Mungkin blogger yang menjalankan Google Adsense, masih kesulitan dan tidak puas dengan pendapatan yang didapatkan.

Ada yang cukup banyak mendapat klik, tapi nilai CPC-nya terlalu rendah, ada pula sebaliknya, yang memperoleh CPC cukup tinggi namun sedikit sekali yang mengklik iklannya.

Dua-duanya sama:
pendapatan Adsense masih jauh dari harapan.

Penyebab penghasilan Adsense yang rendah, berbeda-beda dari satu blog dengan blog lainnya. Mungkin niche blog Kamu nilai kliknya sangat rendah dan tidak memiliki banyak pengiklan. Dalam hal ini, tidak banyak yang bisa dilakukan, kecuali mengganti niche blognya.

Namun dalam banyak kasus, permasalahannya ada pada optimasi yang kurang optimal, sehingga nilai CTR terlalu kecil.

Nah, kali ini saya akan berbagi salah satu strategi bagaimana memperoleh setting terbaik Adsense bagi blog Kamu dalam 4 minggu. Jika Kamu melakukannya dengan baik (seperti yang telah saya buktikan sendiri), penghasilan Adsense Kamu bisa meningkat paling tidak 2 kali lipat dari sebelumnya.

Strategi ini terdiri dari 4 langkah, yang masing-masing dilakukan per minggu. Setiap minggunya, nanti Kamu akan mencatat kinerja dan penghasilan yang didapat. Lalu pada akhir minggu ke-4, Kamu akan memilih setting terbaik yang bisa meningkatkan pendapatan Adsense untuk seterusnya.

Namun, sebelum kita mulai, ada beberapa hal yang perlu Kamu ingat tentang optimasi Adsense:

  • Kamu dapat menempatkan sampai maksimal 3 unit iklan per halaman.
  • Google menyukai halaman yang cepat.
  • Google menyukai konten, jadi teruslah menulis konten baru.
  • Jangan nyepam. Jangan pernah copas artikel blog lain, karena tidak akan membawa blog Kamu menuju sukses.
  • Usahakan terus meningkatkan trafik blog. Tanpa trafik, Kamu tidak akan bisa meningkatkan pendapatan dari Adsense.

Baiklah, sekarang saatnya melakukan optimasi Adsense Kamu.

Minggu Pertama
Sebelum melakukan perubahan-perubahan, sebaiknya Kamu catat beberapa hal tentang penempatan unit iklan Adsense yang Kamu gunakan saat ini. Seperti jumlah dan ukuran unit iklan. Dimana iklan ditempatkan, warna dan gaya iklan dan lain-lain.

Jika sudah, sekarang Kamu siap melakukan optimasi Adsense secara bertahap.

Seperti diketahui, Adsense membolehkan Kamu memasang sampai 3 unit iklan pada satu halaman. (Lebih detil tentang aturan jumlah unit iklan Adsense, silakan baca: Berapa Jumlah Unit Iklan Adsense yang Dibolehkan dalam Satu Halaman?)

Dan Adsense juga menyediakan banyak unit berukuran besar, seperti 728×90, 336×280, 160×600, dan 300×600. Unit-unit inilah yang terbukti paling banyak diklik dibandingkan unit lainnya yang lebih kecil.

Karenanya, pada minggu pertama ini, Kamu harus menggunakan 3 unit berukuran besar pada blog Kamu. Ini akan memberi Kamu ide terbaik bagi penempatan iklan Kamu nantinya.

Dengan alasan paling banyak mendapatkan klik, saya menyarankan Kamu menggunakan 3 unit ukuran besar, yaitu 728×90, 336×280 dan 160×600. Jika tidak memungkinkan memasang unit 728×90, bisa menggantinya dengan unit berukuran besar lainnya yang direkomendasikan oleh Adsense.

Harap diperhatikan, sebelum Kamu mulai memasang unit-unit tersebut, cobalah untuk mengamati sejenak desain blog Kamu secara keseluruhan. Cari posisi atau tempat terbaik untuk penempatan iklan. Menempatkan iklan di bagian bawah halaman tidak akan banyak membantu. Karena itu, masalah penempatan ini menjadi hal yang sangat penting.

Mencari posisi yang pas untuk iklan memang tidak terlalu mudah. Namun, beberapa tempat terbaik adalah persis di bawah judul posting dan di atas konten, di sidebar, dan persis di bawah artikel.

Penempatan iklan terbaik, amat tergantung dari desain blog masing-masing dan bisa jadi berbeda antara satu blog dengan lainnya. Untuk itu, Kamu harus bisa menentukan sendiri dimana posisi terbaik untuk iklan Kamu.

Silakan baca penempatan iklan Adsense terbaik untuk penjelasan lebih rinci.

Selain itu, akan jauh lebih baik jika Kamu menggunakan pengaturan warna teks berbeda untuk masing-masing unit. Sesuaikan dengan tema warna blog Kamu, seperti warna teks, link, border dan latar belakang.

