Cara Mendapatkan Sitelink dari Google

Cara terbaik membangun blog yang sukses dan menghasilkan adalah dengan memperoleh sebanyak-banyak trafik dari mesin pencari (search engine).

Semakin tinggi trafik organik yang Kamu peroleh, semakin besar keuntungan yang Kamu dapat untuk jangka panjang. Tanpa memperoleh trafik organik dari SE, blog Kamu akan ditemukan orang-orang dan tidak akan kemana-mana.

Ada banyak sekali strategi SEO dan tips untuk meningkatkan trafik dari mesin pencari. Tapi saya tidak akan membahas itu lebih jauh. Pertama, karena artikel ini saya tujukan bagi para pemula dan kedua, jujur saja saya tidak terlalu menguasainya.

Yang akan saya tunjukkan pada artikel ini adalah cara sederhana bagaimana meningkatkan click through rate blog blog Kamu dari hasil mesin pencari.

Lalu apa cara sederhana meningkatkan trafik dari search engine? Jawabannya adalah: Google Sitelink.

Mungkin Kamu bertanya apa Google sitelink serta apa manfaat darinya?

Gambar ini saya ambil dari halaman Tautan Situs Google Webmaster.

cara mendapatkan sitelink google
(Alat Webmaster Google)

Ya, sekarang Kamu pasti mulai mengerti. Mudahnya, sitelink adalah sub-judul yang muncul pada suatu hasil pencarian Google. Ada banyak manfaat memperoleh Ggoogle sitelink, yang akan saya bahas lebih lanjut nanti pada artikel ini.

Sudah cukup lama PortalUang ‘dihadiahi’ tautan situs oleh Google. Hal ini pernah saya sampai pada artikel: Blogging Tanpa SEO? No Problem! Tentu saja saya sangat senang waktu itu, ketika pertama kali tahu PortalUang mendapatkan sitelink.

Inilah yang membuat saya berpikir, kenapa saya tidak bagikan beberapa tips agar Kamu atau siapapun dapat pula memperoleh Google Sitelink untuk blognya.

Mari kita lanjutkan:

Apa itu Google Sitelink?

Google sitelink adalah tautan otomatis yang dibuat oleh algoritma Google. Ia akan muncul di bawah daftar website kita pada halaman hasil pencarian. Google membuatnya bertujuan membantu pencari untuk memahami lebih baik suatu situs sebelum mengunjunginya dengan menampilkan tautan-tautan paling utama atau terpenting dari situs tersebut.

Sedangkan link-link tersebut dipilih secara acak oleh algoritma Google, sehingga kita tidak bisa berbuat banyak untuk menentukan link halaman mana yang dipilih oleh Google sebagai sitelink.

Namun, kita diberi opsi untuk memblokir suatu halaman yang tidak diinginkan sebagai sitelink melalui alat webmaster.

Jumlah sitelink berbeda-beda

Ada yang menarik dari sitelink ini. Saya menemukan bahwa jumlah sitelink pada hasil pencarian bisa berbeda-beda.

Contohnya adalah sitelink dari PortalUang sendiri.

Apabila Kamu masukkan keyword ‘portaluang’ maka akan tampil 6 buah tautan situs di bawah nama blog. Tapi ketika saya masukkan ‘portal uang’ atau ‘portal-uang’ maka yang tampil hanya 4 sitelink. Beda lagi memasukkan secara lengkap portal-uang.com, maka muncul sebanyak 8 sitelink.

Dan inilah daftar artikel PortalUang yang masuk Sitelink Google:

Ada pula yang mendapatkan sitelink hanya berjumlah 2, seperti kawan kita +Agifa Gumelaar dengan blognya agifa.web.id.

sitelink blog

Ada juga yang muncul sampai 10 buah, seperti blog milik Mbak +Indri Lidiawati yang sudah tidak asing lagi dengan blog juragancipir-nya.

Nah, apakah blog Kamu juga memiliki sitelink? Ada berapa banyak? Dan halaman apa saja yang muncul? Bagikan melalui komentar.

