Mengapa Penghasilan Adsense Turun Drastis dan Berubah-ubah?

Artikel ini saya maksudkan untuk melengkapi tulisan saya sebelumnya, yaitu:Β Mengapa Nilai Klik Adsense Berubah-ubah?

Karena cukup banyak yang menanyakan kepada saya, ‘Mengapa penghasilan Adsense seringkali berubah atau ada kenaikan dan penurunan secara drastis pada nilai CTR dan RPM?’

Hal pertama yang harus Anda pahami tentang Adsense adalah, bahwa seberapa banyak yang Anda peroleh, tergantung dari seberapa besar uang yang dibelanjakan oleh pengiklan AdWords.

Ingat, iklan yang tampil di blog Anda, dibayar oleh pengiklan AdWords!

Lalu ada mekanisme lelang, dimana para pengiklan menentukan penawaran harga tertinggi mereka. Lelang ini menentukan iklan apa yang tampil di blog Anda, juga seberapa besar nilai iklan tersebut. Yang seperti pasti dapat Anda bayangkan, bahwa nilai ini dapat berubah secara drastis dari hari ke hari, dari bulan ke bulan.

Satu-satunya yang Anda ketahui adalah, bahwa Anda memperoleh bagian sebesar 68% per klik, tapi nilai harga setiap iklan selalu berubah setiap saat.

Di samping itu, ada hal lainnya lagi….

Pendapatan dari Adsense seringkali bersifat musiman. Artinya, mungkin Anda akan menemukan bahwa penghasilan dari Adsense jauh lebih rendah pada waktu-waktu tertentu, seperti momen hari-hari besar keagamaan dan sebagainya.

Intinya adalah: Jika pengiklan membayar lebih rendah, maka pendapatan Anda pun akan turun.

Oleh karena itu, tidak perlu panik jika trafik Anda relatif stabil, namun pendapatan Adsense Anda anjlok. Ini adalah normal. Ini terjadi karena pengaruh musiman atau event tertentu, atau bisa jadi hanya sekedar karena proses lelang membuat harga iklan jadi berubah.

Lalu, bagaimana saya bisa meningkatkan nilai CTR dan RPM Adsense?

RPM (Revenue per Mille), adalah ukuran yang dapat kita jadikan acuan untuk mengukur seberapa banyak yang kita dapatkan dari Adsense, yang dihitung dari:

(Penghasilan tertaksir / Jumlah page views) x 1000

Tentu, penghasilan tertaksir Anda tergantung dari seberapa banyak klik yang Anda peroleh. Semakin tinggi nilai CTR (yang dihitung dari: jumlah klik / page views), semakin besar yang Anda peroleh.

Peningkatan nilai CTR, juga akan meningkatkan nilai RPM.

Saya beri contoh:
Jika nilai RPM Anda sebesar $4, itu berarti untuk setiap 1000 page views, Anda memperoleh penghasilan sebesar $4 rata-rata. Dari situ, kemudian Anda dapat memperkirakan, jika Anda memiliki page views sebanyak 10.000 di hari ini, maka RPM Anda bisa jadi sekitar $40.

Saya menggaris bawahi ‘bisa jadi’, karena sekali lagi, ini hanya semata perkiraan, nyatanya nilai klik iklan berubah setiap waktu.

Jadi, saya harap Anda dapat memahami bahwa cukup sulit memperkirakan penghasilan dari Adsense. Juga kenyataan pendapatan akan naik dan turun setiap saat. Dan itu adalah NORMAL.

Apa cara terbaik untuk meningkatkan penghasilan Adsense?

Karena Anda tidak bisa mengontrol jumlah klik yang Anda terima atau seberapa besar pengiklan membayar untuk iklan mereka, maka cara terbaik untuk meningkatkan penghasilan adalah dengan cara meningkatkan trafik.

Semakin tinggi trafik, biasanya juga berarti semakin banyak klik, yang ujungnya semakin besar penghasilan Anda dari Adsense.

Bagaimana dengan optimasi? Optimasi memang perlu, bahkan wajib. Namun, sebagus apapun optimasi yang dilakukan, trafik tetap memegang peranan utama dalam hal besarnya penghasilan Adsense.

Bagi Anda yang masih bingung mengenai optimasi Adsense, silakan baca seri optimasi Adsense.

