Bagaimana Cara Menjadi Freelancer?

kerja jadi freelancer online

Menjadi freelancer adalah satu cara bisa bekerja dari rumah secara mandiri (independen), tanpa perlu membangun lembaga bisnis seperti pada umumnya. Secara umum, selama Kamu beroperasi atas nama Kamu sendiri, Kamu tidak perlu mendaftar atas nama lembaga bisnis.

Ini membuatnya menjadi mungkin untuk memulai menjadi seorang freelancer dalam ‘semalam’, tanpa harus rumit memikirkan perijinan usaha dan banyak modal.

Apa itu freelancer?

Freelancer adalah seseorang yang menawarkan jasa untuk mendapat bayaran. Pada umumnya, seorang freelancer bekerja secara independen tanpa terikat kontrak dalam jangka panjang dengan seorang klien.

Apa alasan orang menjadi freelancer?

Jika Kamu tiba-tiba saja kehilangan pekerjaan, Kamu perlu melakukan sesuatu untuk agar pemasukan tetap terjaga. Semakin cepat Kamu melakukannya, semakin Kamu mampu terhindar dari kesulitan keuangan yang dapat terjadi.

Sementara Kamu mencari-cari pekerjaan dan berharap diterima bekerja di sebuah perusahaan, Kamu bisa memutuskan untuk menjadi seorang freelancer, dan mendapatkan pekerjaan secara mandiri.

Jika Kamu juga ingin menjadi bos bagi diri sendiri, menjadi freelancer dapat menjadi pilihan yang bagus. Sementara itu Kamu dapat terus mencari pekerjaan sambil mengerjakan tugas sebagai freelancer.

Jenis pekerjaan apa yang dapat dilakukan seorang freelancer?

Seorang freelancer dapat dimintai untuk mengerjakan segala jenis pekerjaan apapun yang dapat Kamu bayangkan!

Ini beberapa saja di antaranya:
– Penulis lepas
– Asisten virtual
– Desainer grafis

Dan banyak lagi lainnya. Dari sekian banyak itu, saya telah menulis 11 job utama freelancer dan paling menguntungkan di dunia freelancer.

Pada dasarnya, apapun yang bisa kerjakan di bidang keahlian Kamu selama bekerja di tempat lain, dapat pula Kamu kerjakan sebagai seorang freelancer. Dan dalam banyak kasus, bahkan pada profesi-profesi khusus yang membutuhkan lisensi tertentu.

Apa yang Kamu butuhkan dan bagaimana cara menjadi freelancer?

Untuk menjadi seorang pekerja lepas, pada dasarnya, Kamu harus memiliki sesuatu yang bernilai yang dapat Kamu tawarkan kepada klien, biasanya berupa jasa.

Banyak orang keluar dari pekerjaannya dan mulai menawarkan jasa freelancer di bidang keahlian mereka. Nah, di bawah ini adalah hal-hal yang dapat membantu Kamu memulai karir sebagai freelancer:

  • Membuat blog / website untuk mempromosikan diri
  • Sambungan telepon untuk agar klien mudah menghubungi Kamu
  • Idealnya, alamat bisnis
  • Portfolio. Contoh hasil kerja Kamu di masa lalu
  • Referensi dari orang lain. Tapi ini tidak wajib, seiring dengan perjalanan karir, Kamu akan mendapatkan referensi ini dengan sendiri

Bagaimana cara mendapatkan pekerjaan freelancer?

Jawabannya tergantung dari pekerjaan yang ingin Kamu lakukan. Tapi, secara umum Kamu dapat segera menemukan pekerjaan di situs freelancer di bawah ini:

  • UpWork
  • Guru
  • eLance
  • Freelancer

Saya telah menulis 4 situs freelancer top terbaik, silakan baca untuk mengetahui lebih jauh tentang situs-situs freelancer.

Beberapa situs freelancer adalah gratis, sementara ada pula yang menarik biaya agar Kamu bisa mengajukan penawaran kerja. Pada umumnya, situs-situs tersebut menawarkan keduanya, yaitu keanggotaan gratis dan berbayar, dimana biasanya banyaknya pekerjaan yang dapat Kamu ajukan jauh lebih sedikit untuk member gratis. oDesk adalah salah satu yang benar-benar tidak meminta Kamu membayar sedikitpun.

Beberapa freelancer pun juga bergabung dalam satu tim untuk meningkatkan peluang mendapatkan job.

Apa keuntungan utama menjadi freelancer?

Sebagai seorang freelancer, Kamu dapat mengatur jam kerja secara bebas. Kamu bisa jadi sangat sibuk di bulan ini, dan sedikit bersantai di bulan lainnya.

kerja jadi freelancer online

Pada saat-saat santai, Kamu dapat mencari peluang kerjaan lainnya atau mengembangkan website / blog Kamu menjadi lebih baik lagi. Semua tergantung Kamu!

Menjadi freelancer, dengan keleluasaan mengatur waktu sendiri, bekerja dari rumah, bisa jadi adalah impian banyak orang. Modal yang tidak seberapa, tanpa kerumitan memulai suatu bisnis, adalah keuntungan lainnya dari freelancer.

Menjadi freelancer, juga dapat menjadi jalan terbaik menyelamatkan keuangan Kamu, jika tiba-tiba Kamu kehilangan pekerjaan utama. Selain Kamu tetap mendapatkan penghasilan, dengan menjadi freelancer, Kamu tetap bisa mencari pekerjaan, melatih dan mengembangkan keterampilan dan keahlian, yang bisa jadi modal bagus untuk pekerjaan Kamu berikutnya.

Namun, tentu saja, siapa tahu Kamu justru memutuskan menjadi freelancer full-time, dan berhenti mencari pekerjaan lain. Itu yang dulu saya lakukan!

Apa kekurangan menjadi freelancer?

Beberapa orang meyakini bahwa menjadi seorang freelancer berarti tidak akan mendapatkan bayaran yang memuaskan, sementara di pihak pemberi job juga berpikir bahwa dia tidak perlu membayar mahal untuk jasa seorang freelancer.

Itu semua disebabkan oleh persaingan yang ketat dan bersifat global. Orang-orang dari seluruh belahan dunia menawarkan jasa yang sama dengan harga lebih murah.

Ya betul! Tapi itu terlalu berlebihan, dan agak salah kaprah.

Seiring waktu, pengalaman dan bukti karya Kamu, Kamu akan memperoleh daya tawar tinggi terhadap klien dengan harga serta penghasilan yang dapat Kamu banggakan! Selama 3 tahun menjadi sfreelancer, saya berani mengatakan apa yang telah saya hasilkan cukup membuat saya dapat berbangga!

Sebagai tambahan, dan satu hal perlu diingat: Kamu tidak harus menerima sebuah job! Jika tidak sesuai harapan, carilah job lain yang menawarkan bayaran lebih tinggi.

Sayangnya, sebagian kecil orang-orang memanfaatkan para freelancer baru, dengan membayar di bawah standar, pembayaran tidak tepat waktu dan sebagainya. Saya memiliki cerita seorang freelancer baru, mengenai hal ini.

Namun saya yakin, seiring pengalaman yang bertambah, Kamu akan mudah mengenal mana klien yang potensial dan mana yang tidak. Sehingga Kamu dapat menghindari upaya-upaya penipuan di dunia freelancer.

Kesimpulan

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya (jujur, saya saat ini hanya melihat kelebihannya), jika memang Kamu memiliki sesuatu atau keahlian apapun yang bisa Kamu tawarkan, menjadi freelancer adalah pilihan karir yang layak dilakukan dan ditekuni.

Selamat berkarya. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

2 Komentar

close