Biasanya saya mencairkan pembayaran Adsense setiap tanggal 23 atau 24 tiap bulannya.

Namun bulan ini, setelah merubah cara pembayaran dari yang tadinya menggunakan Western Union ke transfer kawat ke rekening bank, sampai tadi siang tanggal 26, saya belum juga menerimanya.

Tapi, tadi sore sekitar pukul 18.00 akhirnya masuk juga sms dari BNI, yang memberitahu bahwa ada dana masuk ke rekening. Setelah saya cek lagi melalui internet banking, betul, ternyata itu transfer dari Google Adsense. Alhamdulillah…. akhirnya sampai juga, hehehe….

Ya. Bulan ini adalah pertama kalinya saya menerima pembayaran Adsense melalui transfer ke bank, dan meskipun butuh waktu lebih lama sehari atau dua hari, namun saya merasa cara ini adalah yang terbaik. Karena tidak perlu repot lagi mengantre di kantor pos.

pembayaran adsense dengan transfer ke rekening bank

Nah, bagi Kamu yang belum merubah cara pembayaran ke transfer kawat ke rekening bank, saya rekomendasikan untuk memilih cara ini. Sejak dua bulan lalu, Adsense telah mendukung pembayaran transfer bank untuk publisher Indonesia.

Kamu dapat merubah cara pembayaran di halaman Setelan Pembayaran. Pastikan Kamu mengisikan data dengan benar, yaitu:

  • Nomor rekening bank
  • Nama pemilik rekening
  • Kode SWIFT, dan
  • Nama bank

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap atau ada yang kurang jelas tentang pembayaran melalui transfer kawat ke rekening bank, silakan baca di halaman FAQ Transfer Kawat Adsense.

Lebih jauh tentang pembayaran Adsense, silakan baca artikel:Β Pastikan Kamu Menerima Pembayaran Adsense.

Bagaimana? Kamu sudah merubah cara pembayaran Kamu?

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

243 Komentar

  • Mau tanya dikit dong Mas Gee Jhon.

    Saya sudah punya akun adsense sendiri nih tahun 2017 lalu (akhir), akun rupiah mas, pas bulan april kemarin saldo sudah mencapai 1.780.000 dan sudah bisa PO tentunya.

    Saya sudah melakukan verifikasi pin, verifikasi No Rekening pembayaran dan status sudah saya ubah menjadi bulanan terhitung tanggal 9 mei lalu. Pada waktu bersamaan, ada kiriman email dari google menyatakan bahwa akun saya pembayarannya on hold dan diminta mengubah metode pembayaran….

    mohon sarannya dong!!!

  • mas, kalau akun indo dashboard US/dollar, pembayaran melalui transfer bank, apa dikenai biaya administrasi? berapa biayanya? apakah berdasar presentase?

  • ane baru tahun 2017 ini coba pake transfer kawat dan hasilnya membuat saya panik karena uang belum masuk. email google masuk tgl 22. dan sampai tgl 25 ini masih belum masuk juga itu duit. takut kalau nyasar. mesti sabar kayaknya. BTW terima kasih untuk artikelnya

  • Mau nanya dong mas, klo misalnya kita blm punya KTP dan blm ada rekening, itu kira” bisa pake punya temn gk mas…?
    Mohon jawabannya dan terima kasih..?

  • Mas Mau Tanya nih mas, Jadi gini mas saya kan mau ambil pembayaran adsense lewat transfer kawat nih, nah masalahnya kan saya belum verifikasi 3 digit tuh, pastinya di halaman pembayaran adsense ada tanda merah, tapi kok ada tulisan ” Jumlah pembayaran Anda lebih besar dari yang bisa diterima oleh bentuk pembayaran yang dipilih di negara Anda. Pilih metode pembayaran baru agar dapat terus menerima pembayaran.”. Itu cara atasinya gmana ya mas ? Saya pakai rekening BRI tolong bantu saya ya mas, thx

  • selamat sore om Gee

    mohon bantuan nya :
    Saya baru pertama kali maen youtube & GA
    Penghasilan saya Alhamdulillah sudah melampaui batas minimal yg bisa di cair kan ,
    saya juga sudah konfirmasi rekining bank
    dan pada tgl.5 agustus 2017 , saya sudah mendapat PIN dari GA untuk konfirmasi alamat,
    dan sudah saya lakukan konfirmasi alamat pada tgl 5 tersebut.
    Menurut pengalaman Mas GEE kira” tanggal berapa pembayaran saya di transferkan ke rekening saya… Sampai tgl 21 agustus 2017 jam 15.21 saya msh belum mendapat kan email tentang pembayaran saya.

    Mohon jawaban nya dan Terima kasih atas bantuan nya.

  • mas saya numpang nanya dan mohon responya.
    mas kalok saya ingin mengganti nomer rekening pembayaran adsense saya dengan nomer rekening yang baru apakah saya harus menverifikasi nomer rekening yang baru tersebut.?
    seperti memasukan 3 digit angka sebagai pembayaran percobaan yang dikirim oleh google untuk menverifikasi

  • mas ge, saya mau nanya
    GA saya kan baruaja tadi saldonya sampe ambang pembayaran
    nah kira2 kapan ya di transfer google kerekening saya ?
    mohon pencerahannya, soalnya baru pertama kali ni mas hehe

  • Mas ge.. saya mau bertanya. Kan sya pengguna baru google adsense. Sudah sya terima kiriman pin untuk verifikasi alamat. Sya mau verifikasi tpi takutnya gk berhasil. Karena alamat yang di kirim pin trsebut berbeda dgn alamat skrg. Karena 2 hari yg lalu sya sempat ganti alamt d akun GA. Apakah brmasalah nnti wktu verifikasi krna alamatnya sdh berbeda. MOHON JAWABANNYA. TERIMA KASIH

  • Metode pembayaranya bisa pake keduanya.??
    Saya pake metode tranfer bank, saldo adsense saya januari masuk 1,2 sekian.. trz bulan bulan februari youtube saya kena suspended 2 minggu balik lagi semua normal lg tp saldo adsense saya baru terakumulasi 15 bulan maret tapi saldo lebih sampe 4,7 sekian.. apa bulan ini saldonya bisa di tarik.?

