi blog Kamu lebih dalam?

Ini memang agak sulit untuk mengukurnya. Bisa jadi Kamu memperoleh masukan yang sangat mudah diingat oleh pengunjung. Namun pesan utama itu, belum tentu berhasil menarik minat pengunjung untuk meneruskan membaca blog Kamu.

Mungkin cara terbaik adalah, dengan menempatkan Kamu sendiri dari kacamata pengunjung dengan pertanyaan:

‘Apakah pesan utama ini, cukup menarik bagi saya untuk menelusuri blog dan mencari informasi lebih jauh?’

Jika tidak, maka Kamu bisa melakukan brainstorming, merubah atau menambah pesan utama yang ingin disampaikan kepada pengunjung blog. Melakukan tes kedua bila perlu, sampai Kamu jawaban pertanyaan di atas menjadi ‘ya’.

Dan di samping adalah hasil tes Portal Uang, setelah cukup banyak menerima respon.

Nah, bagaimana?

Tertarik ingin mengetahui apa pendapat orang terhadap blog Kamu dalam waktu 5 1/2 detik?

Silakan dicoba. Dan jangan lupa, cantumkan link tes blog Kamu di kolom komentar, agar saya dan pembaca Portal Uang lainnya pun bisa ikut memberikan penilaian, hehehe….

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

6 Komentar

  • @edi.
    ya betul sekali mas edi, silakan dicoba, jangan lupa, beri link disini, agar saya ikut memberi pendapat, hehe…

    @heriyanto.
    Jika tidak muncul menu rincian pajak di akun adsense -nya maka tidak perlu memberikan informasi pajak. Jadi tidak perlu dipikirkan.

    Dari halaman bantuan Adsense [ support.google.com/adsense/answer/2490070?hl=id&ref_topic=1727162 ] tertulis:

    "Harap perhatikan bahwa tidak semua penayang diminta untuk memberikan informasi pajak. Laman Informasi pajak di akun Anda hanya akan memperbolehkan Anda untuk mengirimkan informasi pajak bila Anda diperkenankan untuk melakukannya."

    demikian ….

  • @Gee : oh gitu yah mas, hmm lantas cara mengirimkan informasi pajak itu bagaimanan mas, saa udah acak-acak semua menu di akun GA tapi gak ketemu mas, mohon pencerahannya 😀

  • Jadi membuat inspirasi dan perbaikan buat saya, bahwa tampilan blog itu sebaiknya memberikan identitas bahwa blog menyajikan informasi tentang sesuatu, sudah bisa dilihat dari tampilannya. boleh dicoba testingnya.

  • @adam.
    ya, bisa seperti itu. Tapi utamanya sebenarnya adalah agar tampilan blog kita dikenali dg baik dan melekat di memori pengunjung.

    @heriyanto.
    ya betul sekali. hehe…

    untuk publisher Indonesia, tidak perlu. Beri saja jawaban, bahwa kita tidak memiliki usaha atau asset di US.

  • wihh berarti melalui hasil test yang kita dapatkan dari teman-teman bisa bermanfaat buat memperbaiki apa aja kekurangan blog kita, yah mungkin untuk menemukan jati diri atau ciri khas dari blog kita gitu ya mas hehe. hmm saya coba deh 😀

    oih iya mas Gee, pengen numpang nanya lagi, maaf nih pertanyaannya OOT. mengenai maslah status pajak di GA itu mas, katanya kita harus melampirkan informasi pajak ya mas? itu caranya bagaimana mas Gee? soalnya status pajak di akun GA saya adalah "individual"

  • itu berarti intinya cara di atas biar blog kita mempunyai karakteristik yang berbeda dari yang lain , agar kita bisa memperbaiki blog kita supaya berkarakter dan di sukai pengunjung.
    salam kenal 🙂