5 Tempat Terbaik Mencari Gambar Gratis untuk Posting Blog

mencari gambar gratis untuk blog

Mencari foto atau gambar yang tidak memiliki pembatasan hak cipta yang ketat untuk Kamu gunakan di blog, adalah sesuatu yang cukup memakan waktu.

Nah, di bawah ini saya tampilkan 5 situs terbaik dimana Kamu dapat mencari foto yang sesuai untuk Kamu gunakan di blog Kamu tanpa harus melanggar hak cipta.

Namun, pastikan Kamu memperhatikan batasan hak cipta di masing-masing foto yang diambil. Beberapa foto yang Kamu temukan di situs-situs ini, mengharuskan Kamu memberikan atribusi (sesuatu yang memang sudah sewajarnya).

Selain itu, Kamu harus selalu menaati aturan hak cipta dan lisensi creative commons dari masing-masing foto atau gambar bersangkutan, dan pastikan Kamu memenuhi aturan yang ditetapkan.

Dan inilah 6 tempat terbaik mendapatkan foto dan gambar gratis untuk blog Kamu:

1. Pixabay

Situs ini memberi kemudahan kepada para blogger untuk mengakses sekaligus menggunakan foto secara gratis. Bahkan, di pixabay Kamu tidak perlu memberi atribusi ke sumbernya. Meskipun begitu, saya tetap menyarankan Kamu menyebutkan sumber kepada pemilik foto asli.

2. Stock Xchange

Stock Xchange adalah sumber bagus untuk mencari foto gratis yang bisa Kamu gunakan di blog Kamu. Namun harus diingat, di sini masing-masing foto memiliki lisensi dan aturan atribusi yang berbeda. Pastikan Kamu memeriksanya sebelum mendownloadnya.

3. Flickr

Makin hari, Flickr makin populer saja. Di sini Kamu dapat menemukan image dan foto untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk digunakan dalam artikel blog Kamu.

Untuk menemukan foto yang Kamu cari, Kamu dapat mulai dari mencari foto dengan lisensi creative commons. Kembali, pastikan Kamu memberi atribusi dan tautan kembali ke sumbernya.

4. FreeFoto

Ada ratusan ribu foto gratis yang bisa Kamu temukan di sini. Umumnya, Kamu harus memberi link sumber untuk dapat menggunakan foto dari FreeFoto, jadi pastikan Kamu menyertakannya di posting Kamu. Selain itu, ada banyak foto yang memiliki watermark kecil di kanan bawah foto dengan tulisan ‘freefoto.com’ yang tidak terlalu mengganggu.

5. MorgueFile

Banyak sekali foto gratis yang bisa Kamu gunakan untuk blog Kamu dari sini. Sama seperti yang lain, Kamu harus memberi link ke sumber untuk menggunakannya.

Nah, itulah 5 situs untuk mencari gambar gratis bagi blog Kamu. Menambahkan foto atau gambar dalam sebuah postingan, akan banyak sekali manfaatnya, terutama menarik minat pembaca dan membuat tulisan Kamu lebih segar.

Masih kurang? Jika 5 situs di atas masih kurang, silakan cek 35+ Tempat Cari Foto dan Gambar Bebas Royalti.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

7 Komentar

  • Misalkan saya membuat postingan tentang facebook. Lalu saya mengambil logo/ gambar facebook sebagai pelengkap pada postingan saya, apakah hal ini diperbolehkan mas?
    Terima Kasih sebelumnya mas Gee.

  • Sebelum Terima Kasih, Web si mas sangat membantu saya dalam menulis.

    Yang ingin saya tanyakan, untuk menaati peraturan dalam mencari gambar/foto dalam web Pixabay
    apakah harus mencantumkan link nya atau bagaimana mas? mohon bantuannya. Terima Kasih

  • @sticker.
    terima kasih banyak atas apresiasinya, makasih juga dah menyempatkan waktu 'mengobok-obok' blog ini. 1 jam? kayaknya, kalau 1 jam blm semuanya deh, hehe…

    ok deh sukses selalu..

  • Sangat keren banget informasi dari blog ini,saya hampir-hampir satu jam mengobok-obok semuanya ,dan sangat merasa kerasan untuk membaca semua artikelnya.Terimakasih apa yang telah di share , semoga bisa bermanfaat untuk kami

close