  • omm,, mau tanya nih,saya punya dua akun adsense, rencana sya metode pembayaranya menggunakan satu rekening saya sendiri, bisa gk ya omm???

  • mau tanya mengapa pembayaran percobaan belum di transfer di bank padahal sudah hampir seminggu padahal sudah verivikasi pin menggunakan scan mohon penjelasannya terima kasih

    • apakah sudah melewati ambang batas gan kalau belum sabar saja gan, kalau memang sudah melewati ambang batas coba kirim pesan ke adsense

  • Maaf mau tanya mas, saya dah ngisi rekening bank di adsen, dah 5 hari tapi belum ada trnsper dari google, kenapa ya

  • mau tanya nih, kan saya baru pembayaran pertama, sebelumnya alamat belum terverifikasi karna PIN blm datang, trs saya ganti cara pembayaran via transfer dan udah terverifikasi tgl 19. apa pembayaran bakal di transfer? apa saya harus kirim ulang PIN dan verifikasi alamat dulu?

  • slamat malam, saya mau tanya, saya punya dua akun youtube yang sudah terperivikasi, yang saya ingin tanyakan apakah bisa dua akun youtube menggunakan satu akun adsense?
    kalo bisa gimna langkah2nya..??

  • mas saya blm dapat notifikasi apa2 dari adsense, tapi di data akun saya ada yg namanya “ID profil pembayaran” apa itu sama dengan PIN? dan saya blm dapat transferan angka cantik ke rekening saya…. mohon pencerahannya

  • Sore pak , ps tgl 21 kmrn saya menerima email bahwa pembayaran saya sudah dikirim melalui wire transfer dan membutuhkan waktu 3-5 hari , tetapi sampai hari ini tgl 26 uang belum sama sekali masuk ke rekening saya. Apakah lebih baik saya menunggu 1-2 hari lagi atau langsung menghubungi pihak bank? Trimakasih pak

    • apakah mas sudah pernah dapat digit cantik yang sudah masuk rekeningnya yang dikirim oleh pihak adsense, karena itu berguna untuk cek benar atau tidak rekeningnya

  • sore pak de saya mau tanya, kalo surat yang dilayangkan oleh ga untuk verifikasi alamat berapa lama datangya? terus kalo pedapatan adense diatas 1000$ bisa diabil semuanya ga? terus kenapa pendapatan di anlytic yt saya dolarnya seri turun besar pula hilangnya sekitar 60$ itu solusinya gmna?heheee, maaf mas bayak naya soalnya saya pemula

    • tidak pasti mbak πŸ™‚ cuma biasanya 2-3 minggu itu dari GAnya nanti dari pak posnya beda lagi.
      bisa diambil semuanya.
      mungkin banyaknya invalid klik πŸ™‚

  • Mas pemisi mau tanya tentang metode pembayaran google adsense

    Akun google adsense blom diverifikasi menggunakan pin tapi penghasilan sudah melebihi ambang batas Dan umur akun juga sudah lebih 3 bulan tapi saya tidak memiliki rekening bank untuk memilih metode pembayaran

    Pertanyaanya
    1. Apakah saya harus punya rekening bank dulu supaya bisa memilih metode pembayaran menggunakan western union mas
    2. Apa saya harus menunggu sampai pin diverifikasi dulu mas . Agar saya dapat memilih metode pembayaran menggunakan western union
    .
    Soalnya di metode pembayaran cuma disuruh ngisi rekening bank dan tidak ada pilihan western unionya mas

    Ditunggu balasanya mas

    • 1. kalau menggunakan WU tidak pakai rekening bang mas, tinggal aja pilih dengan metode WU
      2. iya mas harus verifikasi PIN dulu, jika belum pernah verifikasi
      3. akun adsensenya IDR apa mas

  • salam mas gee. saya mau tanya nih. adsense saya sekarang sedang menunggu surat vefikasi alamat pin. namun saya sudah merubah alamat setelah pemberitahuan dari adsense bahwa saya akan menerima pin ke alamat yg sebelumnya. pertanyaan, ke alamat manakah surat akan dikirim? sampai saat ini sudah berjalan15 hari. namun belum ada mendapatkan surat pin tersebut.

    • yang digunakan biasanya alamat yang pertama, jika nanti meminta lagi baru alamat yang kedua. karena pin pertama terlanjur sudah di dikirim. jangan terlalu sering merubah alamat jika belum menerima PIN.

  • Saya kemaren sudah melakukan pembayaran google adsense via B*A tetapi potongannya hingga 20 $ sekali pembayaran, gajian bulan ini lagi mencoba pake bank mandiri, apakah ada yang pernah pake m*ndiri? #mudahmudahan potongan ga buat kaget.

    Salam buat mas gee

  • Saya memiliki beberapa pertanyaan mas.. tolong dijawab..

    1. saya baru menggunakan Adsense, belum genap 1 bulan. Saldo berjalan masih 0 tapi ada pemberitahuan “Pembayaran Anda saat ini sedang ditangguhkan. Diperlukan tindakan untuk mencairkan pembayaran” .Solusinya bagaimana ? apakah ini berdampak buruk untuk akun adsense saya ??

    2. cara mengganti IDR ke USD bagaimana mas ?? karena buat jaga” kalo nanti sudah mencapai $100 bisa ambil lewat WU ??

    Terima Kasih sebelumnya

  • Apa akun US tidak ada opsi untuk wire transfer ? soalnya di akun saya tidak ada pilihan untuk wire trasnfer

  • mas mau tanya ni, satu nomor rekening bisa gak untuk pembayaran 2 akun adsense ? apakah tidak bermasalah ?

  • Mas gee. Saya sudah menerima email konfirmasi pembayaran pada tgl 21 kemarin. Tapi ko sekarang udh tanggal 23 blm mendarat juga di rekening saya??