Terakhir, jangan lupa untuk mencatat perubahan-perubahan yang Kamu lakukan pada minggu pertama ini, seperti jumlah, ukuran, warna dan penempatan iklan.

Google Adsense memiliki fasilitas dimana Kamu dapat membuat saluran khusus untuk masing-masing unit iklan. Dengannya Kamu bisa lebih mudah memonitor kinerja iklan yang ada. Silakan baca: Melacak Kinerja Iklan Adsense Menggunakan Saluran Khusus.

Setelah berjalan satu minggu, catatlah beberapa hal penting dari performa iklan Kamu. Seperti, berapa total pendapatan dalam seminggu, unit mana yang paling banyak diklik, warna apa yang paling banyak diklik, dan unit iklan mana yang memiliki nilai klik paling tinggi.

Minggu Kedua
Di awal minggu kedua ini, Kamu telah memiliki data untuk masing-masing unit iklan. Nah, Kamu harus mengetahui unit mana yang paling buruk kinerjanya, baik itu ukuran, warna atau penempatannya.

Kemudian, pada minggu kedua ini, gantilah semua warna unit iklan dengan warna unit terbaik pada minggu pertama. Lalu, gantilah unit yang paling rendah performanya dengan unit iklan yang lebih kecil, seperti 486×60, 250×250 atau lainnya.

Nah, sekarang unit iklan ketiga Kamu lebih kecil dibandingkan minggu pertama tadi, dan semua dengan warna yang bekerja paling baik.

Unit lebih kecil akan menampilkan iklan lebih sedikit dibandingkan dengan unit yang lebih besar. Hal ini akan memberikan unit iklan pertama memperoleh nilai klik lebih besar, yang tentu akan memberi pendapatan lebih besar lagi.

Minggu Ketiga
Pada awal minggu ketiga ini, sekali lagi Kamu memiliki data baru performa unit iklan Kamu. Cari unit yang paling rendah kinerjanya.

Pada minggu ini, buanglah unit iklan terburuk dari halaman blog Kamu. Sehingga sekarang Kamu hanya memiliki 2 unit saja yang akan memiliki nilai klik lebih besar.

Makin sedikit jumlah unit iklan, akan memberi nilai klik lebih besar. Namun, makin sedikit unit juga memberi jumlah klik lebih sedikit, sehingga dapat mengurangi pendapatan.

Karena itu keseimbangan antara keduanya adalah hal penting untuk diperhatikan. Dan nanti pada minggu keempat Kamu akan bisa menentukan yang terbaik, mana yang lebih baik bagi blog Kamu, apakah jumlah unit lebih sedikit tapi dengan nilai klik tinggi, atau jumlah unit banyak dengan nilai klik lebih kecil.

Minggu Keempat
Kamu memiliki data baru lagi pada awal minggu ini. Temukan unit iklan terburuk pada minggu ketiga, dan buang unit tersebut dari halaman. Sekarang Kamu hanya memiliki satu saja unit iklan di blog Kamu.

Saya menduga: unit yang tersisa sekarang adalah unit pada bagian paruh atas halaman (iklan langsung terlihat tanpa harus menggulung layar ke bawah).

Dengan satu unit iklan yang memiliki nilai klik tinggi atau mendapat banyak jumlah klik, dapat meningkatkan pendapatan Kamu secara signifikan.

Namun perlu saya ingatkan lagi, satu unit iklan juga dapat menurunkan pendapatan untuk blog-blog atau website tertentu karena mereka mendapatkan klik lebih sedikit. Mendapatkan lebih banyak klik dengan jumlah unit yang banyak, bekerja baik pada blog atau website tertentu.

Penentuan
Ini adalah tahap akhir dalam optimasi Adsense. Pada akhir minggu keempat, silakan Kamu bandingkan pendapatan dari keempat eksperimen selama 4 minggu tadi. Mana yang paling tinggi penghasilannya?

Jika Kamu menemukan satu minggu memberi hasil lebih besar dari 3 minggu lainnya, maka itulah setting terbaik bagi blog Kamu. Kemudian Kamu mengembalikan kembali kepada setelan tadi dan menyesuaikan optimasi-optimasi lainnya.

Cara ini berhasil meningkatkan pendapatan Adsense saya 2 kali lipat dari sebelumnya. Pada blog-blog lainnya, ada yang menggunakan 1 unit, juga ada yang 2 unit atau lebih.

Saya berharap Kamu berhasil meningkatkan pendapatan Adsense Kamu setelah menjalankan 4 langkah sederhana di atas. Satu lagi, jika Kamu melakukan strategi ini, setelah 4 minggu kemudian kembalilah ke posting ini, dan ceritakan bagaimana hasilnya melalui komentar. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

43 Komentar

  • saya sudah 2 tahun mempunyai adsense, blog dengan pv 1,4K setiap harinya, namun yang di dapat yan cuma itu itu saja… saya cukup sedih… RPM,nya kecil sekali gan.. sedihnya hatikuuu….

