5 Cara Membuat Pembaca Blog Mempercayai Kamu

Mungkin beberapa blogger masih berpikir bahwa cukup hanya dengan membeli domain .com dan desain blog yang ‘wah’, mereka akan bisa meraih kepercayaan dari pembaca.

Mereka merasa tidak perlu bersusah payah menjelaskan siapa diri mereka serta alasan mengapa mereka adalah orang yang tepat untuk memberi solusi atas suatu permasalahan.

Jika Kamu termasuk yang berpikir seperti itu, maka Kamu salah!

Nyatanya, dunia blogging saat ini lebih kepada bagaimana membangun network, membangun hubungan kuat dengan pengunjung dan pelanggan potensial.

Dengan kata lain, Kamu perlu menempatkan diri sendiri bahkan di depan konten Kamu blog Kamu. Kamu mesti mengijinkan pembaca mengetahui ada ‘pribadi yang sebenarnya’ di balik blog yang mereka baca.

Kamu perlu menunjukkan wajah Kamu dan berinteraksi dengan pembaca untuk mendapat kepercayaan dari mereka.

Dari pengalaman saya membangun blog selama ini, saya menemukan berbagai cara untuk memupuk kepercayaan ini dari pembaca. Kebanyakan dari cara-cara tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan hanya perlu sedikit usaha. Sedangkan lainnya, membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha, yang pada gilirannya kelak akan sangat berguna dalam hal meraih trust dari pembaca setia Kamu.

Dan inilah beberapa hal yang dapat membantu Kamu meraih kepercayaan dari pembaca:

1. Perkenalkan diri Kamu

Pertama dan yang paling utama, adalah Kamu mesti mengenalkan diri kepada pembaca. Buatlah halaman about yang bagus, dan buatlah ia terlihat dengan mudah. Jangan ‘sembunyikan’ halaman about Kamu di footer atau entah dimana. Berilah link ke halaman tersebut di sidebar bagian atas atau di menu utama di bagian header.

Selain itu, saya sarankan untuk menyertakan foto diri. Ingat, mereka yang berkunjung ke blog Kamu mengandalkan diri Kamu, bukan blog Kamu!

2. Menjawab komentar dan membalas email

Jawablah selalu semua komentar yang ditinggalkan pengunjung. Jawablah jika mereka mengajukan pertanyaan, dan biarkan mereka tahu apakah Kamu setuju atau tidak dengan pendapat mereka.

Ini akan membuat mereka merasa ada seseorang yang memperhatikan pendapat atau masalah yang mereka hadapi.

Begitu pula halnya dengan email. Seringkali pengunjung merasa lebih nyaman untuk menyampaikan sesuatu langsung melalui email Kamu, alih-alih meninggalkan pesan di komentar posting. Balaslah email mereka.

3. Manfaatkan media sosial

Kamu perlu berada di mana pembaca Kamu berada. Dimana mereka? Saat ini mereka ada di Facebook, di Google+, di Twitter dan media sosial lainnya. Fasilitas ini bisa memberi banyak sekali manfaat jika Kamu mampu memanfaatkannya dengan bijak.

4. Tulislah tentang diri Kamu

Ini bisa menjadi pelengkap dari halaman about yang telah Kamu buat. Kamu bisa menulis posting khusus tentang apa yang Kamu lakukan saat ini dan rencana ke depannya, namun tidak perlu berlebihan.

Meski mungkin posting seperti ini bukanlah topik utama yang diinginkan pembaca, namun posting seperti ini sangat menyenangkan untuk dibaca, dan tentu saja akan sangat membantu membangun hubungan yang kuat dengan pengunjung blog Kamu.

Jangan terlalu khawatir pembaca jadi tahu apa yang Kamu lakukan saat liburan kemarin atau apa yang Kamu santap sebagai sarapan pagi.

Jadilah lebih personal dengan pembaca blog Kamu!

5. Membuat sesi tanya jawab

Alasan inilah yang mendorong saya membuat seri artikel Tanya Portal Uang, dimana saya memberi kesempatan kepada pembaca PortalUang untuk mengajukan pertanyaan apa saja kepada saya. Dan sebisa mungkin akan saya jawab melalui sebuah artikel.

Ya, ini adalah cara lain memupuk kepercayaan dengan pembaca. Tawarkan konsultasi keahlian Kamu secara gratis dari waktu ke waktu.Hal ini bukan saja akan membuat mereka menjadi pengunjung setia, namun juga sekaligus membuat mereka memberi perhatian lebih terhadap pengetahuan, pengalaman serta profesionalisme Kamu.

Nah, itulah 5 hal yang dapat membantu Kamu membangun kepercayaan dari pembaca. Sekali mereka menaruh kepercayaan, maka jalan mulus karir blogging Kamu akan semakin terbuka.

Sekali mereka telah menaruh kepercayaan kepada Kamu, mereka akan sukarela membagikan artikel Kamu, memberi link ke artikel Kamu, membeli produk yang Kamu sarankan dan sebagainya.

Komentar dan tanggapan sangat saya hargai seperti biasanya. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

17 Komentar

  • Sebenernya cara yang bagaimana agar dapet uang dengan cara ngeblog,tolong kasih tau caranya agar dapet uang di blog sendiri?

    • buat blog sesuai kemampuan agan dan buat tutorial bermanfaat dan jangan lupa riset kata kunci 🙂 jika sudah banyak pengunjung tinggal dimonetize

  • Saya sangat setuju dengan Bang John, karena tak sedikit blog yang masih menginduk di blogger memiliki reputasi bagus.
    Portal Uang adalah salah satu contoh blog yang bisa membuat pembacanya dengan senang hati memberikan kepercayaan sepenuhnya, termasuk saya.
    Semoga bisa “ketularan” menjadi besar dan dapat dipercaya

  • @mohon.
    ya betul itu dropcap. ya sebenarnya ini sih cuma masalah kreativitas aja. Saya jadikan drop untuk numbering, saya lihat bagus juga…. ya kan? 🙂

  • OOT: Om Gee John saya pakai blogspot. Bagaimana cara buat format angka/nomer 1, 2, 3… seperti postingan ini?

  • @daniel.
    ya setuju seperti itu, kepercayaan memang lebih penting dari uang itu sendiri, kenapa ? krn uang pasti datang setelah ada kepercayaan.

    tentang blog seperti, saya kira bisa2 saja tapi harus nunggu minimal 3 bulan, agar tidak langsung ditolak.

  • Membuat orang percaya lebih sulit dibandingkan mencari uang, karena kepercayaan tidak bisa dinilai dengan uang.

    Saya mau nanya juga ni mas gee, kalau blog yang udah pernah daftar Google Adsense 2 kali dan keduanya dibanned, apa masih memungkinkan untuk daftar menjadi publisher dengan blog yang sama?

  • @otto.
    kalau dari sisi adsense entahlah. tapi kemungkinan besar malah tidak optimal, karena adsense jadi bingung menentukan topik blognya. ingat bahwa adsense menggunakan beberapa penargetan, termasuk bahasa, geografis, kontekstual dsb.

    jadi menurut saya lebih baik menggunakan satu bahasa dalam satu blog. jika ingin membuat konten b. ingris sebaiknya buat saja blog baru terpisah.

  • Maaf pak numpang tanya, kalo blog yang kontennya campur bahasa inggris sama bahasa indonesia bagus gak sih buat adsensenya?
    makasih atas jawabannya dan sukses buat pak gee jhon!

  • Ia Mas Gee. Membuat pembaca blog untuk mempercayai kita sendiri sangat di haruskan. Ini bertujuan untuk kredibilitas kita sebagai pemilik blog. Bila pembaca sudah mengenal pemilik blog, tentunya pembaca pasti akan kembali. Dari 5 poin di atas semua penting, tapi poin pertama saya rasa paling penting mas. Sukses buat Mas Gee Jhon.