    Btw kunjungan balik ya πŸ™‚
    Blog ane youtube adsense

  • Mas mau nanya , sya baru, kan gini verifikasi rekening udah tuh yah yg 3 digit, terus di suruh verivikasi akun adsense?
    Berarti verivikasi rekening sama verifikasi akun adsense beda yah??
    Saya juga harus verifikasi akun???
    Jawab mas ! maturnuwun, artikelnya keren πŸ™‚

    • betul bos, dua verifikasi itu berbeda. verifikasi rekening, untuk membuktikan kita telah memiliki rekening tersebut sekaligus memastikan data rekening (nama, no.rek, bank, dsb) telah benar semua, dan transfer berhasil.

      sedangkan verifikasi alamat, adl untuk membuktikan kebenaran alamat rumah yg dimasukkan ke akun adsense.

  • Mas akun adsense saya pembayaran sekarang adalah WU dan saya ingin merubah nya menjadi transfer bank,
    yang ingin saya tanyakan apakah saya harus menghapus pembayaran dengan WU di akun saya?
    Atau kita biarkan saja biar ada 2 sistem pembayaran mas

  • Pagi mas, selamat sahur hehe. Saya mau tanya mas
    1. Apakah pembayaran paling pertama kali dilakukan tetap tgl 21? Karena ada yg bilang kalau pembayaran pertama biasanya tidak mesti tgl 21, ada yg tgl 11 atau 12

    2. Akun GA saya IDR dan hanya ada opsi transfer kawat, saya pake BNI seperti mas Gee, kira2 kena potongannya berapa ya mas tiap pembayaran? Sekiranya Mas Gee bisa mengecek Saldo yang masuk di rekening dengan saldo terakhir di GA sebelum pembayaran. Karena penghasilan saya msh ece2 mungkin tdk sperti Mas Gee yg sudah banyak jadi jikalau ada potongan pastinya tidak terasa ha ha

    Terimakasih mas

    • 1. ttp tgl 21 bos, kecuali ada hal2 yg di luar kebiasaan, seperti pembayaran tertunda di bulan lalu karena penangguhan (masalah pin, invalid activity, dsb).
      2. jujur sy blm pernah mengeceknya secara persis. tp klo dari total kira2 yg masuk sih, sy lihat gada potongan bos.

  • mau tanya nih mas,.
    saya baru pertama kali maen adsense…
    punya saya, kok metode pembayaran yg tersedia cuman melalui transfer bank aja ya..?
    kalo melalui western union kok tidak ada ya..?
    apakah ada settingan yang lain…?

  • Mas,,saya dapat kiriman seperti ini di gmail.ini gimana maksudnya mas..saya otak atik masih di tangguhkan melulu..
    Menurut data yang ada pada kami, setoran dalam jumlah sedikit telah dikirim ke rekening bank Anda pada 12/05/2016. Harap periksa data bank Anda 4-10 hari setelah tanggal ini untuk melihat berapa jumlah yang dikirim. Bergantung pada negara tempat bank berada, label pada setoran mungkin akan berupa salah satu dari label berikut:

    AFS RE GOOGLE
    AFS RE GOOGLE ADSENSE
    ARVATO FINANCE SERVICES LIMITED
    BFS FINANCE LTD
    CITIBANK IRELAND FINANCIAL SERVICES

    Setelah Anda menerima setoran percobaan di rekening bank, harap masuk ke akun AdSense, lalu ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Klik ikon roda gigi di sudut kanan atas dari tab mana pun dan pilih laman ‘Setelan’ dari menu tarik-turun.
    2. Di bagian ‘Informasi Akun’, klik ‘edit metode pembayaran’.
    3. Pilih tombol untuk akun yang ingin Anda verifikasi, lalu klik ‘Lanjutkan’ di bagian bawah laman.
    4. Masukkan jumlah setoran percobaan Anda, lalu klik ‘Kirim’.

    Jika tidak dapat menemukan setoran percobaan, hubungi bank Anda menggunakan informasi yang tersedia.

    Kami berharap dengan tindakan ini masalah Anda akan teratasi. Jika Anda tetap mengalami masalah, balas email ini.

    Hormat kami,
    John

  • Mau tanya mas jhon, apakah swift code BNI hanya BNINIDJA atau ada tambahan 3 digit kode di belakangnya menurut area kota bank BNI-nya mas ? … saya takut adda kesalahan isian data swift …

  • aduh gimana ini gan..memang pembayaran saya di rupiahkab langsung..trus mau di ganti lewat WU kok di seting pembayaran gak ada yah..nama kontak sama nama pembayaran rekening beda gan,bermasalah tidak..>

  • tanggal 21 bulan ini ada notifikasi google telah mengirimkan pembayaran, terus hari ini tanggal 22 saya cek ke akun bank mandiri, belum ada dana masuk. Oh ya nama akun dan nama rekening Bank beda, tanya apakah pembayaran akan lancar?….

      • mau tanaya gan..? stelah klik verifikasi trus muncul sperti dibawah ini..kenapa pembayaran selalu ditangguhkan,padahal memverifikasi sudah lebih dari 10 hari..gimana ni gan

        Verifikasikan rekening bank Anda
        1) Verifikasi langsung
        Tautkan rekening bank Anda dengan memasukkan ID dan sandi perbankan online Anda
        2) Verifikasi dalam waktu 2-3 hari dengan uang setoran
        Setoran sebesar kurang dari $1,00 dari Google tidak diterima.

      • hmm… entahlah bos, soalnya saya blm pernah ngalami hal itu, krn akun sy akun USD, bukan IDR. Tp mungkin itu adalah kesalahan norek, coba cek sekali lagi, buat saja pembayaran yg baru.

  • Mas mau tanya, kan pada tgl 12 April 2016 kmarin pembyaran dri google sdh mendarat d adsense sya, sdh lebih dri $100 dan sya sdah pilih metode pembyaran via bank(karna akun ads IDR), dan sya sdh verify rekening bank.
    terus kox ini sudah tgl 28 April 2016 belum juga cair?
    padahal sdh verify bank.
    mohon bimbingannya..

    • sudah ada pemberitahuan via email bahwa telah dikirimkan pembayaran? coba cek juga di hal. pembayaran, apakah ada keterangan bahwa telah ditransfer? Jika saldo masih ada, dan tidak ada pemberitahuan pembayaran, maka memang blm dibayarkan, coba tunggu bulan depan. Oya, apakah sudah verifikasi PIN? JIka belum, maka pembayaran akan ditangguhkan sampai verifikasi berhasil.