  • ijin praktek min, lagi dilema karena ada 2 ads yg performnya sama persis. mudah2an pake 2 iklan makin ngalir 🙂

  • kalo menurutku sih, cukup satu cara yg dpt meningkatkan penghasilan GA, yaitu tingkatkan trafik pengunjung

  • wahh seneng banget baca2 artikelnya diblognya mas gee jhon 🙂 ..banyak sekali pencerahan tentang cara akun GA 🙂 ..

  • @tips.
    terima kasih.

    @daniel.
    sama2 mas Daniel. Silakan dicoba, semoga bisa meningkatkan pendapatan adsense-nya. Jawaban pertanyaannya, tentu saja bisa. Satu akun, bisa untuk digunakan banyak blog, berapapun yg kita miliki.

  • Terima Kasih atas pencerahannya mas gee jhon. Artikel yang bermanfaat dan layak dicoba. Bisa kah satu akun digunakan untuk beberapa jenis blog? Salam

  • bos sebenarnya jumlah iklan perhalaman itu 3 itu 3 yang besar-besar doang apa total lebih dari 3 yang lainya iklan tautan gimana bos… saya lihat di banyak blog iklan nya sampai ada yang 5 bos… bagaimna itu bos… maksih

  • Mas Gee Jhon

    Minta tolong dikit bro ..apakah jumlah iklan GA saya ini yang baru saya pasang di artikel ini menepati TOS Adsense mas?..ini kontennya;

    fortunamedia.blogspot.com/2014/11/fakta-tentang-coca-cola-paling-popular.html

    Iklan ini hasil kerja belajar ama mas bro tuhh..moga Allah SWT membalas segala kebaikan mas…Terimakasih sebelumnya

  • @chika.
    rata cpc portal, 0.07, tidak jarang kadang mencapai 0.12. tuk meningkatkan ctr, salah satunya cobalah cara di atas dg mengurangi jumlah unit iklan.

  • halo mas Gee..
    saya mau tanya berapa yah CPC blog portal uang ?
    Punya saya kok mnetok di angka 0,04.
    adakah cara untuk meningkatkanya, kalo CTR luamyan kisaran 2-3
    terimkasih

  • @ike.
    nilai klik rata2 apa? 2 apa?

    @indra.
    sip….. pasti saya mampir. 🙂

    @ady.
    oke.. semoga berhasil.

    @perawatan.
    hemmm… saya kira bukan nasib masalahnya, hehe… coba tingkatkan terus optimasinya dan paling penting: trafiknya. 🙂

  • waduh mas, sepertinya saya sudah melakukan semua cara, tapi pendapatan dari adsense belum naik2 juga. mungkin sudah nasib kali ya 😀

  • Terima kasih banyak mas infonya, saya sudah 2 minggu jadi publisher adsense tapi pendapatan belum sampe $1.00. Saya akan coba cara ini

  • terima kasih infonya mas, sangat bermanfaat bagi aku yg baru diterima jadi publisher GA.
    kapan2 mampir di blogku ya mas 🙂

  • bro gee jhon, blog saya ada skitar 100 post artikel, tapi nilai klik perhari rata-rata cuma 2, pengunjung 200-500 kira-kira blog saya sehat atau ada yang harus diperbaiki?

  • @iqrozen.
    salam kembali… terima kasih telah berkunjung dan berkomentar, silakan dicoba, semoga pendapatan adsense-nya makin meningkat.

    @edi.
    ya begitulah, sampe benar2 menemukan yang terbaik. 🙂

    @helmy.
    bisa dilihat di halaman laporan kinerja. disitu sangat lengkap laporannya..

  • @bro Gee Jhon.
    So,gimana kita bisa tahu atau check laporan kinerja dari setiap unit iklan, berapa mendapatkan klik dan sebagainya.
    Maaf mas saya mrepotkan aja terimakasih.
    Salam sukses selalu;)

  • Mantabs Juragan lengkap banget deh… Boleh dijajal neh… Trims artikel yang menggugah impian bagi adsenser hehe

    Salam dari Pulau Dollar

  • @afrid.
    makasih, semoga bermanfaat.

    @helmy.
    jika yg dimaksud adalah rincian iklan apa saja yg diklik pengunjung, maka jawabannya tidak ada cara tuk mengetahuinya. Tapi kita hanya bisa menggunakan laporan kinerja dari setiap unit iklan, berapa mendapatkan klik dan sebagainya.

    @fartan.
    sama2, terima kasih juga atas kunjungan dan komentarnya.

  • Salam bro Gee Jhon.
    Dimana ya kita bisa check,iklan mana-mana yg diklik oleh pengunjung blog kita..
    terimakasih atas pencerahannya..