Hari ini saya mau menulis sesuatu yang lain, yaitu tentang Google.

Ya, karena memang saya termasuk yang paling banyak menggunakan produk-produk layanan Google, mulai dari Email, Blogger, Youtube, Drive, Playstore dan banyak lagi lainnya.

Semua orang yang kenal internet, pasti juga mengenal Google.

Tapi, tahukah Kamu dimana Kamu bisa melihat daftar iklan yang pernah Kamu klik di Google? Apakah Google mengetahui tempat-tempat yang Kamu kunjungi akhir-akhir ini? Apa minat Kamu di mata Google? Website mana saja yang memiliki akses ke akun Google Kamu?

Nah, inilah 9 URL Google yang perlu diketahui oleh semua pengguna Google, untuk membuat hidup menjadi lebih mudah. Link-link ini sebenarnya bisa diakses melalui dashboard Google, tapi seringkali terkubur jauh entah di mana.

1. Google membuat profil Kamu berdasarkan website yang Kamu kunjungi, akun Google+ Kamu dan sumber-sumber lainnya. Mereka berusaha menerka usia, jenis kelamin, serta minat Kamu, kemudian menggunakan data ini untuk menampilkan iklan yang lebih relevan.

Nah, gunakan URL ini untuk mengetahui bagaimana Google ‘melihat’ diri Kamu:

https://www.google.com/ads/preferences/

2. Proses pembuatan akun biasanya menggunakan email @gmail.com Kamu sebagai username (nama pengguna). Tapi Kamu bisa menggunakan email yang telah Kamu miliki (selain gmail), untuk mendapatkan akun Google. Kamu bisa menggunakan URL ini:

https://accounts.google.com/SignUpWithoutGmail

3. Jika Kamu menemukan sebuah konten di suatu website yang menggunakan salah satu atau lebih produk Google, seperti Blogger, Adsense, Google+ atau Youtube, maka Kamu dapat melakukan komplain DMCA kepada Google agar konten tersebut dihapus.

URL ini juga bisa digunakan untuk menghapus website yang mencuri konten Kamu agar tidak muncul pada halaman pencarian Google.

https://support.google.com/legal

4.  Google membolehkan Kamu untuk mengunduh seluruh data yang berada di ekosistem Google. Kamu dapat mengambil foto, kontak, surel Gmail, bahkan video Youtube Kamu. Kamu hanya perlu menuju ke URL ini:

https://www.google.com/takeout

5. Google mencatat setiap kata yang pernah Kamu ketikkan pada kotak pencarian mereka. Bahkan mereka menyimpan setiap iklan Google yang pernah Kamu klik di situs manapun, dan jika Kamu pengguna Google Now, maka Kamu pun bisa melihat catatan pencarian suara Kamu. OK Google!

https://history.google.com
https://history.google.com/history/audio

6. Perangkat Android Kamu dapat mengirimkan data lokasi dimana Kamu berada, dan jika Kamu bergerak kemudian, maka Google pun akan mencatat berapa kecepatan Kamu berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Kamu hanya perlu menuju ke Google Maps untuk melihat seluruh riwayat lokasi Kamu, dan Kamu pun memiliki opsi untuk mengekspor data tersebut sebagai file KML yang dapat dibuka melalui Google Earth.

https://maps.google.com/locationhistory

7. Kamu perlu login ke akun Gmail Kamu paling tidak setiap 9 bulan sekali, jika tidak maka akun Kamu akan dinonaktifkan sesuai dengan Kebijakan Program Gmail.

Ini bisa jadi masalah jika Kamu memiliki banyak akun Gmail sekaligus. Nah, Kamu dapat mengatur akun Gmail utama Kamu sebagai pengingat bagi akun lainnya. Setelahnya, maka Google akan memberi peringatan setiap beberapa bulan sekali agar Kamu untuk login ke akun yang lainnya. Pemberitahuan dapat juga diterima melalui SMS.

https://www.google.com/settings/account/inactive

8. Kamu mengkhawatirkan ada orang lain yang mengakses akun Google Kamu? Bukalah halaman laporan aktivitas untuk melihat setiap perangkat yang melakukan login ke akun Kamu. Kamu akan mendapatkan alamat IP dan juga perkiraan lokasi mereka. Sayangnya, Kamu tidak bisa logout dari sesi yang berjalan.

https://security.google.com/settings/security/activity

9. Ini adalah daftar lengkap dari aplikasi web, ekstensi browser, script Google dan aplikasi mobile yang memiliki akses ke akun Google Kamu. Jika Kamu temukan tulisan “Memiliki akses ke info akun dasar”, mudahnya, itu artinya Kamu menggunakan akun Google untuk login ke aplikasi tersebut.

https://security.google.com/settings/security/permissions

Nah, itulah 9 URL penting Google yang perlu diketahui oleh semua pengguna Google. Apa ada yang saya lewatkan? Silakan berbagi melalui komentar.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

6 Komentar

  • @edi.
    sama dong kalau begitu…. kita memang tak bisa lepas dari Google, 🙂

    @daniel.
    sama2 mas Daniel, semoga bermanfaat. hehe… iya nih kemarin off selama 1 mingguan, tapi sekarang udah kembali lagi.

    @dea.
    ya gitu deh Mba Dea, Google emang pinter, hehe….

  • Betul mas Gee Jhon,
    Seperti yang point 1. saya baru lihat-lihat tentang rumah
    eh buka website ini iklan yang muncul tentang rumah

  • wah baru sadar nih, sebenarnya udah lama ya dan tentunya amat berguna untuk memudahkan pekerjaan kita. Trims atas sharing yang bermanfaat ini mas Gee Jhon. Lama tak muncul nih, kemana aja…habis liburan ya?

  • Kalau saya sering pakai google drive untuk simpen file-file supaya bisa disering ke pembaca blog.