      • Di Email juga belum ada pemberitahuan bhwa pembyaran adsense sdh terkirm ke rekening bank mas.
        Iya mas saya belum verifykasi PIN,
        apakah saya juga harus request PIN dan nunggu kriman dari Kantor POS?

  • Hallo mas, bagaimana klo nama pemilik rekening dengan nama akun adsense berbeda apakah bisa juga ? *terimakasih

  • Om gee, mau nanya donk Saya Baru me migrasikan Jeni’s pembayaran yg sebelumnya melalui WU sekarang sudah melalui transfer kawat -+ sudah 2 bulanan yg lalu Dan Pada cut off kemarin tgl 12 april hasil pendapatan Saya sudah melebihi trashold Dan pembayaran sudah di eksekusi pada tgl 21 April lalu dengan keterangan ” pembayaran otomatis blalabla ” ( intinya sukses ) , namun sampai saat Ini Saya cek Blum masuk ke rek Saya, Kira” ada apa ya? Dan bagaimana Saya melihat rek Saya itu takutnya Saya salah memasukan no rek ? Mohon pencerahnyapencerahnya.. Trims

    • pokoknya lihat penghasilan akhirnya di halaman pembayaran. jika di akhir bulan mencapai ambang pembayaran (> $100) maka tgl 22 bulan berikutnya akan dibayarkan. jika sudah ada keterangan pembayaran telah terkirim, coba tunggu saja. jika pun nanti uang tidak masuk ke rekening, uang tidak akan hilang, krn akan dikembalikan ke saldo adsense-nya.

      Sekali memasukkan data bank, maka data tersebut tidak bisa dilihat/diedit lagi. Tapi jika tidak yakin, bisa membuat metode pembayaran baru, dan jadikan sebagai metode pembayaran default. maka data bank sebelumnya otomatis tidak akan terpakai.

  • mas saya baru kelas 10 tapi saya mau daftar google adsense,ane kaga punya rekening bank,masih bisa kan kirim pake WU

  • Menggunakan transfer kawat maksimal berapa ya, kalo WU saya tahu maksimal 2000 USD.
    Nah, untuk earning Google Adsense yg udah di atas 5000 usd apakah bisa menggunakan transfer kawat.
    trims.

    • Kayaknya bisa bos, soalnya sy gk menemukan keterangan dr adsense bahwa ada batasan jmlah transfer. Tp krn sy jg blm nyampe 5000 jadi ya blm tahu juga.

    • Setau saya, jika saldo besar akan dilakukan 2 x pembayaran tidak sekaligus dikirim tetapi dalam bulan yang sama.

  • pasti bayarannya gede ya pak..hehehe
    dulu awal saya ubah setingan pembayaran adsense yang awalnya wu menjadi transfer bank
    sunggu sanat deg degan,,, takut gak mendarat saja
    tapi akhirnya,……waow puas

  • mas gee jhon, hari ini saya telah memverifikasi alamat adsense saya. 5 tahap verifikasi telah selesai dilakukan. pertanyaan saya, apa yang harus saya lakukan selanjutnya dan berapa lama pihak google akan mengirim uangnya kerekening saya? saya menggunakan rekening BNI.
    trims,

  • sangat bermanfa’at sekali.

    mas mau nanya. kalo sistem transfer kawat,setiap bulan harus tetep konvirmasi kode pin ga .?

    apa mungkin akan di kirim otomatis uangnya setelah mencapai ambang pembayaran..
    mohon pencerahanya mas gee..

    • Hmm.. Entahlah, sy tdk tahu pasti krn itu cm ada di akun rupiah yg baru. Jd sy gak tau. Tp sy Kira pilih yg manapun gak masalah.

  • mas saya mau tanya soal adsense transfer ke rekening kita, itu langsung masuk apa kita harus konfirmasi dulu melalui bank nya agar bisa masuk ke rekening kita. soalnya akun adsense saya transfernya langsung melalui rekening. sedangkan gak ke western union dulu

    baru pertama kali cari uang melalui google mas, jadi blom tau cara2nya

  • Mas… syukr alhamdulillah, sy juga ada rejeki buat pertama kalinya dari google adsense. terus mau pembayaran lewat transfer kawat aja.
    Karena akun saya udah lama, mata uangnya kan dollar. Nah itu yang masuk kerekening kita dalam bentuk dollar atau sudah dirupiahkan?
    terimaksih sharenya mas

  • Halo mas, terima kasih infonya.
    Saya mau bertanya mas. Kebetulan saya sudah mencapai tingkat pembayaran tertentu dan barusan pin dr Google sampai dengan selamat hehe.
    Yang mau saya tanyakan:
    1. Saya pakai bank BCA, tapi saya belum pakai internet banking BCA ataupun aplikasi m-banking BCA, kira2 masih tetap bisa masuk kah pembayaran saya ke rekening? Atau saya harus mengaktifkan internet banking dulu supaya pembayaran dr luar negeri bisa masuk?
    2. Tadi saya baca kalau ada pemberitahuan (SMS) dr pihak bank bersangkutan kalau ada transfer pembayaran masuk. Itu bagaimana caranya dapat peberitahuan ya mas? Saya pakai BCA dan seumur-umur ketika ada transfer, tidak ada pemberitahuan. Hehe maaf karena saya masih awal tentang bank.
    Terima kasih Sebelumnya πŸ™‚

    • 1. Tdk perlu sama sekali bos. Krn tu semua hanya fasilitas dr bank tuk kemudahan trasaksi saja.
      2.nah, klo yg ini hrs mengaktifkan sms banking. Tinggal dtg ke kantor bca lalu aktifkan fasilitas smsnya

  • Hallo mas jhon.
    Saya mau menanyakan , apakah sekarang ini adsense tidak bisa menerima WU untuk pembayaran ?
    Sedangkan di pengaturan pembayaran saya ada WU nya .
    Tolong pencerahanya mas jhon , saya baru saja melebihi ambang dan ini perdana sekali buat saya mnerima gajih .

