Lagi-lagi saya membahas masalah komentar. Entahlah, sepertinya tidak ada habisnya masalah yang satu ini, padahal sudah cukup banyak saya menulisnya. Saya bisa ‘berbangga’, blog ini cukup banyak mendapat komentar setiap harinya.

Saat artikel ini ditulis, jumlah seluruh komentar di PortalUang mencapai 8.230 komentar. Kalau saya anggap setengahnya adalah jawaban saya sendiri (padahal, saya biasa menjawab beberapa komentar dalam satu jawaban sekaligus), maka ada sekitar 4.000 komentar yang masuk. Dengan jumlah posting 308 artikel, berarti rata-rata satu posting mendapat 12 komentar.

Memang sih tidak sama rata. Bahkan artikel cara dapat uang dari Youtube, mendapat komentar terbanyak, mencapai 899 komentar. Beberapa lainnya sekitar 200-an, dan banyak juga yang masih di bawah 10 komentar.

Nah, bagaimana dengan Kamu?

Apakah Kamu masih ‘berjuang’ meningkatkan jumlah komentar di setiap posting Kamu?

Kita semua ingin lebih banyak komentar untuk meningkatkan reputasi blog, bukan? Tapi sayangnya, masih banyak blogger yang cukup kesulitan memperoleh lebih banyak komentar di blog mereka.

Saya tidak peduli apakah Kamu seorang blogger pemula atau bukan, Kamu tetap bisa mendapatkan rata-rata 10 komentar di setiap posting, dengan mengikuti langkah-langkah yang akan saya paparkan di bawah ini.

Namun sebelumnya, mungkin Kamu bertanya: Mengapa komentar blog masih dianggap penting?

Ini beberapa alasan mengapa mendapat lebih banyak komentar itu penting:

  • Komentar meningkatkan interaksi dengan pembaca.
  • Kamu dapat memperoleh ide dari komentar.
  • Kamu bisa membangun komunitas ‘setia’ bagi blog Kamu.
  • Komentar bisa dianggap sebagai ‘status sosial’ di dunia blogging.

Bagaimana cara mendapatkan rata-rata 10 komentar di setiap posting?

1. Belajar menulis komentar yang bagus di blog lain

  • Ingin konten Kamu dibagikan orang lain di sosial media? Bagikan konten orang lain terlebih dahulu.
  • Ingin dapat banyak link masuk? Berilah link keluar ke yang lain terlebih dahulu.
  • Ingin dapat lebih banyak komentar? Mulailah meninggalkan komentar di blog orang lain.

Ya, sesederhana itu. Bahkan prinsip ini berlaku hampir di seluruh bidang kehidupan, dan saya pernah menulisnya dalam: Take and Give, atau Give and Take?

Jadi, jika Kamu menginginkan komentar lebih banyak di blog, maka tinggalkanlah komentar cerdas yang menarik perhatian pembaca lain.

Mungkin Kamu berkilah, bahwa tidak akan ada orang yang mau meluangkan waktu membaca-baca bagian komentar dari suatu blog. Itu salah! Masih banyak mereka yang membaca komentar orang lain untuk memperoleh ide, untuk mendapat jawaban, atau hanya sekedar untuk membalasnya.

Inilah beberapa tips bagaimana menulis komentar yang menarik perhatian:

  • Ketika Kamu meninggalkan komentar, cari tahu dulu nama pemilik blog atau penulis artikel, lalu gunakan namanya saat menulis komentar.
  • Usahakanlah masuk 5 komentar pertama. Semakin mudah terlihat komentar Kamu, semakin besar peluang mendapat respon dari lainnya.
  • Selalu memberi nilai tambah pada posting bersangkutan. Bisa dengan bertanya sesuatu atau menambahkan opini pribadi.
  • Memulai perdebatan (baca: diskusi). Balaslah komentar orang lain yang bernada provokasi. Dengan cara ini Kamu dapat memperoleh perhatian lebih.
Lebih jauh bagaimana berkomentar yang baik, silakan baca: Bagaimana Cara Berkomentar Cerdas?

2. Tulislah judul posting yang menarik orang untuk memberikan komentar

Menurut Brian Clark (CopyBlogger Media), mengatakan: ‘8 dari 10 orang memutuskan untuk membaca artikel Kamu atau tidak, hanya dengan melihat dari judulnya.’

