Berkomentar di Posting yang Memiliki Ranking Tinggi

komentar blogMeninggalkan komentar cerdas di blog lain adalah salah satu strategi promosi blog untuk menarik pengunjung, sekaligus membangun kredibilitas blog.

Dan kita sudah sama-sama tahu akan hal ini. Saran yang sering kita dengar adalah kita mesti memiliki “nilai” saat membuat komentar pada blog dengan topik yang sama dengan blog kita sendiri.

Nah, selain itu, adakah hal lainnya yang perlu diperhatikan untuk menulis komentar pada suatu posting di blog lain?

Ya, tentu saja ada.

Agar strategi Anda dalam mempromosikan blog melalui komentar dapat lebih berhasil, cobalah mencari suatu posting atau artikel yang mendapat ranking tinggi di hasil pencarian Google dengan keyword tertentu, dan tinggalkan komentar di sana.

Sebagai contoh, anggap Anda menulis tentang ‘desain web’ dan ‘desain logo’. Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pencarian di Google dengan kata kunci tersebut. Lalu temukan blog yang muncul sebagai 5 teratas di hasil pencarian.

Begitu Anda temukan, kunjungi mereka satu per satu, lalu tinggalkan komentar di sana.

Seperti biasa, idealnya dalam berkomentar, Anda mesti memberi suatu nilai tambah pada diskusi yang berlangsung. Tunjukkan keahlian Anda, berikan pendapat dan pandangan Anda terhadap tema yang dibahas.

Bagaimana praktik terbaik berkomentar, silakan temukan di: 14 Praktek Terbaik Memberi Komentar yang Bagus.

Mengapa ini bisa berhasil?

Logikanya sederhana saja. Halaman-halaman yang memiliki rank tinggi di Google ini, lebih berpeluang mendapat banyak trafik dari search engine (yang disebut trafik organik). Karenanya mereka yang berkunjung kesana sedang mencari sesuatu informasi khusus tertentu.

Dan jika mereka membaca komentar Anda, dan menemukan sesuatu yang menarik, maka kemungkinan besar mereka akan mengikuti link ke blog Anda untuk menemukan informasi yang mereka cari.

Nah, silakan dicoba. Jika dilakukan secara konsisten, Anda akan memperoleh hasil yang baik dari kegiatan berkomentar. Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

16 Komentar

    • kalau masalah nilai persentase, saya tidak tahu bos. Karena blm pernah melakukan riset. Tapi memang benar-benar ada trafik yang berasal dari komentar saya di blog lain. dan itu sudah cukup jadi bukti. Karena bagi saya, manfaat komentar yg utama adalah membangun hubungan erat dengan blogger lain. Bersosialisasi. Bukan trafik semata!

  • Sampai detik ini, blogwalking emang masih efisien. Dapet ilmu dari artikel yang dibaca, berkomentar dengan baik, bisa mendatangkan trafict.

    Jadi dobel untung, ilmu nya dapet, bisa dapet pengunjung juga.

  • Terima kasih pencerahannya, suka banget dengan gaya tulisannya. Ringan dan mudah dicerna. Gak banyak-banyak kalimat terbuang.

  • Setuju mas, trafik blog/kanal YouTube jadi meningkat semenjak sering ninggalin komentar di blog orang

  • Iya mas, awalnya sih searching2 di Google buat cari artikel tertentu, eh pas dapat, jadi keterusan baca2 artikel lainnya deh.. hehehe
    akhirnya dibookmark, kaya blog punyanya mas ini.. 😀

  • @endi.
    hehe.. makasih mas Endi. memang benar, dengan menerapkan strategi ini, lebih memungkinkan kita menarik perhatian banyak orang…. sukses selalu mas Endi.

    @indra.
    oke deh.. teruskan kebiasaan baik tersebut, hehe…. sukses selalu mas Indra

  • ini juga sering sekali aku lakukan mas meninggalkan komentar di blog yg duduk 10 besar halaman pertama.
    Hehehe.. 😀

  • Bener mas, komentar di halaman posting yg memiliki ranking tinggi memang menguntungkan. Salah satunya biar blog kita juga bsa kecipratan trafik, mantap dah mas gee kalau buat artikel….,gk salah sya review portal uang di blog sya.

  • @keliling.
    sama2, semoga bermanfaat.

    @catatan.
    hehe… ya itu salah. makasih atas koreksinya. dengan demikian kesalahan telah diperbaiki…. 🙂

  • Maaf mas, mungkin maksudnya "salah satu strategi", kemungkinan kurang kata "Satu".

    Saya sangat setuju dengan artikel mas gee jhon, salah satu strategi mendapatkan backlink berkualitas adalah berkomentar pada posting yang pageranknya tinggi…good job.

    Seperti saya, selalu berkomentar di blog mas gee jhon…hehehe

  • wah, akan saya praktekkan langsung, saya sudah pernah membaca artikel mas Gee yang tentang "berkomentar yang bagus"
    terima kasih atas tips nya