  • Malam Mas Jhon,ada pertanyaan dikit tentang pembayaran adsense semoga ada titik terang.
    Saya dengar dari tanggal 22 – 26 adsense baru melakukan pembayaran,tapi baru tanggal 11 sudah ada pemberitahuan pembayaran otomatis bahwa adsense telah mentstranfer ke bank saya.Dan saya cek email katanya disuruh nunggu 3-5 hari dana bisa masuk ke bank.
    pertanyaannya ; apakah benar pada tanggal 11tadi itu adsense telah mengirim pembayaran, ataukah transfer pembayaran tetap dilakukan tanggal 22 ?

    Adsense youtube IDR Mas
    Trimakasih.

  • salam kenal mas jhon,,mau nanya neeh..kenapa metode pembayaran saya langsung ke rekening bank y…???gak ada 3 pilihanya,,kayak WU dll..masih pemula mas..terimakasih sebelumnnya

    • menurut informasi, untuk akun baru dengan mata uang IDR, memang hanya tersedia metode transfer bank. Sy sendiri tidak tahu persisnya, krn memang tidak punya akun IDR. Tapi dari berbagai forum dikatakan spt itu.

  • Mas kenapa ya pembayaran saya keterangan seperti ini
    Anda tidak memiliki bentuk pembayaran yang valid.
    Rekening bank Anda Rekening bank ‒ ‒ ‒ 667 harus diverifikasi agar dapat digunakan. Verifikasi sekarang.

    Nah pas saya mau verifikasi malah seperti ini
    Rekening bank ‒ ‒ ‒ 667 Anda harus diverifikasi agar dapat digunakan. Berikut ini caranya:

    Dalam 2-3 hari, periksa setoran di rekening bank Anda.
    Google akan melakukan penyetoran dalam 2-3 hari kerja berikutnya.
    Catat jumlah setoran.
    Kembalilah dan masukkan jumlah setoran untuk memverifikasi rekening bank Anda.

  • mas gee jhon saya mau tanya kalo penghasilan blom sampe $100 apakah bisa PO lewat transfer bank . misalnya penghasilan baru $75 .
    makasih mas gee jhon

    • Entahlah bos, jujur sy blm pernah mengeceknya. Tp menurut sy, klopun ada nominalnya gak besar, paling hanya puluhan ribu saja jika sy lihat jml uang yg masuk ke rekening.

  • Om Gee saya mau tanya, saya belum punya akun adsense sih, tp mungkin beberapa hari lagi saya akan daftar, dan semoga diterima, nah nanti jika saya ingin menggunakan transfer kawat sebagai cara pembayaran saya, kode-kode apa saja yang harus saya persiapkan?? dan tolong dijabarkan apa maksud dari kode tersebut, seperti di atas, kode SWIFT, nah kode itu apa maksudnya..terima kasih banyak Om..

  • Hallo Mas Gee Jhon…Selamat dan Sukses selalu untuk Anda. Amin.
    Gini Mas, kemungkinan besar Januari 2016 nanti saya sudah memenuhi ambang minimal pembayaran GA = $100, karena hari ini pun sudah ada lebih dari $100 Mas.
    Mohon doanya ya Mas agar pembayaran pertama saya tsb. lancar. Dan saya juga menggunakan metode pembayaran transfer bank lokal yaitu BCA. Semoga menjadi “PINTU GERBANG” keberhasilan saya menjadi publisher GA Mas. Memang rasanya deg-deg plash Mas…maklum belum pernah dapat kiriman dollar dari Google…Insya Allah akan menjadi berkah dan menjadi rejeki hidup kami ke depan. Amin. Sukses Mas Gee Jhon….

  • Thanks sharingnya. Saya coba BRI dan hingga 2 hari ini dana belum masuk. Semoga tidak ada masalah seperti agan menggunakan BNI.

  • Mantap makasih ya min infonya,jadi memang lebih enak si ya lewat transfer drpad langsung pergi ke kantor pos atau WU.. tapi potongannya mungkin yg lebih besar

  • Terima kasih om gee web nya sangat membantu, menyambung komen yg dijawab om gee bahwa boleh beda antara akun adsense dengan nama di rekening pembayaran,
    1. Bila nama yg tercantum di rekening tsb sdh digunakan untuk nama profil payee adsense yang lain apakah beresiko banned om gee ? (apa tercantum di TOS google ?)
    2. Untuk 1 nama rekening bank digunakan di lebih dari 1 akun adsense apakah dibolehkan om ?

    Mohon pencerahannya. Semoga makin sukses om..Terima kasih banyak.

    • pertanyaan yg menarik bos. dan jujur, saya tidak tahu jawabannya. πŸ™‚ krn memang blm pernah mencobanya. tapi kalau dari tos adsense yg sy baca2, blm pernah sy temukan ttg hal itu (1 rek tuk banyak akun). tapi menilik aturan bahwa 1 orang hanya boleh memiliki 1 akun adsense, kemungkinan besar tidak bisa. tp itupun saya masih ragu.

  • selamat malam salam kenal om Gee, saya pemantau setia Portal Uang, mohon pencerahan om,adsense saya baru capai ambang , bulan ini, tapi belum verifikasi PIN karena ga datang2 , udh 3 kali kirim, trus saya pakai wire transfer di settingan pembayaran, email udh masuk balasan untuk perubahan opsi pencairan, di akun adsense saya clear tidak ada permintaan apapun,dan rek bank saya sudah ada di settingan pembayaran, tidak ada petunjuk harus isi form buat kirim copy ID sebagai kelanjutan proses verifikasi karena PIN tak kunjung datang, pertanyaanya om tolong di cerahkan,
    ” Apakah akun saya otomatis terverifikasi dengan mengirimkan rekening bank BRI dengan kode swift nya ?.. saya isi wire Transfernya tanggal 15 Desember kemarin, berapa lama uangnya di transfer ? mohon jawabanya ,om ,saya nunggu ini hari ke 3 ,mohon maaf terima kasih,

    • saya kira tidak. mengisi atau memilih metode pembayaran tidak otomatis verifikasi alamat. tetap butuh verifikasi alamat dengan PIN. jika memang sudah 2x meminta pin namun tidak juga kunjung datang, silakan ke halaman pemecahan masalah pin: support.google.com/adsense/troubleshooter/1094206?hl=id&ctx=as2&rd=1

      jawab pertanyaanya, nanti di akhir bisa mengupload ID.

