Bisakah Saya Daftar Adsense dengan Sub-Domain?

Saya kerap ditanya tentang: “Bisakah saya memperoleh akun Adsense menggunakan sub-domain?”

Sebelum saya menjawabnya, ada baiknya kita bahas dulu apa itu sub-domain.

Sub-domain: adalah merupakan bagian dari sebuah domain tingkat atas (top level domain). Sebagai contoh: blogspot.com adalah top level domain, sedangkan domain-anda.blogspot.com adalah sebuah sub-domain.

Sub-domain sendiri bisa terdiri dari dua jenis, yaitu sub-domain sendiri dan subdomain dari domain pihak ketiga.

Jika Anda memiliki domain sendiri, dan Anda telah disetujui oleh Adsense, maka Anda dapat menjalankan Adsense untuk semua subdomain Anda, dengan catatan konten pada subdomain Anda juga sesuai dengan kebijakan Adsense.

Sekarang bagaimana dengan subdomain dari pihak ketiga, seperti blogspot.com, wordpress.com dan sebagainya. Sekarang pertanyaannya adalah: “Apakah Google Adsense menerima blog dengan sub-domain?”

Jawabannya adalah: YA! Jika Anda menggunakan blogspot.com, weebly.com, atau mitra host Adsense lainnya.

Blogspot sendiri adalah layanan milik Google, yang memberi pembagian hasil 100% untuk penggunanya. Sedangkan weebly (yang saya tahu) berbagi sebesar 50% kepada penggunanya.

Jawabannya adalah: TIDAK!Β Jika Anda menggunakan sub-domain seperti: co.cc, co.nr, freehostia.com, wordpress.com dan sebagainya.

Ada sebagian orang yang meyakini bahwa Adsense bisa saja menyetujui website dengan subdomain jika situs tersebut memiliki trafik tinggi atau desain yang bagus, dan sebagainya. Tapi, percayalah, akan sangat sangat sulit diterima Adsense dengan mendaftar website subdomain.

Lalu apa yang harus kita lakukan?

Jika Anda tidak keberatan membeli domain sendiri (top level domain), maka itulah yang terbaik jika ingin memperoleh akun Adsense. Namun, jika Anda ingin menggunakan yang gratisan, Anda bisa memilih menggunakan blogspot.com dan weebly.com atau mitra host Adsense lainnya.

Jika blog Anda telah memenuhi syarat Adsense, tapi belum tahu bagaimana mulai menjalankan Adsense, silakan baca:Β Panduan lengkap Mendaftar Google Adsense.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

67 Komentar

  • Mas Kalo Saya Pake Domain TLD Sendiri Terus Domain TLD Nya Sudah Keterima Adsen Apakah Bisa Subdomain nya di daftarkan ke adsen

    Contoh Domain TLD saya : infoku.com
    Lalu saya Bikin blog lagi pake domain itu
    Contoh : semua.infoku.com
    Apakah bisa subdomain nya di daftarkan adsen?

  • misalkan gini bang jhon saya punya blog yg udah keterima adsense tapi saya daftar masi pake blogspot nah kemudian saya daftar blog lain lagi di akun yg sama dengan menggunakan domain TLD apakah bisa ??

    trimakasih sebelumnya bang jhon infonya sangat menarik πŸ™‚

  • Kan saya punya akun adsense non-hosted nih gan, nah pertanyaannya apa saya bisa pasang iklan ke blog saya yang masih menggunakan subdomain wordpress? (domain-saya.wordpress.com).

  • Mas, semisal kita sudah daftar adsense dengan blog yang sudah tld .com kemudiaan kita nggak perpanjang tld.com. maka kita kembali ke subdomain blogger.com. apakah nanti adsensenya akan memblock kita?

    Yang kedua. Semisal kita punya blog dua. Satu tld dan sudah ada adsensenya. Sedangkan satunya masih subdomain. Bolehkah yg subdomain dijadikan satu adsensenya dengan blog tld tadi. Apakah nanti adsense memblock blog kita dua duanya?

  • kak saya kan udah beli domain tanpa host.. trus blogger saya ganti dengan domain tersebut… tapi kok ga bisa daftar adsense ya kenapa?
    yang terdaftar malah nama asli blogger sebelum di ganti?

  • mas..saya mau tanya nih mengenai domain self hosted misalnya: [ akim dot site ] apakah bisa diterima untuk daftar ke GA? terima kasih mas

  • selamat pagi saya memiliki satu pertanyaan selelah saya membaca artikel ini.
    bagaimana jika saya membuat sebuah blog yang bersubdomain ex. .wordpress.com tetapi saya memasangkan top domain do blog .wordpress.com tersebut apakah bisa untuk diajukan ke google adsense?

  • kalau saya sudah mendaftarkan domain utama saya, dan sudah approved.. apakah bisa iklannya disimpan di blog dengan subdomainnya??

  • Om.. saya punya website make TLD dgn konten pake bhs inggris, dan sub-domain dr TLD tsb saya pake untuk versi bhs indonesia dgn konten bhs indonesia. Kira2 bisa gak didaftarin adsense dua2nya?

