Masih Ragu Membuat Blog? Ini 10 Alasan Bagus untuk Segera Membuatnya

Mengapa saya harus membuat blog?

Blog dari hari ke hari, semakin populer saja. Namun, nyatanya masih banyak orang yang memiliki keinginan memiliki blog, namun belum juga mewujudkannya. Beberapa di antaranya, mungkin tidak memiliki alasan yang cukup kuat untuk segera melangkah.

Haruskah Kamu bergabung menjadi bagian dari blogosphere? Bagi Kamu masih saja ragu untuk memulai membuat sebuah blog, cek 10 alasan di bawah ini:

1. Menyalurkan buah pikiran dan pendapat

Kamu memiliki sesuatu untuk disampaikan, diungkapkan, diberitakan kepada semua orang? Blog adalah tempat yang sangat bagus (juga tepat) untuk tujuan tersebut.

2. Memasarkan atau mempromosikan sesuatu

Blog adalah alat yang sangat baik untuk mempromosikan sekaligus menjual produk ataupun layanan yang Kamu miliki.

3. Membantu orang lain

Banyak sekali blog, dibuat semata dengan tujuan untuk membantu orang lain. Blog ‘cara mengasuh anak’ dan ‘blog kesehatan’ banyak dibuat untuk tujuan ini.

4. Membentuk Kamu menjadi seorang ahli

Blog adalah sarana yang sangat bagus untuk membangun diri Kamu sendiri menjadi seorang ahli dalam satu bidang tertentu.

Misalnya, Kamu sedang berusaha mendapatkan pekerjaan di bidang spesialis tertentu, atau berencana menerbitkan buku di topik tertentu, blog bisa sangat membantu Kamu membangun legitimasi terhadap keahlian Kamu. Selain itu juga membuat Kamu lebih dikenal dalam komunitas yang lebih luas.

5. Berhubungan dengan orang yang memiliki minat yang sama

Blog maka akan mempertemukan orang-orang dengan minat yang sama. Dengan membuat sebuah blog, lalu Kamu membagikan pengalaman, ide dan pendapat, akan membantu Kamu menemukan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Selanjutnya…. terserah Kamu!

6. Membuat ‘perbedaan’

Banyak blog memuat isu-isu hangat yang sedang berkembang dan sedang berupaya untuk mengarahkan pKamungan atau pendapat orang-orang terhadap satu hal ke arah yang berbeda. Tidak sedikit blog politik dan blog yang mengangkat isu sosial dibuat untuk tujuan ini.

7. Membantu tetap aktif dan tidak ketinggalan jaman di bidang tertentu

Karena blog yang sukses adalah blog yang menyajikan informasi segar, baru, dan disajikan secara teratur, maka hal ini dapat memacu serta membantu Kamu untuk terus mengikuti perkembangan terhadap bidang yang Kamu geluti.

8. Tetap terhubung dengan kolega, kerabat dan keluarga

Dunia serasa menjadi ‘kecil’ sejak internet menjadi lebih mudah diakses oleh siapa pun. Blog adalah sarana yang bagus untuk tetap saling berhubungan dengan berbagi cerita, foto, video dan sebagainya. Meskipun hal itu bisa Kamu lakukan melalui media sosial yang sangat pesat berkembang, tapi blog mampu menyajikan cara yang berbeda.

9. Untuk mendapatkan uang

Memang saya berani mengatakan, bahwa kebanyakan blogger tidak mampu menghasilkan uang cukup banyak dari blog. Tapi, peluang tersebut tetap terbuka, bagi mereka yang mau bekerja keras dan berkomitmen tinggi. Itu hanya masalah pilihan.

Yang jelas, ya, dari blog Kamu bisa mendapatkan uang. Banyak blogger yang sukses mendulang uang dalam jumlah yang besar. Dengan kesabaran dan terus bekerja keras, Kamu akan mulai menghasilkan uang dengan memasang iklan atau pun sumber-sumber penghasilan blog lainnya.

10. Untuk kesenangan, hobi dan menjaga kreatifitas

Banyak orang memulai membuat blog dengan tujuan kesenangan semata. Mereka suka untuk berbagi. Mereka mendapatkan kebahagiaan dengan menyajikan apa saja yang ada dalam pikiran mereka.

Nah, itulah 10 alasan utama bagi Kamu untuk segera membuat blog pertama Kamu.

Sebagai tambahan, saya ingin menyampaikan, salah satu kunci paling penting untuk sukses ngeblog adalah memiliki kegemaran, memiliki gairah yang cukup di bidang atau topik yang Kamu pilih. Sehingga Kamu bisa produktif menghasilkan tulisan yang berkualitas.

Bagi Kamu yang masih belum tahu harus memulai dari mana, silakan ikuti panduan berikut:

Tidak sedikit blog sukses pada awalnya dibuat untuk tujuan kesenangan semata. Itu membuat seorang blogger tetap kreatif dan mampu menyalurkan bakat dan hobinya.

Sudah siap bulat untuk membuat blog sekarang juga? Saya tunggu kabar dari Kamu. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

12 Komentar