Tapi, jika Kamu belum mendapatkan sitelink, ikuti tips di bawah ini agar blog Kamu pun sama memperoleh Google Sitelink di masa yang akan datang.

Tapi sebelumnya, mungkin Kamu bertanya:

Apa manfaatnya mendapatkan Google Sitelink?

Manfaat pertama yang saya lihat dari sitelink ini adalah lebih banyak dari Google yang berasal dari brand blog, karena mendapatkan ekspos lebih banyak dengan adanya sitelink, dan tentu saja meningkatkan rasio klik pada hasil pencarian tersebut.

Manfaat yang kedua, mendapatkan sitelink dapat diartikan memiliki authority lebih tinggi bagi suatu website di mata Google. Kelihatannya, Google hanya memberikan sitelink kepada mereka yang termasuk kategori ‘sangat populer’ di topik bersangkutan, memiliki backlink yang kuat, struktur navigasi yang baik dan seterusnya.

Jadi, mendapatkan sitelink membuat Kamu tersenyum puas karena dianggap memiliki authority di mata Google.

Dan inilah beberapa manfaat lainnya dari sitelink Google:

  • Meningkatkan rasio klik blog Kamu secara keseluruhan. Tentu saja, jika orang melihat lebih dari link menuju blog Kamu, kemungkinan mereka mengklik salah satunya, akan semakin besar.
  • Sitelink secara tidak langsung menunjukkan popularitas blog.
  • Membuat crawler Google merayapi blog Kamu lebih dalam lagi.
  • Memberi pengunjung lebih banyak pilihan untuk mengunjungi blog Kamu. Sitelink biasanya menampilkan halaman populer dari blog Kamu, sehingga orang memiliki pilihan lebih untuk berkunjung.
  • Meningkatkan brand awarness. Popularitas blog Kamu akan meningkat jika sitelink menampilkan halaman-halaman blog lainnya pada hasil pencarian. Ini membuat sitelink mampu meningkatkan ‘brand awareness’ blog secara keseluruhan.

Bagaimana cara mendapatkan sitelink dari Google?

Sekarang Kamu mungkin bertanya: bagaimana cara PortalUang mendapat sitelink?

Pertama, kita buat semuanya jelas dulu: Google tidak memberitahu apapun tentang bagaimana suatu website berhak mendapat sitelink atau tidak! Apa yang saya bagikan disini, hanya berdasarkan pengalaman bagaimana blog saya memperolehnya, juga blog lain memperolehnya.

Jadi, tidak ada jalan pintas, cara pasti atau suatu tombol yang dapat klik untuk mendapatkan sitelink dari Google.

Meskipun begitu, ada beberapa faktor yang perlu Kamu lakukan untuk memperoleh sitelink bagi blog Kamu:

1. Jumlah link yang mengarah ke halaman depan (home), sangat berpengaruh. Inilah pentingnya memiliki banyak link ke halaman home dengan kata kunci berupa brand atau nama blog. Contohnya untuk PortalUang, saya berusaha mendapatkan link bagi kata semisal: ‘portaluang’, ‘portal uang’, ‘blog portal uang’, ‘gee jhon blog’ dan sejenisnya. Kombinasi antara nama blog dan nama sendiri, akan meningkatkan authority keduanya, ya nama dan blog.

Jadi, usahakan untuk mendapatkan link lebih banyak ke homepage dengan anchor text nama blog atau nama author. Karena kita akan dapat sitelink dengan sedikit saja kata kunci, tidak semua kata kunci yang ada.

2. Usia blog / domain juga menentukan. Saya belum melihat domain atau blog yang berusia beberapa bulan (kurang dari 6 bulan) mendapatkan sitelink dari Google. Portal uang sendiri dapat sitelink setelah kurang lebih tahunan.

3. Blog Kamu mesti sudah menempati urutan pertama di hasil pencarian Google pada keyword yang Kamu inginkan menampilkan sitelink. Dan ranking blog Kamu mesti stabil untuk waktu yang cukup lama.

