7 Cara Jitu Segera Dapat Job Pertama di oDesk

Memiliki penghasilan lumayan dengan bekerja dari rumah adalah sesuatu yang keren dan menyenangkan.

Karenanya banyak orang dari berbagai negara seperti India, Filipina, Pakistan, Bangladesh dan Indonesia memilih bekerja online dengan bergabung di berbagai situs feelancer, salah satunya adalah oDesk.

Seperti yang sering saya sampaikan, meskipun ada banyak situs freelancer di luar sana, tapi oDesk adalah yang terbaik. Nah, kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara mendapatkan job pertama di oDesk dengan sukses dan mulai menghasilkan uang.

Saya telah melihat banyak orang yang telah berhasil mendaftar di oDesk, tapi gagal mendapat job pertama mereka. Sehingga membuat mereka bosan, frustasi, akhirnya menyerah untuk meneruskan berusaha kerja dari rumah sebagai freelancer.

Tips di bawah ini akan membantu Kamu tidak mengalami hal seperti itu, dan segera dapat pekerjaan pertama Kamu.

1. Tentukan pilihan

Pertama dari semuanya: Kamu harus menentukan sektor atau bidang dimana Kamu ingin bekerja. Sebagai contoh, bila Kamu menguasai Bahasa Inggris dengan baik, Kamu bisa menyasar pekerjaan tulis-menulis. Jika Kamu baik dalam hal desain grafis, maka Kamu pun bisa menyasar bidang tersebut.

Ingat, Kamu tidak bisa menyasar semua atau terlalu banyak bidang (meskipun misalnya Kamu memang menguasainya). Itulah mengapa Kamu sebaiknya menjadi seorang spesialis. Saya sendiri memilih spesialisasi di bidang desain logo.

Intinya Kamu harus menyasar pasar atau sektor tertentu dimana Kamu memiliki keahlian terbaik di dalamnya.

2. Membuat profil yang unik

Lengkapi profil Kamu. Sebelum menawar sebuah job, paling tidak profil Kamu telah completed minimal 90%.

Profile Kamu adalah salah satu dari beberapa hal yang paling penting untuk segera memperoleh job pertama di oDesk. Pastikan Kamu mengisi semua item profile Kamu dengan baik.

3. Ambil tes skil oDesk

Mari kita serius, karena oDesk pun serius pula menawarkan penghasilan. Kamu jangan berharap dibayar tanpa melakukan apapun. Kamu mesti mengikuti tes keahlian yang disediakan oleh oDesk untuk menunjukkan kapasitas Kamu kepada klien. Tes ini gratis, dan akan banyak membantu Kamu memperoleh job dengan segera.

Pertama sekali, Kamu perlu mengambil tes oDesk Readiness (tes untuk untuk mengetahui sejauh mana Kamu memahami sistem kerja oDesk), kemudian baru lakukan tes-tes lainnya sebanyak yang mau dan perlukan sesuai keahlian atau bidang Kamu.

Kamu dapat mengambil tes Photoshop, tes blogging, tes HTML, tes marketing sosial media, dan 3000 lebih tes-tes lainnya.

Meskipun begitu, saya rekomendasikan Kamu paling tidak mengambil tes sebagai berikut:

  • oDesik Readiness Test
  • Basic English Test
  • English Spelling Test, baru kemudian
  • Tes-tes lain sesuai bidang keahlian Kamu

4. Menawar job dengan seksama

Setelah Kamu melengkapi profil dan mengambil beberapa tes, saatnya Kamu mencari pekerjaan yang sesuai. Ada ratusan job di oDesk yang menanti Kamu untuk mengajukan tawaran, tapi dalam hal ini mesti memilihnya secara hati-hati dan seksama.

Tawarlah job yang Kamu 100% yakin dapat menyelesaikannya dan memuaskan klien.

Hindari pula employer (orang yang mempekerjakan Kamu) yang terlihat mencurigakan dalam memposting job mereka. Saya telah bekerja dengan banyak sekali klien dan bersyukur belum pernah menemui klien scam. Tapi saya juga mendengar bahwa tidak sedikit freelancer yang mendapati para scammer. Jadi kehati-hatian adalah lebih utama.

Lihat pula rating dari klien. Biasanya saya menghindari klien dengan status pembayaran ‘Payment method not verified’ yang artinya cara pembayaran mereka belum diverifikasi oleh oDesk.

5. Cover Letter adalah kuncinya

Cover letter adalah satu hal yang paling menentukan apakah Kamu mendapatkan job atau tidak. Tidak peduli seberapa hebat profil Kamu, atau seberapa tinggi skor hasil tes keahlian Kamu, saya yakin kemungkinan untuk mendapatkan job sangatlah kecil, jika Kamu menulis cover letter yang buruk.

Cover letter diibaratkan alat marketing yang Kamu gunakan untuk memasarkan jasa Kamu. Pastikan cover letter Kamu sesuai deskripsi job dan cukup detil.

6. Tidak ada yang perlu ditakutkan dari interview

Jika employer merespon penawaran Kamu, maka Kamu masuk ke tahap interview. Dan dari pengalaman saya, jika employer memutuskan untuk melakukan interview, maka kemungkinan besar atau hampir pasti mereka akan memilih Kamu pula, JIKA Kamu tidak ‘mengacaukan’ interview-nya itu sendiri.

Jadi, tidak perlu gugup dalam menghadapi interview pertama Kamu. Akan lebih baik, Kamu mengambil inisiatif di dalamnya, seperti menanyakan kapan job akan mulai dikerjakan, atau menunjukkan rencana apa yang akan Kamu lakukan untuk menyelesaikan job dengan baik dan tepat waktu.

7. Terus mencoba

Tidak perlu kehilangan harapan jika Kamu belum juga mendapatkan job di minggu atau bulan pertama. Mendapatkan job pertama di oDesk memang cukup sulit, jadi Kamu mesti bersabar. Namun yakin, setelah job pertama selesai, mendapatkan job kedua, ketiga dan seterusnya akan jauh lebih mudah.

Nah, dengan menerapkan 7 tips di atas, saya yakin Kamu akan mendapatkan job pertama dengan segera. Sukses selalu.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar