Setiap orang yang membuat blog, tentu ingin agar blognya ramai dikunjungi.

Hal ini tidak lepas dari sejauh mana blog Kamu memberi manfaat, menyenangkan atau ‘menghibur’ para pengunjung.

Blog Kamu tidak akan sukses jika tampil dengan cara yang membosankan!

Melengkapi tulisan saya sebelumnya: Sukses Menjadi Blogger? 5 Hal Dasar yang Harus Dimiliki, di bawah adalah unsur atau elemen penting untuk mengantar Kamu mencapai blog yang sukses. Blog yang ramai dikunjungi, serta mendapat tanggapan positif dari komunitas yang Kamu bentuk.

Yuk, kita simak:

1. Sentuhan pribadi

Blog Kamu harus mencerminkan kepribadian dan siapa diri Kamu sebenarnya. Ini termasuk unsur terpenting dalam membangun blog yang sukses.

Pembaca menginginkan sentuhan personal!

Jika pengunjung merasa bahwa blog Kamu seperti hanya sebuah kumpulan berita yang membosankan, maka mereka tidak akan kembali. Kamu perlu memasukkan sentuhan pribadi di setiap tulisan yang dibuat. Buatlah tulisan seolah Kamu sedang bicara face to face dengan pengunjung. Jadikan tulisan Kamu sebagai alat komunikasi dua arah, antara Kamu dengan pembaca.

Temukan gaya milik Kamu sendiri. Tampilkan hal tersebut dalam setiap aspek blog Kamu, dalam setiap artikel, dalam setiap komentar dan lainnya. Sentuhan pribadi ini akan membuat blog Kamu tampil beda dan menarik untuk dikunjungi lagi dan lagi.

2. Opini

Salah satu komponen terpenting dari pembentukan gaya pribadi seperti yang saya maksud pada poin pertama diatas, adalah opini. Opini Kamu lah yang akan menjadi pembeda dari semua blogger lainnya.

Untuk itu, jika tidak mau dikatakan sebuah keharusan, Kamu tidak perlu ‘takut’ menyertakan opini Kamu sendiri dalam setiap permasalahan yang Kamu angkat melalui tulisan. Justru pendapat Kamu ini yang dinanti oleh pengunjung. Tanpa opini, tulisan Kamu akan tampak seperti sebuah kabar belaka.

Yang membuat sebuah blog menjadi menarik adalah karena adanya opini pribadi dari pemiliknya!

Lebih jauh, silakan baca: Menjadi Blogger Ahli itu Mudah!

3. Partisipasi

Yang saya maksud adalah kesertaan Kamu secara total dalam setiap konten yang Kamu buat. Janganlah menganggap setelah selesai menulis, mempublikasikannya, kemudian Kamu boleh melupakannya.

Kekuatan dari blog adalah komunitas yang terbentuk dalam suatu topik bahasan tertentu. Dengan terbentuknya komunitas ini, maka pengunjung merasa bahwa mereka ikut berpartisipasi dalam komunikasi dua arah.

Jika seseorang meninggalkan komentar, balaslah. Jika pembaca mengirimkan email secara pribadi dan mengajukan pertanyaan ataupun kritikan, berilah respon secara baik.Buatlah pembaca blog

Kamu merasa mereka penting, dengan berbicara dengan mereka, bukan sekadar berbicara kepada mereka.

4. Nilai manfaat

Blog Kamu harus memberikan nilai manfaat yang nyata, sesuatu yang menarik, jika tidak, maka mereka merasa tidak mendapatkan apapun dan hanya membuang waktu untuk mengunjungi blog Kamu.

Dengan kata lain, blog Kamu harus memberi ‘nilai lebih’, sehingga pembaca merasa perlu untuk mendengarkan apa yang Kamu katakan. Kamu bisa memberi nilai manfaat ini dengan cara menyajikan konten yang tidak sekedar mendaur ulang informasi yang sudah basi atau hanya berupa link ke blog atau website lainnya.

Posting blog Kamu harus menyampaikan sesuatu yang unik, dengan suara Kamu sendiri, dengan opini Kamu sendiri, dan disajikan dalam bentuk komunikasi dua arah.

5. Kesediaan

Jangan pernah, setelah mempublikasikan sebuah posting, Kamu menghilang berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan!

Bukan begitu cara menjadi blogger sukses.

