Mengapa Blog Saya Tidak Mendapatkan Komentar?

Tadi pagi saya terima email yang isinya:

“Saya lihat hampir semua artikel Mas Gee dapat banyak sekali komentar. Bagaimana bisa begitu? Saya sendiri hanya dapat rata-rata 10 komentar, itupun sebagian besar dari teman-teman dekat sendiri.”

Saya tertarik dengan pertanyaan ini. Karenanya saya coba mengangkatnya pada artikel kali ini.

Mungkin banyak di antara kita yang juga punya pertanyaan serupa: Kenapa blog saya tidak banyak mendapatkan komentar?

Namun pertama saya ingin sampaikan, bahwa rata-rata 10 komentar untuk setiap posting itu sudah sangat bagus, meski itu datang dari teman-teman dekat Kamu. Nyatanya, 80% blog di luar sana hanya mendapat rata-rata kurang dari 1 komentar per posting.

mendapatkan komentar

Sebelum menulis artikel ini, saya telah memeriksa dashboard blog, dan ternyata PortalUang mendapat rata-rata 28,6 komentar per posting, dengan jumlah komentar terbesar dalam satu posting sebanyak 641 komentar, yaitu artikel tentang dapat uang dari Youtube.

Jika Kamu bertanya: “Bagaimana saya melakukan ini?”

Meski tidak ada trik pasti bagaimana memperoleh sebanyak-banyak komentar, paling tidak ada dua hal utama bagaimana sebuah blog mendapatkan komentar.

1. Mengembangkan blog secara menyeluruh

2. Membangun komunitas dari blog itu sendiri

Sekarang, mari kita bahas satu per satu:

Yang saya maksud dengan mengembangkan blog secara menyeluruh, adalah Kamu harus fokus untuk mengembangkan keterjangkauan blog. Hal ini meliputi beberapa hal seperti:

Mengapa Kamu mesti fokus mengembangkan blog secara menyeluruh untuk memperoleh lebih banyak komentar masuk?

Karena disini lah kunci sebenarnya. Meski memang beberapa topik cenderung dapat menarik lebih banyak komentar dibandingkan topik lainnya, tapi secara keseluruhan hanya sebagian kecil saja dari pengunjung Kamu yang akan meninggalkan komentar.

Dan inilah kenyataannya. Dari data PortalUang sendiri, rata-rata pengunjung yang meninggalkan komentar hanyalah sekitar 1% saja. Bahkan tidak sedikit blog yang hanya mendapat angka 0,5%!

Jadi, untuk meningkatkan jumlah komentar masuk, hal pertama yang paling penting adalah jumlah trafik.

Anggap saja Kamu saat ini memiliki 1000 uv per hari, dan dengan rata-rata 1% pembaca yang meninggalkan komentar, dan Kamu hanya menulis 1 posting per hari, maka itu berarti Kamu akan mendapat 10 komentar per posting.

Sekarang, setelah Kamu fokus meningkatkan trafik, 6 bulan kemudian Kamu mencapai trafik 5.000 uv per hari. Bahkan jika persentase tadi tetap sebesar 1%, maka jumlah komentar yang Kamu terima meningkat menjadi 50 komentar per posting, tanpa perlu melakukan trik apapun!

Dengan kata lain, seperti Kamu lihat, cara pertama dan yang paling efektif untuk meningkatkan jumlah komentar yang masuk adalah dengan meningkatkan trafik dan keterjangkauan blog Kamu secara keseluruhan. Banyak blog yang mendapat sedikit sekali komentar, hanya disebabkan karena memang mereka memiliki trafik yang sangat sedikit pula.

Selain usaha mengembangkan blog secara menyeluruh tadi, ada beberapa kiat bagaimana Kamu bisa memperoleh lebih banyak komentar di blog Kamu dengan usaha membangun komunitas blog.

Bagaimana cara melakukannya?

Yaitu dengan cara berinteraksi secara langsung dengan pembaca Kamu dan membuat mereka menjadi bagian dari blog Kamu. Di bawah ini beberapa hal yang bisa membantu Kamu mencapainya:

  • Bertanyalah kepada pembaca
  • Gunakan jawaban mereka pada artikel Kamu
  • Beri link ke blog pembaca
  • Terlibat dalam diskusi yang disukai oleh pembaca
  • Gunakan polling atau metode interaktif lainnya
  • Jawablah setiap komentar
  • Jawablah email masuk
  • Bagikan pengalaman Kamu
  • Menulis dengan gaya orang pertama (baca: Alasan Mengapa Menggunakan Kata ‘Saya’ dan ‘Kamu’ di dalam Artikel)
  • Terhubung dengan pembaca di media sosial

Semua hal di atas dapat membantu Kamu “lebih dekat” dengan pembaca, begitu juga sebaliknya. Ketika mereka merasa telah menjadi bagian dari komunitas blog Kamu, mereka cenderung akan lebih suka untuk meninggalkan komentar saat berkunjung ke blog Kamu.

Namun demikian, sekali lagi, Kamu mesti sudah memiliki pengunjung yang memadai sebelum berusaha membangun komunitas di antara mereka. Jadi mengembangkan blog secara keseluruhan, selalu menjadi langkah dan prioritas utama.

Nah, bagaimana dengan Kamu? Berapa rata-rata komentar yang Kamu dapatkan untuk setiap posting Kamu buat? Apakah Kamu memiliki tips lain bagaimana meningkatkan jumlah komentar masuk?

Bagikan melalui komentar. Sukses selalu.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

12 Komentar

  • gimana om bikin komentar sperti punya om ini..bisa sekalian ngasih backlink sama yg berkomen…

  • iya..om..smpai saat ini..tdk bnyak yg berkomentar di blog saya..trnyata..tdk segampang di medsos ya..hehehe…

  • Betul, saya sering nyasar ke portal uang, dan ahirnya saya komentar juga dan percaya setiap artikel portal uang. Mudah – mudahan bisa mengikuti tutorial cara Mendapatkan Komentar

  • Lengkap sekali mas, dari A – Z di bahas semuanya.
    saya rasa sudah komplit pembahasannya. sangat memberi wawasan sekali. yang paling menarik saya adalah menulis dengan gaya orang pertama yg seolah olah berinteraksi. Keren mas. sangat membantu artikel ini 😉

  • Good Job, Mas Gee selalu menyajikan artikel yang gurih dan nikmat. Sayang banget untuk dilewatkan, postingnya juga ga asal kuantitas tapi kualitas menjadi perhatian utama. Selamat Mas Gee, Anda layak dapat Bintang……

    Mohon Ijin untuk Belajar Lebih Dalam melalui Portal Uang

  • @ppu.
    hahaha…. gapapa mas ketagihan sama PortalUang…. betul pengunjung tertarget adalah yg terbaik.. oya, blognya jg gak kalah inspiratif kok.. sukses selalu mas.. makasih sudah berkunjung

  • Artikel Anda memang selalu inspiratif seperti blog baru saya wkwkkw, tanggung jawab dong Mas gan ane ketagihan nih berkunjung kesini nih 🙁 haha . Keep going.. menurut saya yang paling penting adalah pengungjung yang tertarget.