Kesimpulan dari tulisan ini adalah: tidak ada jaminan penghasilan Adense akan stabil, naik turun itu biasa. Dan bahwa satu-satunya cara meningkatkan penghasilan, adalah dengan fokus kepada usaha meningkatkan trafik blog Anda sebanyak-banyaknya.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

92 Komentar

  • mohon mau tanya para senior! estimasi pendapatan saya di yt mencapai 80$.
    sekarang sisa 18$, padahal sudah klik selama ini, dan di adsense cuma dapat Rp 94.000.
    mohon pencerahan

  • Saya newbie baru sebulan jalanin adsense. Belum dpt pin. Yang ingin saya tanyakan di menu home grafik adsense (sites) ada yg biru dan dibawahnya abu-abu. Nah, kenapa yang abu-abu nol 0 ya gan? kira2 itu kenapa…. gimana solusinya… mohon pencerahan

    • biru itu untu k earning 7 hari terakhir 1 bulan terakhir
      abu – abu untuk earning 7 hari yang lalu terakhir 1 bulan terakhir yang lalu
      itu hanya perbandingan saja jika 7 hari sebelumnya belum ada penghasilan makanya 0 tidak masalah

  • gan mohon pencerahannya kenapa ya pendapatan per hari saya menurun d hari yg sama contoh misalnya saya check pendapatannya Rp.5000 beberapa menit kemudian sy check lg turun jadi Rp.4500 , itu kenapa ya?

  • Bulan-bulan belakangan ini penghasilan adsense turun terus bahkan ada 1 blog gak cuma turun adsense nya bahkan jarang muncul iklannya, mungkin bisa dibantu kira-kira apa penyebabnya mas Gee Jhon?

  • Wah sangat bermanfaat sekali materi ini.. sempat saya panik karena beberapa hari ini penghasilan dari google adsense turun anjlok di blog Pendidikan stabil tetapi trafik blog saya stabil. saya kira saja ini malapetaka,, teranya saya ketemu artikel ini telah memberikan saya pemahaman yang jelas

  • Makasih banget, dah faham ane..maklum aq newbie daftar adsense Bru sebulan. Makasih atas
    pencerahannya ?? moga apa yg kita cita2 kan bermanfaat dan berkah
    bisikanbisnis.com

  • Setidaknya menurut saya RPM di AdSense lebih mahal daripada di Chitika yang saya gunakan sebelumnya (sebelum diterima di AdSense), dan di AdSense menghitung Click, tidak seperti di Chitika yang tidak menghitung Click sama sekali.

    Google AdSense adalah Ads Network terbaik, karena GA mendukung Bahasa Indonesia, maka Rate penghasilan pun menjadi besar, tidak seperti Ads Network yang numpang GA AdExchange, meski diklaim mendukung Bahasa Indonesia, tapi nyatanya Website dari Indonesia diperlakukan semena-mena, dianggap sebelah mata, padahal GA sendiri menghargai Website Indonesia dengan layak.

  • saya masih bingung. cocoknya sebuah web di daftarkan ke google adsense usia webnya berapa bulan? trafiknya perhari berapa?

  • Awal bulan ramadhan ini kok penghasilan saya berkurang apa faktor hari besar ya seperti yg mas bilang

  • sebenarnya adsense bayaran seperti apa sih… ko turun naik gitu ga jelas,,, hitungannya perhari atau perbulan sih,,, tampilan perhari itu cuma untuk daliy monitoring aja ya,, tpi byaran nya,hitungan rata rata nya ya sampe satu bulan..gitu ya , , ga ngerti saya” bulan november ini sering nol nya,,,

  • Master2 mau tanya,penghasilan saya kok berkurang kenapa ya ?awalnya 23 $ tiga hari kemudian turun jadi 20 $ knapa ya master?thanks

  • Sampai saat ini saya masih bingung gan antara penghasilan tertaksir, PPS Lamana dan juga PPS tayangan kan berbeda beda tuh nilainya,
    Yang mau saya tanyakan gan, apakah penghasilan tertaksir itu sudah termasuk dari hasil PPS laman Dan PPS tayangan ? Dan apakah sudah disatukan? Dan penghasilan tertaksir itu adalah penghasilan final istilah ny?
    Makasih agan. .

  • Di tahun 2016 ini memang penghasilan adsense turun drastis…gak seperti tahun2 2015..efek perekonomian global yang sedang tidak stabil.

