Bagaimana Cara Cari Uang di Internet?

cara cari uang dari internet

Artikel ini mengulas tentang beragam cara cari uang di internet dengan sedikit atau tanpa investasi langsung dari rumah Kamu.

Mungkin saat ini Kamu sudah memiliki pekerjaan dengan gaji cukup tinggi, serta mencukupi semua kebutuhan Kamu. Namun saya kira, sama sekali tidak ada salahnya, jika Kamu bisa meraih penghasilan tambahan dengan modal pengetahuan dan keahlian yang telah Kamu miliki saat ini.

Meski tidak ada yang namanya jalan pintas yang dapat diraih dalam semalam, tapi jika Kamu mau dan bersedia melakukan investasi waktu dan usaha serius, Kamu bisa punya penghasilan tambahan, yang mungkin bisa jadi, melebihi penghasilan utama Kamu saat ini.

Dan berikut adalah beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk meraih penghasilan tambahan dari internet:

1. Buatlah website atau blog dan dapatkan penghasilan dengan menjalankan program periklanan seperti Google Adsense, Chitika atau Adversal. Kamu juga dapat menjual iklan mandiri dengan Google DFP.

2. Buatlah saluran Youtube milik Kamu sendiri, jadilah Mitra Youtube dan monetisasi video Kamu. Mungkin Kamu juga bisa mempertimbangkan menggunakan OneLoad untuk mendistribusikan video yang sama ke banyak situs hoting video sekaligus.

3. Buatlah sesuatu yang kreatif, seperti barang-barang handmade, perhiasan, lukisan, atau benda-benda cinderamata lainnya, dan jual mereka di Etsy, ArtFire atau eBay.

4. Membangun toko online sendiri dengan Shopify atau SquareSpace dan mulailah menjual suatu produk, baik produk-produk fisik maupun produk digital. Kamu dapat menjual apa saja, mulai dari furniture, sampai fashion, sampai makanan sekalipun.

5. Buatlah desain untuk t-shirt, mug, tas, dompet, kartu bisnis atau lainnya dan kirimkan ke ThreadLess, Zazzle atau CafePress.

6. Tulislah eBook dan publikasikan ke Kindle Store, Google Play dan iBooks. Kamu juga bisa menjual buku Kamu ke retailer lainnya melalui SmashWords dan BookBaby.

7. Jadilah instruktur di Udemy dan SkillShare dan dapatkan bayaran dengan mengajarkan sesuatu yang Kamu sukai, mulai dari cara bermain gitar sampai senam yoga dan banyak lagi.

8. Tawarkan keahlian Kamu, mulai dari pekerjaan kantoran, sampai seorang ahli coding. Daftarlah menjadi freelancer di oDesk, eLance dan Freelancer. Temukan berbagai informasi dan tips tentang freelancer di Sukses-Freelance.

9. Menulis script, ekstensi browser, plugins, aplikasi mobile untuk iOS dan Android, dan jual source code Kamu di CodeCanyon, ChupaMobile atau BinPress.

10. Banyak orang malas melakukan sendiri pekerjaan-pekerjaan mudah yang berhubungan dengan komputer, seperti entri data, transkrip teks dari video atau sekedar melakukan riset web di search engine. Kamu dapat temukan pekerjaan tersebut di Mechanical Turk.

Informasi tentang pekerjaan-pekerjaan relatif mudah dapat Kamu baca pada: Pekerjaan Online Mudah, Dapat Uang Cepat dari Internet Tanpa Blog.

11. Jika Kamu seorang profesional di bidang kreatif, Kamu bisa mencari projek desain grafis, desain logo, desain web, brosure dan lainnya di CrowdSpring, 99Designs dan DesignCrowd.

12. Kamu memiliki suara bagus? Mendaftarlah menjadi narator di VoiceBunny dan Voice123.

13. Buatlah rekaman musik sendiri dan jual di toko musik, seperti DistroKid, TuneCore, dan Loudr.fm. Tempat lainnya,  AudioJungle, Pond5 dan BandCamp juga bisa jadi pilihan.

14. Jadilah affiliasi untuk Amazon atau toko online lainnya dan dapatkan komisi dari setiap penjualan yang Kamu berikan. Untuk pasar Indonesia Kamu bisa memilih affiliasi Lazada dan Bhinneka.

