Ubersuggest: Tool Saran Kata Kunci Google Gratis

Sekali-sekali saya ingin bicara tentang upaya SEO. Meskipun saya bukan ahlinya, tapi paling tidak, saya harap bisa bermanfaat bagi mereka yang baru memulai membangun blognya.

Dan kali ini, kita akan membahas tentang memilih kata kunci yang tepat untuk digunakan di setiap artikel yang akan kita tulis.

Kapanpun kita mengetikkan sesuatu di kotak pencarian Google, kita mendapati beberapa saran otomatis yang mungkin ingin kita cari. Ini sangat bermanfaat bagi pengguna untuk menemukan kueri pencarian relevan dengan mudah.

riset kata kunci dengan saran dari Google

Nah bagi kita, sebagai blogger, bisa memanfaatkan ini untuk menemukan apa sebenarnya yang dicari orang-orang. Inilah yang biasa disebut sebagai “keyword research” atau riset kata kunci. Dan jika Anda sudah menjalani blogging beberapa waktu lamanya, Anda pasti sudah cukup familiar dengan konsep riset kata kunci ini.

Saya selalu melakukan pencarian instan Google guna menemukan kata kunci paling tepat untuk digunakan pada artikel yang saya tulis. Tapi ini sesuatu yang cukup membosankan, karena saya harus mengganti-ganti kata kunci untuk mendapat lebih banyak ide-ide.

Nah, untuk itulah kita membutuhkan sebuah tool yang bisa membantu mempermudah proses ini, dan salah yang paling saya suka adalah Ubersuggest.

Ubersuggest adalah suatu tool gratisan untuk dapat membantu Anda menemukan banyak ide-ide kata kunci berdasarkan kueri pencarian sesungguhnya dari pengguna Google. Ia juga sangat membantu Anda menemukan long tail keyword, yang banyak disarankan untuk memenangkan ranking pada halaman hasil pencarian.

Bagaimana cara kerja Ubersuggest?

Setelah Anda memasukkan sebuah kata kunci di Ubersuggest, ia akan menambahkan sebuah huruf atau angka di depan atau di belakang kata kunci yang Anda inginkan, lalu memberi saran ide kata kunci berdasarkan kueri pencarian Google.

Sebagai contoh, misalkan Anda mengetikkan “cara dapat uang dari blog”, maka Ubersuggest akan menambahkan setiap huruf (a – z) dan angka (1 – 9), lalu memeriksa apakah Google memiliki saran terhadap kata kunci tersebut, kemudian menyajikan hasilnya untuk Anda.

Bagaimana cara menggunakan Ubersuggest?

Pertama sekali silakan kunjungi Ubersuggest, lalu ketikkan kueri yang Anda inginkan. Sebagai contoh saya memasukkan frasa “cara dapat uang dari blog”, kemudian saya pilih bahasa Indonesia, lalu klik “Suggest”.

cara menggunakan ubersuggest

Sejurus kemudian akan ditampilkan semua saran kata kunci. Anda dapat mengklik setiap kata kunci yang tampil untuk memperoleh lebih banyak saran dari frasa tertentu guna mendapat lebih banyak ide. Klik tombol “+” untuk menambahkan keyword tersebut pada daftar pilihan Anda.

hasil riset keyword menggunakan ubersuggest

Setelah itu, klik “Get”Β di sidebar untuk menyalin kata kunci terpilih.

ide kata kunci dari hasil riset

Selesai sudah riset kata kunci yang Anda perlukan. Saya sarankan, meski jika Anda hanya menargetkan beberapa keyword, sebaiknya Anda juga menambahkan beberapa kata kunci lainnya jika memang ia relevan dengan artikel yang Anda tulis. Namun, tetap perlu diingat agar jangan melakukan keyword stuffing (penumpukkan kata kunci) yang dibenci oleh Google.

Saya harap ulasan singkat ini dapat bermanfaat bagi Anda untuk melakukan riset kata kunci secara efisien. Jika Anda mengetahui tool riset keyword lainnya, kiranya mau berbagi melalui komentar.