  • Memang akhir-akhir ini penghasilan adsense 2016 lesu dan turun drastis terutama bulan Juli ini… gak tau mau ngomong apa.

  • Penghasilan Adsense banyak yang turun kemungkinan banyak yang bermain Black Hat??
    Jadi Para Pengiklan Pada Rugi
    Sekiranya google bisa mengkoreksi para pemain black hat..

  • Bulan Mei ini saya benar-benar heran, 7 hari terakhir saya mendapatkan 28,45$ dan sayangnya setelah 7 hari terakhir pendapatan menurun lagi…
    Apa sih penyebabnya bisa menurun lagi…??

  • Terjawab sudah kecemasan saya selama ini tentang penurunan penghasilan adsense di blog saya, mksh mas admin

  • Kalo saya beda lagi mas setelah gajian pasti penghasilan menurun drastis, selang 10 hari normal lagi padahal pengunjug stabil bahkan meningkat 10%

  • Hallo semua salam kenal.. Dsini blogger semua ya, klo youtube gmn ya gan ?? Channel youtube ane dari akhir 2015 sampe skrg trs menurun gan pendapatannya dari 370.000 skrg udah 200.000 dan msh trs turun, ini knp ya?? Solusinya gmn?? Mohon bimbingannya mastah.. Makasih

    • Bagaimana dg jumlah viewernya bos? Bila trafik menurun, tentu akan berdampak pada penghasilan. Solusinya, sama dg blog. Ttp update dgn menghadirkan video yg menarik.

  • pakdhe yang satu ini mesti nongol di mbah google, apa aja yang phoebe cari mesti ketemu di sini,hehe
    trims ya pakdhe

  • wah..kok adsense sama bidvertiser masih besaran bidvertiser ya gan..adsense ane itu malah cenderung 0.. πŸ™
    owya dulu ane pernah dapet rpm 60 us atau lebih klu gak salah gan.. tapi earningnya 0.. padahal ada kliknya.. kenapa ya gan?
    trims infonya πŸ™‚

    • hmm…. gitu ya? tapi memang tidak harus adsense kok, yg lain pun jika terus ditekuni pasti bisa menghasilkan. Mengenai earning yg nol, entahlah sy tdk bisa berkomentar, krn tentu anda sendiri yg tahu statistiknya, namun dg sgt pasti sy katakan, tidak ada klik yg bernilai 0 di adsense. πŸ™‚

  • saya newbie.. mau tanya ni..
    seumpama web kita di kunjungi 100k visitor perbulan.. dimana semua visitor tidak ada satu pun yg klik iklan.. nah di webnya terpasang 5 iklan adsense.. pertanyaannya apakah akan tetap memiliki penghasilan dari rpm atau tetep harus ada yg klik?? trus untuk visitor sebanyak itu kira2 udah cukup bagus atau masih kurang ya..??

    • sy gak yakin mas Akhvi, dari 100k visitor tidak ada satupun yg klik πŸ™‚ Blm pernah ada kejadian spt itu. Tp oke, jika tuk tujuan pembahasan, anggap saja tidak ada yg klik. maka betul: tetap ada kemungkinan penghasilan dari iklan jenis bps. syaratnya harus mengatur saluran khusus dg target penempatan.

      • emmm gtu ya.. bps biasanya kisaran berapa dolar ya kang..?? trus maksudnya jenis bps berarti iklannya beda sama yg bpk? ? atau tetep iklan yg sama ya

      • emmm gtu ya.. bps biasanya kisaran berapa dolar ya kang..?? trus maksudnya jenis bps berarti iklannya beda sama yg bpk? ? atau tetep iklan yg sama tp ada 2 peluang dpt dolarnya

      • ok ok… makasih om jhon..
        sama satu lagi om jhon saya tu berencana bikin web self hosted contentnya tutorial yang di kombinasi dengan video nah maunya si bisa di pasangin adsense di web nya sama videonya… cuma masih bingung mengenain account adsense host dan non host.. nah untuk kasus saya pake yang mana ya?? bisa satu atau harus dua duanya??

  • Saya masih belum mengalami perkembangan adsense yang significant, kog masih putaran-putaran itu itu aja. Apakah memang di bulan mei ini nilai cpc nya cukup rendah yah?