  • saya buka web ini di desktop, di bagian sidebar agak kebawah ada iklan by Google tapi tampilannya mirip recent post… apa nama format iklan itu mas? apakah itu kode jenis baru?

    • itu adalah unit iklan support.google.com/adsense/answer/6111336?hl=id&ref_topic=1307438matched content atau konten tersuai dari Adsense. Tidak semua akun adsense mendapat fitur ini.

  • Wah saya tambah semangat nih main adsense udah bisa cair lewat bank ternyata. Doain ane bisa cepat nyusul ya gan.

      • Thx mas info nya.. mas sya kn publisher adsense newbie (baru), kalo boleh tau skrng msih lama tak nnggu pengiriman pin mas ? sya lgi nnggu ni mas, pmbrituan nya tgl 17, skrng udah tgl 20 jdi apa emg hrus nnggu 2-4 mnggu ya mas bru smpai ? 1 lgi mas.. kalo saya mau pake transfer kawat ke bank bni, skrng brpa mas potongan nya ? di tnggu mas info nya..

      • ya betul, pin baru akan sampai ke alamat krg lebih 4 mingguan, jadi sabar saja.

        mengenai potongan di BNI, entahlah, jujur sy blm pernah mengeceknya. jadi tiap bulan ada transfer masuk ya dah, gak pernah ngitung atau tanya ke pihak bank apakah ada potongan atau tidak. tp klo dari jml yg masuk, sy anggap pas2 aja tuh bos. gada potongan. tp entahlah mungkin ada tp gak seberapa.

  • Terima kasih gan, artikelnya sangat membantu. Rencana saya bulan depan akan merubah pembayaran adsense ke transfer kawat

  • Maaf mas newbie blom main adsense bru blajar sma ads yg lain,klo bleh nanya sedikit untuk pndaptn di propellerads bisa lewat transfer bank kawat apa tidak?maaf nyimpang dr topik artikel agan

  • Kalo menerima pembayaran adsense lewat transfer bank, apa harus mengaktifkan internet banking dulu gan?

  • oh ya mas,,sebelumnya saya minta maaf, saya gak ada hangout, saya juga bingung cara daftar ke situ bagaimana..? yang saya ada cuma facebook mas..??? nama facebook saya adalah : Franky Mofferz. nanti saya add mas aja,,truz mas yang convirm.
    oh ya mas,,,sampai hari ini(hari minggu ini tgl 28 juni 2015),,pembayaran google adsense saya belum masuk-masuk ke rekening saya. mmhmhm…..saya pasrah aja sekarang mas,,,dia masuk ya masuk, dia mau gak masuk ya uda lah terserah. kalau benar-benar rejeki untuk saya, pasti google adsense gak akan lari ke mana-mana. saya juga terus berdoa ke pada Tuhan agar di beri petunjuk. Terima kasih mas suda membantu saran dan usulnya selama ini. kalau seandainya nanti benar-benar masuk atau apa,,nanti saya kasitau mas lagi.

  • iya mas,,,oh ya mas, boleh tau, kira-kira apa itu PM. makasi mas..??? soalnya saya mau mas bantu saya. pecahkan masalah saya ini. saya jadi bingung, jadi kayak putus asah sich mas…….

    • maksudnya private message mas Franky jadi gak umum bisa dibaca semua seperti di komentar ini, mgkin bs chat melalui hangout, add GPlus saya: +geejhon.

  • apa mungkin saya baru pertama kali ya mas..???
    jadi dia agak lama..???
    atau bagaimana..??? makasi mas..

    • hmm.. emang agak aneh mas klo sampe sekrg blm jg diterima. Silakan PM sy mas, nanti sy ingin apa yg sebenernya terjadi. krn terus terang, ni jg menarik buat sy.

  • iya mas,,ini contohnya :
    Penghasilan terutang
    US$0,00
    Pembayaran terakhir 15/06/22 05:10:57 sebesar (US$1.126,84)
    TanggalDeskripsiDebit (US$)Kredit (US$)
    2015 Jun 1 – 2015 Jun 25US$1.126,84US$0,00
    2015 Jun 22Pembayaran otomatis: Transfer kawat ke rekening bank ‒ ‒ ‒ 629. ID0009E8931.126,84

    Jadi gimana dong mas,,bingung saya, mohon petunjuknya..???

  • mas…koq agak lama ya..? tadi sore pun saya cek lagi, belum masuk juga mas….makasi mas….

  • Amin…makasi ya mas atas saran dan usulnya.
    oh ya mas, tadi baru aja ngecek 1 jam yang lalu, tapi koq belum masuk ya mas..? hehhee..( maklum gak sabaran saya nya mas, jadi dag dig dug sih mas, hehehe.. )

  • oh begitu ya mas,,Tadi sore saya baru aja nge check tapi belum cair mas di Rekening saya. Kalau memang Begitu berarti PUji Tuhan, Semoga saja Cair Dana google saya mas, karena saya merasa bahagia sekali pas tadi sore menerima email seperti itu. karena ini merupakan Dana Google Perdana saya.

    terus yang mas katakan tadi bahwa ada gak keterangan di akun saya bahwa status-nya: hold. keterangan seperti ini gak ada mas….semoga saja cair punya saya mas.Amin

    • Baiklah mas Franky,pertama sekali sy tanya dulu, apakah ada keterangan di akunnya bahwa status-nya: hold, atau ditangguhkan? Jika tidak maka, berarti sudah bisa menerima pembayaran. Memang ada beberapa kasus sy dengar adakalanya Google langsung memverifikasi tanpa harus menggunakan PIN, entah pertimbangannya apa, sy kurang tahu.

      Dan jika memang telah ada pemberitahuan pembayaran, dan saldo telah berkurang, maka tinggal cek saja, apakah uangnya telah masuk atau blm, jika sudah, berarti selesai, tidak ada yg perlu dipermasalahkan lagi. Tunggu sampai besok, krn kadang butuh 1-3 hari baru uangnya masuk ke rekening.

