Menulis Konten

3 Cara Menyajikan Konten Terbaik Blog kepada Pengunjung Baru

Seiring waktu dan bertambahnya konten, maka posting yang lebih baru tentu akan menggeser posting-posting lama Kamu.Padahal, konten lama Kamu bisa jadi adalah merupakan konten terbaik yang pernah Kamu sajikan selama ini.

Nah, bagaimana caranya agar konten terbaik Kamu tetap dapat ‘ditawarkan’ dengan baik kepada pengunjung baru blog Kamu?

Memang, memastikan bahwa pengunjung baru blog Kamu dapat menemukan konten terbaik yang Kamu miliki adalah sesuatu yang teramat penting.

Tentang ini, sebenarnya saya pernah mengulasnya secara agak panjang lebar pada artikel: 8 Cara Terbaik Membantu Pembaca Menemukan Konten Terbaik Kamu. Namun kali ini, saya coba memberikan tips yang lebih praktis dan simpel.

konten terbaik blog

Dan berikut adalah 3 metode yang dapat Kamu gunakan untuk menunjukkan konten terbaik blog Kamu kepada pengunjung baru:

1. Artikel Populer

Ini mungkin metode yang paling umum digunakan, yaitu dengan cara menambahkan widget ‘popular post’ yang berisi link menuju artikel-artikel paling populer.

Daftar ini dapat Kamu buat secara manual atau menggunakan widget (plugin) yang dapat menyaring posting Kamu berdasarkan jumlah view, jumlah komentar dan share ke media sosial.

Biasanya ini terpasang pada bagian sidebar, namun juga bisa dipasang di header, footer atau pada bagian menu.

2. Halaman ‘Artikel Terbaik’

Selain cara di atas, Kamu pun dapat membuat satu halaman statis terpisah yang berisi daftar artikel-artikel terbaik Kamu. Kamu dapat membuat daftar sederhana berupa link judul artikel, atau pun memberi sedikit sinopsis mengenai artikel yang dimaksud. Kemudian Kamu dapat pula membaginya dalam beberapa bagian, seperti kategori artikel (label), atau dalam rentang waktu tertentu.

Setelah itu, Kamu perlu membuat link halaman tersebut dan tempatkan pada bagian yang mudah terlihat oleh pengunjung, seperti pada bagian menu, atau sidebar bagian atas.

Jika perlu, untuk memastikan bahwa pengunjung melihat link tersebut, Kamu bisa membuat gambar atau badge dengan tulisan “The best article in this blog” atau semacamnya, lalu pasang image pada sidebar.

3. Rangkuman

Ini adalah sebuah posting biasa yang berisi rangkuman atau daftar artikel terbaik Kamu dalam kurun waktu tertentu. Sebagai contoh, Kamu dapat membuat posting berupa daftar artikel minggu, bulanan, 3 bulanan dan sebagainya. Biasanya berisi judul artikel dan sedikit sinopsis dari masing-masing artikel.

Cara ini, selain berguna untuk menampilkan posting terbaik Kamu kepada pengunjung, juga sangat baik dari segi SEO, karena ia memberi link dengan keyword terpilih menuju artikel-artikel yang telah memiliki potensi bagus pada SERP.

Nah, itulah 3 hal yang dapat membantu Kamu mengenalkan konten-konten terbaik Kamu kepada pengunjung baru blog Kamu. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

8 Komentar

  • @daniel.
    ya begitulah mas Daniel. Intinya, kita berusaha jangan sampai konten terbaik kita malah terkubur tidak pernah ditemukan oleh pengunjung baru. Sukses selalu mas ….

    @jelly.
    sama2, semoga bermanfaat….

    @moch.
    ya itu yg paling banyak dipakai, sekarang gak ada salahnya coba 2 cara lainnya, 🙂

  • Jadi dengan 3 cara tadi, postingan lama yang berkualitas tetap terlihat ya, terutama rangkuman, di posting yang baru….

    Kalau halaman di blog saya sepertinya tidak diminati, karena orang cendrung berkunjung satu kali, trus komen lalu pergi meninggalkan blog kita, itu kenyataan blog saya si Mas Gee. Mungkin setelah tulis halaman promosikan juga di google plus dan social media ya