    • Ada satu pertanyaan Gan Gee,,,misalnya blog itu pengunjung sdkt,,,20 v/perhari,misalnya,,namun kliknya 2-3 klik apakah rasio itu tidak terlalu tinggi gan? beberapa wkt lalu pernah sy pasang pd blog yg satunya iklan GAnya,,namun saat ada klik,,koq tinggi sekali CTrnya !

      • dengan jumlah pv sekecil itu, wajar jika nilai ctr-nya tinggi, krn logikanya, meski cuma dapat 1 klik, pv cuma 20, maka itu sudah sebesar 5%. jadi itu wajar. dan tidak masalah.

  • gan Gee blog ane juga nilai klik turun/naik,,pdhl PV stabil mlh naik….
    tanya Gan,,,sy punya blog satunya lg,,PV br sekitar 100,namun kadang urun hingga 20an saja/perhari,apakah boleh dipasang iklan GA,trims

  • @bale.
    aminnn…. semoga tercapai apa yg dicita-citakan. Ternak 25 blog? Wo.. luar biasa sekali. Saya saja yang mengelola 5 blog sudah kalang kabut…. πŸ™

  • semoga kita bisa lebih baik dari sebelumnya ..saya lagi coba ternak blog dengan 25 blog meski cuma 10 nice. penghasilan harian baru 2dollar karena baru 1blog yang menghasilkan yang 24 blog baru berisi bikin seminggu yang lalau dengan 5 konten ..

  • @artikel.
    makasih. πŸ™‚

    @sidodang.
    ya begitulah, sejak desember memang hampir semua publisher Indonesia mengalaminya. tapi bulan ini kelihatannya sudah mulai membaik lagi.

  • @meteorika.
    pada dasarnya tidak ada yg bisa dilakukan, paling kita cuma berusaha agar iklan yg tampil lebih relevan, menyajikan konten yg fokus pada 1 topik, dan sebagainya.

  • @adsense.
    betul sekali…. apalagi di bulan desember lalu, banyak penayang indonesia mengalami hal serupa yaitu penurunan pendapatan adsense yang mencapai lebih dari 50%. Jadi naik turun pendapatan adsense itu adalah hal biasa. πŸ™‚

  • Saya sependapat dengan pembahasan di atas gan, saya juga mengalami hal demikian, awalnya sempat kaget juga, penghasilan bisa turun hingga 70% dari biasanya, walaupun trafik tidak banyak berubah. Sebagai seorang blogger tentulah harus mempersiapkan mental untuk menghadapi hal seperti itu.
    Terimakasih sharenya, salam blogger

  • @toko.
    apakah yg dimaksud adalah 'saling bertukar clik'? hemmm… betul. tapi seberapa bisa diandalkan cara seperti itu? saya blm pernah denger ada yg sukses dari adsense dg cara 'click exchange'….

  • Tpi ada cara yg paling bagus untk mningkatkan klik….yaitu saling mengunjungi blog/website….jangan lupa kunjungi blog ku dichanel youtube….nama chanel rajakepo…thanks

  • @tips.
    ya betul, setuju. πŸ™‚

    @resep.
    iya mungkin. tapi bukan templatenya menurut saya, tapi penempatan iklannya.

    @nur.
    bulan desember ini memang banyak publisher mengeluhkan hal serupa, yaitu penurunan pendapatan. saya pun termasuk. jadi entahlah mungkin ada faktor2 tertentu yg menyebabkannya, dari sisi pengiklan saya kira. jadi mungkin tidak ada yg bisa kita lakukan.

  • Terimakasih infonya Gan,,Saya mau tanya, mengapa stelah Adsense pada bulan desember ini tampil dioperamini penghasilan malah turun draktis?? ,mungkin Agan punya cara Solusinya,,,Terimakasih,

  • betul banget. saya pernah dapat $2 sehari (paling tinggi), besoknya cuman $0,03 hehehe… kemudian landai terus rata2 0,5 sampe 0,8. gak bisa lagi ke $1. mungkin krn pembaca blog saya ini kebanyakan pembaca setia yg mengabaikan iklan. thanks atas sharing-nya.

  • @ajiewp.
    pendapatan dilihat dari estimated earning. kalau RPM anggap saja sebagai perkiraan berapa yg kt dapat dari setiap 1000 pv. klo CTR sndiri adalah rasio banyaknya klik dengan jml pv.

  • dimana kita kalao mau lihat berapa pendapatan yang sudah kita peroleh pada RPM kah CTR atau Estimated earnings ?? masih belum paham