Tips Membuat Desain Homepage Blog yang Bagus

Halaman depan atau halaman berKamu (homepage), merupakan salah satu faktor yang menentukan sukses tidaknya sebuah blog.

Homepage adalah halaman yang menyambut pengunjung ketika mereka memasukkan alamat blog Kamu di browser.

Homepage yang baik harus berisi semua informasi dan tool yang membuat pengunjung mengenali, menemukan konten Kamu dengan mudah, serta mendorong mereka untuk mengeksplorasi konten Kamu lebih jauh.

membuat halaman depan yang bagus

Homepage yang ‘membingungkan’ atau tidak komplet, sangat berdampak negatif dan dapat membuat pengunjung segera meninggalkan blog Kamu.

Sempatkan waktu yang cukup untuk membuat sebuah homepage yang ‘mengundang’, dengan navigasi yang baik dan memudahkan pengunjung menemukan yang mereka butuhkan.

Berikut adalah hal-hal yang perlu Kamu perhatikan dalam membuat atau mendesain tampilan halaman depan blog:

1. Tentukan imej (brand) blog Kamu

Sebelum Kamu membuat sebuah blog, tentukan dulu imej (kesan atau identitas), serta pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca. Seperti halnya dalam bisnis, dimana yang pertama dilakukan adalah menentukan dulu suatu imej dan pesan dari merk atau produk baru yang diluncurkan, maka demikian pula dengan blog Kamu.

Apakah blog Kamu ingin tampil ramah untuk seluruh anggota keluarga? Atau khusus orang dewasa?

Apakah Kamu ingin blog Kamu terlihat fun atau serius (berorientasi binis)? Apa yang Kamu inginkan dalam pikiran pembaca ketika mereka mengunjungi blog Kamu?

Apa kesan yang ingin Kamu sampaikan dari blog Kamu?

Gembira? Lucu? Serius? Bisnis? Hiburan? Dan lain sebagainya.

Itulah beberapa pertanyaan yang mungkin bisa membantu menentukan imej keseluruhan blog Kamu.

2. Buatlah desain yang dapat menyampaikan imej blog dengan baik

Sekali Kamu berhasil menentukan imej atau kesan blog Kamu, selanjutnya Kamu harus menentukan desain blog, yang secara konsisten, mampu menyampaikan kesan tersebut secara baik dan utuh. Mulai dari pemilihan font, sampai pemilihan warna dominan.

Pastikan semua elemen blog, bekerja bersama-sama menyampaikan kesan yang ingin ditampilkan.

Sebagai contoh, sebuah blog dengan topik finansial, tentu akan menimbulkan rasa bingung di pikiran pembaca, bila di dalamnya ditemukan clipart-clipart lucu misalnya, ditambah dengan font yang tak kalah menggemaskan serta penuh dengan efek kerlap-kerlip.

Sebaliknya, pasti akan membosankan (mungkin juga membingungkan), jika sebuah blog tentang bayi dan anak-anak, terlihat kaku dengan dominasi warna hitam, disaat mereka yang berkunjung mengharapkan tampilan cerah berwarna-warni.

Pembahasan lebih lanjut, silakan baca:

3. Tambahkan elemen yang meningkatkan pengalaman pengguna

Homepage blog harus memiliki elemen-elemen yang paling berguna bagi pengunjung. Ketika Kamu menambahkan berbagai elemen blog, prioritaskan pada tool yang keberadaannya paling diharapkan oleh pembaca.

Tentunya, Kamu selalu dapat mengubah tampilan dan desain halaman depan blog kapan saja Kamu mau, tapi berikut ini adalah elemen yang seharusnya ada pada setiap halaman depan (homepage) sebuah blog:

  • Posting blog
  • Halaman ‘about’ (tentang blog / penulis)
  • Halaman kontak atau informasi
  • Kategori / label
  • Pilihan untuk berlangganan update

Seiring blog Kamu yang terus berkembang, Kamu kemudian bisa menambahkan arsip, artikel terkini, artikel terpopuler, iklan, tombol donasi dan sebagainya.

Tips tambahan:
Buatlah logo yang ‘cantik’ untuk lebih meningkatkan imej blog Kamu. Kamu bisa menggunakan logo tersebut sebagai avatar (gambar profil) ketika berkomentar di blog lain atau berdiskusi di forum-forum.

Sebuah logo juga sangat membantu Kamu dalam membangun brand blog Kamu lebih jauh. Karena Kamu memiliki ikon yang nyata yang bisa diaplikasikan di berbagai media, seperti kartu nama, t-shirt dan sebagainya, yang semuanya dengan satu tujuan, membangun imej, brand dan kesuksesan blog Kamu.

Nah, sudah ada gambaran akan seperti apa tampilan blog Kamu? Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

15 Komentar

  • mas .. mau tanya tentang template portal-uang ,bagaimana cara buat recenpost horizontal dan vertical pada homepage sesuai label gitu … tolong kalau ada tutorialnya mas.

  • Segar kembali, setelah membaca tulisan bang Jhon di artikel ‘design homepage blog yang bagus’ diatas.
    Sudah agak paham yang ini bang, tapi prakteknya yang tidak pernah puas.. 😀
    Jangan-jangan tampilan dan layout pada homepage saya, masih jelek/tidak membantu.. hehe..

  • posting tentang home page … btw … blog mas gee sekarng juga ikut berubah …
    lebih keren pewarnaannya ^_^

  • @kopi.
    tergantung dari apa topik blognya, juga tujuan dari ngeblog itu sendiri. Tapi secara umum, setelah kita memutuskan membuat sebuah blog, lgkah berikutnya adalah membuat strategi membuat konten-nya.

  • @daniel.
    ya betul sekali mas Daniel. kalau sudah terlanjur, mungkin bisa diotak-atik sana-sini, hingga pas sesuai dg imej blognya. jika terpaksa, ganti template bukan sesuatu yg tabu kok.

    @puji.
    coba dilihat lagi Mbak, semuanya ada 4 kok, di bawah judul artikel, di akhir artikel dan di sidebar. Plus 1 iklan link teks di dalam posting. sementara ini, format inilah yg memberi hasil maksimal bagi blog ini. 🙂

  • Ngomong2 jumlah iklan di setiap halaman pada blog ini hanya ada 2 iklan ukuran biasa dan 1 untuk ukuran link. Kenapa tidak dioptimalkan saja jumlahnya mas? atau justru jumlah yang tidak terlalu banyak iklan kayak gini malah pendapatan kliknya besar?thanks mas gee…

  • Sejatinya homepage memegang peranan penting dalam menyampaikan maksud blog kita kepada pengunjung…kuncinya bisa kita mainkan di tataletak dan template ya mas gee? Lantas bagaimana jika sudah terlanjut memilih template, apa tips yang sesuai ni mas gee?

  • Ya memang home page sangat di perlukan untuk menarik perhatian pengunjung blog agar kembali lagi atau mau mengexplor semua isi blog kita ya mas.