4. Rasio klik yang tinggi pada hasil hasil pencarian serta trafik dominan (dan besar) blog berasal dari Google juga meningkatkan peluang Kamu memperoleh sitelink.

5. Kamu butuh struktur navigasi yang baik di mata pengguna.

6. Kamu perlu memperbaiki judul dan meta tags pada homepage, juga link-link navigasi untuk mendapatkan rasio klik lebih tinggi dari mesin pencari.

Selain dari semua, pastikan Kamu telah memiliki akun di Webmaster Google. Dan saya juga sangat merekomendasikan untuk menggunakan Google Analytic dan Google Adwords agar peluang mendapatkan sitelink semakin besar.

Terakhir, jangan lupa untuk membuat sitemap.

Setelah Kamu melakukan semuanya diatas, blog Kamu butuh beberapa waktu untuk memperoleh Google Sitelink. Kamu tidak akan mendapatkannya secara instan, dan tidak akan melihat sitelink blog Kamu segera setelah melakukan hal-hal di atas. Kembali lagi: sabar! Hehehe…..

Kesimpulan
Mendapatkan sitelink dari Google bukanlah hal yang teramat sulit. Kamu hanya perlu membuat Google dapat merayapi blog Kamu dengan baik seluruh konten Kamu. Kemudian, jika (dan hanya jika), Google menentukan halaman populer di blog Kamu, baru akan muncul pada sitelink.

Nah, itulah yang dapat saya sampaikan berkenaan dengan Google Sitelink. Kamu memiliki pengalaman sendiri? Silakan berbagi melalui komantar. Dan bila Kamu merasa artikel ini bermanfaat, saya akan sangat senang jika Kamu mau membagikannya.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

42 Komentar

  • untuk blog saya, klo diketik sinichinet saja akan muncul 4-6 sitelink. Namun jika ditulis lengkap sinichinet[dot]blogspot[dot]com atau co[dot]id, sitelink nya tidak ada. Kira2 kenapa kok bisa begitu ya, mas Gee Jhon?

  • Ternyata sangat mudah sekali ya caranya mendapat sitelink dari google memang sangat perlu kerja keras agar dapat menghasilkan hasil yang memuaskan.

  • Walaaaah Pantesan aja om Gee John!
    Terjawab sudah kenapa akhir2 ini trafik blog saya melesat tinggi dan naik cepet banget, rupanya dapet hadiah istimewa, yaitu sitelink dari Google ?
    Kado terindah untuk blog saya yg masih seumur jagung, yaitu 4 bulan lebih 5 hari he-he-he
    Memang gak mudah lho untuk bisa mendapatkan sitelink, orang yg tau dunia blogging pasti paham ?

  • wah om Gee.. blog saya kebetulan baru mendapatkan sitelink ini beberapa waktu lalu, saat saya coba menggunakan “namadomain com” langsung tampil 6 link, tapi ketika saya coba menggunakan “namadomain.com” kenapa yang tampil ada 10 link yah om ? terus gmn cara merapihkan sitelink yang muncul agar tidak menampilkan link diluar domain om ?

      • fungsi label di dalam post itu termasuk kategori ya mas ? btw, kemarin sitelink masih muncul, tapi saat ini saya coba lakukan pencarian lagi di google, malah tidak ada sitelink nya nih mas. apakah sitelink bisa cepat hilang dari SERP ?

      • Pada awalnya, saya membuat 1 artikel rutin setiap 2 hari, namun setelah memiliki sekitar 60 artikel, saya mulai sedikit merasa jenuh yang mengakibatkan berkurangnya update artikel menjadi 1minggu sekali. Dan sampai saat ino saya masih update minimal 1 artikel dalam 1 minggu.

        Terakhir saya coba kembali cek sitelink dari blog saya, alhamdulillah sudah tampil kembali, tp sepertinya memang harus ada perbaikan dari segi kategori dalam artikel.