  • Mas, kalau [dot]me Google adsense menerima atau tidak ?. Apakah memang harus [dot]com ?dengan atau tanpa sub domain

  • Bang Jhon saya mau nanya nih, saya beli TLD buat Template Blogger saya, tapi sayangnya penyedia layanan domain saya gak menyediakan ‘Free DNS Management’-nya, alhasil saya pakai Freedns afraid org.

    Nah pas saya tanya sama sesepuh adsense tentang Blog saya, kok mereka bilang Blog saya menggunakan Sub-domain ya, otomatis saya Bingung bang.
    Tolong dibantu dong, liat apa yang salah di web saya.

    Makasih sebelumnya

  • ouh gitu yah gan saya mau tanya mas gee , kalau saya punya domain utama yang terbaned google adsen (nggk ttau kenapa , waktu pake udah banned ) , dan ane buat subdomain bisa kah ?

    • bila domain utama telah dibanned, maka seluruh sub-domain pun akan ikut dibanned. Dan bila yg dimaksud mendaftar lagi menggunakan sub-domain, maka itu tidak bisa, krn Adsense hanya menerima top level domain untuk didaftarkan.

  • Mau tanya ni gan,,, Web saya sekarang web affiliasi, jadi ada banner affiliasi dan link affiliasi. bisakah didaftarkan adsense?

  • saya mau tanya nih gan..saya punya ada web mau pasang GA tapi di subdomainnya bukan di domain inti. yang saya daftarin ke GA adalah subdomainnya..apakah bisa?

    terima kasih

  • mas mau tanya, saya kemarin habis beli domain dropped / expired.. taunya domain tersebut sudah / belum didaftarkan adsense gimana ya?
    thanks mas…

  • maaf numpang nanya, kalau dari weebly yang sudah di costum domain TLD berarti kalau mau dipasang GA, harus yang non hosted ya ?
    Terus kalau udh non hosted apa penghasilannya jadi milik kita 100% atau tetap harus dibagi dengan weebly, ?
    jd saya msh pake hosting weebly, cuma domainnya aja yg di costum.

  • "tidak otomatis, nanti direview lagi…. tapi biasanya pasti lolos, jika blog tersebut jg digunakan pada saat mendapat akun hosted sebelumnya"

    Setelah lolos, berarti akun adsense tersebut sudah akun adsense non-hosted mas? Dan langsung bisa dipakai di blog-blog TLD yang lain tanpa direview lagi? Begitu mas? Terimakasih.

  • @megahindra.
    halo juga…..

    tidak otomatis, nanti direview lagi…. tapi biasanya pasti lolos, jika blog tersebut jg digunakan pada saat mendapat akun hosted sebelumnya. cara upgrade, silakan baca:
    portal-uang.com/2015/03/cara-mendaftar-ke-google-adsense.html

  • Halo mas Gee…

    Saya mau tanya mas. Blog Portal Uang ini kan dulu ada embel-embel blogspot.com ya? Tapi sekarang sudah tidak ada. Berarti mas Gee membeli nama domain, lalu di redirect ke blog ini. Begitu ya? Nah yang jadi pertanyaan saya, jika saya melakukan hal yang sama pada blogspot saya, apakah berarti akun adsense saya yang hosted otomatis berubah jadi non-hosted?

    Kalau tidak, bagaimana cara mengupgrade akun adsense hosted menjadi non hosted mas? Terimakasih.

  • @ahmad.
    betul mas Ahmad, yg saya tahu, situs mitra host adsense yg memberi 100% pendapatan cuma Youtube dan Blogger, krn mereka jg milik Google. Klo yg lain, bervariasi antra 50% – 70%.

    @mitra.
    hehe.. bagus kok, sy dulu jg pernah buat disana tp gak diterusin. πŸ™‚

  • oke gan terimakasih atas informasinya πŸ˜€ santekno.blogspot.com/2015/02/cara-install-laravel-5.html” title=”Instalasi Laravel 5 Santekno

  • @daniel.
    entahlah mas Daniel. saya tidak yakin. Apa penyebab dibannednya? jika msalahnya ada di konten, barangkali meskipun diganti dg tld tetap saja. Tapi tidak ada salahnya mencoba dulu mas Daniel.

    • Halo Mas, bagaimana caranya agar gambar dari artikel lain kita kopy dan tarok di blok kita, supaya tidak kena band dari adsense ?

      klo artikel kan kita bisa tulis ulang, tapi klo gambar bagaimana trik agar berbeda di mata google adsense, mohon pencerahan mas…

  • Jadi begitu rupanya ya mas gee jhon. Ada yang mau saya tanyakan ni, kalau akun blogspot saya yang sebelumnya sudah pernah di banned oleh google adsense, kemudian saya membeli domain sendiri (dot com, dot net dan sebagainya) masih ada kemungkinan untuk menjadi publisher google adsense dgn aku email yang lain?

    • Bantu Jawab ya Bang Jhon:

      Sepertinya masih bisa kok, seperti Bang Jhon bilang, artikel kontennya harus tidak menyalahi aturan. Ada kok di panduan Suport Google Adsense.

      Selamat mencoba bang Daniel