Membuat Adsense Bersaing dengan Inventori Iklan Lainnya: Tutorial DFP

Jika Anda membaca artikel ini, saya anggap Anda tidak hanya menjalankan Google Adsense dengan DFP, tetapi Anda juga memiliki kampanye iklan lainnya.

Nah, lalu bagaimana caranya Anda bisa memaksimalkan potensi penghasilan dari inventori unit iklan yang Anda punya?

Mudah saja: buat iklan Adsense bersaing dengan inventori iklan lainnya!

Artinya, Anda dapat mengatur DFP untuk menampilkan iklan Adsense, jika memiliki nilai CPM lebih tinggi dari iklan lainnya untuk satu unit iklan tertentu.

Untuk melakukannya, pertama Anda mesti sudah menyetel opsi Adsense pada DFP agar dapat Menampilkan Iklan Adsense Melalui DFP Small Business

Selanjutnya, mari kita lihat lebih jauh mengenai tipe Line items pada DFP, yaitu: Sponsorship, Standard, Network, Bulk, Price priority, AdMob dan House.

BACA JUGA:  Cara Mendaftar Google AdSense Non Hosted Lewat YouTube

Dari semua jenis itu, hanya ada 4 tipe item baris yang dapat bersaing dengan iklan Adsense, yaitu:

  • Network
  • Bulk
  • Price priority, dan
  • House
Karena itu Anda harus mengatur Line items dengan salah satu dari 4 tipe tadi. Anda dapat mengaturnya pada bagian Setting di masing-masing Line items.
menentukan nilai CPM adsense
Setelah itu, Anda hanya perlu menentukan nilai CPM pada Line items Anda. Segera setelah Anda menentukan nilainya, maka Adsense akan bersaing inventori iklan Anda lainnya, dan hanya akan menampilkan iklan Adsense yang nilainya lebih besar dari nilai yang telah Anda tentukan.

Anda dapat mengatur nilai CPM dengan mengklik Line items yang Anda inginkan bersaing dengan Adsense, lalu klik tab Setting, lalu masukkan nilai CPM pada kolom Rate, atau klik set value CPM lalu masukkan nilai pada kolom Value CPM.

BACA JUGA:  Membuat Order Pengiklan: Tutorial DFP

Klik Save. Selesai.

Catatan:
Beberapa orang melakukan cara ini berpikir bahwa mereka dapat ‘mengakali’ Adsense agar menampilkan iklan bernilai lebih tinggi, atau pun mengelakkan dari sistem Smart Pricing Adsense, maka saya katakan itu tidak benar.

Jika tujuan Anda hanya untuk menampilkan iklan dengan nilai CPM sama atau lebih tinggi dari yang Anda tentukan, sedangkan Anda tidak memiliki iklan pihak ketiga lainnya, maka itu berarti Anda kehilangan banyak sekali impresi dari Adsense. Dan setiap impresi hilang, meskipun hanya bernilai beberapa sen, jelas itu berarti kehilangan potensi penghasilan. Pikirkan hal ini baik-baik.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Sebelumnya:

Loading...

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

21 Komentar

  • Masih berusaha untuk meningkat adsense saya dari hosted ke non hosted, tapi ditolak terus, ntahlah gak tau knapa…rasa-rasanya semua udah dicoba’

  • mas bro, kalau untuk indonesia, lebih baik kita buat nilai cbp berapa ya?

    coba yang lima ribu, tidak muncul-muncul…

  • Saya ingin bertanya lagi nih mas Gee, saya baru dapat email review pertama dari GA .
    nah setiap saya buka sebelum menerima email pertama ini GA saya selalu seperti ini.
    ini mas contoh gambarnya

  • Selamat pagi mas Gee Jhon…
    selamat tahun baru.

    terimakasi telah cape-cape menulis artikel bersambung yang mermaaf ini…

    setelah membaca beberapa kali, terutama dalam postingan artikel ini, yang saya tangkap adalah…
    kalau pake DPF berarti, kita juga telah diaprove situs jaringan periklanan lain, seperti adplus dan adstra juta tentunya adsense ya?

    jadi, kita gunakan DPF untuk membuat ketiganya bersaing dalam menampilkan iklan mereka disitus kita berdasarkan harga yang kita tawarkan dalam satu lokasi yang sama ya…?

    atau salah salah mengerti?

    terimakasi.
    maaf suda merepotkan

    • Apa yg bos uraikan di atas itu benar. Dg dfp kt bs membuat iklan adsense bersaing dg iklan lainnya, trmasuk ads-network lainnya. Tp sebenarnya tu bkn fungsi utamanya. DFP adl server iklan gratis yg disediakan Google tuk mengelola iklan di website kita

  • Mas, saya tidak ingin memilih opsi apabila DFP kosong, maka akan digantikan dengan adsense. tapi mengapa iklannya tetap di gantikan ya mas? padahal sudah saya hilangkan centangnya.

  • @andre.
    caranya macam2. langkah pertama mungkin membuat halaman 'advertise', dimana secara lgsung memberitahu pengunjung bahwa blog Anda menyediakan slot iklan. cara lainnya, bisa dg menghubungi pihak2 yg bisa Anda anggap sbg klien potensial.

    dalam hal ini kita berusaha menjadi sales, ya…. karena kita berusaha menjual sesuatu.

  • mau tanyak nih mas, kalau belum mempunyai iklan (dari pengiklan) cara promonya gimana supaya para pengiklan tahu kalau slot itu bisa ditempati?

  • collectionofallthearticles.blogspot.com keren mas info thx ya tetapi saya sendiri masih kurang paham dengan DFP mungkin bisa bantu untuk info lebih jelas nya