        Apakah ada pengaruhnya pada SERP saat kita merubah kategori sebuah artikel ? Takutnya malah terjadi deindex karena perubahan kecil itu.
        Terimakasih

  • Alhamdulillah saya baru mendapatkan sitelink mas. Ternyata manfaat sitelink itu lumayan cukup besar juga ya mas untuk kelangsungan blog kita kedepannya.

  • saya punya beberapa website, yang satu dengan keyword organik dan satu lagi berbayar di google adword, dan ternyata website yang sering menggunakan advertising dari google cepat juga dapat site link, cuman 4 bulanan sudah dapat dan website yang satunya malah belum dapat …. hehe ijin bookmark min tutorialnya untuk website yang satu nya lagi, sama tau pakai cara ini bisa cepat

  • Mantap gan, saya mau nanya, awalnya saya sudah baca artikel ini, 2 bulan lalu,

    Sekarang blog saya “Blog Kopinet”, otomatis dapat 6 artikel muncul sebagai sitelink, apakah hal tersebut natural sesuai dengan aturan atau ada faktor lainnya sedangkan saya tidak mendemosikan salah satu artikel di sitelink namun saya gak aktif ngeblog beberapa pekan, tiba-tiba muncul sitelink tersebut. Dan menurut info katanya sitelink juga bisa hilang waduh.. agak ribet ne gan, mohon penjelasannya berdasarkan pengalamannya, terima kasih

  • Apakah traffic web juga berpengaruh? Soalnya ada kasus web baru 2 bulan dengan traffic berbeda tapi salah satu web sudah mendapatkan sitelink..

  • Mas apakah gara gara sering ubah kode CSS pada blog bisa mempengaruhi munculnya sitelink? soalnya saya sering mengubah ubah CSS untuk perbaikan

  • aduh susah juga dapetya ya, konsisten itu lebih susah lagi, kalau sering jenuh obatnya apa ya kak?

  • setelah saya cekblog portal-uang dengan keyword “portal-uang” langsung muncul 6 sitelinknya, hehe
    thanks mas tipsnya, sangat bermanfaat

  • @apk.
    itu dah lumayan hehe…. tp sebenarnya tergantung dari perilaku orang yang mencarinya juga mas..

    @admin.
    hhmm… ko bisa y? Entahlah, sy blm pernah mengalami. 🙂

  • kemaren saya sempat dapet, cuman sekarang nyilang sendiri, mungkin akibat dari ganti template ya

  • wah ini mantep bang, pengen kayak gitu heheh
    indoamaterasu.com/Indoamaterasu | Teknologivirtual

  • @fauzul.
    sama2, smoga bermanfaat. sitemap? entahlah mas Fauzul jujur saya tidak mengerti banyak ttg usaha2 SEO. sitemap yg saya pakai jg adalah sitemap bawaan blogger.

    saya lihat blognya bagus, tinggal kontennya saja perlu diperbanyak lagi.

  • Terima kasih tips nya mas gee. Blog saya masih baru jadi masih banyak yang perlu dipersiapkan. Ada tips membuat sitemap yang bagus untuk blogspot mas ?

    Kalo boleh minta saran mas utk blog saya ini, bloggingdaninternetmarketing.blogspot.com mungkin ada yang perlu di benahi.. Terima kasih sebelumnya.

  • Hebat euiiii, kalau blog saya belum dapatkan sitelink maklum pagerank masih jauh…..salut buat mas gee jhon. Sukses selalu mas, ditunggu senggol baliknya

  • @indri.
    saya sendri sudah 3x mendemosi halaman yg muncul di sitelink. Tapi memang antara satu frasa dan frasa lainnya, memunculkan sitelink yg berbeda.

    entahlah….

    sama2 Mbak Indri.. sukses selalu…

  • Tapi herannya sejak beberapa tahun terakhir, sub judul yg muncul di sitelink selalu halaman itu2 saja 😀

    Tapi pada algoritma lama, sub judul pada sitelink adalah selalu postingan terbaru, menurut pengamatan saya begitu 🙂

    Makasih sharingnya mas Gee Jhon 🙂