  • padahal kan saya belum menerima PIN Dari Google…..Jadi itu gimana dong mas..? tolong saya dong mas..???

    koq katanya uda di Transfer Otomatis ke Rekening Kawat Bank Saya, mohon informasinya mas. Terima kasih mas….

  • Ini Mas Contoh Bukti Di Akun Saya :

    Riwayat transaksi
    Penghasilan terutang
    US$0,00
    Pembayaran terakhir 15/06/22 05:10:57 sebesar (US$1.126,84)

    Tanda Terima Pembayaran
    Google Asia Pacific Pte. Ltd.
    8 Marina View
    Asia Square 1 #30-01
    Singapore 018960

    Nomor identifikasi pajak
    200817984R

    Pawuanus Frengky Pure
    SD Swasta 012 Bina Bangsa Meral No.63 Tlp.077-327347
    JL. Bina Bangsa, Kampung Bukit, Meral Kota, Kec. Meral
    Tanjung Balai Karimun
    Kepulauan Riau 29632
    Indonesia

  • Mas saya ingin Bertanya, ini sangat penting sekali, mohon bantuannya.
    soalnya saya juga lagi menunggu kedatangan PIN dari google. dan saya menunggu sudah mau jalan 4 bulan nih. itu PIN juga belum datang, kebetulan saya Pakai Alamat sekolah SD Tempat Ibu saya mengajar. Meode pembayaran saya Pilih Transfer Kawat Rekening. Tapi kok tadi barusan saya buka email saya, emailnya juga baru saja masuk. informasi dari google mengatakan seperti ini mas :

    Salam dari Google,

    Kabar baik! Pada tanggal 2015 Jun 22, kami telah mengirimkan pembayaran penghasilan Google AdSense Anda.

    Berikut cara memeriksa statusnya:

    Masuk ke akun AdSense.
    Klik ikon roda gigi di sudut kanan atas tab mana pun, lalu, dari daftar tarik-turun, pilih “Pembayaran”.

    Anda juga mungkin dapat menemukan nomor referensi untuk melacak atau mengambil pembayaran Anda. Jika Anda belum menerima pembayaran pada minggu depan, hubungi bank Anda untuk detail selengkapnya.

    Sampai bertemu di internet,
    Tim Penagihan Google

  • Tanggal brapa cairnya ya mas.. Ko sampai sekarang gak masuk juga? apa bisa sampai tanggal 30 an ya?

  • Terima kasih sudah berbagi neh… Pertanyaanku sudah terjawab, aku kira setelah terbaca mtcn nya di akun google, uang ke rekening kita langsung masuk saat itu juga, ternyata tetap harus menunggu dulu yah gan…kalau WU seperti yang agan bilang td memang setelah keluar mtcn nya kita langsung ambil aja, cuman sedikit antri kalau pas rame, tp sejauh ini aku cairkan di WU danamon dan jarang antri seh, juga rate nya lebih tinggi dari kantor pos, sejauh ini aku masih nyaman di WU tp mungkin akan segera beralih ke wire transfer, sukses yah gan.

    • ok deh mas Immer. Untuk transfer ke rek, tidak ada yg namanya mtcn, kecuali tuk WU. dan ya, setelah mtcn keluar, maka langsung bisa diambil saat itu juga di agen wu manapun.

  • Saya Buat pembayaran AdSense Melalui Transfer Ke Rekening Bank..
    Nah.. Google telah mengirimkan Tanda pembayaranya..
    Nomor identifikasi pajak

    Tanggal pembayaran

    Nomor Penagihan

    Metode pembayaran

    Nomor pembayaran

    Semua telah Dibuat, Namun setelah Saya cek Rekening saya, tidak masuk gan? Kenapa itu gan??? Mohon pencerahanya.

  • om jhon, bulan maret kmaren BNI dpt rate berapa ya? bersihnya aja (uang masuk / dollar di adsense)..

  • @zakaria.
    belum banyak mas, yg pasti masih di bawah 10k, πŸ™ tuk penghasilan adsense, kayaknya ga etis kalau saya sebutkan disini, kalau mau sebagai gambaran mungkin bisa baca di:

    portal-uang.com/2014/12/2-tahun-pencapaian-adsense.html

    atau bisa lihat SS adsense saya:

  • Klu boleh tau visitor/ day blog portal uang ini berapa mas ??
    trus berapa rupiah gaji smpean perbulannya mas ??

    Saya sangat tertarik sekali dngan GA dan ingin sukses kyak smpean ..

  • @karir.
    betul, kode swift memang berbeda2 untuk setiap kantor cabang. tapi jika mau menggunakan kode kantor pusat tidak masalah. klo sy sih saranin gunakan saja kode swift tuk kantor pusat bank bersangkutan.

  • Gan, Saya pakai BNI tapi kok Kode SWIFT nya beda-beda tiap daerah ya.
    Jd Kode SWIFT nya pakai yg pusat atau daerah gan? Agan sendiri tinggal di daerah mana trus pakai Kode SWIFT yang mana?
    Maaf gan, takut salah masukkan ane.

  • @esyaku.
    hehe… ok deh, mulai sekarang bisa dirubah metode pembayarannya. πŸ™‚

    @botak.
    hmm.. entahlah, saya kurang tahu. Tapi sesungguhnya pihak Adsense tidak mengenakan biaya apapun untuk mengirimkan pembayaran melalui bank. Yg ada paling biaya pada masing-masing bank untuk menerima transfer dari luar negeri.

  • saya baru coba gan,ne sudah ada pembayaran dari GA, tapi belum masuk, mungkin butuh waktu ya

    • iya neh bang Gee sekalian dengan pertanyaan yg sama dengan mas ali…Sldo GA saya siap buat pencarian dan saya diminta untuk melakukan AKSI karena GA saya IDR mau ga mau pembayaran melalui transfer Kawat,yg jdi masalah rek.Bank sy BRI Syariah,apakah bisa tpi sy sdah searching ada yg melalukan pke Brisyariah namun ribet dan transferan ga kunjung datang,nah makanya sy mau pake rek.bank orang lain misalnya punya ade apakah tidak masalah,dan apakah GA tetep akan tranfer penghasilan sy itu,trimakasih sebelumnya.