15. Menjadi tutor yang mengajarkan berbagai keterampilan. Kamu bisa mendaftar di Tutor, InstaEdu atau TutorVista.

16. Jual foto kreatif Kamu di pasar-pasar kreatif seperti: CreativeMarket, PhotoDune, iStockPhoto atau ImgEmbed.

Daftar lengkap tempat Kamu bisa menjual foto online bisa Kamu baca: 33 Situs Tempat Kamu Menjual Foto Online, dan panduannya bisa Kamu lihat: Cara Mendapatkan Uang dengan Stok Fotografi: Sebuah Panduan Lengkap.

17. Jual barang-barang Kamu yang sudah tidak terpakai, seperti buku, mainan anak, gadget, atau apapun di (ya…. Kamu pasti tahu) OLX.

18. Daftarlah untuk menjadi seorang penguji situs web di UserTesting. dan dapatkan bayaran dengan me-review dan menguji suatu website dari aspek kenyamanan pengguna.

19. Buatlah akun di Fiverr dan PeopleHour, dan tawarkan layanan apapun di sana, mulai dari penerjemah sampai desain grafis dan banyak lagi.

20. Kamu bisa menghasilkan uang dengan jual beli domain di Flippa, GoDaddy Auction dan Sedo. Sementara untuk mencari domain yang tersedia dengan mudah, Kamu bisa menggunakan LeanDomainSearch.

21. Punya ruang tidak terpakai di apartemen atau rumah Kamu? Daftarkan saja properti Kamu di Airbnb, dapatkan tamu yang menyewa dan dapat uang.

Nah, itulah 21 cara yang bisa Kamu lakukan untuk cari uang dari internet.

Ada cara yang saya lewatkan? Bagikan melalui komentar.

Semoga bermanfaat, dan kiranya bersedia untuk membagikan artikel ini. Seperti biasa sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

11 Komentar

  • manfaatin sosial media adalah cara yg paling mudah dan murah jika dibanding harus menggunakan website dengan konsep mejajahkan produk real atau nyata dan berbeda halnya dengan mancari uang di internet dengan kosep membuat artikel atau video lalu di monetizing , kebetulan saya pernah jual kaos sablon via sosmed dan hasilnya lumayan jika tepat saran dalam mempromosikan barang dagangan dan sekarang saya bekerja di salah satu situs toko online furniture yang memang sangat berbeda cara optimasinya.

  • dari 21 cara menghasilkan uang dari internet ini menurut saya yang lebih mudah memonetesis video! thanks for sharing mas Gee

  • Setuju banget mas,
    Ya gak di pungkiri lagi kalo kebanyakan orang ngeblog untuk dapet penghasilan…
    Ini harus segera action nih…

  • Terimakasih mas gee sudah ngajarin kita tentang cara cari duit di internet. Artikelnya sungguh menginspiratif dan ternyata banyak cara yang dapat kita lakukan ya agar internet dapat menghasilkan bagi kita, tidak hanya sekedar browsing yang tidak jelas apalagi jika terlalu lama tersesat di dalamnya. He3x

    • betul sekali bos Fatoni, syang sekali jika setiap hari kita menggunakan internet hanya untuk hal2 gak jelas, padahal kalau mau ada banyak peluang yg bisa diraih

  • @afrid.
    ya betul mas Afrid, jika memang kita punya ruang atau rumah kosong bisa daftarkan lansung. untuk masalah pajak, entahlah, tapi sepetinya tidak karena kan kita tidak memiliki ijin hotel, kan kita seperti nerima tamu gitu.

    @daniel.
    tepat sekali mas Daniel. Semua memang butuh dedikasi tinggi, sama seperti pekerjaan offline lainnya.

    silakan jika ada yg cocok, bisa dicoba.. 🙂 sukses selalu.

  • Cara yang unik dan menarik memang mendapatkan uang dari internet, namun perlu dipahami juga bahwa menjalaninya juga sama seperti bekerja secara offline.

    Menarik banget nih semua caranya gan, mau coba fokus dulu dech belajar sambil action

  • air bnb tu keren juga bisa menyulap rumah ala hotel sendiri via online.

    tapi mas, itu mas kena pajak ngga ya. kan bikin hotel di indonesia mesti pakai pajak.

close