Jika Anda merasa posting ini bermanfaat, kiranya bisa membantu saya untuk membagikannya melalui G+, Facebook atau Twitter. Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

34 Komentar

  • saya jarang menggunakan toll ini mas, dl pernah pakai namun lebih sering menggunakan keyword io toll. Setelah membaca beberapa komentar dari rekan-rekan di forum ads[dot]id saya tertarik menggunakan kembali toll ini, dan hasilnya cukup akurat untuk ukuran gratisan.Terimakasih, sudah nambah pencerahan bagi saya…salam

  • Memang bagus ini tool, dan tentunya gratis pula. saya sering menggunakan kombinasi ubber suggest dengan google planner.

  • @ali.
    betul sekali mas Ali, kita memang jadi banyak terbantu dg tool ini.

    @denny.
    hehe…. ok deh, sukses selalu.

    @ana.
    setuju sekali. πŸ™‚

    @ipah.
    makasih..

    @rolly.
    makasih juga. πŸ™‚

    @muhammad.
    silakan mas Iqbal, semoga membantu jadi lebih baik dalam menentukan kw.

    @janu.
    ya betul mas Janu, saya pun menggunakannya juga.. SUkses selalu.

  • tool ini salah satu yang saya gunakan untuk mencari ide kata kunci. Selain itu, saya juga menggunakan keywordtool.io dan tentu saja keyword planner sering saya gunakan.

  • dengan menggunakan ubersuggerst, kita bisa mendapatkan banyak turunan dari keyword utama yang akan digunakan dan hal ini bisa menjadi kata kunci yang bagus dalam persaingan di search engine..
    #LongTailKW

  • penggunaan tool ini memang sangat membantu dalam menentukan kayword yang jitu dan selama ini dalam penggunaanya cukup efektif

  • komen di atas saya hapus…jadi saya komen lagi…

    yup sama gan…saya juga kadang pake ubersuggest dan kadang pake google addword…keduanya mempunyai kelebihan masing-masing. namun yang lebih gampang adalah ubersuggest dan hasilnya juga lumayan akurat niel….
    oh ya..sekedar saran..kalau nyari kata kunci perhatikan dua hal berikut…
    1. kata kunci jangan terlalu panjang sehingga dapat membuat kata kunci variatif melalui kalimat nantinya
    2. kata kunci jangan terlalu populer karena susah bersaingnya di mesin pencari

    nambah lagi gan buat daniel nagata sekalian….
    """gunakan link atau anchortext pada kata kunci lalu hubungkan dengan halaman lain….link antar halaman dengan menarget kata kunci….yang ini ampuh unutk menembus hasil SERPs yang bagus…tapi belum tentu masuk dalam halaman pertama, karena yang lain juga pasti menggunakan trik yang mungkin lebih hebat lagi dari sekedar optimasi kata kunci."""

    ok makasih info masalah ubersuggestnya…semoga bermanfaat bagi semua dan sukses juga buat semua, amin. keep spirits and do the best bro….:)

    tambahan

    coba bikin kata kunci utama dan hubungkan dengan kata kunci sekunder (yang serupa) lalu hubungkan dengan label mas…karena deteksi google lebih cepat kepada label…tapi jangan terlalu banyak…cukup satu atau dua paling banyak. kemarin saya coba trick itu dan hasilnya lumayan bagus gan…

    maaf ya tadi dihapus komennya karena ada kesalahan…yang ini irata..hehehe kayak cetak buku aja ya gan…ok makasih sekali lagi. salam sahabat blogger dan sukses selalu.

  • @mbah.
    wah… terima kasih banyak atas komentar yg cerdas Mbah Dinan. Sangat bermanfaat buat saya dan pembaca lainnya.

    @ibrahim.
    salam kenal juga Mas Ibrahim. Terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan berkomentar.

  • @daniel.
    ya memang itu favorite saya mas Daniel. Sama2, terima kasih pula atas kunjungannya, πŸ™‚ Salam.

    @wicky.
    hehe.. silakan langsung dicoba mas Wicky, semoga bermanfaat.

    @imerlina.
    sama2, silakan segera dicoba. πŸ™‚

  • Bagus toolsnya untuk membantu riset kata kunci mas gee, terima kasih atas sharing yang bermanfaat ini mas gee.

    Salam