  • mas Gee,,,bolehkah rek penerima A/N,,,orang lain ,misalnya nama anak kita gt..!!
    trims sukses selalu utk Mas gee !

  • @fajar.
    coba mengajukan permintaan lagi. jika memang sudah 4 minggu blm sampai. bila perlu ganti alamat dengan alamat yg lebih mudah dijangkau oleh petugas pos.

  • Berarti walau pake WIRE, tetep kudu nunggu PIN ya om πŸ™ ?
    kirain tanpa pin bisa langsung wire transfer :'(

  • @banglama.
    tunggu saja, nanti klo sudah dikirimkan pin-nya, ada form verifikasinya, atau bisa diakses dari menu setting. semua perlu verifikasi alamat.

    ya itu sudah betul. untuk no. rek. tulis saja seperti adanya.

  • Mas Gee, aku baru lewat ambang verifikasi nih mas. Tapi kok nggak ada tombol masukkan pin adsense/semacamnya ya, atau mungkin gak perlu verifikasi alamat lagi ya, mas?

    untuk masukkan swift code bri aku pakai BRINIDJA, trus nomor rekening awalnya harus pakai kode atau nggak, mas?

  • Kbetulan saya mau pke trf bank jg mas, kbtulan jg saya pke bni, untuk swift kode tu sama g mas? Mas pke swift yg mn? Soalnya pas googling saya nemu swift kode tiap2 kota beda n saya sndiri di balikpapan, apa hrs pke swift balikpapan ya?

  • Tapi pengajuan Kami diterima, dan saat ini sedang menunggu konfirmasi pengaktifan iklan.
    Ini situs yang Kami ajukan:
    alhasanu.com

  • Gan, gimana dengan toko online?
    contoh,
    alhasanu.com
    Ketika memasang google adsense apakah perlu banyak konten juga?

    Maklum, baru belajar google adsense.

  • @anjing.
    waktu pertama kali, saya masuk tgl 26, tapi bulan2 berikutnya masuk tgl 23, bulan ini, krn minggu mungkin, jadi masuk hari ini.

    entahlah, coba saja tunggu sampai besok. Seprtinya tergantung dari Bank-nya juga. Saya sendiri pake BNI

  • Gan Sya Coba Pakai bank BRI
    Uda 2 Hari Belum Masuk Ke Rekening
    Di Akun Adsense Sudah Dibayar
    Solusinya Gan ?
    apa harus menunggu berapa lama ?

  • @cyber.
    ya, itu berarti status akun masih 'hold', krn setiap akun harus mengonfirmasi alamat. Jika belum menerima PIN-nya tunggu saja, biasanya 4 minggu baru sampai.

    oya, apakah saldonya sudah mencapai $10? jika blm, sabar dulu, krn pin baru akan dikirimkan jika saldo telah mencapai min. $10.

  • mohon solusinya donk gan sya sudah memilih pembayaran tranfer kawat kok adsensenya minta masukin pin lewat pos tolong ya min solusinya

  • saya mau tanya, apakah nama akun GA harus sesuai dengan nama pemilik rekening bank nya?? karena GA saya atas nama orang tua. maunya sih pembayarannya lewat bank ke rek saya, tapi ortu saya juga punya rekening juga sih.

  • @wahyu.
    aminnn…. semoga mas wahyu cepat menyusul πŸ™‚ salam sukses juga.

    @payu.
    salam POrtalUang,…. πŸ™‚

    @mykaylila.
    sama2….. sukses juga untuk Anda.

  • subhanalloh, luar biasa artikelnya, mohon bimbingannya agar bisa menyusul,salam sukses from yudi karawang-jabar

  • Mantaps gan,,,,,adsense semakin mudah sekarang prosesnya 4hari payment dari adnsese 3-4hari sampai rekening

  • @trikjadul.
    ok deh.. sama2..

    @penablog.
    ya betul, swift kode bank, dimana-mana y sama sesuai dg bank masing2.

    @siti.
    insya allah secepatnya. πŸ™‚

    @khairul.
    oke, jgn lupa baca juga artikel lainnya, semoga betah πŸ™‚

  • oh ga terlalu beda jauh ya mas masuknya, saya pikir kalau lewat bank lebih lama
    kalau cuma beda beberapa hari kayanya ga masalah daripada repot2 ke kantor pos apalagi kalau susah ngatur waktunya kalau siang.

    satu lagi itu kode swift bank, sama dengan yang dipakai dipaypal yah kodenya

  • sedang belajar untuk jadi sukses google adsense gan, mohon bimbingannya…salam kenal dari suksesgoogle-adsense.blogspot.com

  • @widya.
    sama2… silakan dicoba deh. πŸ™‚

    @edi.
    betul mas Edi. silakan dicoba. Kalau dari keterangan dr google sendiri, mendukung semua bank kok.

    @afrid.
    gitu deh, silakan dirubah setelan pembayarannya. biar lebih praktis..

    @fikri.
    kalau saya hitung dari jumlah perolehan dan uang yg masuk dg kurs 11.600, tidak ada potongan apapun.

    • Verifikasi biasanya didapatkankapan ya min, daudah beberapa hari tapi belum mendapatkan atau bisa menambahkan rekening bank saya.. terima kasih

      • biasanya berapa lama ya mas gee?? saya sudah 2 hari mas nunggu verifikasi rekening dari google, katannya google akan mengirimkan uang dng jumlah 100 sampai 999 gitu.

  • wah baru tahu saya mas ternyata pembayaran adsense sudah lewat rekening bank ya.
    wah asik dong πŸ˜‰

  • Alhamdulillah ya mas Gee Jhon, sekarng sudah mendukung transfer lewat Bank Indonesia, jadi lebih praktis dan simpel. Bank apa aja yang mendukung mas ?

  • wah selamat deh mas atas pencairan via kawatnya hehehe,,,saya juga mau coba ah……..terimakasih telah berbagi