Pertanyaan Umum Tentang Freelance di oDesk

Bagi mereka yang belum mengetahui seluk beluk kerja freelance pastinya memiliki banyak pertanyaan yang ingin mereka ketahui.

Dari sekian lama menjalani profesi sebagai freelancer, saya sendiri sering mendapat pertanyaan baik melalui email, facebook atau lainnya.

Dan berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan sering seringkali ditanyakan kepada saya tentang freelancer, khususnya yang berkaitan dengan oDesk yang merupakan salah satu website freelancer terbaik menurut saya.

Apa itu freelancing?

Menjadi seorang freelancer adalah cara paling murah dan mudah untuk mempekerjakan diri sendiri. Seorang freelancer bukanlah pegawai atau karyawan bagi siapapun, namun ia bertanggung jawab dan ‘menjual’ jasa kepada kliennya.

Untuk penjelasan lebih rinci, silakan baca: Apa itu freelancer

Mengapa menjadi freelancer?

Alasan utamanya tentu saja adalah uang! Kamu bisa memiliki pendapatan tidak sedikit setiap bulannya jika serius menekuni profesi sebagai freelancer, hanya dengan bekerja dari rumah bermodal sebuah komputer.

Baca: Menghasilkan Uang Online dengan Bekerja Sebagai Freelancer.

Berapa banyak yang bisa saya hasilkan?

Ini adalah pertanyaan yang paling ditanyakan kepada saya. Saya tentu saja tidak bisa mengatakan bahwa Kamu akan menjadi jutawan dalam beberapa bulan dengan bekerja sebagai freelancer. Tapi, jika Kamu memiliki seperangkat keahlian yang dibutuhkan, serta dapat memberi hasil kerja yang luar biasa, maka saya bisa memastikan Kamu tidak akan kecewa dengan pendapatan yang bisa Kamu raih.

Bagaimana cara membuat akun di oDesk?

Saya telah menulis artikel terpisah tentang cara mendaftar menjadi freelancer di oDesk.

Apa itu ‘cover letter’?

Cover letter adalah kolom pengajuan yang Kamu kirimkan kepada calon klien yang Kamu anggap potensial terhadap suatu job yang mereka tawarkan. Di oDesk, Kamu dapat menulis cover letter setiap kali mengajukan penawaran terhadap suatu pekerjaan yang dipasang oleh klien.

Job apa yang harus saya ambil sebagai awal karir sebagai freelancer?

Tentu saja amat tergantung dari keahlian yang Kamu miliki. Tidak ada jawaban pasti terhadap pertanyaan ini. Lakukan saja apa yang menurut Kamu terbaik di bidangnya. Saya sendiri memulai sebagai desainer grafis dan belakang memfokuskan diri sebagai spesialis pembuatan logo (logo specialist).

Apakah butuh sertifikat keahlian formal untuk bekerja di oDesk?

Sama sekali tidak!

Apakah harus memiliki rekening bank untuk menjadi freelancer?

Tidak, hal itu bukanlah sebuah pra-syarat menjadi freelancer. Di oDesk Kamu tidak harus memiliki rekening bank untuk mulai bekerja. Kamu bisa mengerjakan job dan menyelesaikannya tanpa harus mempunyai rekening bank, pembayaran dari klien akan disimpan oleh oDesk sampai Kamu memutuskan dan siap untuk mencairkannya kapan saja Kamu mau.

Kamu dapat melakukan withdraw menggunakan Payoneer Master Card, melalui Paypal, atau langsung ditransfer ke rekening bank Kamu.

Kesimpulannya, Kamu butuh rekening bank untuk mengambil hasil pendapatan Kamu, tapi syarat wajib ketika Kamu ingin segera memulai.

Apa yang dimaksud interview?

Ketika Kamu menerima balasan dari klien atas cover letter yang Kamu kirimkan, maka itu sudah bisa disebut sebagai interview. Interview dapat melalui email, chatting atau panggilan suara / video via Skype atau platform sejenisnya.

Bagaimana cara menutup akun di oDesk?

Kamu mesti menghubungi customer support oDesk untuk melakukannya.

Nah, itulah beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan kepada saya tentang freelancer, khususnya berkaitan dengan oDesk.

Jika Kamu memiliki pertanyaan lain, jangan sungkan untuk menyampaikannya melalui komentar di bawah, saya dengan senang hati akan berusaha menjawabnya. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar
close