Siapa sih Kamu? Apa yang Kamu kerjakan? Apa yang Kamu bicarakan? Apa yang ingin Kamu sampaikan? Siapa yang menganggap Kamu berhak mengatakan tentang sesuatu? Apa yang Kamu lakukan dengan blog Kamu? Mengapa Kamu mau melakukannya?

Pliiissss….. Siapa Kamu?!

Itulah, banyak sekali pertanyaan yang muncul saat saya mengunjungi sebuah blog. Saya ingin tahu siapa di balik semua kata-kata yang tertulis, apa kecakapan mereka, mengapa mereka rela membuang-buang waktu mereka (juga waktu saya) dengan menulis semua artikel ini dan kenapa saya harus mempercayai apa yang mereka katakan.

Bagaimana dengan Kamu? Sama bukan?

Nah, Tantangan PortalUang kali ini, saya mengajak Kamu untuk menengok sekarang juga, apakah Kamu telah memiliki halaman ‘about’ atau ‘kontak’ di blog Kamu.

Satu halaman ini, dapat membantu orang-orang untuk memutuskan apakah apa yang Kamu tulis, cukup berharga atau tidak untuk dibahas dan diulas lalu memberikan link ke blog Kamu. Halaman ‘about’ tidak perlu selengkap riwayat hidup, tapi hanya butuh sesuatu yang dapat memberi kami petunjuk tentang siapa Kamu.

Untuk membantu Kamu membuat halaman ‘about’ yang bagus, silakan baca: Membuat Halaman ‘About’ yang Bagus dan 5 Kesalahan Umum Halaman ‘About’ dan Cara Memperbaikinya.

Benar. Salah satu hal yang menyenangkan dari blogging, adalah bahwa kita dapat menulis secara anonim.

Tidak ada keharusan orang-orang untuk tahu siapa Kamu. Tapi, mereka butuh mengetahui sesuatu tentang Kamu sehingga bisa menaruh kepercayaan terhadap apa yang Kamu sampaikan. Kamu tidak harus menggunakan nama sebenarnya, jika tidak ingin. Kamu tidak harus memberikan nomor hp, alamat email, alamat rumah ataupun situs / blog lain yang Kamu kelola.

Kamu bebas menentukan apa pun yang ingin Kamu bagikan tentang diri Kamu. Kami hanya butuh sedikit saja, informasi tentang siapa Kamu dan apa yang membuat Kamu memenuhi syarat untuk mengatakan semua yang Kamu tulis. Sehingga kami dapat mengintip lebih dalam di balik semua nasihat dan petuah Kamu, supaya kami bisa lebih mantap untuk mempercayai Kamu.

Sedikit informasi tersebut juga dapat membantu kami lebih memahami apa yang Kamu tulis.

Jika Kamu menulis tentang segala sesuatu di planet ini, maka sampaikan pada kami bahwa Kamu memang qualified dan mengapa Kamu melakukannya.

Jika Kamu menulis topik khusus tertentu, ceritakan pula sedikit alasan dan pengalaman Kamu yang membuat Kamu ‘berhak’ menyampaikan tentang topik tersebut.

Kamu membuat blog karena Kamu memiliki sesuatu yang Kamu ingin orang lain membacanya. Kamu juga telah bekerja keras untuk mendapatkan ‘perhatian’ (juga penghargaan) terhadap blog Kamu, dengan melakukan banyak hal: ping, submit ke search engine, berpromosi ke kanan kiri.

Jadi, mengapa Kamu tidak memberi sedikit perhatian terhadap blog dan kualifikasi Kamu sendiri?

Sekarang juga, pada halaman ‘about’ Kamu, coba jawab pertanyaan ini: SIAPAKAH SAYA?

Dan, untuk menjawab pertanyaan tadi, mungkin Kamu sendiri ingin tahu dan bertanya-tanya tentang diri Kamu sendiri, bahkan mulai meragu: Siapa saya sesungguhnya?

Setelah Kamu membuat (atau melengkapi) halaman ‘about’ dan memberi bocoran sedikit tentang siapa Kamu, tulislan link-nya pada halaman komentar, agar saya dapat lebih mengenal Kamu.

Hmmm…. saya juga sekarang jadi bertanya lagi: “Siapakah sayaaaaa?????” Ah……. !!!

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

9 Komentar

  • Kalau saya si udah buat mas gee jhon, tapi mungkin belum maksimal, jadi perlu lebih banyak belejar dan bekerja. trims atas info yang bermanfaat ini ya mas, jika berkenan songol balik di danzierg.blogspot.com

  • iya juga sich, kadang kalo lagi blogwalking terus ketemu blog bagus tapi g jelas pemilik(about)nya jadi males juga. mau kasih komen jadi ragu, jangan2 cuma blog "robot" tak berpenghuni. 🙂
    nais share gan

  • @ale.
    hmm…. gitu ya… tapi sebaiknya, begitu ada waktu, segera dibuat halaman aboutnya ya…. 🙂

    @gucciano.
    haha…… gapapa mas, asal jangan nanti klo udah bangun, ehh… malah mimpi lagi. 🙂 sukses selalu…

  • @bro Gee Jhon..
    ..siapa saya???.
    ehhhmm..mas bro ini kadang2 tulisannya membuat orang terbangun dari mimpi2 yg gak karuan…
    siip..bro