Salah satu cara paling mudah meningkatkan trafik blog Kamu, adalah dengan membuat judul artikel yang bagus, yang membuat pengunjung blog Kamu mengkliknya. Selainitu, judul yang bagus dan menarik, juga sangat mempengaruhi pembaca untuk meninggalkan komentar.

Ini adalah beberapa tips bagaimana membuat judul posting yang hebat:

  • Bacalah majalah atau tabloid. Catat judul artikel yang menarik perhatian Kamu.
  • Otak-atik atau rubah judul tersebut disesuaikan dengan topik blog Kamu.
  • Posting berupa panduan cara melakukan sesuatu, masih menjadi favorit. Jadi buatlah itu.
  • Bacalah blog favorit di topik yang sama, lalu kembangkan untuk blog Kamu sendiri.
  • Bacalah pula blog yang sama sekali tidak berhubungan dengan topik Kamu, lalu kembangkan judul-judul posting populer mereka disesuaikan dengan topik blog Kamu.

Dua artikel ini, mungkin dapat membantu Kamu membuat judul posting yang hebat:

3. Beri penghargaan kepada yang berkomentar

Kebanyakan pengunjung blog tidak meninggalkan komentar pada kunjungan pertama mereka.

Itu lah tugas Kamu membuat mereka melakukannya. Dan memberi penghargaan kepada mereka telah berkomentar adalah cara paling mudah membuat pengunjung meninggalkan komentar di blog Kamu.

Di bawah ini, beberapa cara memberi penghargaan kepada komentator:

  • Membalas semua komentar. Tujuan dari adanya komentar, adalah untuk membangun interaksi dengan pembaca. Jika Kamu tidak pernah merespon komentar yang masuk, maka sama saja Kamu ‘membunuh’ interaksi itu. Sediakan waktu khusus untuk membalas setiap komentar yang Kamu terima.
  • Mengulas blog mereka. Pergilah ke blog komentator dan berikan feedback yang jujur. Kamu dapat melakukan ini setiap minggu atau satu bulan sekali. Bagikan review Kamu ke sosial media, dan beritahu pemilik blog bahwa Kamu mereview blognya. Cara ini akan mengundang lebih banyak lagi komentar yang masuk.
  • Berilah link ke posting mereka. Sempatkan waktu untuk membaca blog mereka yang berkomentar. Jika blognya relevan dengan topik blog Kamu, dan mereka memiliki artikel bagus dan berkualitas, berilah link ke artikel mereka. Cara sangat efektif menarik perhatian untuk memperoleh lebih banyak komentar. Kamu juga bisa memberi link kepada mereka yang meninggalkan komentar berkualitas yang menginspirasi Kamu menulis artikel baru.
  • Pasang widget top komentator. Ini seperti menyediakan kompetisi kepada pembaca. Dan mereka akan berusaha keras untuk tampil di atas. Blog yang memasang widget ini, cenderung memperoleh lebih banyak komentar. Alasannya sederhana: pembaca berharap mendapa trafik dengan tampil sebagai top komentator.

4. Coba merubah jadwal frekuensi posting

Jika Kamu punya jadwal update terlalu sering, katakanlah 1 – 3 artikel per hari, cobalah untuk menguranginya dalam waktu 1 bulan. Dan lihat apakah Kamu menemukan peningkatan dari jumlah komentar yang masuk.

Saya menengarai, mengurangi update posting cenderung menarik komentar lebih banyak. Bisa jadi alasannya seperti ini:

  • Kamu memiliki lebih banyak waktu untuk mempromosikan posting blog.
  • Ada ruang lebih longgar bagi posting Kamu untuk ‘bernafas’. Karena pembaca biasanya cenderung lebih tertarik dengan posting terbaru.
  • Kamu memiliki lebih banyak waktu untuk menulis artikel pilar, yang lebih detil atau tuntas mengangkat tema tertentu. Artikel yang lebih detil, cenderung menarik komentar lebih banyak.
Nah itulah 4 langkah yang bisa membantu Kamu mendapatkan lebih banyak komentar.

Jika disimpulkan, maka Kamu perlu membuat judul posting yang bagus, mengurangi frekuensi posting, beri penghargaan kepada komentator dan memulai untuk meninggalkan komentar bernilai di blog orang lain.

Giliran Kamu.

Bagaimana pendapat Kamu tentang cara menarik lebih banyak komentar di blog? Apakah Kamu memiliki tips lainnya? Tambahkan melalui komentar di bawah.Dan jika Kamu merasa artikel bermanfaat, saya sangat menghargai jika Kamu membagikannya kepada teman.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

23 Komentar