Pembaca akan berkembang dengan sendirinya, karena percaya bahwa Kamu ada untuk mereka. Mereka berkunjung karena informasi berharga yang Kamu sampaikan, komentar bernilai, respon yang bersahabat, serta apapun yang terjadi di blog Kamu.

Jika pembaca tidak dapat meyakini bahwa Kamu ada untuk mereka ketika mereka berkunjung membaca konten terbaru, maka mereka akan mencari tempat lain yang lebih memuaskan dahaga mereka.

Nah, kelima hal diatas, adalah elemen dasar yang membentuk kesuksesan sebuah blog.

Apakah Kamu siap dan telah memilikinya? Atau Kamu punya pendapat lain? Silakan berbagi melalui komentar.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

21 Komentar

  • Weleh….. inspiratif banget tulisan Bang Jhon, kalao bagi saya rasanya menuju karakter seperti bang jhon masih jauh banget,…….. kalau tulisan dalam bentuk cerita-cerita pendek, cerita fiksi, apakah mungkin menjadi blog yang dimnati seperti blognya Abang ini….. mohon saran….

  • @arrazi.
    sama2, makasih atas kunjungannya 🙂

    @duniaku.
    hmm… bebas2 aja mas, tergantung dari kesanggupan masing2. tapi sebagai patokan atau bahan referensi, silakan baca:

    portal-uang.com/2014/05/seberapa-sering-frekuensi-posting-ideal.html

  • @sadam coba kamu Cek disini ini aku ada beberapa tutorial untuk mengatasi masalah mu

    @geeJhon thanks mas postingannya, manfaat buat nambah pengetahuan (y)

  • Terimkasih infonya sangat bermanfaat sekali, namun saya memiliki bebepara kendala di halaman situs saya ini

    duduul.comduduul

  • @supangkat.
    waduh, saya sama sekali bukan guru besar, hehe… kita sama2 belajar, hayoo…. alhamdulillah, semoga ke depannya penghasilannya lebih besar lagi. Sukses selalu.

  • masih terus belajar dari guru besar pak gee jhon.. berharap saya bias sesukses beliu 🙂 saat ini penghasila saya Alhamdulillah mulai merangkak naik, berkat setia nongkrong di portal uang :V

  • @collection.
    terima kasih kembali atas komentar dan kunjungannya. Sukses juga selalu untuk Anda.

    @belajar.
    ya memang. Blogging adalah kegiatan yg menuntut komitmen waktu yang tinggi. Jika tidak, maka rasanya akan sulit mengatur waktu yg cukup untuk blogging.

    @info.
    thanks!

  • Bagi saya akan sulit untuk menerapkan 5 tips diatas soalnya waktu untuk blogging sangat minim mas, tapi akan saya baca dan bookmark dulu, siapa tahu nanti saya punya waktu luang yang lebih banyak

  • mantap bang jhon artikel yang di buat abang selalu berguna bagi semua orang
    maju terus bang thx buat bang jhon yang selau memberikan informasi bermanfaat

  • @kedirishop.
    hehe.. silakan dipraktekkan, semoga membantu. Mengenai menulis artikel, sudahkah baca artikel ini: portal-uang.com/2013/08/cara-membuat-konten-yang-bernilai.html ?

    @edi.
    kesediaan yg saya maksud bukan hanya update dalam arti menyajikan artikel baru. Tapi lebih kepada interaksi secara konsisten dengan pembaca. Sukses selalu mas Edi.

    @sutopo.
    amin…. tetap semangat….. mungkin artikel ini dapat membantu agar lebih ada sentuhan personal.. :portal-uang.com/2014/01/membuat-posting-lebih-personal.html

  • kalau aku sendiri sih , apa ya..?
    5 topik yang mas gee smapikan lengkap banget..
    dulu waktu baca blog dengan point no 1 itu merasa nyaman, enak , bahkan merasa terhibur…
    blog yang ditulis berdasarkan penglaman,terbuka, atau yang mas bilang sentuhan pribadi..
    ok moga2 bisa menambah semangat lagi , agar bisa menjadi blogger yang sukses ..
    aminn..

  • Kesediaan, ini yang masih sulit bagi saya belum bisa konsisten utk update secara rutin. Perlu ditingkatkan lagi.

  • menarik sekali, patut di praktekkan. tetapi yang sering menjadi kendala adalah bagaimana menulis berita/artikel yang baik yah .
    kadang bingung karena gak punya basic sebagai penulis…

    Thanks